Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayangnya Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 16:3
16:3.Dan malaikat yang kedua menumpahkan cawannya ke atas laut; maka airnya menjadi darah, seperti darah orang mati dan matilah segala yang bernyawa, yang hidup di dalam laut.

Cawan kedua adalah laut menjadi darah, seperti darah orang mati.

Siapakah 'laut' itu?
Yesaya 57:20-21
57:20.Tetapi orang-orang fasik adalah seperti lautyang berombak-ombak sebab tidak dapat tetap tenang, dan arusnya menimbulkan sampahdan lumpur.
57:21.Tiada damai bagi orang-orang fasik itu," firman Allahku.

Laut adalah orang fasik/ jahat/ berdosa yang menghasilkan dua hal:
  1. Sampah = sesuatu yang tidak berguna, yaitu:
    • Menjadi beban bagi orang lain.

    • Jahat dan malas dalam ibadah pelayanan, menjadi perusak.
      Matius 25:26,30
      25:26.Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam?
      25:30.Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dal,am kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."

      Kalau tidak setia, pasti akan menjadi beban.

  2. Lumpur, yaitu:
    • Perbuatan daging yang berdosa, perbuatan dosa sampai puncaknya dosa karena tidak taat pada firman Tuhan.
      Galatia 5:19-21
      5:19.Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
      5:20.penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
      5:21.kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

    • Perkataan sia-sia/ dosa yang mengeruhkan suasana, terutama mengeruhkan firman pengajaran yang benar, sehingga firman pengajaran yang benar dicela.
      Yehezkiel 34:18-19
      34:18.Apakah belum cukup bagimu bahwa kamu menghabiskan padang rumput yang terbaik? Mesti pulakah kamu injak-injak padang rumput yang lain-lain dengan kakimu? Belum cukup bahwa kamu minum air yang jernih? Mesti pulakah yang tinggal itu kamu keruhkan dengan kakimu?
      34:19.Apakah domba-domba-Ku seharusnya memakan rumput yang sudah diinjak-injak kakimu dan meminum air yang sudah dikeruhkan kakimu?

Akibatnya adalah tidak ada damai [Yesaya 57:21], tidak ada pelayanan Imam Besar.
Kalau tidak taat dan tidak setia, hukuman Allah akan turun, yaitu air laut menjadi darah, seperti darah orang mati. Artinya orang fasik akan mengalami kematian rohani, hanya berbuat dosa bahkan enjoydalam dosa sampai puncaknya dosa, sehingga tidak bergairah dalam perkara rohani. Ia tidak mengalami damai sejahtera, tetapi hanya letih lesu, beban berat, susah payah, dan air mata. Kalau dibiarkan akan masuk kematian kedua, binasa di neraka selamanya.

Oleh sebab itu, kita harus berjuang supaya air laut tidak menjadi darah.

Filemon 1:10-11

1:10.mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus
1:11.--dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku.

Kita berjuang untuk diri sendiri dan orang lain, terutama untuk keluarga, supaya kita menjadi seperti Onesimus yang dulunya tidak berguna (lumpur dan sampah), tetapi sekarang sangat berguna untuk pembangunan tubuh Kristus.
Menjadi sangat berguna artinya taat dengar-dengaran dan setia sampai daging tidak bersuara.

Titus 2:9-10
2:9.Hamba-hamba hendaklah taatkepada tuannya dalam segala hal dan berkenan kepada mereka, jangan membantah,
2:10.jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

Titus 2:10 [terjemahan lama]
2:10. dan dengan tiada mencuri, melainkan menunjukkan setia yang sempurna, supaya di dalam segala perkara mereka itu menjadi suatu perhiasan bagi pengajaran Allah, Juruselamat kita.

Kalau taat, maka kita akan menghiasi firman pengajaran yang benar, dan Tuhan juga akan menghiasi kita.

2 Timotius 1:6
1:6.Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allahyang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.

Kita harus setia dan berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan sesuai dengan karunia dan jabatan yang Tuhan percayakan kepada kita. Ini adalah jubah indah.

Kalau taat dan setia, hujan awal dan hujan akhir yang akan turun.

Ulangan 11:13-15

11:13.Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi TUHAN, Allahmu(taat), dan beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu(setia),
11:14.maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu,
11:15. dan Dia akan memberi rumput di padangmu untuk hewanmu, sehingga engkau dapat makan dan menjadi kenyang.

Hujan awal dan hujan akhir sama dengan hujan Roh Kudus. Manusia daging tidak berguna. Tetapi kalau Roh Kudus turun, hasilnya adalah:
  • Ayat 15 = Roh Kudus sanggup untuk melindungi dan memelihara kita secara jasmani sampai masa antikris berkuasa di bumi selama tiga setengah tahun.

  • Roh Kudus mampu memberikan ketenangan/ damai sejahtera kepada kita, sehingga semua menjadi enak dan ringan.

  • 'memberi rumput di padangmu untuk hewanmu' (hewan untuk ibadah) = Roh Kudus sanggup untuk memberkati dan mendorong kita untuk sungguh-sungguh dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan mulai dari dalam nikah, penggembalaan, dan antar penggembalaan.

  • Roh Kudus bisa membeirkan anggur, gandum, dan minyak.
    Ulangan 11:14
    11:14.maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu,

    Gandum = Roh Kudus mampu membukakan rahasia firman Allah, sehingga kita menjadi kuat teguh hati.

    Mazmur 104:15

    104:15.dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.

    Kita tidak kecewa, tidak putus asa, dan tidak meninggalkan Tuhan apa pun yang dihadapi. Kita tidak mundur setapak pun, tetapi tetap mengikut Tuhan sampai Dia datang kembali.
    Kalau kita kuat dan teguh hati, semua akan menjadi baik. Yang hancur pun menjadi baik.

    1 Tawarikh 19:13
    19:13.Kuatkanlah hatimudan marilah kita menguatkan hati untuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. TUHAN kiranya melakukan yang baik di mata-Nya."

    Anggur = Roh Kudus memberikan sukacita. Sehingga kita selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Kita tidak bergosip atau bersungut, tetapi menjadi saksi di mana-mana, mengalirkan anggur Roh Kudus kepada kehidupan yang kering. Kalau bergosip, kita akan semakin kering.

    Minyak= Roh Kudus memberi minyak urapan sehingga muka berseri. Artinya Roh Kudus membuat kita bisa menyembah Tuhan sehingga mengalami keubahan hidup, yaitu muka berseri. Kapan muka berseri? Saat kita jujur.
    Kita jujur mulai dari firman pengajaran yang benar, sampai jujur dalam segala hal termasuk mengaku dosa.

    Mujizat jasmani juga akan terjadi, yaitu pintu-pintu terbuka bagi kita.

    Wahyu 3:8

    3:8.Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku(taat)dan engkau tidak menyangkal nama-Ku(setia).

    Roh Kudus memberikan jalan keluar dari segala masalah yang mustahil.
    Jika Yesus datang kembali kedua kali, kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali di awan-awan yang permai. Pintu perjamuan kawin Anak Domba, Firdaus, dan Yerusalem Baru terbuka bagi kita.

Jangan menjadi air laut yang tidak berguna, tidak setia dan tidak taat, tetapi mari menjadi taat dan setia. Roh Kudus akan turun bagi kita, supaya kita menjadi berguna. Kita kenyang, tenang, sampai pintu Sorga terbuka bagi kita.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 19 Maret 2016 (Sabtu Sore)
    ... berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu dan sabar terhadap kamu Bawa anakmu itu kemari Dan ketika anak itu mendekati Yesus setan itu membantingkannya ke tanah dan menggoncang-goncangnya. Tetapi Yesus menegor roh jahat itu dengan keras dan menyembuhkan anak itu lalu mengembalikannya kepada ayahnya. Maka takjublah semua orang ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 Mei 2019 (Minggu Pagi)
    ... domba terhadap Gembala tetapi masih ada domba terhilang. Pengikutan murid terhadap Guru tetapi masih bisa terpisah. Pengikutan kepada Yesus ke mana saja Ia pergi pengikutan tubuh terhadap Kepala pengikutan mempelai. Praktek pengikutan mempelai adalah kita harus aktif dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna. Ini dimulai dari nikah suami bisa ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 03 November 2013 (Minggu Sore)
    ... untuk masuk perjamuan kawin Anak Domba. Mengapa demikian Sebab kalau tidak masuk perjamuan kawin Anak Domba berarti tertinggal didunia ini dan saat Tuhan datang kembali akan binasa selamanya. Apapun yang kita miliki didunia ini tidak ada artinya jika kita tertinggal saat Yesus datang kembali. Dengan apa Tuhan mengundang kita masuk perjamuan kawin Anak ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 20 November 2011 (Minggu Sore)
    ... dalam perkara rohani lebih mengutamakan perkara rohani daripada perkara jasmani. Hidup kekal di Surga. Ada kali penampilan pribadi Yesus untuk memberi hidup dalam segala kelimpahan yaitu Akulah pintu. Yohanes . Akulah pintu barangsiapa masuk melalui Aku ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Sebenarnya setelah Adam dan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 03 Oktober 2013 (Kamis Sore)
    ... Mempelai. Korintus - Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga maka ia tertutup untuk mereka yang akan binasa yaitu orang-orang yang tidak percaya yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran Allah. Injil kemuliaan adalah injil firman Allah ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 24 Mei 2014 (Sabtu Sore)
    ... - Perbuatan diasuh oleh Tuhan. Lukas - Akal diasuh oleh Tuhan. Lukas - Hati diasuh oleh Tuhan. Lukas - Perjalanan hidup diasuh oleh Tuhan. ad. . Lukas - Hati diasuh oleh Tuhan. Tuhan mengasuh hati kita supaya meneladani hati Tuhan yaitu hati yang lembut. Praktiknya Lukas - Mengasihi sesama sampai dengan mengasihi musuh. Ini ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 15 Maret 2010 (Senin Sore)
    ... tuan atau sebagai Imam Besar yang setia dan benar. Yesus tampil sebagai Imam Besar untuk mengangkat kita menjadi imam-imam kehidupan yang beribadah dan melayani Tuhan memiliki jabatan pelayanan . Apapun keadaan kita kalau kita bisa menerima penampilan Yesus sebagai Imam Besar maka Dia berkuasa untuk mengangkat kita jadi imam-imam. Proses ...
  • Ibadah Doa Malang, 17 Mei 2022 (Selasa Sore)
    ... . Kepada Dia yang seorang diri melakukan keajaiban-keajaiban besar Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 'kasih setia-Nya' kemurahan-Nya. Tuhan mengulurkan tangan kemurahan dan kebaikan-Nya sehingga seorang diri Ia mampu mengadakan keajaiban-keajaiban besar. Hasilnya adalah Yesus seorang diri mati di kayu salib untuk menebus dan menyelamatkan manusia berdosa. Matius - . Kira-kira jam tiga berserulah Yesus ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 24 November 2020 (Selasa Sore)
    ... dalam geramnya yang dahsyat karena ia tahu bahwa waktunya sudah singkat. Dan ketika naga itu sadar bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu. Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun ...
  • Ibadah Raya Malang, 01 Oktober 2017 (Minggu Pagi)
    ... mempunyai muka seperti muka manusia dan makhluk yang keempat sama seperti burung nasar yang sedang terbang. Makhluk keempat adalah seperti burung nasar yang sedang terbang menunjuk pada kehidupan yang aktif dan siap untuk menantikan dan menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Jadi untuk bisa lolos dari macam maut ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.