Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Selamat malam, selamat mendengarkan firman TUHAN. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dan bahagia dari TUHAN dilimpahkan di tengah-tengah kita sekalian.

Roma 8: 26
8:26. Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Roh membantu kita dalam kelemahan daging; Roh Kudus memberikan kekuatan ekstra kepada kita untuk membantu kita dalam menghadapi kelemahan-kelemahan daging kita dalam 3 hal:

  1. Roma 8: 12-13
    8:12. Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.
    8:13. Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan
    perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.

    'perbuatan-perbuatan tubuhmu'= perbuatan daging; perbuatan dosa.

    Kelemahan daging yang pertama: daging tidak mampu melawan dosa sampai puncaknya dosa.

    Biar orang pandai, hebat, kaya, tidak mampu melawan dosa sampai puncaknya dosa, bahkan daging justru mendorong kita untuk berbuat dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan minum dan kawin mengawinkan.
    Kita sadar itu dosa dan tidak boleh dilakukan, tetapi daging tidak mampu.

    Sebab itu malam ini kita mohon Roh Kudus memberikan kekuatan ekstra untuk membantu ktia mematikan perbuatan dosa sampai puncaknya dosa sehingga kita bisa tetap hdiup benar, suci, dan kekal.

    Daging tidak mampu dan tidak kuat melawan dosa sehingga terus terperosok di situ. Roh Kudus yang memberikan kekuatan ekstra untuk memamtikan perbuatan dosa sampai puncaknya dosa.

  2. Zakharia 4: 6-9
    4:6. Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
    4:7. Siapakah engkau,
    gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"
    4:8. Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
    4:9. "Tangan Zerubabel telah
    meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

    'meletakkan dasar Rumahini' => Rumah TUHAN.

    Kelemahan daging yang kedua: daging tidak mampu menghadapi masalah dan pencobaan yang tidak pernah selesai dan mustahil; masalah yang menggunung--dalam ekonomi, rumah tangga dan sebagainya--; belum selesai satu, datang lagi masalah lain sehingga banyak kali membuat putus asa, kecewa, dan tinggalkan TUHAN.

    Tetapi, Roh Kudus memberi kekuatan ekstra kepada kita sehingga gunung-gunung pencobaan menjadi tanah rata; Roh Kudus mampu menyelesaikan semua masalah sampai yang mustahil.
    Mungkin kita sudah berusaha ini dan itu, tetapi malam ini, kita merendahkan diri di kaki TUHAN, mohon Roh Kudus menolong kita untuk meratakan gunung-gunung--semua masalah selesai. pada waktunya.

    Ditambah juga, penyelesaian Rumah TUHAN ('meletakkan dasar Rumahini'). Artinya, Roh Kudus memberi kekuatan ekstra sehingga bukan hanya menyelesaikan masalah jasmani, tetapi kita juga dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristussampai sempurna, tidak berhenti di tengah jalan; tidak akan pernah tersandung dan jatuh.

  3. Roma 8: 26-28
    8:26. Demikian juga Roh membantu kitadalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
    8:27. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.
    8:28. Kita tahu sekarang, bahwa
    Allah turut bekerjadalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikanbagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

    Kelemahan daging yang ketiga: daging tidak bisa berdoa menyembah TUHAN. Ini adalah puncak kelemahan daging. Daging itu mengantuk, lemah, dan kering.

    Roh Kudus memberikan kekuatan ekstra kepada kita sehingga kita bisa menyembah TUHANdengan keluhan-keluhan yang tak terucapkan. Artinya, dengan hancur hati; merasa tidak mampu, tidak layak; hanya berserah dan berseru--mengulurkan tangan--kepada TUHAN sampai bisa berbahasa roh, seperti yang diajarkan/diberikan oleh Roh Kudus.

    Justru saat daging lemah, Roh Kudus kuat. Itu hebatnya. Jadi tidak ada alasan capek, mengantuk, dan sebagainya. Semakin tubuh ini lemah, Roh Kudus semakin kuat.

    Hasilnya:

    1. 'mendatangkan kebaikan'= Roh Kudus mendatangkan kebaikan, artinya: Roh kudus menjadikan semua baik pada waktunya; yang hancur menjadi baik, yang gagal menjadi berhasil dan indah.

      Kalau kita sudah tidak mampu, itu adalah kesempatan kita malam ini. Tangan kita terbatas, tetapi tangan Roh Kudus tidak terbatas.

    2. Roh Kudus mampu membaharui kita dari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus, yaitu kuat teguh hati, artinya: taat dengar-dengaran.

      Saat Yosua mau masuk Kanaan, pesan TUHAN adalah: Kuatkan dan teguhkan hatimu!
      Memang kita menghadapi gelombang di dunia, tetapi hadapi dengan kuat teguh hati! Tidak lemah, letih lesu, berbeban berat dan tersandung.

      Menjelang kedatangan TUHAN kedua kali, teruna-teruna jatuh tersandung dan letih lesu (dalam kitab Yesaya).

      Mari, kita kuat menghadapi apapun sekalipun situasinya seperti menghadapi angin dan gelombang.

      Biarlah kita tetap kuat teguh hati--tetap taat--dan kita akan dipegang oleh TUHAN. Kita menang bersama TUHAN--tidak lemah, tersandung, letih lesu, dan berbeban berat--, semua menjadi enak dan ringan.

      Kita terus mengikuti dan melayani TUHAN sampai saat Dia datang, kita diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kedua kali di awan-awan yang permai.

      Mungkin sudah ada yang lemah dan lain-lain, biarlah malam ini ktia dikuatakn semua. Kita menjadi kuat teguh hati!

Kita mohon Roh Kudus dicurahkan di tengah-tengah kita. Kalau daging lemah, Roh Kudus kuat di tengah-tengah kita.

  1. Kelemahan menghadapi dosa, Roh Kudus menolong kita untuk berhenti berbuat dosa.
  2. Kelemahan menghadapi pencobaan-pencobaan dan tidak mampu di dalam pembangunan tubuh Kristus--mungkin sibuk dan lain-lain--, Roh Kudus mampu menolong kita sampai pembangunan Rumah Allah selesai.

  3. Kelemahan dalam doa, Roh Kudus menolong kita sehingga semua menjadi baik, menjadi berhasil dan indah. Kita diubahkan menjadi kuat teguh hati, yaitu taat dengar-dengaran, sampai sempurna seperti Dia.

Apapaun keadaan kita, kuatkan semua! Jangan putus asa, kecewa, dan bangga! Kuatkan untuk menghadapi apapun hari-hari ini!
Roh kudus adalah jaminan kita, untuk menyelesaikan semua dan menjadikan indah.

Kalau daging lemah, harus dipaksa, supaya Roh Kudus dicurahkan kepada kita. Ada Roh Kudus, ada jaminan bagi kita; kekuatan ekstra dari TUHAN. Tunjukkan kelemahan-kelemahan dan ketidakmampuan kita menghadapi dosa dan puncaknya dosa, masalah-masalah yang menggunung tak kunjung selesai, sampai tidak bisa berdoa! Sudah dalam keraguan dan kerkeringan, mari mohon Roh Kudud menguatkan kita. Sudah lemah dalam menanti kedatangan TUHAN, dan dalam ibadah pelayanan--sayap terkulai--, kuatkan kembali malam ini! Mohon Roh Kudus menguatkan kita.

Jangan batasi kuasa TUHAN! Sekalipun masalah kita sudah tidak mungkin diselesaikan, Roh Kudus mampu menyelesaikannya. Biarlah kita tetap kuat teguh hati; tetap taat dengar-dengaran; tetap berada dalam tangan TUHAN. Jika tidak ada yang tahu dan tidak ada yang mau tahu, itu adalah kesempatan bersama TUHAN malam ini; bergumul untuk menunjukkan kelemahan-kelemahan kita.

Jangan mau tinggal dalam kelemahan daging yang membinasakan! Roh Kudus memberikan kekuatan, pertolongan, dan memberikan segala-galanya. Jangan menyerah kalah, apapun yang kita hadapi! Roh Kudus mampu memulihkan segala kegagalan dan kehancuran kita. Mari, kita berserah dan berseru kepada TUHAN!

TUHAN memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 09 April 2016 (Sabtu Sore)
    ... untuk menanggung dosa manusia. Hal ini sudah dimengerti oleh banyak orang. Kita juga harus menerima Yesus yang sengsara sampai mati di kayu salib. Hal ini banyak tidak dimengerti oleh manusia. Mengapa Sebab untuk menerima Yesus sebagai pemberi berkat tabib yang ajaib Allah yang baik banyak orang mau menerima karena enak ...
  • Ibadah Doa Malang, 03 Juni 2021 (Kamis Sore)
    ... membunuh anak sulung setan yaitu Antikris. Jadi yang dapat mengalahkan Antikris adalah gereja Tuhan yang beribadah melayani Tuhan dalam ibadah pelayanan yang berkenan kepada Tuhan yaitu ibadah pelayanan yang menjadikan kita anak sulung Tuhan seperti Yesus. Ini sama dengan jemaat anak-anak sulung yang terdaftar di dalam kerajaan Sorga. Ibrani - . Tetapi kamu ...
  • Ibadah Doa Malang, 01 Februari 2011 (Selasa Sore)
    ... keluhan dan erangan kita. Keluaran - - Sebab itu katakanlah kepada orang Israel Akulah TUHAN Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat. - Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 20 April 2010 (Selasa Pagi)
    ... benar KTP benar dll berpegang pada satu pengajaran yang benar. Mazmur - Maka Ia memerintahkan awan-awan dari atas membuka pintu-pintu langit menurunkan kepada mereka hujan manna untuk dimakan dan memberikan kepada mereka gandum dari langit setiap orang telah makan roti malaikat Ia mengirimkan perbekalan kepada mereka berlimpah-limpah. Gembala adalah malaikat ...
  • Ibadah Doa Malang, 14 Februari 2017 (Selasa Sore)
    ... sekarang menunjuk lembaran hidup kita solah tingkah laku. Keluaran - Inilah peraturan-peraturan yang harus kaubawa ke depan mereka. Apabila engkau membeli seorang budak Ibrani maka haruslah ia bekerja padamu enam tahun lamanya tetapi pada tahun yang ketujuh ia diizinkan keluar sebagai orang merdeka dengan tidak membayar tebusan apa-apa. Hasilnya adalah kita mengalami ...
  • Ibadah Raya Malang, 03 Januari 2021 (Minggu Pagi)
    ... Yesus juga menyingkir dari Herodes yang sudah membunuh Yohanes pembaptis dan mau membunuh Yesus juga. Menghadapi angin gelombang antikris sengsara aniaya kita juga menyingkir banyak berlutut. Contoh setelah dewasa Yesus menyingkir juga. Markus - Kemudian Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau dan banyak orang dari Galilea mengikuti-Nya. Juga dari Yudea dari Yerusalem dari ...
  • Ibadah Doa Puasa Session II Malang, 19 November 2013 (Selasa Siang)
    ... jika Engkau sujud menyembah aku. Maka berkatalah Yesus kepadanya Enyahlah Iblis Sebab ada tertulis Engkau harus menyembah Tuhan Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti Rencana Allah adalah Yesus menjadi Raja di atas segala raja Mempelai Pria Surga untuk mengangkat kita menjadi raja-raja. Sementara Iblis mau menggagalkan rencana Allah ...
  • Ibadah Persekutuan di Ciawi VI, 19 November 2009 (Kamis Sore)
    ... kepada-Mu jika Engkau sujud menyembah aku. Maka berkatalah Yesus kepadanya Enyahlah Iblis Sebab ada tertulis Engkau harus menyembah Tuhan Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti Lalu Iblis meninggalkan Dia dan lihatlah malaikat-malaikat datang melayani Yesus. Yesus memberikan teladan dalam doa puasa. Di sini doa puasa dikaitkan dengan pencobaan tetapi ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 26 November 2016 (Sabtu Sore)
    ... orang itu tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu ketika ia melihat orang itu ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria yang sedang dalam perjalanan ke tempat itu dan ketika ia melihat orang itu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Jawab orang ...
  • Ibadah Doa Malang, 21 Juli 2009 (Selasa Sore)
    ... merdeka pada secara jasmani . Israel yang masuk dalam kegerakan Roh Kudus hujan akhir secara rohani lawatan Tuhan yang terakhir bagi Israel untuk menyelamatkan sebagian besar Israel. Tetapi secara rohani ranting melembut ini juga menunjuk pada Israel yang mengalami keubahan hidup. Pohon ara melembut berarti kedatangan Yesus kedua kali sudah dekat. Jadi kedatangan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.