Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Selamat malam, selamat mendengarkan firman TUHAN. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dan bahagia dari TUHAN dilimpahkan di tengah-tengah kita sekalian.

Roma 8: 26
8:26. Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Roh membantu kita dalam kelemahan daging; Roh Kudus memberikan kekuatan ekstra kepada kita untuk membantu kita dalam menghadapi kelemahan-kelemahan daging kita dalam 3 hal:

  1. Roma 8: 12-13
    8:12. Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.
    8:13. Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan
    perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.

    'perbuatan-perbuatan tubuhmu'= perbuatan daging; perbuatan dosa.

    Kelemahan daging yang pertama: daging tidak mampu melawan dosa sampai puncaknya dosa.

    Biar orang pandai, hebat, kaya, tidak mampu melawan dosa sampai puncaknya dosa, bahkan daging justru mendorong kita untuk berbuat dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan minum dan kawin mengawinkan.
    Kita sadar itu dosa dan tidak boleh dilakukan, tetapi daging tidak mampu.

    Sebab itu malam ini kita mohon Roh Kudus memberikan kekuatan ekstra untuk membantu ktia mematikan perbuatan dosa sampai puncaknya dosa sehingga kita bisa tetap hdiup benar, suci, dan kekal.

    Daging tidak mampu dan tidak kuat melawan dosa sehingga terus terperosok di situ. Roh Kudus yang memberikan kekuatan ekstra untuk memamtikan perbuatan dosa sampai puncaknya dosa.

  2. Zakharia 4: 6-9
    4:6. Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
    4:7. Siapakah engkau,
    gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"
    4:8. Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
    4:9. "Tangan Zerubabel telah
    meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

    'meletakkan dasar Rumahini' => Rumah TUHAN.

    Kelemahan daging yang kedua: daging tidak mampu menghadapi masalah dan pencobaan yang tidak pernah selesai dan mustahil; masalah yang menggunung--dalam ekonomi, rumah tangga dan sebagainya--; belum selesai satu, datang lagi masalah lain sehingga banyak kali membuat putus asa, kecewa, dan tinggalkan TUHAN.

    Tetapi, Roh Kudus memberi kekuatan ekstra kepada kita sehingga gunung-gunung pencobaan menjadi tanah rata; Roh Kudus mampu menyelesaikan semua masalah sampai yang mustahil.
    Mungkin kita sudah berusaha ini dan itu, tetapi malam ini, kita merendahkan diri di kaki TUHAN, mohon Roh Kudus menolong kita untuk meratakan gunung-gunung--semua masalah selesai. pada waktunya.

    Ditambah juga, penyelesaian Rumah TUHAN ('meletakkan dasar Rumahini'). Artinya, Roh Kudus memberi kekuatan ekstra sehingga bukan hanya menyelesaikan masalah jasmani, tetapi kita juga dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristussampai sempurna, tidak berhenti di tengah jalan; tidak akan pernah tersandung dan jatuh.

  3. Roma 8: 26-28
    8:26. Demikian juga Roh membantu kitadalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
    8:27. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.
    8:28. Kita tahu sekarang, bahwa
    Allah turut bekerjadalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikanbagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

    Kelemahan daging yang ketiga: daging tidak bisa berdoa menyembah TUHAN. Ini adalah puncak kelemahan daging. Daging itu mengantuk, lemah, dan kering.

    Roh Kudus memberikan kekuatan ekstra kepada kita sehingga kita bisa menyembah TUHANdengan keluhan-keluhan yang tak terucapkan. Artinya, dengan hancur hati; merasa tidak mampu, tidak layak; hanya berserah dan berseru--mengulurkan tangan--kepada TUHAN sampai bisa berbahasa roh, seperti yang diajarkan/diberikan oleh Roh Kudus.

    Justru saat daging lemah, Roh Kudus kuat. Itu hebatnya. Jadi tidak ada alasan capek, mengantuk, dan sebagainya. Semakin tubuh ini lemah, Roh Kudus semakin kuat.

    Hasilnya:

    1. 'mendatangkan kebaikan'= Roh Kudus mendatangkan kebaikan, artinya: Roh kudus menjadikan semua baik pada waktunya; yang hancur menjadi baik, yang gagal menjadi berhasil dan indah.

      Kalau kita sudah tidak mampu, itu adalah kesempatan kita malam ini. Tangan kita terbatas, tetapi tangan Roh Kudus tidak terbatas.

    2. Roh Kudus mampu membaharui kita dari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus, yaitu kuat teguh hati, artinya: taat dengar-dengaran.

      Saat Yosua mau masuk Kanaan, pesan TUHAN adalah: Kuatkan dan teguhkan hatimu!
      Memang kita menghadapi gelombang di dunia, tetapi hadapi dengan kuat teguh hati! Tidak lemah, letih lesu, berbeban berat dan tersandung.

      Menjelang kedatangan TUHAN kedua kali, teruna-teruna jatuh tersandung dan letih lesu (dalam kitab Yesaya).

      Mari, kita kuat menghadapi apapun sekalipun situasinya seperti menghadapi angin dan gelombang.

      Biarlah kita tetap kuat teguh hati--tetap taat--dan kita akan dipegang oleh TUHAN. Kita menang bersama TUHAN--tidak lemah, tersandung, letih lesu, dan berbeban berat--, semua menjadi enak dan ringan.

      Kita terus mengikuti dan melayani TUHAN sampai saat Dia datang, kita diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kedua kali di awan-awan yang permai.

      Mungkin sudah ada yang lemah dan lain-lain, biarlah malam ini ktia dikuatakn semua. Kita menjadi kuat teguh hati!

Kita mohon Roh Kudus dicurahkan di tengah-tengah kita. Kalau daging lemah, Roh Kudus kuat di tengah-tengah kita.

  1. Kelemahan menghadapi dosa, Roh Kudus menolong kita untuk berhenti berbuat dosa.
  2. Kelemahan menghadapi pencobaan-pencobaan dan tidak mampu di dalam pembangunan tubuh Kristus--mungkin sibuk dan lain-lain--, Roh Kudus mampu menolong kita sampai pembangunan Rumah Allah selesai.

  3. Kelemahan dalam doa, Roh Kudus menolong kita sehingga semua menjadi baik, menjadi berhasil dan indah. Kita diubahkan menjadi kuat teguh hati, yaitu taat dengar-dengaran, sampai sempurna seperti Dia.

Apapaun keadaan kita, kuatkan semua! Jangan putus asa, kecewa, dan bangga! Kuatkan untuk menghadapi apapun hari-hari ini!
Roh kudus adalah jaminan kita, untuk menyelesaikan semua dan menjadikan indah.

Kalau daging lemah, harus dipaksa, supaya Roh Kudus dicurahkan kepada kita. Ada Roh Kudus, ada jaminan bagi kita; kekuatan ekstra dari TUHAN. Tunjukkan kelemahan-kelemahan dan ketidakmampuan kita menghadapi dosa dan puncaknya dosa, masalah-masalah yang menggunung tak kunjung selesai, sampai tidak bisa berdoa! Sudah dalam keraguan dan kerkeringan, mari mohon Roh Kudud menguatkan kita. Sudah lemah dalam menanti kedatangan TUHAN, dan dalam ibadah pelayanan--sayap terkulai--, kuatkan kembali malam ini! Mohon Roh Kudus menguatkan kita.

Jangan batasi kuasa TUHAN! Sekalipun masalah kita sudah tidak mungkin diselesaikan, Roh Kudus mampu menyelesaikannya. Biarlah kita tetap kuat teguh hati; tetap taat dengar-dengaran; tetap berada dalam tangan TUHAN. Jika tidak ada yang tahu dan tidak ada yang mau tahu, itu adalah kesempatan bersama TUHAN malam ini; bergumul untuk menunjukkan kelemahan-kelemahan kita.

Jangan mau tinggal dalam kelemahan daging yang membinasakan! Roh Kudus memberikan kekuatan, pertolongan, dan memberikan segala-galanya. Jangan menyerah kalah, apapun yang kita hadapi! Roh Kudus mampu memulihkan segala kegagalan dan kehancuran kita. Mari, kita berserah dan berseru kepada TUHAN!

TUHAN memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malang, 04 Mei 2010 (Selasa Sore)
    ... diusung ke luar anak laki-laki anak tunggal ibunya yang sudah janda dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu. Dan ketika Tuhan melihat janda itu tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan lalu Ia berkata kepadanya Jangan menangis Nain artinya padang rumput menunjuk pada tempat penggembalaantempat yang menyenangkan. Biarlah hari-hari ini kita ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 27 Februari 2013 (Rabu Sore)
    ... tubuh Pembangunan tubuh Kristus yang sempurna yang mengarah pada mempelai wanita Tuhan yang sempurna yang layak menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Pembangunan tubuh babel yang mengarah pada mempelai wanita setan yang sempurna dalam kejahatan dan kenajisan. Mengapa kita harus masuk dalam kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 09 Juni 2014 (Senin Sore)
    ... kita maka masih identik dengan orang berdosa. Matius Jika ia tidak mau mendengarkan mereka sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai. Perikop Tentang Menasehati Sesama Alasan ketiga pemungut cukai adalah kehidupan yang tidak mau ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 02 November 2015 (Senin Sore)
    ... itu siapa saja yang disukai mereka. . Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan. . Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi. Ayat anak-anak Allah melihat anak-anak manusia lalu kawin dengan mereka--kawin campur. Ini rusak lakunya. Rusak ...
  • Ibadah Natal Persekutuan Malang, 24 Desember 2022 (Sabtu Sore)
    ... majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya Di manakah Dia raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia. Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Praktik batu sandungan Herodes dan seluruh Yerusalem terkejut mendengar Yesus yang ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 09 Mei 2010 (Minggu Sore)
    ... Injil yang kami beritakan masih tertutup juga maka ia tertutup untuk mereka yang akan binasa yaitu orang-orang yang tidak percaya yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran Allah. Kabar mempelai cahaya injil tentang kemuliaan Kristus. Supaya pelita ...
  • Ibadah Kunjungan Jakarta I, 17 November 2015 (Selasa Sore)
    ... menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku. . Tetapi orang-orang penakut orang-orang yang tidak percaya orang-orang keji orang-orang pembunuh orang-orang sundal tukang-tukang sihir penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang inilah kematian yang kedua. Suasana baru dibagi menjadi ...
  • Ibadah Ciawi V, 04 Desember 2008 (Kamis Sore)
    ... menolak pembaharuan. Imam-imam kedudukan jabatan. Ahli taurat anak Tuhan yang punya kepandaian. Tua-tua punya pengalaman. Jadi pengalaman kepandaian dan kedudukan kita itu belum menjamin kuasa keubahan hidup kita. Sebaliknya yang baru kenalpun bisa mengalami kuasa keubahan hidup dan masuk dalam Firdaus seperti penjahat di sebelah Yesus. Lalu kenapa bisa demikian ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 11 Juli 2011 (Senin Sore)
    ... 'daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman ' perjamuan suci adalah makanan dan minuman sejati yang memberikan kepuasan sejati kepada kita Tuhan katakan 'benar-benar' . Tuhan memberikan makanan dan minuman sejati kepada kita karena manusia cenderung tidak pernah puas dalam hal makan dan minum sehingga jatuh dalam dosa makan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 11 Februari 2023 (Sabtu Sore)
    ... baru yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru sudah datang. 'kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia' pandangan jasmani. 'kami tidak lagi menilai-Nya demikian' memiliki pandangan rohani. Bukti memiliki pandangan rohani kita menjadi ciptaan baru. Artinya mengalami pembaharuan dari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus. Tanda ciptaan baru Korintus . --sebab hidup kami ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.