Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Markus 14:37-39
14:37 Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?
14:38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."
14:39 Lalu Ia pergi lagi dan mengucapkan doa yang itu juga.

Menjelang Yesus disalib, Yesus dan murid-murid menghadapi banyak hal, tentara, diburu, dan lain-lain.
Sama dengan itu, menjelang kedatangan Yesus kedua kali, kita akan mengalami banyak hal, pencobaan, masalah, kebencian, dosa-dosa yang tidak dapat ditanggulangi dengan segala sesuatu dari dunia ini, tetapi hanya bisa ditanggulangi dengan berjaga-jaga dan berdoa.

Berdoa dan berjaga-jagalebih baik daripada berdoa dan bekerja (ora et labora). Tuhan mengajarkan kepada kita untuk bisa berdoa dan berjaga-jaga dengan praktik berdoa satu jam.

Pengertian rohani doa satu jam:
  1. Wahyu 18:16
    18:16 mereka berkata: "Celaka, celaka, kota besar, yang berpakaian lenan halus, dan kain ungu dan kain kirmizi, dan yang dihiasi dengan emas, dan permata dan mutiara, sebab dalam satu jamsaja kekayaan sebanyak itu sudah binasa."

    Doa satu jam adalah proses perobekan hawa nafsu dagingsupaya:
    • Kita tidak jatuh dalam dosa Babel = dosa makan minum dan dosa kawin-mengawinkan.
    • Kita tidak binasa bersama dengan Babel, dunia, tetapi kita hidup benar dan suci bersama dengan Tuhan.
  2. Lukas 22:57-60
    22:57 Tetapi Petrus menyangkal, katanya: "Bukan, aku tidak kenal Dia!"
    22:58 Tidak berapa lama kemudian seorang lain melihat dia lalu berkata: "Engkau juga seorang dari mereka!" Tetapi Petrus berkata: "Bukan, aku tidak!"
    22:59 Dan kira-kira sejam kemudianseorang lain berkata dengan tegas: "Sungguh, orang ini juga bersama-sama dengan Dia, sebab ia juga orang Galilea."
    22:60 Tetapi Petrus berkata: "Bukan, aku tidak tahu apa yang engkau katakan." Seketika itu juga, sementara ia berkata, berkokoklah ayam.

    Doa satu jam adalah proses perobekan tabiat daging, yaitu takut berkorban untuk Tuhan, sehingga menyangkal Tuhan.

    Menyangkal Tuhan artinya:
    • tidak setia sampai tinggalkan ibadah pelayanan
    • tinggalkan Yesus = tidak percaya Yesus.

    Doa satu jam membuat kita tetap setia dan berkobar-kobar dalam melayani Tuhan, tetap mengaku Tuhan sampai kedatangan Tuhan kedua kali, apapun pengorbanannnya.

    Matius 10:32-33
    10:32 Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga.
    10:33 Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga."

  3. Markus 14:38
    14:38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."

    Doa satu jam adalah proses perobekan keinginan daging yang bertentangan dengan firman, supaya:
    • Tidak jatuh dalam pencobaan.
      Yakobus 1:13-15

      1:13. Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.
      1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
      1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

      Manusia dicobai oleh keinginannya sendiri. Jika keinginannya diikuti, kita hanya menggali lobang untuk diri sendiri dan akan jatuh ke dalamnya.

      Ketika berada dalam pencobaan, jika kita mencari jalan keluarsendiri yang tidak sesuai dengan firman, kita berbuat dosa.
      Ketika dosa diperam = tidak diakui, tetapi justru menyalahkan orang lain, dosa menjadi matang sehingga melahirkan maut = kebinasaan.

    • Bisa taat dengar-dengaran kepada kehendak Tuhan = firman Tuhan, yang sering kali bertentangan dengan kehendak kita.
      Markus 14:36
      14:36 Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."

      Taat dengar-dengaran = mengulurkan tangan kepada Tuhan; maka Tuhan juga akan mengulurkan tangan kepada kita.
      Orang yang taat dengar-dengaran hidup dalam tangan Gembala Agung.

      Hasil hidup dalam tangan Gembala Agung:
      1. Yesaya 40:11
        40:11 Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya,induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.

        Tuhan akan memeluk, memangku kehidupan kita:
        • Tangan Gembala Agung melindungi hidup kita dari segala hal di bumi ini, segala kebencian, sampai dosa-dosa.
        • Segala letih lesu dan beban berat ditanggung oleh Gembala Agung, sehingga kita hidup damai sejahtera, ada kelegaan, semua jadi enak dan ringan.

      2. Tangan Gembala Agung menuntun kita ke masa depan yang indah,sampai tempat penggembalaan terakhir, Yerusalem Baru.
        Orang yang taat tidak akan salah arah!

      3. Mazmur 100:3
        100:3 Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kitadan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.

        Ada kuasa penciptaan,dari tidak ada menjadi ada, yang mustahil menjadi tidak mustahil, sampai kita diciptakan menjadi manusia baru, menjadi sama mulia dengan Dia, siap untuk menyambut kedatangan-Nya yang kedua kali = kita menjadi Mempelai Wanita Sorga yang sempurna.



Tuhan memberkati!

Tags

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Surabaya, 25 September 2013 (Rabu Sore)
    ... dipanggil oleh Tuhan dalam pelayanan-Nya adalah orang bebas milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus adalah hamba-Nya. Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusiaHamba Tuhan orang bebas bukan orang terikat . Hamba Tuhan yang pertama adalah kehidupan yang ditebus dibeli ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 21 April 2014 (Senin Sore)
    ... wajah Yesus yang bersinar bagai matahari harus melihat lambung Yesus yang mengeluarkan darah dan air. DARAHMenunjuk Mezbah Korban Bakaran BERTOBAT yaitu berhenti berbuat dosa dan kembali pada Tuhan mati terhadap dosa . Dalam kitab Petrus diistilahkan dengan 'membuang dosa'. Petrus Karena itu buanglah segala kejahatan segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan ...
  • Ibadah Persekutuan Kartika Graha Malang V, 21 Agustus 2014 (Kamis Sore)
    ... tahun pembebasan tanpa syarat cuma-cuma . Kalau tanah sudah dijual tetapi tidak bisa menebusnya maka tanah dimiliki oleh orang yang membeli sampai tahun Yobel. Pada saat tahun Yobel semua tanah yang sudah dijual dan belum ditebus harus dikembalikan pada pemiliknya tanpa syarat cuma-cuma. Jadi Firman pengajaran yang lebih tajam dari pedang bermata ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 25 Juli 2016 (Senin Sore)
    ... dalam darah Yesus. Sesudah menjadi imam dan punya jubah pelayanan harus dicelup dalam darah Yesus. Di dalam Tabernakel ini menunjuk pada percikan darah di dalam ruangan maha suci. Ini juga merupakan kemuliaan atau kesempurnaan. Percikan darah mengalami sengsara daging bersama Yesus--penyucian terakhir. Contohnya harus datang ibadah besok masih ada tugas atau sekolah. ...
  • Ibadah Raya Malang, 16 Oktober 2022 (Minggu Pagi)
    ... melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya aku sangat heran. Oleh sebab itu rasul Yohanes sangat heran sebab akal pikirannya tidak bisa menjangkau firman nubuat. Wahyu Lalu kata malaikat itu kepadaku Mengapa engkau heran Aku akan mengatakan kepadamu rahasia perempuan itu dan rahasia ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 25 Oktober 2010 (Senin Sore)
    ... Matius - hukum kesucian. Matius - hukum kejujuran. Matius - hukum kemurahan. Matius - hukum keadilan. Matius - hukum kekayaan. Matius - hukum iman. Matius - hukum menghakimi. Matius - hukum menyangkut doa. Matius - hukum menyangkut berbuah-buah. Kita membahas hukum ke- hukum iman . Iman ini menyangkut soal kekuatiran secara ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 13 November 2022 (Minggu Siang)
    ... ujian bagi kita apakah buli-buli tanah liat ini sudah diisi kabar mempelai atau tidak. Kalau kita sudah mengerti sampai praktik firman saat diperhadapkan dengan siapapun juga kita tidak akan goyah. Kalau sudah jujur soal pengajaran yang benar dan mempraktikkannya kita akan menjadi teladan dalam perbuatan benar dan baik sampai membalas ...
  • Ibadah Paskah Persekutuan I di Hotel Tunjungan Surabaya, 08 Mei 2015 (Jumat Malam)
    ... garang tidak suka yang baik . suka mengkhianat tidak berpikir panjang berlagak tahu lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah . . Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu 'tidak mempedulikan agama' mencampur adukkan agama bukan atheis karena orang-orang ini adalah ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 03 Desember 2012 (Senin Sore)
    ... kehidupan itu tidak berfungsi lagi sebagai rumah Tuhan dan menjadi sarang penyamun pasar di pasar selalu mencariyang murah murahan ibadah pelayanan tanpa tahbisan yang benar dan tanpa kesucian di pasar ada kebebasan bebas dalam cara berpakaian pergaulan dan semuanya pasar ditandai dengan keramaian sukacita dunia dalam gereja Tuhan tanpa Firman ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 12 Mei 2012 (Sabtu Sore)
    ... saksi Tuhan jika tangan Tuhan menyertai kita. Syarat untuk disertai Tuhan untuk bisa menjadi saksi Tuhan Kita harus seperti carang melekat pada pokok anggur yang benar. Artinya adalah hidup dalam kebenaran dan berpegang teguh pada pengajaran yang benar. Yesaya - Sesungguhnya tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan dan pendengaran-Nya ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.