Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Bersamaan dengan Ibadah Doa Puasa Session III

Keluaran 6
menunjuk KEBENARAN ALLAH.

Bukti KEBENARAN ALLAH adalah :
  1. Ada PribadiNya (Keluaran 6:1).
  2. Ada namaNya (Keluaran 6:2).
  3. Ada aktivitasNya (Keluaran 6:3-12).

ad. 3. BUKTI KEBENARAN ALLAH YAITU ADA AKTIVITASNYA.
Keluaran 6:3-4
6:4 (6-3) Bukan saja Aku telah mengadakan perjanjian-Kudengan mereka untuk memberikan kepada mereka tanah Kanaan, tempat mereka tinggal sebagai orang asing,
6:5 (6-4) tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israelyang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku.

Ada 2 macam aktivitas Tuhan :
  1. Membuat perjanjian. Perjanjian Tuhan kepada kita adalah membawa kita ke Kanaan Samawi. 
  2. Mendengar keluhan dan erangan kita.

Keluaran 6:5-7
6:6 (6-5) Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.
6:7 (6-6) Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir.
6:8 (6-7) Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN."

Ada 3 kali penyebutan "Akulah Tuhan" mengungkapkan adanya 3 oknum Allah dalam satu Pribadi yaitu Allah Bapa, Anak Allah dan Allah Roh Kudus di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Kita juga memiliki 3 oknum dalam satu pribadi yaitu tubuh, jiwa dan roh.

Allah dalam aktivitasnya melibatkan 3 oknum. Untuk itu, dalam ibadah pelayanan kita juga harus melibatkan tubuh, jiwa dan roh.

Praktek ibadah pelayanan yang melibatkan tubuhadalah setia dalam ibadah pelayanan.
Praktek ibadah pelayanan yang melibatkan jiwa (pikiran) dan roh (perasaan)adalah rendah hati, lemah lembut dan taat dengar-dengaran.

Dalam terjemahan lama dari Keluaran 6:5-7, ditulis 7 kali Tuhan menyatakan "Aku akan".
Angka 7adalah angka SEMPURNA.
Jadi, 7 kali Tuhan menyatakan "Aku akan" menunjuk bahwa perbuatan/aktivitas Tuhan adalah SEMPURNA (tidak ada yang salah/tidak ada yang catat).

Ada 7 macam perbuatan/aktivitas Tuhan yang SEMPURNA. Yang pertama adalah "Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir".

'Mesir' adalah gambaran dunia.
Jadi artinya, Tuhan membebaskan kita dari pengaruh dunia.

I Yohanes 2:15-17
2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.
2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Ada 3 pengaruh/isi dunia, yaitu :
  • Keinginan mata mengarah pada dosa makan minum.
  • Keinginan daging mengarah pada dosa kawin-mengawinkan. 
  • Keangkuhan hidup yaitu tidak taat dengar-dengaran pada Firman Pengajaran yang benar.

    Akibat kehidupan yang terpengaruh dunia adalah kehidupan itu sedang hancur bersama dunia sampai masuk dalam kebinasaan kekal di neraka.

    Kalau kita bebas dari pengaruh dunia, kita mendapatkan kasih Allah yang mendorong kita untuk mengasihi Tuhan dan melakukan kehendak Tuhan/taat dengar-dengaran apapun resikonya.

    Mengasihi Tuhan dan taat dengar-dengaran = mengulurkan tangan kepada Tuhan dan Tuhan akan mengulurkan tangan kepada kita.


Hasil mengulurkan tangan kepada Tuhan adalah :

  1. Kuasa kesembuhan.
    Tangan kasih Tuhan menyembuhkan kita dari penyakit kusta.

    Markus 1:40-41

    1:40. Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku."
    1:41 Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir."

    Kusta, artinya:
    • Penyakit jasmani.
    • Penyakit rohani yaitu kebenaran diri sendiri.
      Sikap kita seharusnya adalah mengaku dosa dan jika diampuni, jangan berbuat dosa lagi.

  2. Kuasa perlindungan dan pemeliharaan.
    Tangan kasih Tuhan menggendong kita bagaikan bayi sehingga kita dilindungi dan dipelihara secara langsung oleh Tuhan di tengah dunia yang sulit, saat antikris berkuasa dan sampai selama-lamanya.

    Yesaya 49:15-16
    49:15 Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.
    49:16 Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.

  3. Kuasa pengangkatan.

    Matius 14:29-31
    14:29 Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.
    14:30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!"
    14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"

    Tuhan mengangkat kita dari :
    • Kemerosotan/ketenggelaman secara jasmani dan kemerosotan/kejatuhan secara rohani.
    • Kegagalan/membuat kita berhasil.
    • Mengangkat kita ke awan-awan permai bertemu dengan Tuhan (penyucian dan keubahan hidup).


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 23 Februari 2014 (Minggu Pagi)
    ... persekutuan yang sejati. Persekutuan dalam kerajaan jalan kebangkitan. Ini adalah persekutuan imam dan raja yang berhak mewarisi Kerajaan Surga. Imam adalah seorang yang suci seorang yang memangku jabatan pelayanan dari Tuhan seorang yang beribadah melayani Tuhan sesuai dengan jabatan pelayanan dari Tuhan. Imam adalah kehidupan yang berkemenangan dan bisa memenangkan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 07 Januari 2010 (Kamis Sore)
    ... kekuatan dll . Sebab itu kita harus mantap di dalam firman pengajaran yang benar. Matius - hidup dalam kebenaran. Mengutamakan carilah dahulu setia dalam ibadah pelayanan lebih dari segala perkara di bumi. Atau aktif dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus. Kegerakan pembangunan tubuh Kristus terdiri dari Menabur kegerakan Roh Kudus hujan awal kegerakan dalam firman ...
  • Ibadah Raya Malang, 21 November 2021 (Minggu Pagi)
    ... datang tetapi selama hidup harus mengalami peningkatan iman pengharapan dan kasih sampai pada kesempurnaan. Mengapa demikian Matius Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Pada akhir zaman kedurhakaan akan bertambah-tambah sehingga kasih menjadi dingin musim dingin. Terjadi krisis kasih krisis pengharapan dan krisis iman. Keadaan ...
  • Ibadah Persekutuan Kartika Graha Malang I, 19 Agustus 2014 (Selasa Sore)
    ... sedangkan gadis lainnya gagal. Demikian juga di dalam ibadah tidak semuanya berhasil. Ibadah pelayanan Kain ditolak Tuhan sedangkan Habel diterima. Oleh sebab itu kita harus berhati-hati jangan asal beribadah sebab ada yang berhasil dan ada yang tidak Disebut sebagai kabar mempelai karena menunjukkan Yesus sebagai Mempelai Pria dan mempersiapkan menyucikan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 11 Juni 2016 (Sabtu Sore)
    ... seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu ketika ia melihat orang itu ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria yang sedang dalam perjalanan ke tempat itu dan ketika ia melihat orang itu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya sesudah ia ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 14 Oktober 2013 (Senin Sore)
    ... dari semuanya itu seperti isi sebuah kitab yang termeterai apabila itu diberikan kepada orang yang tahu membaca dengan mengatakan Baiklah baca ini maka ia akan menjawab Aku tidak dapat sebab kitab itu termeterai . dan apabila kitab itu diberikan kepada seorang yang tidak dapat membaca dengan mengatakan Baiklah baca ini ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 31 Mei 2009 (Minggu Sore)
    ... Korintus - pemberitaan firman pengajaran yang memberitakan kedatangan Yesus kedua kali dalam kemuliaan sebagai Raja segala raja dan Mempelai Laki-laki Surga untuk menyucikan dan menyempurnakan sidang jemaat menjadi sama dengan Dia jadi mempelai wanitaNya. Ini adalah makanan keras yang kita butuhkan untuk bisa bertumbuh ke arah Yesus sebagai Kepala. Mengapa ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 16 Juni 2022 (Kamis Sore)
    ... karena kamu saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu sehingga dalam jemaat-jemaat Allah kami sendiri bermegah tentang kamu karena ketabahanmu dan imanmu dalam segala penganiayaan dan penindasan yang kamu derita suatu bukti tentang adilnya penghakiman Allah yang ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 27 April 2014 (Minggu Sore)
    ... di depan mata semua orang. seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga nabi palsu dengan pengajaran-pengajaran palsu. binatang pertama Wahyu seekor binatang keluar dari dalam laut antikris. Tanda penyembahan palsu yaitu didorong oleh pengajaran palsu nabi palsu . mengarah kepada penyembahan antikris dengan cap . penyembahan palsu menghasilkan tanda-tanda ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 09 Februari 2017 (Kamis Sore)
    ... sesuatu pekerjaan engkau atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau hambamu laki-laki atau hambamu perempuan atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi laut dan segala isinya dan Ia berhenti pada hari ketujuh itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.