Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Digabung dengan Ibadah Doa Puasa Session III.

Keluaran 19 dalam susunan Tabernakel menunjuk pada Medzbah Dupa Emas, yang sekarang menunjuk pada doa penyembahan kepada Tuhan.

Keluaran 19:4-9adalah pengertian yang lebih mendalam dari doa penyembahan:
  1. Keluaran 19:4,dalam penyembahan kita dibawa mendekat kepada Tuhan(Ibadah Doa Puasa session II).
    Kalau dekat kepada Tuhan, maka kita akan mengalami ketenangan di tengah goncangan-goncangan dunia.

  2. Keluaran 19:4,dalam penyembahan kita bagaikan didukung di atas sayap burung nazar, artinya:
    1. Terpisah dari bumi, tidak terpengaruh oleh pengaruh dunia.
      Yakobus 4:4,bukti terpisah dari dunia adalah setia dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.

    2. Doa penyembahan membahagiakan kita, bahkan di tengah sengsara dunia.
      Secara kenyataan, Israel keluar dari Mesir dengan berjalan kaki, tapi mereka serasa naik burung nazar. Kita biarpun hidup di dunia yang sengsara, tapi lewat doa penyembahan serasa di Sorga, bahagia. Hari-hari ini kita harus meningkatkan doa penyembahan kepada Tuhan!

  3. Keluaran 19:5-6,dalam penyembahan kita diangkat oleh Tuhan menjadi imam-imam dan raja-raja.
    Mestinya imam dan raja hanya dari bangsa Israel, suku Lewi, tapi oleh darah Yesus, kemurahan Tuhan, bangsa Kafir bisa diangkat menjadi imam dan raja.

    Imam adalah seorang yang memangku jabatan pelayan.
    Raja adalah seorang yang menang atas dosa; Tuhan menghendaki pelayan yang menang atas dosa, bukan yang kalah atas dosa, tidak gampang menyerah menghadapi halangan.
    Imam dan raja ini dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna. Yesus adalah Kepala, kita ada adalah tubuh. Yesus adalah Adam yang terakhir, kita adalah Hawa. Tuhan mau merestorasi nikah kita, sampai masuk Pesta Nikah Anak Domba.

    Tubuh Kristus dimulai dari nikah, ini harus kita layani sebaik-baiknya. Lanjut tubuh Kristus adalah dalam penggembalaan, lanjut antar penggembalaan, ini juga harus kita layani sebaik-baiknya. Sampai tubuh Kristus internasional, Israel dan Kafir menjadi satu kesatuan tubuh Kristus yang sempurna, untuk siap menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.

    Imam dan raja yang melayani tubuh Kristus adalah harta kesayangan Tuhan.Kehidupan kita menjadi berharga kalau bisa melayani dalam pembangunan tubuh Kristus.

  4. Keluaran 19:7-8,dalam penyembahan kita mampu melakukan segala firman Tuhan = taat dengar-dengaran pada firman Tuhan.
    Penyembahan adalah perobekan daging, penyaliban daging yang bertentangan dengan firman. Seperti Tuhan Yesus di taman Getsemani, secara daging Dia tidak perlu disalib, tetapi Dia berkata 'bukan kehendakku yang jadi, kehendakMu yang jadi. Lewat doa penyembahan, biar daging kita dirobek, sehingga bisa taat dengar-dengaran pada firman. Taat itu keberhasilan, tidak taat itu kegagalan dan kehancuran.

    Bagi kaum muda, ada orang tua Sorgawi, orang tua rohani, dan orang tua jasmani. Kaum muda harus taat pada orang tua jasmani, juga orang tua rohani, baru bisa taat pada orang tua Sorgawi.
    Absalom punya potensi yang luar biasa, akhirnya justru tersangkut di pohon, terkatung-katung antara bumi dan langit.
    Tetapi sekalipun kita dianggap tidak punya potensi, kalau mau taat dengar-dengaran, maka Tuhan sanggup membuat kita berhasil.

  5. Keluaran 19:9,dalam penyembahan Tuhan berhadirat dalam urapan Roh Kudus yang kuat (awan yang tebal), untuk:
    1. berfirman lewat mulutNya sendiri, dan
    2. menjawab doa kita (oracle), atau Tuhan menyelesaikan segala sesuatu dengan tanganNya sendiri, supaya menjadi kesaksian bagi orang di sekitar kita, mulai dari keluarga, kebaktian kunjungan.

    1 Raja-raja 8:14-15,Tuhan yang berfirman dan Tuhan yang akan menyelesaikan dengan tanganNya sendiri. Bukan hanya perkara jasmani, tapi juga sampai pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.

    1 Tawarikh 28:20,kalau kita banyak menyembah Tuhan, maka Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita. Syarat untuk mengalami oracle hanya satu, yaitu kuat dan teguh hati. Kuat dan teguh hati adalah landasan. Kalau kuat dan teguh hati, Tuhan sanggup menyelesaikan semua.

    Kuat dan teguh hati artinya:
    1. Berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar, yang dibukakan rahasianya.
    2. Percaya, mengasihi Tuhan lebih dari semua, lebih dari segala sesuatu.
    3. Percaya dan berharap sepenuh kepada Tuhan.
    4. Menyerah sepenuh kepada Tuhan = menyembah Tuhan, maka saat itulah Tuhan akan mengulurkan tanganNya, Dia yang akan bergumul dan menyelesaikan segala sesuatu dengan tanganNya sendiri.

    Sebagai contoh dalam Alkitab adalah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego, mereka dihadapkan memilih menyembah Tuhan (kuat hati) atau menyembah patung. Sekarang mungkin bagi kita dihadapkan memilih Tuhan atau pekerjaan, memilih Tuhan atau keluarga.

    Daniel 3:16-18,24-25,mereka tetap menyembah Tuhan apapun resiko yang harus dihadapi, hasilnya adalah oracle. Mereka mengulurkan tangan kepada Tuhan, dan Tuhan tidak membiarkan mereka bergumul sendiri, Tuhan juga mengulurkan tangan untuk menyelesaikan segala sesuatu, hasilnya:
    1. Tangan Tuhan melindungi dan memelihara kita dalam situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan lagi.
      Mana yang lebih sulit, menghadapi krisis di dunia, atau menghadapi api yang dipanaskan tujuh kali? Yang mustahil sekalipun, tangan Tuhan mampu melindungi Sadrakh, Mesakh, dan Abednego, sekarang adalah gambaran tubuh, jiwa, roh kita. Sampai zaman antikris, kita tetap dipelihara.

    2. Tangan Tuhan sanggup menolong kita dari segala masalah kita, sampai yang sudah mustahil sekalipun.
      Kalau dulu api yang dipanaskan 7 kali, masalah yang besar, bisa Tuhan selesaikan, sekarang masalah apapun Tuhan bisa selesaikan.

    3. Daniel 3:20,tangan Tuhan mampu mengangkat kita di dunia ini, memberikan masa depan yang indah.
      Mereka seharusnya sudah mati, tetapi akhirnya justru mendapat kedudukan yang tinggi. Kuasa Tuhan tidak bisa diukur dengan logika manusia.

    4. Tangan Tuhan sedang menyucikan dan mengubahkan kita, sedikit demi sedikit, dari manusia daging jadi manusia rohani, sampai suatu waktu jadi sama mulia dengan Yesus, dan kita bisa terangkat saat Yesus datang kedua kali, bertemu Dia selama-lamanya.
Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 29 Januari 2011 (Sabtu Sore)
    ... Yesus dengan suara nyaring Eloi Eloi lama sabakhtani yang berarti Allahku Allahku mengapa Engkau meninggalkan Aku Allah Bapa meninggalkan Yesus seorang diri sebab saat itu Yesus sedang menanggung segala dosa manusia Dia yang tidak berdosa dijadikan berdosa. Ada hal yang Yesus lakukan seorang diri Yesus seorang diri di kayu salib untuk ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 30 Maret 2014 (Minggu Sore)
    ... menggugurkan buah-buahnya yang mentah apabila ia digoncang angin yang kencang. Penyebab bintang gugur yang pertama tidak tahan menghadapi angin kencang angin pencobaan angin godaan sehingga gugur. Contoh Yudas adalah rasul bintang tapi Yudas gugur karena tidak tahan menghadapi godaan tentang ikatan akan uang. Yohanes . Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib ...
  • Ibadah Doa Malang, 05 Juli 2011 (Selasa Sore)
    ... bisa bertemu dengan Tuhan di awan-awan permai. Ayat 'Si Anu' menunjuk barangsiapa saja. Jadi barangsiapa saja bisa melakukan Perjamuan Paskah. Artinya barangsiapa saja mendapat kesempatan bertobat dan lahir baru sampai masuk dalam Perjamuan kawin Anak Domba. Kalau kita tidak mau lepas dari dosa maka tidak mungkin kita akan mengalami kelepasan terakhir ...
  • Ibadah Doa Malang, 07 Desember 2017 (Kamis Sore)
    ... . Hal ini melanda kita semua melanda rumah tangga melanda gereja melanda penggembalaan . Bulan menjadi merah bagaikan darah artinya penebusan oleh darah Yesus sudah berakhir tidak ada lagi penebusan dosa oleh darah Yesus tidak ada lagi pengampunan dosa oleh darah Yesus . Petrus Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu ...
  • Ibadah Doa Malang, 26 April 2016 (Selasa Sore)
    ... Pembaharuan lewat baptisan air sama dengan pembaharuan hati nurani. Petrus - yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya di mana hanya sedikit yaitu delapan orang yang diselamatkan oleh air bah itu. Juga kamu ...
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Session I Malang, 07 Juli 2015 (Selasa Malam)
    ... yang ditinggikan menunjuk salib Tuhan. Korban binatang sudah digenapkan dalam korban Kristus. Yesus adalah satu-satunya manusia yang tidak berdosa yang bisa mendamaikan manusia berdosa dengan Allah lewat salibNya. Tanduk terdiri dari zat tulang yang keras menujuk kuasa kebangkitan. Raja-raja Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan ...
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Malang Session I, 23 Juli 2009 (Kamis Malam)
    ... jatuh pingsan. Ibadah kering suam-suam seperti jemaat Laodikia tidak dingin tidak panas . Tidak dingin tidak ada damai. Tidak panas tidak berkobar-kobar lagi dalam ibadah pelayanan. Akibatnya hidup semacam ini akan di muntahkan oleh Tuhan menjadi kehidupan yang menjijikan di hadapan Tuhan. Dan hidup itu akan jatuh dalam dosa sampai puncaknya dosa tidak bisa ...
  • Ibadah Raya Malang, 10 Februari 2019 (Minggu Pagi)
    ... laut katanya Demikianlah Babel kota besar itu akan dilemparkan dengan keras ke bawah dan ia tidak akan ditemukan lagi. Akibat menjadi sandungan adalah batu kilangan diikatkan pada leher dan ditenggelamkan ke dalam laut artinya tidak indah hidupnya letih lesu beban berat susah payah air mata tenggelam dalam dosa Babel sampai ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 06 Agustus 2016 (Sabtu Sore)
    ... Surga. Ada macam halangan dalam pembangunan tubuh Kristus Serigala dan burung roh jahat dan roh najis yang mengarah pada pembangunan tubuh Babel. Lukas Yesus berkata kepadanya Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya. Tubuh yang mati. Lukas - Lalu Ia berkata kepada ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 23 November 2018 (Jumat Sore)
    ... di tempat yang banyak airnya. . Lalu ia berkata kepadaku Semua air yang telah kaulihat di mana wanita pelacur itu duduk adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa. 'tempat yang banyak airnya' laut. 'bangsa-bangsa' bangsa kafir yang dikuasai oleh perempuan Babel dosa Babel . Gunung besar yang menyala-nyala oleh api dan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.