Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949

Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Matius 27 secara keseluruhan menunjuk 7 percikan darah di atas tabut perjanjian. Sekarang artinya sengsara yang dialami oleh Yesus sampai mati di kayu salib untuk menyelamatkan, menyucikan, sampai menyempurnakan kita.

Dalam Matius 27 ada 7 cerita menunjuk 7 percikan darah.
Kita mempelajari cerita yang ke-5 yaitu mujizat-mujizat pada saat kematian Yesus[ayat 51-56].

Matius 27:51
27:51 Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,

Mujizat-mujizat yang terjadi pada saat kematian Yesus:

  1. Tabir bait suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah.
  2. Terjadi gempa bumi dan bukit batu terbelah.


ad. 2. Terjadi gempa bumi dan bukit batu terbelah.
Artinya terjadi kegerakan-kegerakan rohani.

Yohanes 2:19-21
2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Kematian Yesus (tiga hari) menghasilkan kegerakan Roh Kudus hujan akhir, yaitu kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, mempelai wanita Sorga yang sempurna untuk siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali.

Wahyu 19:9
19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Kita akan diangkat di awan-awan yang permai dan masuk Perjamuan Kawin Anak Domba. Lanjut masuk Firdaus yang akan datang, sampai masuk Kerajaan Sorga yang kekal [Wahyu 21-22].

Mulai dari awal nikah, perjalanan nikah, sampai akhir nikah harus dijaga agar tetap benar dan suci, sampai sempurna dan masuk Perjamuan Kawin Anak Domba.

Ada 2 macam pesta yang besar:

  1. Pesta Nikah Anak Domba di awan-awan yang permai.
  2. Pesta pembantaian masal yang terjadi di bumi bagi sidang jemaat yang tetap bertahan dalam dosa.
    Wahyu 19:17-18,21
    19:17 Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: "Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar,
    19:18 supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun hamba, baik yang kecil maupun yang besar."
    19:21 Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.

Kegerakan pembangunan tubuh Kristus adalah undangan untuk masuk Perjamuan Kawin Anak Domba. Sikap kita adalah harus aktif dalam kegerakan pembangunan tubuh Kristus, mulai dari dalam nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai tubuh Kristus yang sempurna.

Praktek masuk kegerakan pembangunan tubuh Kristus adalah pelayanan dan kesatuan.

Hari-hari ini, kita harus memperhatikan undangan. Kalau menolak undangan, maka akan masuk pembantaian masal dan tertinggal saat kedatangan Tuhan kedua kali.

Siapa yang boleh masuk pelayanan pembangunan tubuh Kristus?

  1. Tuhan Yesus sendiri.

  2. Imam-imam dan raja-raja dari bangsa Israel.
    1 Petrus 2:5
    2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

    Keluaran 19:5-6
    19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.
    19:6 Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel."

    Sebenarnya Yesus seorang diri sanggup untuk membangun tubuh Kristus yang rohani, tetapi jika Israel dilibatkan, itu merupakan kasih dan kepercayaan Tuhan kepada Israel.

  3. Imam-imam dan raja-raja dari bangsa Kafir.
    1 Petrus 2:9-10
    2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
    2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

    Secara keturunan, bangsa Kafir tidak bisa menjadi imam dan raja. Tetapi Tuhan membuka jalan lewat jalur kemurahan seharga darah Yesus untuk mengangkat bangsa Kafir menjadi imam dan raja. Karena sebagian Israel menolak Yesus, maka terbuka kesempatan bagi bangsa Kafir untuk melayani. Ini merupakan kemurahan dan kepercayaan Tuhan kepada kita.

    Kalau bangsa Kafir masih menolak, maka yang ada hanya hukuman dan kebinasaan untuk selamanya. 

Pengertian rohani dari imam adalah:

  • Seorang yang suci.
  • Seorang yang berdiri di antara manusia dan Allah, untuk ikut serta dalam pelayanan pendamaian.
  • Seorang yang memangku jabatan pelayanan.

Kalau seorang imam suci, maka pasti akan ikut serta dalam pelayanan pendamaian dan tidak mengadu domba. Seorang imam yang suci akan mempertahankan jabatan pelayanan.

Imamat 21:12
21:12 Janganlah ia keluar dari tempat kudus, supaya jangan dilanggarnya kekudusan tempat kudus Allahnya, karena minyak urapan Allahnya, yang menandakan bahwa ia telah dikhususkan, ada di atas kepalanya; Akulah TUHAN.

Untuk bisa hidup suci, seorang imam harus tinggal di Ruangan Suci, dalam kandang penggembalaan. Di dalam Ruangan Suci terdapat 3 macam alat yang menunjuk pada ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok, yaitu:

  • Pelita Emas, ketekunan dalam Ibadah Raya --> penyucian oleh Allah Roh Kudus dalam urapanNya.
  • Meja Roti Sajian, ketekunan dalam Ibadah Pendalaman Alkitab dan Perjamuan Suci --> penyucian oleh Anak Allah dalam firman dan Perjamuan Suci.
  • Medzbah Dupa Emas, ketekunan dalam Ibadah Doa --> penyucian oleh Allah Bapa dalam kasihNya.

Hasilnya adalah:

  1. Kita mengalami penyucian tubuh, jiwa, roh secara intensif oleh Allah Tritunggal, sampai tidak bercacat cela lagi.
    Kita juga menerima urapan Roh Kudus yang memberikan karunia-karunia Roh Kudus, yaitu kemampuan ajaib dari Roh Kudus sehingga kita bisa melakukan pekerjaan Tuhan.
    Urapan Roh Kudus juga mencurahkan kasih Allah, sehingga kita melayani dengan dorongan kasih Allah yang kekal, sehingga pelayanan itu juga kekal selama-lamanya.

  2. Kita mengalami penyertaan Allah Tritunggal dalam pribadi Tuhan Yesus Kristus sebagai Gembala Agung dan Mempelai Pria Sorga.

 

Hagai 2:7-8,22
2:7 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat;
2:8 Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam.
2:22 "Katakanlah kepada Zerubabel, bupati Yehuda, begini: Aku akan menggoncangkan langit dan bumi

Situasi pembangunan tubuh Kristus adalah saat terjadi kegoncangan, krisis segala bidang di dunia.
Dua kali dituliskan dalam kitab Hagai ini berarti kegoncangan pasti akan terjadi.

Saat terjadi kegoncangan, jangan sampai kita meninggalkan ibadah pelayanan. Justru saat terjadi kegoncangan, maka kita harus melayani.

Tiga macam kegoncangan:

  1. Kegoncangan di langit, yaitu setan dengan roh jahat dan roh najis yang menghancurkan nikah dan buah nikah.
  2. Kegoncangan di darat, yaitu nabi palsu dengan kekuatan roh dusta dan kepalsuan, yang mengakibatkan pengajaran palsu dan gosip-gosip yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  3. Kegoncangan di laut, yaitu antikris dengan kekuatan ekonomi, yang mengakibatkan krisis ekonomi.

Jadi, yang menghalangi pelayanan pembangunan tubuh Kristus adalah setan tritunggal, yang hanya bisa dikalahkan dengan Allah Tritunggal. Oleh sebab itu, kita mutlak harus tergembala supaya ada hubungan dengan Allah Tritunggal.

 

Sikap dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus:

  1. Semangat dan berkobar-kobar lewat suara firman pengajaran yang benar.
    Hagai 1:14
    1:14 TUHAN menggerakkan semangat Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan semangat Yosua bin Yozadak, imam besar, dan semangat selebihnya dari bangsa itu, maka datanglah mereka, lalu melakukan pekerjaan pembangunan rumah TUHAN semesta alam, Allah mereka,

    Yesaya 50:4
    50:4 Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

    Hari-hari ini, kita harus semakin mempertajam pendengaran pada firman pengajaran yang benar, supaya kita semakin bersemangat dan berkobar-kobar akan firman pengajaran yang benar.

    Hati-hati terhadap api asing dan suara asing. Nadab dan Abihu melayani dengan api asing dan akibatnya mati.

  2. Kuat dan teguh hati.
    Hagai 2:5 
    2:5 Tetapi sekarang, kuatkanlah hatimu, hai Zerubabel, demikianlah firman TUHAN; kuatkanlah hatimu, hai Yosua bin Yozadak, imam besar; kuatkanlah hatimu, hai segala rakyat negeri, demikianlah firman TUHAN; bekerjalah, sebab Aku ini menyertai kamu, demikianlah firman TUHAN semesta alam,

    Artinya:
    • berpegang teguh pada pengajaran yang benar
    • jangan sengaja berbuat dosa.
    • Tidak kecewa dan putus asa menghadapi apapun juga, melainkan tetap mengucap syukur kepada Tuhan.

2 Tawarikh 15:7
15:7  Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!"

Kalau semangat dan kuat, maka kita akan menerima upah perak, emas, dan cincin materai.

Hagai 2:9
2:9 Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman TUHAN semesta alam.

Amsal 10:20
10:20 Lidah orang benar seperti perak pilihan, tetapi pikiran orang fasik sedikit nilainya.

Perak adalah perkataan yang benar, 'ya' katakan 'ya', 'tidak' katakan 'tidak'.
Emas adalah tabiat ilahi, yaitu taat dengar-dengaran.

Yohanes 10:27-28
10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Emas dan perak akan berada dalam tangan Tuhan, ada jaminan kepastian dari Tuhan atas hidup kita.

Hagai 2:24
2:24 Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan mengambil engkau, hai Zerubabel bin Sealtiel, hamba-Ku  —  demikianlah firman TUHAN  —  dan akan menjadikan engkau seperti cincin meterai; sebab engkaulah yang Kupilih, demikianlah firman TUHAN semesta alam."

Cincin materai adalah gambaran kasih Allah.

Kidung Agung 8:6
8:6 —  Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!

Kasih Allah sekuat maut bisa mengalahkan apapun juga, sampai yang mustahil sekalipun. Maut pun sudah dikalahkanya.
Tangan kasih Allah sekuat maut sanggup melakukan apa yang tidak bisa kita lakukan. Apa yang tidak pernah kita dengar dan pikirkan, bisa dilakukan oleh tangan kasih Allah.

1 Korintus 2:8-9
2:8 Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia.
2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."

Tuhan memberkati.


Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 09 Desember 2018 (Minggu Pagi)
    ... Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya. Segala dosa dan kutukan dosa letih lesu beban berat susah payah pahit getir ketakutan stress kebinasaan maut sudah ditanggung oleh Yesus di kayu salib sehingga kita dibenarkan dan hidup dalam kebenaran sama dengan hidup dalam damai sejahtera. Yesaya Di mana ada kebenaran di ...
  • Ibadah Doa Malang, 13 Januari 2015 (Selasa Sore)
    ... kita harus tetap hidup dalam kebenaran. Contohnya Ayub. Ayub - Karena Ia tahu jalan hidupku seandainya Ia menguji aku aku akan timbul seperti emas. Kakiku tetap mengikuti jejak-Nya aku menuruti jalan-Nya dan tidak menyimpang. Perintah dari bibir-Nya tidak kulanggar dalam sanubariku kusimpan ucapan mulut-Nya. Hasilnya mendapatkan emas murni sama dengan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 03 November 2014 (Senin Sore)
    ... yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. 'suatu rahasia' tidak semua orang mengetahuinya bahkan orang Kristen dan hamba Tuhan pun juga tidak tahu. 'kita tidak akan mati semuanya' berarti ada yang mati dan ada yang hidup. 'kita semua ...
  • Ibadah Natal Kunjungan di Sitiarjo, 13 Desember 2013 (Jumat Sore)
    ... dan menuruti Firman Allah sebab ada waktunya dimana kita tidak bisa mendengar dan membaca Alkitab. Malam ini biarlah kita gunakan waktu untuk mendengar Firman. macam pemberitaan Firman Efesus . Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga ketika kamu percaya dimeteraikan dengan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 12 September 2013 (Kamis Sore)
    ... berhenti berbuat dosa bertobat dan hidup menurut kehendak Allah. Petrus - Jadi karena Kristus telah menderita penderitaan badani kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian --karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani ia telah berhenti berbuat dosa-- supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia tetapi menurut ...
  • Ibadah Raya Malang, 22 Maret 2009 (Minggu Pagi)
    ... maupun yang tinggal harus tetap menyatu jangan sampai lengahKekuatan untuk bersaksi dan mengundang ini adalah lewat kekuatan Roh Kudus yaitu kekuatan yang tidak terbatas sehingga Tuhan bisa memakai kehidupan dengan latar belakang apapun juga untuk bisa bersaksi dan mengundang. Contohnya adalah Tuhan memakai perempuan Samaria untuk bersaksi dan mengundang. Yohanes perempuan Samaria ...
  • Ibadah Doa Malang, 24 Mei 2012 (Kamis Sore)
    ... karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah. Tetapi jawab mereka Apa urusan kami dengan itu Itu urusanmu sendiri . Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci lalu pergi dari situ dan menggantung diri. Ini sengsara pertama yang dialami oleh Yesus yaitu Yesus mengalami sengsara karena diserahkan dan ...
  • Ibadah Raya Surabaya,28 Januari 2018 (Minggu Siang)
    ... menjadi sama dengan antikris--binatang buas--yang akan dibinasakan selamanya. Kalau lapar tidak peduli ibunya anaknya akan dimakan kalau waktunya kawin tidak peduli siapa. Ini adalah hamba pelayan Tuhan tetapi dicap . Contoh perempuan bungkuk delapan belas tahun di Bait Allah di dalam Tuhanpun bisa dicap antikris. Jangan bilang di luar Tuhan kasihan. ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 14 Juli 2020 (Selasa Sore)
    ... yang ajaib . kamu yang dahulu bukan umat Allah tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan. 'bukan umat Allah' bangsa kafir. Secara jalur keturunan bangsa kafir tidak bisa menjadi imam dan raja. Tetapi bersyukur Tuhan membuka kesempatan dan kemurahan bagi bangsa kafir ...
  • Ibadah Raya Malang, 23 April 2017 (Minggu Pagi)
    ... sebagai singa dari suku Yehuda yaitu tunas Daud yang telah menang. Yesus sebagai Anak Domba yang telah disembelih. Yohanes Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata Lihatlah Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia. Yesus sebagai Anak Domba yang telah disembelih sama dengan Yesus yang mati di kayu ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.