Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 24: 32-35
NUBUAT TENTANG POHON ARA/ISRAEL
Pohon ara ini ditampilkan dari zaman ke zaman:
  1. Zaman Allah Bapa = menampilkan pohon ara di taman Eden.
  2. Zaman Allah Anak = menampilkan pohon ara di pinggir jalan.
  3. Zaman Allah Roh Kudus = menampilkan nubuat tentang pohon ara.
AD. 3. NUBUAT TENTANG POHON ARA
Ini menunjuk pada Israel, sudah ada tanda-tanda untuk berbuah, rantingnya sudah melembut. Ini menunjuk pada 2 hal:
  1. Israel yang sudah merdeka pada 1947/1948 (secara jasmani).
  2. Israel sudah mengalami keubahan hidup dari ranting yang keras menjadi ranting yang lembut (secara rohani).
Jadi, kedatangan Tuhan kedua kali identik dengan keubahan hidup. Kalau mau menyambut kedatangan Tuhan yang kedua, maka kita harus mengalami keubahan hidup dari manusia daging menjadi manusia rohani.

1 Korintus 15: 50-52
Mengapa harus terjadi keubahan hidup/pembaharuan?Sebab manusia daging dan darah tidak mendapat tempat dalam kerajaan Surga= tidak bisa menyambut kedatangan Yesus yang kedua kali.
Mati atau hidup sampai Tuhan datang, itu tidak penting. Yang penting adalah selama hidup kita harus mengalami keubahan hidup, sehingga pada saat bunyi nafiri terakhir, kita yang hidup akan diubahkandalam sekejap mata dalam tubuh kemuliaan dan yang mati akan dibangkitkandalam tubuh kemuliaan, sehingga keduanya menjadi 1 tubuh Kristus yang sempurna.

Dalam Matius 24, keubahan hidup itu sama dengan MELEMBUT(pohon ara yang rantingnya melembut). JANGAN KERAS TERUS.

Apa yang harus melembut?: hati, menjadi hati yang lemah lembut.

Yakobus 1: 21
Hati lemah lembut adalah bisa menerima Firman Allah sekeras apapun.

Proses untuk menerima Firman:
  • Yakobus 1: 19= cepat untuk mendengar.
    Ibrani 5: 11-13
    Cepat untuk mendengar itu artinya: bukan saja bisa mendengar Firman penginjilan (susu), tapi harus sudah bisa mendengarkan Firman pengajaran yang keras yang lebih tajam dari pedang bermata dua.

    Kalau hanya minum susu, tingkat kerohaniannya hanya akan seperti anak kecil yang mudah diombang-ambingkan oleh pengajaran sesat (Efesus 4: 14) dan tidak bisa jadi mempelai wanita Tuhan, tidak bisa menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.

  • Yakobus 1: 19= mengerti Firman pengajaran yang benar.
    Ini sama artinya dengan Firman pengajaran tertulis di AKAL BUDI/DAHIkita. Buktinyaadalah lambat berkata-kata (banyak berdiam diri) dan lambat untuk marah. Berkata hanya sesuatu yang menjadi berkat bagi orang lain.

    Kalau Firman tertulis di dahi, maka antikris tidak bisa menuliskan “666” di dahi(Wahyu 13: 16, 18).

  • Yakobus 1: 21= percaya dan yakin pada Firman.
    Ini artinya Firman pengajaran ditulis di HATIkita, menjadi iman yang menyelamatkan dan membenarkan kita.

    Apapun keadaan kita malam ini, kalau kita bisa yakin pada Firman, kita akan dibenarkan oleh Firman dan kita akan diselamatkan dan jangan kembali lagi pada dosa itu, supaya jangan lebih buruk lagi hidup itu.
  • Yakobus 1: 22= melakukan Firman, taat dengar-dengaran pada Firman.
    Kalau Firman dipraktikan, akan menghasilkan perbuatan iman. Dan perbuatan iman inilah yang membawa kita dalam kesempurnaan.
Yakobus 2: 21-22
= perbuatan iman dari Abraham (mewakili orang Israel)yang membawa pada kesempurnaan. Perbuatan iman Abraham adalah mempersembahkan Ishak SESUAIdengan Firman Tuhan. Artinya sekarang secara rohani adalah memberikan apa yang Tuhan minta lewat Firman Tuhan apapun resikonya. Jadi, semua persembahan dan pelayanan kita harus SESUAI FIRMAN= mengasihi Tuhandengan segenap tubuh, jiwa dan roh lebih dari segala sesuatu= loh batu pertama.

Jangan pakai logika saat melakukan Firman. Secara logika, Ishak bisa saja diganti 1000 ekor lembu. Tapi Tuhan tidak minta lembu, dan hanya minta Ishak.

2 Tawarikh 3: 1a
Kalau kita melayani Tuhan dengan mengasihi Tuhan, maka arahnya jelas, yaitu mengarah pada pembangunan tubuh Kristus, dimana Abraham ini mempersembahkan Ishak di gunung Moria dan di gunung inilah Salomo membangun Bait Allah. Dan apa yang kita korbankan, itu tidak akan hilang!

Kejadian 22: 10-14
Kalau kita berkorban sesuatu kepada Tuhan dengan mengasihi Tuhan, maka segala persembahan itu tidak akan hilang, tapi kita akan bertemu dengan “Yehova Jireh”. Tuhan mengadakan apa yang tidak ada.

Yakobus 2: 25
= perbuatan iman dari Rahab (mewakili bangsa kafir).
Bangsa kafir ini sebenarnya hanya pelacur yang dipakai dalam pembangunan tubuh Babel, jadi mempelai wanita setan! Tapi puji syukur, masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk bisa ada dalam perbuatan iman.

Rahab melembut, sehingga bisa terima Firman dan bisa praktik Firman, ada perbuatan iman, sehingga ia juga bisa dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus.

Perbuatan iman Rahab adalah menyembunyikan 2 pengintai supaya bisa masuk ke Kanaan.
Kanaan= kegerakan Roh Kudus hujan akhir.
Disini, Rahab harus korban nyawa, sebab kalau ketahuan raja Yerikho, ia akan dibunuh.

Disini artinya, Rahab tidak kuatir dan tidak takut sekalipun harus berkorban nyawa supaya Israel bisa masuk ke Kanaan (demi kegerakan pembangunan Tubuh Kristus)= mengasihi sesamaseperti diri sendiri= loh batu kedua.

Jadi, hati yang lemah lembut menghasilkan perbuatan iman, menghasilkan 2 loh batu.

Kalau kita malam ini berubah melembut dan punya hati yang lemah lembut, kita memiliki perbuatan iman dan kasih yang sempurna (2 loh batu) dalam kehidupan kita. Kasih Tuhan inilah yang harus ada dalam kehidupan kita. Tanpa kasih Allah, semua tidak berguna, bahkan binasa.

Markus 12: 28-30, 33-34
Hasil kalau memiliki kasih yang sempurna:
  1. ay. 33-34= 'engkau tidak jauh dari kerajaan Allah'= kita mengalami kebahagiaan Surga.

    Keluaran 20: 3-17
    ay. 3-11= mengasihi Tuhan (hukum 1-4)= mengatur hubungan kita dengan Tuhan dalam ibadah pelayanan (kebahagiaan I).
    Kalau hubungan kita baik dengan Tuhan, inilah kebahagiaan Surga. Kalau tidak bahagia, maka kita harus perbaiki hubungan kita dengan Tuhan.

    ay. 12-17= mengasihi sesama (hukum 5-10)= mengatur hubungan kita dengan sesama.
    Kalau hubungan kita dengan sesama baik, kita akan mengalami kebahagiaan juga.

    Hukum ke-5= hubungan anak dan orang tua (kebahagiaan II).
    Hukum ke-6= hubungan kakak adik dalam nikah (kebahagiaan III).
    Hukum ke-7= hubungan suami istri dalam nikah (kebahagiaan IV).
    Hukum ke-8 – ke-10= hubungan kita dengan masyarakat (kebahagiaan V).

    Jadi, 2 loh batu itu sesungguhnya mengandung kebahagiaan.

    5 kebahagiaan= 5 luka Yesus. Inilah sumber kebahagiaan kita. Diluar salib, kita tidak akan menemukan kebahagiaan!

    Jangan tinggalkan tempat ini malam ini, sebelum kita memeluk 2 loh batu. Kalau 2 loh batu kita peluk, maka Tuhan juga akan memeluk kita.

  2. Markus 12: 34= 'bagaimana bijaksananya orang itu'= kita mendapatkan kebijaksanaan Surga.

    Amsal 2: 10-11
    = kegunaan dari hikmat dari Surga, yaitu untuk memelihara dan melindungi kita di dunia yang sulit ini.

    Amsal 24: 14
    Hikmat dari Surga, itu juga berguna untuk menjamin masa depan yang indah dalam hidup kita.
    Kalau hidup kita belum indah, PERIKSA, bagaimana hubungan kita dengan Tuhan dan sesama!

  3. Markus 12: 34= 'tidak ada yang berani bertanya lagi'= tidak ada masalah lagi.
    Kalau tidak ada masalah, maka tidak ada air mata lagi. Ada Tangan Tuhan yang menyelesaikan segala masalah kita dan air mata kita, sampai membawa kita ke tempat yang tidak ada air mata (Yerusalem Baru).

    Wahyu 7: 17
Tuhan memberkati.

Tags

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 31 Januari 2011 (Senin Sore)
    ... itu tetap binasa sekalipun sudah ditebus darah Yesus tetapi masih menyimpan ajaran sesat akan tetap binasa . Galatia . Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan. 'adonan' persekutuan. Artinya SEDIKIT ajaran sesat sudah merusak persekutuan tubuh Kristus mulai dari dalam nikah. Markus . Lalu Yesus memperingatkan mereka kata-Nya Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 22 Juli 2012 (Minggu Sore)
    ... pada ibadah sebelumnya dan TERBUKA JALAN YANG BARU DAN HIDUP BAGI KITA SEMUA sudah diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya Juli . 'terjadilah gempa bumi dan bukit-bukit batu terbelah' MUJIZAT KEDUA yaitu TERJADI KEGERAKAN ROHANI. Jadi kematian Yesus membawa kita pada kegerakan rohani. Yohanes - . Jawab Yesus kepada mereka Rombak Bait Allah ini ...
  • Ibadah Tutup dan Buka Tahun, 31 Desember 2009 (Kamis Malam)
    ... akan keluar dari Mesir harus ada malam berjaga-jaga bagi Tuhan dan Israel. Saat itu Mesir dihukum dengan hukuman dan Israel mengalami kelepasan dari Mesir. Demikian juga gereja di akhir zaman harus ada malam berjaga-jaga bagi Tuhan dan bagi kita sekalian sebelum dunia dihukum dengan x hukuman. Tuhan berjaga-jaga lewat doa ...
  • Ibadah Doa Malang, 05 Agustus 2021 (Kamis Sore)
    ... buas Antikris adalah gambar wujud dari setan yang tidak kelihatan tetapi selalu ingin disembah lewat rayuan paksaan sampai pembunuhan. Kalau pelayan Tuhan suka merayu memaksa dan membenci itu sama seperti penyembahan pada Antikris yang sebenarnya tidak layak untuk disembah. Yesus Kristus adalah gambar wujud dari Allah yang tidak kelihatan yang layak dan ...
  • Ibadah Raya Malang, 20 November 2016 (Minggu Pagi)
    ... hingga pada saat kamu berkata Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan Naungan sayap induk ayam menunjuk pada perlindungan dan pemeliharaan dari Tuhan. Sehebat apa pun manusia di dunia hanyalah seperti anak ayam yang tidak berdaya untuk mencari kebutuhan hidup sehari-hari. Juga tidak berdaya untuk menghadapi musuh-musuh celaka marabahaya. Kebutuhan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Surabaya, 09 Juni 2018 (Sabtu Sore)
    ... tidak akan bisa mencari sorga tidak setia dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan. Tidak bisa hidup dalam kebenaran tetapi selalu berbuat dosa--jahat dan malas. Di sekolah kuatir nilainya jelek lalu menyontek. Cacat cela rohani--bungkuk secara rohani. Amsal . Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia. Kita tahu di alkitab ...
  • Ibadah Ciawi I, 02 Desember 2008 (Selasa Sore)
    ... sasaran dari antikris. Ingat cerita wanita bungkuk thn di dalam bait Allah. Tuhan tidak mau kalau ciptaanNya ini dibinasakan bersama dunia ini. Karena itu Ia ingin menjadikan segala sesuatu baru supaya manusia tidak menjadi binatang buas untuk ditempatkan di langit dan bumi yang baru Yerusalem Baru. Dalam susunan Tabernakel Wahyu ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 23 Maret 2013 (Sabtu Sore)
    ... kata-Nya Akulah terang dunia barangsiapa mengikut Aku ia tidak akan berjalan dalam kegelapan melainkan ia akan mempunyai terang hidup. Silsilah Yesus ditulis artinya Yesus membawa terang kepada kita yang hidup dalam kegelapan supaya kita juga hidup dalam terang dan terbebas dari iblis raja kegelapan. Contohnya adalah Yesus menerangi orang yang ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 21 Maret 2013 (Kamis Sore)
    ... segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Di akhir jaman juga akan terjadi hujan es disertai api yang menyambar dari langit sampai dunia ini musnah. Ini terjadi pada saat gereja Tuhan akan keluar dari dunia ini untuk bertemu Yesus di awan-awan yang permai. Yudas Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah ...
  • Ibadah Doa Malang, 28 April 2015 (Selasa Sore)
    ... TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman Coba lihat ke langit hitunglah bintang-bintang jika engkau dapat menghitungnya. Maka firman-Nya kepadanya Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu. Keturunan Abraham secara rohani sama dengan bangsa kafir yang hidup dari iman hidup dalam kebenaran. Galatia Jadi kamu lihat bahwa mereka yang hidup dari iman mereka ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.