Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Kejadian 13: 10-15
13:10. Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordanbanyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. --Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. --
13:11. Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah.
13:12. Abram menetap di tanah Kanaan, tetapi Lot menetap di kota-kota Lembah Yordan dan berkemah di dekat Sodom.
13:13. Adapun orang Sodom sangat jahat dan berdosa terhadap TUHAN.
13:14. Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke
timur dan barat, utara dan selatan,
13:15. sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.

Ada dua pandangan dalam mengikut Tuhan:

  1. Ayat 10= Lot memiliki pandangan jasmani, yaitu menguntungkan bagi daging tetapi mengarah pada dosa Sodom Gomora; sama dengan mengarah pada dosa Babel--kebinasaan.
    Biarlah lewat doa penyembahan terjadi perobekan daging sehingga kita bisa berpindah dari pandangan jasmani ke pandangan rohani.

  2. Ayat 14: 'timur dan barat, utara dan selatan'--salib--= Abram memiliki pandangan rohani; sama dengan pandangan salib--tidak enak bagi daging tetapi menuju Kanaan samawi, Yerusalem baru kekal selamanya.

Kita mohon kepada Tuhan supaya kita memiliki pandangan salib.
Pengertian pandangan salib:

  1. 1 Petrus 4: 1-2
    4:1. Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, --karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa--,
    4:2. supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi
    menurut kehendak Allah.

    Yang pertama: rela sengsara daging untuk berhentiberbuat dosa--ayat 1--, sehingga kita bisa melakukan kehendak Tuhan--ayat 2. Itulah hamba/pelayan yang melayani Tuhan, bukan melayani setan lagi.

  2. 1 Petrus 4: 12-14 => menderita sebagai Kristen.
    4:12. Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.
    4:13. Sebaliknya,
    bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.
    4:14. Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab
    Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

    Yang kedua: rela sengsara daging tanpadosa; rela sengsara daging karena Tuhan: firman pengajaran yang benar, ibadah pelayanan dan sebagainya.

    Ini disebut juga dengan percikan darah/ujian/nyala api siksaan.
    Contoh: doa malam, doa puasa, tetap setia dalam ibadah pelayanan sekalipun menghadapi tantangan dan rintangan, difitnah, dikucilkan dan lain-lain.

    MengapaTuhan izinkan kita mengalami percikan darah? Supaya Roh kemuliaan dicurahkan kepada kita, sehingga kita tidak kering rohani tetapi tetap dalam urapan.

    KegunaanRoh kemuliaan/Roh Kudus:

    1. 1 Korintus 10: 13
      10:13. Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

      Yang pertama: Roh Kudus memberikan kekuatan ekstrakepada kita, sehingga kita tahan uji dalam menghadapi pencobaan-pencobaan; tidak kecewa, putus asa, dan meninggalkan Tuhan, tidak bersungut, tidak menyalahkan Tuhan dan orang lain, tetapi selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Banyak yang kena masalah lalu bunuh diri, karena itu butuh kekuatan ekstra.

      Kalau banyak kali kita bersungut, kecewa, mari minta kekuatan dari Roh Kudus.

      Kemudian, Roh Kudus sanggup memberikan jalan keluardari segala masalah.
      Kalau ada jalan keluar, berarti ada masa depan berhasil dan indah.

      Menghadapi pencobaan, minta kekuatan Roh Kudus! Minta kekuatan ekstra dari Roh Kudus, sampai ada jalan keluar dan masa depan berhasil dan indah!

    2. 1 Petrus 4: 14
      4:14. Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

      Yang kedua: Roh Kudus memberikan kebahagiaan sorgadi manapun, kapanpun, situasi apapun, bahkan di tengah penderitaan yang kita hadapi--kita minum anggur yang manis.

      Mungkin orang sudah kasihan melihat keadaan kita, tetapi kita bahagia. Tidak bisa diceritakan.

    3. Titus 3: 5
      3:5. pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

      'permandian kelahiran kembali' = baptisan air.

      Yang ketiga: Roh Kudus membaharui kitadari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus--mujizat terbesar.

      Waktu Yesus masuk baptisan air, kemudian keluar dari baptisan air, langit terbuka dan Roh bagaikan burung merpati turun.
      Jadi, kita diubahkan menjadi manusia rohani seperti burung merpati, yaitu tulus/jujur--ya katakan ya, tidak katakan tidak. Kita menjadi rumah doa; hanya menangis kepada Tuhan.

      Amsal 15: 8
      15:8. Korban orang fasik adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi doa orang jujur dikenan-Nya.

      Matius 21: 16
      21:16. lalu mereka berkata kepada-Nya: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?"

      Menjadi rumah doa sama menjadi sama seperti bayi yang menyusu dan menyediakan puji-pujian--bayi yang hanya menangis kepada Tuhan.
      Maka mujizat jasmani akan terjadi. Apa yang tidak bisa dipikirkan, dikatakan, dilakukan, Tuhan yang akan melakukannya bagi kita; tidak ada menjadi ada, mustahil jadi tidak mustahil.

      Biar kita menjadi rumah doa, Roh Kudus menolong kita pada kesempatan ini. Menghadapi pencobaan tetap mengucap syukur dan menyembah, Tuhan akan memberi jalan keluar. Kemudian Tuhan memberikan kebahagiaan--minum air anggur manis.
      Terakhir, kita mengalami pembaharuan yaitu menjadi orang jujur; kita menjadi rumah doa--seperti bayi yang hanya menangis kepada Tuhan.

      Dan saat Tuhan datang kembali kita diubahkan jadi sempurna seperti Dia; tidak salah lagi dalam perkataan. Kita layak menyambut kedatangan-Nya ke dua kali di awan-awan yang permai, sampai kita masuk di Yerusalem baru. Ini seperti Abram tetap tinggal di Kanaan.

Lot menggunakan pandangan daging, sehingga tidak ada Roh Kudus tetapi menuju Babel.
Sebaliknya, pandangan rohani sakit bagi daging namun Roh Kudus menolong kita sampai ke Yerusalem baru.
Banyak permohonan dan kebutuhan kita, tetapi semua sudah tercakup di dalam Roh Kudus.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malang, 30 Agustus 2011 (Selasa Sore)
    ... dalam kebenaran. I Yohanes Barangsiapa berkata Aku mengenal Dia tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. Membenci saudara sampai kebencian tanpa alasan. I Yohanes Jikalau seorang berkata Aku mengasihi Allah dan ia membenci saudaranya maka ia adalah pendusta karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya ...
  • Ibadah Persekutuan I di Square Ballroom Surabaya, 29 Mei 2018 (Selasa Sore)
    ... HARUS MENGALAMI PENYALIBAN DAGING--angka empat puluh-- untuk menerima keselamatan lewat korban Kristus. Dia yang sudah mati disalib kita sekarang hanya menerima. Kami sekeluarga bukan dari keluarga hamba Tuhan bukan dari keluarga orang Kristen. Dulu kami mencari keselamatan di kuburan minum air bunga setelah menerima penginjilan Injil keselamatan kami bisa percaya ...
  • Ibadah Doa Puasa Session I Malang, 08 November 2016 (Selasa Pagi)
    ... sebagai Kepala sama dengan melayani sesuai kehendak Tuhan. Kita melayani dengan mengandalkan kekuatan Tuhan Untuk menghadapi halangan tantangan rintangan dari setan tritunggal. Sehingga kita bisa bertahan sampai garis akhir. Maka Tuhan akan memberikan bekal pengutusan kepada kita. Ada macam bekal pengutusan Pedang firman yaitu firman pengajaran yang lebih tajam dari ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 15 September 2017 (Jumat Malam)
    ... jikalau Aku tidak pergi Penghibur itu tidak akan datang kepadamu tetapi jikalau Aku pergi Aku akan mengutus Dia kepadamu. 'Yesus pergi' Yesus mati di kayu salib bangkit dan naik ke sorga untuk mencurahkan Roh Kudus kepada kita. Kalau Yesus tidak pergi--tidak mati-- Roh Kudus juga tidak akan datang dan kita akan mengalami ...
  • Ibadah Doa Malang, 22 Juli 2014 (Selasa Sore)
    ... aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku lalu berkata Jangan takut Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir Tersungkur sama dengan bisa menyembah dengan hancur hati sampai daging tidak bersuara seperti orang mati . Rasul Yohanes memiliki firman Allah meja roti ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 16 Juni 2013 (Minggu Sore)
    ... pada Tuhan rohani kita tidak akan pernah merosot. ay. - dibawah gunung suasana dunia. Dibawah gunung lebih banyak murid-murid tetapi tidak bisa menyembuhkan penyakit ayan. Inilah gambaran dari hamba Tuhan anak Tuhan yang terpisah dari Tuhan sehingga ibadahnya bersuasana dunia dan kering rohaninya bahkan banyak masalah air mata sampai menderita penyakit ayan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 21 Januari 2013 (Senin Sore)
    ... tidak bisa diganggu gugat dan dibatalkan oleh apapun. Kalau melakukan perintah Tuhan berarti selamat. Kalau menolak perintah berarti tidak selamat mendapat hukuman dari Tuhan . Roma . Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian supaya sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 06 Juli 2014 (Minggu Sore)
    ... bisa selesai. Apa itu kunci kerajaan surga Salib Kisah Para Rasul sudah diterangkan mulai dari Ibadah Doa Surabaya Mei . panggilan dan pilihan Tuhan jabatan pelayanan Petrus - . Kita menjadi imam-imam yang melayani Tuhan sudah diterangkan mulai dari Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya Juni . Wahyu Karena itu tuliskanlah apa ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 09 Mei 2011 (Senin Sore)
    ... akibatnya adalah kematian rohani. Tanda Firman pengajaran yang benar tertulis dalam Alkitab. Firman yang tertulis dalam Alkitab itulah yang mengandung kuasa. Bahkan setanpun dikalahkan Tuhan lewat Firman yang tertulis di Alkitab saat Yesus dicobai oleh setan . Artinya Firman ini mengandung kuasa kemenangan. diwahyukan oleh Tuhan Firman yang dikatakan oleh Yesus dibukakan rahasianya ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 24 April 2009 (Jumat Sore)
    ... dari manusia. Roma yang hilang dari manusia Kehilangan pakaian kemuliaan sehingga telanjang. Kehilangan damai sejahtera. Kejadian kehilangan berkat dan diganti dengan kutuk. Ad. . Semua manusia sudah berbuat dosa berarti sudah kehilangan berkat dan hidup dalam kutukan. Kutukan ini menembusi dari zaman ke zaman sebagai berikut Zaman permulaan zaman Allah Bapa -- diwakili oleh ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.