Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 25: 2-4
25:2. Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana.
25:3. Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak,
25:4. sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka.


Gereja Tuhan bagaikan 10 gadis yang TERPISAHjadi 2 bagian:
  1. yang memilikiminyak persediaan= 5 gadis bijaksana. Pelitanya tetap menyala, sehingga bisa menyongsong kedatangan Yesus kedua kali.

  2. yang tidak memilikiminyak persediaan= 5 gadis yang bodoh. Pelitanya hampir padam bahkan padamkarena minyaknya habis, sehingga tertinggal saat Yesus datang kembali kedua kali, dan binasa untuk selama-lamanya.
Pemisahan gadis bijaksana dan gadis bodoh= pemisahan gandum dengan sekam (PENAMPIAN).

Gereja Tuhan mengalami 2 kali penampian:
  1. penampian dari setan.
    Lukas 22: 31-32
    22:31. Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum,
    22:32. tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu."


    Penampian dari setan ini lewat:
    • dosa sampai puncaknya dosa.
      Sebab itu, kita harus berhati-hati terhadap dosa sekecil apapun.
    • pencobaan-pencobaan.
    • ajaran-ajaran sesat.

    Tujuan penampian ini adalah untuk MENGGUGURKAN IMAN kita. Itulah yang menjadi sekam. Dan kehidupan itu akan hidup dalam dosa (sengaja berbuat dosa).

    Kalau kita ada iman, maka kita tidak akan berbuat dosa, apalagi sengaja berbuat dosa.
    Dalam menghadapi pencobaan, kehidupan itu bisa kecewa dan menyangkal Tuhan. Dan ketika menghadapi ajaran palsu, akan berpaling pada ajaran palsu tersebut.

    Akibatnya: sekam ini hanya akan dibakar untuk selamanya.
    Ini merupakan penampian setan dan banyak yang gugur.

    Jalan keluarnya, Yesus sebagai Imam Besar dan Gembala Agung menaikan doa syafaat siang malam(bagaikan 2 Tangan yang mengangkat kehidupan kita).
    Dan kita sendiri juga harus mengulurkan tangan pada Tuhan dengan cara menyembah Tuhan.
    Gembala manusia yang ditetapkan Tuhan, menaikan doa penyahutan (seperti tangan yang menjunjung dari bawah).

    Kalau ada Tangan Gembala Agung dan tangan gembala manusia, maka kita akan berada di tengah-tengah, sehingga TIDAK MUNGKIN KITA JATUH. Hanya domba yang nakal yang bisa jatuh kembali.

    Kalau kita tidak berbuat dosa, dan tetap percaya/berharap pada Tuhan, itulah iman kita! Dan kita yakin bahwa Tuhan yang akan menolong kita.

  2. penampian dari Tuhan Yesus.
    Matius 3: 11-12
    3:11. Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
    3:12.
    Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."

    Penampian dari Yesus ini merupakan pemurnian.
    Artinya: kehidupan kita harus murni, tidak boleh campur-campur, termasuk soal pengajaran Firman.

    Yang memisahkan antara gandum dan sekam adalah HATI NURANI, sebab baptisan air itu kaitannya dengan hati nurani.

    1 Petrus 3: 20-21
    3:20. yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.
    3:21. Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan--maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan
    untuk memohonkan hati nurani yang baikkepada Allah--oleh kebangkitan Yesus Kristus,

    Seperti halnya gandum yang hanya sedikit, begitu juga dengan kehidupan yang punya hati nurani yang baik juga sedikit.
    Hati nurani dari manusia cenderung jahat. Tetapi, lewat baptisan air, kita mendapatkan hati nurani yang baru(hati nurani yang baik).
Penjelasan mengenai hati nurani:
  • gadis bijaksana memiliki hati nurani yang baik, yaitu selalu rindu untuk diisi dengan Firman pengajaran yang benar(gandum merupakan gambaran Firman), berpegang teguh pada Firman pengajaran yang benar, dan sampai praktik Firman (taat dengar-dengaran pada Firman pengajaran yang benar).

    Hasilnya: gadis bijaksana ini mengalami penyucian terus menerus sampai tidak bercacat cela.

    Gadis bodoh, memiliki hati nurani yang tidak baik, artinya hidup sebagai sekam (hanya kulit) yang hanya mengejar perkara-perkara di luar, sampai mengorbankan pengajaran yang benar (mengorbankan gandumnya).

  • Matius 13: 11
    3:11. Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

    Kalau hati nurani baik, itu juga dasar untuk diisi dengan Roh Kudus. Artinya: gadis bijaksana mengalami baptisan Roh Kudus (kepenuhan Roh Kudus).
    Hati nurani yang baik, merupakan LANDASAN YANG KUATuntuk menerima urapan Roh Kudus, sampai meluap-luap dalam Roh Kudus.

    Gadis yang bodoh, tidak punya minyak persediaan, artinya kering.
Jadi, kita mutlak memiliki urapan Roh Kudus.

Kegunaan Roh Kudus:
  1. Roma 8: 11
    8:11. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fanaitu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

    Kegunaan pertama adalah memelihara kehidupan kitasecara jasmani ditengah kemustahilan.

  2. Zakharia 4: 6-7
    4:6. Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
    4:7. Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel
    engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"

    Kegunaan kedua adalah menyelesaikan segala masalah kita(meratakan gunung), sekalipun masalah itu sudah mustahil. Dan masa depan kita menjadi masa depan yang baik.

    Dan kekuatan Roh Kudus juga menyelesaikan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
    Artinya: kita tetap setia dan berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan tubuh Kristus sampai Tuhan datang.

  3. Titus 3: 5
    3:5. pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

    Kegunaan ketiga adalah membaharui kitasampai jadi sama mulia dengan Tuhan. Dan kita akan terangkat ke awan-awan bersama dengan Tuhan.
Sebab itu, biarlah kita tetap teguh dan berharap pada Yesus.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 06 Maret 2021 (Sabtu Sore)
    ... kejahatan. Raja-raja - . berpikirlah Gehazi bujang Elisa abdi Allah Sesungguhnya tuanku terlalu menyegani Naaman orang Aram ini dengan tidak menerima persembahan yang dibawanya. Demi TUHAN yang hidup sesungguhnya aku akan berlari mengejar dia dan akan menerima sesuatu dari padanya. . Baru saja Gehazi masuk dan tampil ke depan tuannya ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session II, 08 Januari 2013 (Selasa Siang)
    ... Yesus. Roma Sebab saudara-saudara supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk. Maka aku bertanya Adakah mereka tersandung dan harus jatuh Sekali-kali tidak Tetapi oleh pelanggaran mereka keselamatan telah sampai ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 08 Mei 2022 (Minggu Siang)
    ... - ada tujuh kali disebutkan tentang kebencian sampai kebencian tanpa alasan. Yohanes . Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi Mereka membenci Aku tanpa alasan. Dalam dunia ini ada tujuh kali kebencian sampai kebencian tanpa alasan. Kebencian tanpa alasan adalah kebencian yang sempurna seperti Setan--bapa pembunuh bapa pendusta. Angka ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 09 Juli 2016 (Sabtu Sore)
    ... pengikutan mempelai tidak bisa terpisah selama-lamanya. Praktik pengikutan mempelai kita harus aktif dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus mulai dari nikah dalam penggembalaan antar penggembalaan sampai bangsa Israel dan kafir menjadi satu tubuh yang sempurna menjadi mempelai wanita Tuhan yang siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali sebagai Raja segala raja Mempelai ...
  • Ibadah Persekutuan Ciawi II, 25 Juni 2009 (Kamis Pagi)
    ... AD. - . MAUT PERKABUNGAN RATAP TANGIS DUKACITA TIDAK AKAN ADA LAGI. Ada macam maut kematian termasuk perkabungan ratap tangis dan dukacita Maut secara tubuh akan menimbulkan perkabungan ratap tangis dan dukacita. Maut secara rohani karena Efesus Yesaya - dosa. Mati rohani karena dosa terpisah dari Tuhan dan pasti akan kering rohani. Yang ...
  • Ibadah Doa Malang, 22 Februari 2018 (Kamis Sore)
    ... dengar-dengaran sehingga tidak mau dibimbangkan oleh ajaran sesat oleh suara daging gosip-gosip. Tetap hidup benar dan suci di tengah dosa sampai puncaknya dosa yaitu dosa makan-minum dan kawin-mengawinkan. Tetap setia dan berkobar dalam ibadah-pelayanan kepada Tuhan sekalipun banyak tantangan dan rintangan. Contohnya adalah Abraham taat mempersembahkan Ishak. Ini adalah ujian kasih ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 07 Februari 2020 (Jumat Sore)
    ... Kehidupan Kristen--hamba Tuhan pelayan Tuhan--yang berada di pelataran--'kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar'. Dulu Tuhan memperlihatkan kerajaan sorga kepada Musa lalu Ia perintahkan Musa untuk membuat kerajaan sorga di bumi itulah Tabernakel supaya di bumi sama seperti di sorga--kita masih di bumi tetapi bersuasana sorga. Tabernakel terdiri dari tiga ruangan--Keluaran ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 24 Oktober 2017 (Selasa Sore)
    ... pelayanan Kain ditolak oleh Tuhan sedangkan ibadah pelayanan Habel diterima oleh Tuhan. Mengapa ibadah pelayanan Kain ditolak oleh Tuhan Sebab tanpa tanda kesulungan hanya mempersembahkan sebagian tidak mengutamakan Tuhan. Artinya tidak setia malas. Sebab perbuatan Kain jahat tanpa kasih. Yohanes - Sebab inilah berita yang telah kamu dengar dari mulanya ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 24 Oktober 2013 (Kamis Sore)
    ... bah. Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik. Efesus - Hai suami kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya untuk menguduskannya sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 20 Maret 2020 (Jumat Sore)
    ... menunjuk pada gembala sidang jemaat kitab Wahyu . Fungsi bintang adalah memberikan terang. Gembala menjadi teladan dalam sidang jemaat mulai dari teladan iman Berpegang teguh pada satu pengajaran yang benar dan taat dengar-dengaran sehingga tegas memberitakan satu firman pengajaran yang benar--tidak berubah-ubah tidak terpengaruh sana sini tidak menambah dan mengurangi. Doakan gembala. ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.