Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Efesus 4:15 = BERTUMBUH KE ARAH KRISTUS SEBAGAI KEPALA(Tema ibadah kunjungan di Manado 26-28 Mei 2009).

Ada 3 langkah untuk gereja Tuhan bisa bertumbuh ke arah Yesus sebagai Kepala:
  1. Mengalami pertumbuhan, ada 2 macam:
    1. Secara kuantitas/jumlah, merupakan hasil pekerjaan firman penginjilan(Efesus 1:13).
      Firman penginjilan ini membawa orang berdosa untuk bisa percaya Yesus dan diselamatkan, tandanya adalah percaya, bertobat, babtisan air, dan babtisan Roh Kudus, yang menghasilkan hidup benar.

      Contoh pertumbuhan kuantitas ini adalah saat Israel dijajah Mesir. Yakub dari seorang diri, mempunyai 12 anak, kemudian menjadi 70, sampai tidak terbilang lagi.

      Tetapi yang perlu diingat, yang masuk Kanaan hanya 2 orang, yaitu Yusak dan Kaleb.

      Dalam Perjanjian Baru, dari Yesus seorang diri, menjadi 12 murid, kemudian menjadi 70, berkembang menjadi 3000, sampai tidak terhitung lagi saat ini.

    2. Secara kualitas, merupakan hasil pekerjaan firman pengajaran(2 Korintus 4:3-4).
      Firman pengajaran adalah firman yang memberitakan kedatangan Yesus kedua kali, untuk menyucikan dan menyempurnakan sidang jemaat, menjadi mempelai wanitaNya, bisa menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.

  2. Masuk dalam pembangunan tubuh Kristus.
    Efesus 4:11-13,syaratnya adalah:
    1. Hidup dalam kesucian.
      Supaya bisa hidup suci, harus hidup di Ruangan Suci, yaitu kandang penggembalaan. Dalam Ruangan Suci ada 3 macam alat, yang menunjuk pada ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok, yaitu:
      • Pelita Emas -->ketekunan dalam Ibadah Raya, persekutuan dengan Allah Roh Kudus,
      • Meja Roti Sajian -->ketekunan dalam Ibadah Pendalaman Alkitab dan Perjamuan Suci, persekutuan dengan Allah Anak,
      • Medzbah Dupa Emas -->ketekunan dalam Ibadah Doa, persekutuan dengan Allah Bapa.

      Imamat 21:12,
      dalam Ruangan Suci kita sedang dikhususkan, yaitu menerima minyak urapan Roh Kudus, yang membuat kita bertahan dalam kebenaran dan hidup dalam kesucian.

      Hati-hati, kenajisan (katak) di akhir zaman ini ada di mana-mana. Biar kita tergembala dengan baik, menerima minyak urapan Roh Kudus, sehingga bisa hidup dalam kesucian.

    2. Memiliki jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus.
      Tuhan Yesus memberikan jabatan pelayanan lewat pembukaan firman Allah. Kalau sudah disucikan oleh firman, maka pasti akan menerima jabatan.

      Jabatan pelayanan dan karunia = jubah yang indah. Jangan sampai melepas jubah yang indah, nanti hidup tidak indah lagi. Jubah yang indah ini memperindah hidup kita, memberikan masa depan yang indah dalam hidup kita. 

    Kalau hidup suci dan memiliki jabatan pelayanan, maka kita akan dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus, sampai sempurna.

  3. Ada hubungan persekutuan tubuh dengan Kepala.
    Yaitu leher = doa penyembahan, ditambah doa puasa, doa malam.

    Kisah Rasul 1:4-5,14ukuran doa penyembahan:
    1. Dengan hati damai (kota Yerusalem) dan taat dengar-dengaran (jangan tinggalkan Yerusalem).
    2. Bertekun dengan sehati dalam doa penyembahan.
      Bertekun adalah sesuatu yang dilakukan terus-menerus dan tidak bisa dihalangi oleh apapun juga.

    Kalau doa penyembahan sudah mencapai ukuran, maka Tuhan akan mencurahkan Roh Kudus(Kisah Rasul 2:1-4), untuk mengurapi, memenuhi, dan meluap-luap, menjadi minyak persediaan dalam hidup kita.

    Kegunaan Roh Kudus:
    1. Yohanes 16:8,menginsafkan manusia akan dosa.
      Dosa itu membawa pada penghakiman, penghukuman mulai di dunia sampai hukuman kekal di neraka. Manusia daging tanpa Roh Kudus, tidak sadar akan dosanya, malah cenderung menyalahkan orang lain, sehingga tetap hidup dalam dosa. Tetap hidup dalam dosa bahkan menyalahkan orang lain = menghujat Roh Kudus, dan ini dosa yang tidak terampunkan.

      Praktek Roh Kudus menginsafkan akan dosa berarti menyadari dosa-dosa, menyesali dosa, dan mengakui dosa kepada Tuhan dan sesama. Saat itu darah Yesus mengampuni dosa kita, dan jangan berbuat dosa lagi = hidup benar, maka kita bebas dari penghakiman.

    2. Kisah Rasul 1:8,mendorong kita supaya dapat bersaksi.
      Yaitu bersaksi tentang Injil Keselamatan yang sudah menyelamatkan kita, juga tentang Injil Kemuliaan (firman pengajaran) yang sudah mengubahkan hidup kita. Penebaran jala ada dua kali. Kalau hanya sekali penebaran jala, Injil Keselamatan, akan koyak, banyak yang keluar lagi. Perlu penebaran jala yang kedua, Injil Kemuliaan.
       
      Yohanes 15:25-27,kita harus bersaksi sebab kita menghadapi kebencian tanpa alasan dan aniaya-aniaya.

      Roma 5:3-5,Roh Kudus akan memberi kita kekuatan untuk kita bertahan dalam menghadapi kebencian dan aniaya, sehingga kita tidak kecewa/putus asa, melainkan tetap bertahan dengan terang kesaksian. Pelita kita akan tetap menyala menghadapi kegelapan dunia, dan bertahan sampai kedatangan Tuhan kedua kali.

    3. Roma 8:26,menolong kita supaya dapat menyembah Tuhan dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan, dengan bahasa roh.

      Wahyu 12:1-2,keadaan gereja Tuhan saat ini adalah seperti perempuan yang hendak melahirkan dan menghadapi naga, dalam keadaan tidak berdaya, sengsara daging tanpa dosa. Roh Kudus akan menolong kita untuk bisa menyembah dalam bahasa roh = mengeluh dan mengerang kepada Tuhan (Roma 8:22-23).

      Mengeluh = mengaku tidak berdaya, tidak lagi berharap pada manusia, hanya berharap pada Tuhan.
      Mengerang = kerinduan untuk mengalami keubahan dari manusia daging (keinginan daging, tabiat daging, perbuatan daging) menjadi manusia rohani.

      Roma 8:28,kalau bisa mengeluh dan mengerang kepada Tuhan, maka Tuhan akan mengulurkan tangan untuk menjadikan semuanya baik, sampai terbaik, sempurna seperti Tuhan, untuk siap menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.
Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malang, 21 Februari 2019 (Kamis Sore)
    ... atas bumi dan kepadanya diberikan anak kunci lobang jurang maut. Lucifer dari malaikat terang jatuh menjadi setan karena sombong tidak taat kepada Tuhan . Adam dan Hawa jatuh karena keinginan sehingga tidak taat kepada Tuhan. Supaya kasih tidak dingin tidak jatuh kita harus hidup dalam kasih yang bertambah-tambah sampai kasih ...
  • Ibadah Natal Kunjungan di Mojoagung, 27 Desember 2013 (Jumat Sore)
    ... natal yang indah biarlah kita berusaha untuk hidup dalam Tangan Tuhan. Roma . Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah Sementara kita berusaha hidup dalam Tangan Tuhan kenyataan yang ada adalah semua manusia sudah berbuat dosa telanjang terpisah dari Tuhan dan tidak bisa kembali pada Tuhan. Buktinya saat ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 23 Maret 2018 (Jumat Sore)
    ... diri . Kalau menuntut--jadi perusuh-- rumah tangga akan rusuh hancur dan tercerai-berai. Dalam penggembalaan atau fellowship kita berkomitmen untuk mau melayani pengabdian diri bukan menuntut hak. Lukas . Bukankah sebaliknya ia akan berkata kepada hamba itu Sediakanlah makananku. Ikatlah pinggangmu dan layanilah aku sampai selesai aku makan dan minum. Dan sesudah ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 07 April 2013 (Minggu Sore)
    ... murid-Ku' kegerakan Roh Kudus hujan awal Firman penginjilan kabar baik membawa orang-orang berdosa diselamatkan oleh Tuhan lewat baptisan air. ay. 'ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu' kegerakan Roh Kudus hujan akhir Firman pengajaran kabar mempelai membawa orang-orang yang sudah selamat untuk disucikan dan diubahkan sampai sempurna mempelai ...
  • Ibadah Raya Malang, 15 November 2015 (Minggu Pagi)
    ... gemar beribadah bersaksi menyembah Tuhan. Maka berkat Tuhan akan diturunkan. Kalau menjadi sarang penyamun maka kutukan yang akan diturunkan. Wahyu - maka Aku menasihatkan engkau supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api agar engkau menjadi kaya dan juga pakaian putih supaya engkau memakainya agar jangan kelihatan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 01 Agustus 2010 (Minggu Sore)
    ... ratap tangis Wahyu dukacita Wahyu laknat kutukan Wahyu malam. Kita membahas bagian yang ke- Wahyu . Dan malam tidak akan ada lagi di sana dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya. MALAM TIDAK ADA LAGI ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 22 Agustus 2020 (Sabtu Sore)
    ... benda jasmani--minyak dan gandum jasmani-- bukan Tuhan--gandum dan minyak sorgawi. Lukas - . Aku tahu apa yang akan aku perbuat supaya apabila aku dipecat dari jabatanku sebagai bendahara ada orang yang akan menampung aku di rumah mereka. . Lalu ia memanggil seorang demi seorang yang berhutang kepada tuannya. Katanya kepada yang ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 13 Juni 2015 (Sabtu Sore)
    ... dalam hidup kita akan terus dilanjutkan. Markus - Sebab memang Herodeslah yang menyuruh orang menangkap Yohanes dan membelenggunya di penjara berhubung dengan peristiwa Herodias isteri Filipus saudaranya karena Herodes telah mengambilnya sebagai isteri. Karena Yohanes pernah menegor Herodes Tidak halal engkau mengambil isteri saudaramu Karena itu Herodias menaruh dendam pada ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 09 Agustus 2012 (Kamis Sore)
    ... meninggalkan Aku Markus . Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan. Waktu penyaliban Yesus adalah jam jam jam jam petang . Matius - . Kira-kira pukul sembilan pagi ia keluar pula dan dilihatnya ada lagi orang-orang lain menganggur di pasar. . Katanya kepada mereka Pergi jugalah kamu ke kebun anggurku dan apa ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 22 Februari 2009 (Minggu Sore)
    ... tidak buta. Petrus Mata yang terang itu memperhatikan dan melihat Firman nubuat. Firman nubuat adalah Firman yang akan memberitakan segala sesuatu yang akan terjadi dan pasti akan terjadi. Puncaknya adalah saat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Itulah yang disebut dengan Kabar Mempelai. Mata kita hari-hari ini harus tetap menyala untuk bisa ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.