Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Dari rekaman ibadah doa di Medan

Salam sejahtera dalam kasih sayangnya TUHAN kita Yesus Kristus. Selamat malam, selamat mendengarkan firman TUHAN. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia, dan bahagia senantiasa dilimpahkan TUHAN di tengah-tengah kita sekalian.

Wahyu 22: 17
22:17.Roh dan pengantin perempuan itu berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

Tugas kita sebagai mempelai wanitaadalah mengundang kehidupan yang haus, terutama lewat ibadah kunjungan.
Contoh kehidupan yang haus: perempuan Samaria--bangsa kafir.

Sebenarnya perempuan Samaria adalah percampuran antara Yahudi/bangsa Israel dan bangsa kafir, artinya kehidupan kristen--Yahudi gambaran dari kehidupan kristen--tetapi masih mempertahankan kekafiran.
Akibatnya; haus; tidak ada kepuasan--kering rohaninya; tidak bergairah dalam perkara rohani, tetapi hanya dalam perkara dosa dan lain-lain. Kalau dibiarkan akan mati rohani sampai binasa selamanya.

Mengapa terjadi kekeringan rohanidalam kehidupan sehari-hari, nikah, dan ibadah kepada Tuhan?

  1. Yohanes 4: 9
    4:9.Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: "Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?" (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.)

    'orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria'= ada kepahitan hati.

    Alasan pertama: hatinya kotoryaitu berisi kepahitan: iri hati, kebencian, dendam dan lain-lain.

  2. Yohanes 4: 16-18
    4:16.Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, panggillah suamimu dan datang ke sini."
    4:17.Kata perempuan itu: "Aku tidak mempunyai suami." Kata Yesus kepadanya: "Tepat katamu, bahwa engkau tidak mempunyai suami,
    4:18.sebab engkau sudah mempunyai lima suamidan yang ada sekarang padamu, bukanlah suamimu. Dalam hal ini engkau berkata benar."

    Alasan kedua: perbuatannya kotor, yaitu berbuat dosa sampai puncaknya dosa: dosa makan minum dan kawin mengawinkan.

  3. Yohanes 4: 15
    4:15.Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah aku air itu, supaya aku tidak haus dan tidak usah datang lagi ke sini untuk menimba air."

    Alasan ketiga: tidak ada air kehidupan/Roh Kudus.

    Apapun yang kita miliki di dunia termasuk dalam pelayanan, kalau tidak ada Roh Kudus, kita akan haus/kering.
    Segala sesuatu di dunia tidak bisa memberikan kepuasan sejati--seperti menimba air sumur, puas sebentar, kering lagi, menimba lagi, sampai satu waktu sumur menjadi kering.
    Hanya Roh Kudus/air kehidupan yang bisa memberikan kepuasan sejati, yang tidak pernah kering selamanya.

Biarlah kesempatan ini kita mohon supaya Roh Kudus benar-benar dicurahkan di tengah-tengah kita, supaya kita tidak haus/kering lagi.

Bagaimana caranya mendapatkan air kehidupan?Kita harus memberi Yesus minum--'Berilah Aku minum!'--; sama dengan memuaskan Yesus yang haus.
Yohanes 4: 10
4:10.Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum!niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup."

Yohanes 19: 28-30
19:28.Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia--supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci--:"Aku haus!"
19:29.Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus.
19:30.Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Kita memberi minum Yesus dengan anggur asam bercampur empedu, artinya mengaku dosa-dosa sampai puncaknya dosayang membuat hidup kita pahit getir dan lain-lain kepada Tuhan dan sesama apapun resikonya--perempuan ini mengaku yang sekarang bersama dia bukan suaminya, dan resikonya ia harus dirajam batu.

Kalau kita mengaku dosa-dosa kita, Yesus akan berseru: Sudah selesai,artinya: darah Yesus akan mengampuni dan menyelesaikan dosa-dosa, dan sekaligus memberikan air kehidupan Roh Kudus--air anggur yang manis; air anggur yang baru--yang sanggup untuk memuaskan hati kita.

Mari mohon air anggur manis--air kehidupan sorga--, supaya dicurahkan di tengah-tengah kehidupan kita, di manapun kita berada, sehingga kita tidak kering lagi, tetapi mengalami kepuasan dari sorga.

Hasilnya:

  1. Yohanes 4: 13-14
    4:13.Jawab Yesus kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi,
    4:14.tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

    Hasil pertama: kita mengalami kepuasan sejati; tidak pernah haus lagi selamanya--'tidak akan haus untuk selama-lamanya'. Kita selalu mengucap syukur kepada Tuhan; tidak akan mencari kepuasan dunia di diskotik, gedung bioskop dan lain-lain.

    Kepuasan dunia/pergaulan dunia yang tidak baik hanya membuat kita jatuh bangun dalam dosa sampai puncaknya dosa. Kita tidak akan jatuh lagi dalam dosa karena kita sudah dipuaskan dengan air kehidupan dari sorga.

  2. Hasil kedua:

    1. Roh Kudus mengalir kepada sesama yang membutuhkan, artinya: kita bisa bersaksiuntuk menarik sesama datang kepada Tuhan: sesama yang belum mengenal Yesus ditarik supaya bisa percaya Yesus dan diselamatkan, yang sudah percaya Yesus ditarik supaya bisa digembalakan, masuk dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, sampai kesempurnaan lewat firman pengajaran.

    2. 'terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal'= Roh Kudus mendorong kita untuk bisa menyembah Tuhan, sampai penyembahan di takhta sorga.
      Di dunia kita gemar menyembah Dia sampai satu waktu kita menyembah Dia siang dan malam, dan hidup kekal selamanya. Kita tidak perlu berhadapan dengan antikris yang akan memenggal kehidupan yang tidak mau menyembah Tuhan atau terpaksa dalam menyembah--penyembahannya tidak memenuhi ukuran.

      Biarlah Roh Kudus mendorong kita untuk gemar menyembah Tuhan sampai penyembahan di takhta sorga selamanya.

  3. Hasil ketiga: Roh Kudus menghiburkan kita; menghapus segala air mata kita; membahagiakan kita semua.
    Kesusahan, kesedihan secara pribadi, dalam nikah, pelayanan, pekerjaan dan sebagainya, biar Roh Kudus yang menghiburkan dan membahagiakan kita.

  4. Hasil keempat: Roh Kudus mengadakan mujizat di tengah kita yaitu membaharui kitadari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus.
    Pembaharuan dimulai dari:

    1. Kuat teguh hati: tidak kecewa, putus asa, dan meninggalkan Tuhan tetapi tetap percaya dan berharap Tuhan apapun yang kita hadapi; tetap setia berkobar; tetap menyembah Dia.
      Apa yang tidak bisa kita lakukan, serahkan pada Tuhan.

    2. Tulus hati/jujurseperti bayi--Roh Kudus bagaikan burung merpati, artinya ketulusan.

    Kuat teguh hati dan jujur inilah yang dicari Tuhan. Kita menjadi rumah doa, dan Tuhan menjawab doa kita, sehingga Roh Kudus juga mengadakan mujizat jasmani: dari tidak ada kehidupan menjadi ada kehidupan--ikan-ikan di laut Mati hidup karena ada aliran air kehidupan yang masuk ke laut Mati (kitab Yehezkiel)--, tidak ada menjadi ada untuk memelihara hidup kita di tengah kesulitan dunia, yang mustahil menjadi tidak mustahil, hancur menjadi baik, busuk menjadi harum.

    Sampai kalau Yesus datang kembali kita diubahkan menjadi sempurna seperti Dia--mujizat terakhir. Kita tidak salah dalam perkataan; hanya bersorak sorai: Haleluya, untuk menyambut kedatangan Yesus di awan-awan yang permai--penyembahan yang besar di awan-awan yang permai--, sampai penyembahan kekal di takhta sorga selama-lamanya.

Bangsa kafir haus/kering seperti perempuan Samaria. Tetapi ada Roh Kudus yang menolong kita semuanya. Kita siapkan hati sungguh-sungguh.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 11 Januari 2014 (Sabtu Sore)
    ... - roh diasuh oleh Tuhan. Lukas - perbuatan diasuh oleh Tuhan. Lukas - akal diasuh oleh Tuhan. Lukas - hati diasuh oleh Tuhan. Lukas - perjalanan hidup diasuh oleh Tuhan. ad. . Jiwa diasuh oleh Tuhan. Dulu Yesus memanggil murid dan diangkat menjadi rasul. Rasul ini menunjuk jabatan pelayanan. Sekarang Tuhan memanggil kita untuk menjadi ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 26 Juni 2019 (Rabu Sore)
    ... seluruh bangsa Israel--terjadi pada perjanjian baru. Dasarnya kasih--Yesus mati di kayu salib dengan empat luka utama untuk mencari bangsa Israel yang terhilang semua suku ditemukan untuk boleh melayani. Jam lima petang. Ini berlaku untuk bangsa kafir yang sebenarnya tidak layak dan tidak boleh melayani Tuhan tetapi masih diberi kesempatan. Dasarnya luka Yesus yang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 31 Agustus 2018 (Jumat Sore)
    ... firman pengajaran yang benar . Firman pengajaran yang benar mendarah daging dalam hidup kita artinya Tabiat Yesus di dalam firman Allah menjadi tabiat kita. Pikiran Yesus di dalam firman Allah menjadi pikiran kita. Perasaan Yesus di dalam firman Allah menjadi perasaan kita. Kekuatan kuasa Yesus di dalam firman Allah menjadi kekuatan ...
  • Ibadah Doa Malang, 28 Februari 2012 (Selasa Sore)
    ... telah kamu dengar hujat-Nya. Bagaimana pendapat kamu Mereka menjawab dan berkata Ia harus dihukum mati Yesus menjadi teladan bagi kita sebagai saksi yang benar. Yesus bersaksi sebagai Imam Besar dan Raja atas segala raja sekalipun harus mengalami siksaan dan kematian. Kita juga harus menjadi saksi yang benar yaitu bersaksi bahwa ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 30 Mei 2015 (Sabtu Sore)
    ... Siapa gerangan Dia ini yang kabarnya melakukan hal-hal demikian Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus. Herodes memenggal kepada Yohanes Pembaptis. Ini bukanlah suatu kekalahan tetapi suatu peningkatan yaitu memberi kesempatan pada Yesus untuk bekerja. Pekerjaan Tuhan melalui Yohanes Pembaptis adalah membangun dasar sementara pekerjaan Tuhan melalui Yesus adalah membangun di ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 25 Januari 2010 (Senin Sore)
    ... sesuai dengan gambar Tuhan. Kerajaan ini sama dengan kebahagiaan. Tanda nikah yang dicipatakan sesuai dengan gambar Tuhan adalah Efesus dimulai dari istri yang tunduk pada suami sebagaimana ia tunduk kepada Tuhan. Tunduk artinya tidak mengajar memerintah dan melawan kepada suami Timotius . Selama istri menempatkan diri dengan benar maka selama ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 12 November 2014 (Rabu Sore)
    ... Dan apabila keinginan itu telah dibuahi ia melahirkan dosa dan apabila dosa itu sudah matang ia melahirkan maut. Cara pertama yang dilakukan setan untuk menarik anak Tuhan hamba Tuhan lewat pencobaan-pencobaan. Setan adalah sumber pencobaan di segala bidang yang mengakibatkan hamba Tuhan anak Tuhan jatuh dalam pencobaan dan menuju kepada maut. Ada sumber ...
  • Ibadah Kunjungan di Palangkaraya III, 29 Juni 2016 (Rabu Sore)
    ... gas biologi yang membunuh secara diam-diam. Wahyu Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua lautan api. dan Iblis yang menyesatkan mereka dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya. Secara ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 12 Januari 2009 (Senin Sore)
    ... dengan perkembangan jaman yaitu Lea gereja hujan awal. Lea ini punya keunggulan dalam hal melahirkan anak yaitu sampai bisa melahirkan anak laki-laki. Jadi gereja hujan awal lebih banyak memenangkan jiwa unggul dalam segi kuantitas. Ini yang disebut dengan kegerakan Roh Kudus hujan awal yaitu kegerakan dalam Firman Penginjilan untuk membawa orang-orang berdosa percaya ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 22 November 2019 (Jumat Malam)
    ... Yordan sampai ke tanah Kanaan dipimpin oleh Yosua. Apa yang dibutuhkan dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna Kuat teguh hati. Yosua - . Kuatkan dan teguhkanlah hatimu sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka. . Hanya kuatkan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.