Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Keluaran 25:32
25:32 Enam cabang harus timbul dari sisinya: tiga cabang kandil itu dari sisi yang satu dan tiga cabang dari sisi yang lain.

Kaki dian emas terdiri dari 6 cabang.
Angka 6 menunjuk angka daging (manusia).
Cabang gambaran manusia. Batang (pokok) gambaran Yesus.
Jadi, cabang melekat pada batang (pokok) artinya manusia yang ada hubungan dengan Yesus.

Pengertian dari cabang secara rohani adalah:
  1. Cabang keluar dari pokok, seperti ranting keluar dari pokok anggur.
    Artinya manusia yang keluar (lahir) dari lambung Yesus.

    Terdapat dua kelahiran ajaib, yaitu:
    • Hawa lahir dari lambung (rusuk) Adam.
      Kejadian 2:21-22
      2:21. Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
      2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

      Hawa gambaran istri (dari tulang rusuk). Tulang rusuk adalah untuk melindungi bagian tubuh yang lemah. Jadi kedudukan istri sangat penting, yakni menanggung kelemahan suami dan anak-anak lewat penundukan/ taat kepada suami, serta tekun mendoakan lewat doa penyembahan, doa puasa, doa semalam suntuk (rela bergumul demi kelemahan suami dan anak-anak).

      Jika istri rusak (rusuk rusak, tidak ada yang melindungi bagian tubuh yang lemah), maka hebatlah kerusakan rumah tangga.
      Contoh istri yang rusak adalah tidak tunduk terhadap suami, malas berdoa, atau bergosip.
      Jika istri baik (menjadi rusuk, dalam kedudukan yang benar), maka rumah tangga menjadi baik (suami dan anak-anak menjadi baik).

      Suami sebagai kepala harus mengasihi istri seperti diri sendiri, bertanggung jawab atas aliran jasmani dan rohani dalam nikah rumah tangga, serta memutuskan segala sesuatu dalam rumah tangga.

      Kedudukan suami dan istri sama penting dalam nikah rumah tangga, sehingga harus bekerja sama dan tolong-menolong sehingga Yesus menjadi Kepala dalam rumah tangga, sampai mencapai nikah yang rohani, masuk Perjamuan Kawin Anak Domba.

      Anak sebagai anggota tubuh (tangan dan kaki) harus taat dengar-dengaran sehingga nikah menjadi indah (enak dan ringan) sampai mencapai Perjamuan Kawin Anak Domba.

    • Gereja Tuhan (anak Tuhan atau pelayan Tuhan) lahir dari lambung Yesus.
      Yohanes 19:33-34
      19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya,
      19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.

      Dari lambung Yesus keluar darah dan air.
      Jadi, syarat kelahiran gereja Tuhan adalah menerima tanda darah dan air.
      Tanda darah (mezbah bakaran) artinya percaya Yesus dan bertobat. Percaya (iman yang benar) adalah dari mendengar firman Tuhan yang benar. Bertobat artinya berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan.
      Tanda air (bejana pembasuhan) artinya masuk baptisan air.

      Kehidupan yang sudah percaya dan bertobat harus masuk baptisan air yang benar bersama Yesus (diselamkan bersama Yesus) dan keluar dari air bersama Yesus untuk mendapatkan hidup baru, yakni hidup dalam kebenaran.

      Hamba Tuhan yang percaya dan bertobat serta telah lahir baru dapat menjadi cabang dari kaki dian emas sehingga bisa bersinar, menjadi saksi.

  2. Cabang melekat pada pokok (Yesus).
    Artinya ada persekutuan dengan Yesus dalam kesetiaan. Kita setia dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.

    Jika tidak setia, maka bagaikan ranting yang terlepas dari pokok anggur yang benar, sehingga menjadi kering, tidak bisa berbuah. Bagaikan pelita yang tidak bisa bersinar.

    Keluaran 25:31,33
    25:31. "Haruslah engkau membuat kandil dari emas murni; dari emas tempaan harus kandil itu dibuat, baik kakinya baik batangnya; kelopaknya--dengan tombolnya dan kembangnya--haruslah seiras dengan kandil itu.
    25:33 Tiga kelopak yang berupa bunga badam pada cabang yang satu--dengan tombol dan kembangnya--dan tiga kelopak yang serupa pada cabang yang lain--dengan tombol dan kembangnya--;demikianlah juga kaubuat keenam cabang yang timbul dari kandil itu.

    Tiap cabang terdiri dari 3 rangkaian kelopak, tombol, dan bunga. Jadi pada tiap cabang terdiri dari 3 x 3 unit = 9 unit.
    Angka 9 menunjuk pada 9 karunia Roh Kudus, 9 jabatan pelayanan dari Anak Allah, 9 perbuatan kasih Allah Bapa, serta 9 buah-buah Roh Kudus.
    Jadi ada 4x9 = 36.
    Angka 36 inilah yang diserang (diruntuhkan).

    Yosua 7:5
    7:5 Sebab orang-orang Ai menewaskan kira-kira tiga puluh enam orang dari mereka; orang-orang Israel itu dikejar dari depan pintu gerbang kota itu sampai ke Syebarim dan dipukul kalah di lereng. Lalu tawarlah hati bangsa itu amat sangat.

    Setan berusaha menghancurkan lewat roh reruntuhan, yakni:
    • Lewat dosa mulut, yakni dusta, gosip, fitnah, dan hujat.
      Amsal 11:11
      11:11 Berkat orang jujur memperkembangkan kota, tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya.

    • Dosa kejahatan (cinta uang), yakni kikir dan serakah.
      Kikir artinya tidak bisa memberi.
      Serakah artinya mencuri, mulai dari mencuri milik Tuhan (perpuluhan dan persembahan khusus).

    • Tangan besi dalam nikah, ranjang overdosis = nikah yang menjadi tempat pelampiasan hawa nafsu.
      Ulangan 3:11
      3:11 Hanya Og, raja Basan, yang tinggal hidup dari sisa-sisa orang Refaim. Sesungguhnya, ranjangnya adalah ranjang dari besi; bukankah itu masih ada di kota Raba bani Amon? Sembilan hasta panjangnya dan empat hasta lebarnya, menurut hasta biasa."

    • Tawar hati, kecewa, putus asa, sampai tinggalkan Tuhan, tinggalkan ibadah pelayanan.

    Biarlah kita menjadi hamba Tuhan yang diurapi Roh Kudus sehingga kita bisa kuat teguh hati.
    Prakteknya:
    • Setia dan berkobar dalam ibadah pelayanan = menang atas dunia.
      Yohanes 16:33
      16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

      Kita harus kuat dan teguh hati sehingga bisa mengalahkan dunia dengan segala pengaruhnya yang seringkali membuat hamba Tuhan menjadi tidak setia karena dipenuhi kekuatiran. Kita bisa tetap setia berkobar-kobar dalam melayani Tuhan.
      Hasilnya adalah hati menjadi damai sejahtera. Kita tidak merasa apa-apa lagi yang daging rasakan, hanya merasakan kasih Allah, mengasihi Tuhan lebih dari semua, hidup menjadi enak dan ringan.

    • Kuat dan teguh hati dalam menghadapi pergumulan apa pun karena Tuhan sedang bergumul bersama kita.
      1 Tawarikh 19:13
      19:13 Kuatkanlah hatimu dan marilah kita menguatkan hati untuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. TUHAN kiranya melakukan yang baik di mata-Nya."

      Hasilnya adalah Tuhan akan memberi kemenangan, menyelesaikan semua permasalahan kita yang mustahil sekalipun. Semua menjadi baik, berhasil, indah pada waktuNya.

    • Kita harus kuat dan teguh hati sehingga bisa disucikan terus-menerus dan diubahkan sampai menjadi sempurna seperti Yesus.
      1 Tesalonika 3:13
      3:13 Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.

      Keubahan hidup dimulai dari jujur sampai mulut menyeru nama Yesus saja (menjadi rumah doa). Maka mujizat jasmani juga akan terjadi. Sampai saat Tuhan datang kedua kali, kita akan diubah menjadi sama mulia seperti Dia, yakni tidak salah dalam perkataan sehingga layak menyambut kedatanganNya yang kedua kali di awan-awan yang permai.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session II, 22 Juli 2014 (Selasa Siang)
    ... menuai sudah tiba. Tunas sama dengan kuasa kebangkitan. Yesaya - Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia dan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 06 Januari 2017 (Jumat Sore)
    ... urapan Roh Kudus. Yohanes - Kata Yesus kepadanya Percayalah kepada-Ku hai perempuan saatnya akan tiba bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal kami menyembah apa yang kami kenal sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. Tetapi saatnya akan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 21 Maret 2018 (Rabu Sore)
    ... pengajaran yang benar yang berasal dari Tuhan. Kalau pengajaran yang benar dipraktikkan hidup kita akan disucikan sehingga kita bisa menjadi imam-imam dan raja-raja. Imam adalah Seorang yang suci. Seorang yang memangku jabatan pelayanan--kalau suci akan diberi jabatan pelayanan. Seorang yang beribadah melayani Tuhan dengan setia dan benar. Bukan kaya miskin pandai atau ...
  • Ibadah Doa Malang, 26 November 2020 (Kamis Sore)
    ... Ekornya menyeret sepertiga bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Secara khusus bintang menunjuk pada seorang gembala yang dipakai Tuhan. Secara umum menunjuk kehidupan yang dipakai untuk memuliakan Tuhan imam dan raja . Yesaya . Tua-tua dan orang yang terpandang itulah kepala dan nabi yang mengajarkan dusta itulah ekor. Ekor naga artinya ...
  • Ibadah Raya Malang, 30 Mei 2021 (Minggu Pagi)
    ... siksaan dan menyembah Antikris. Secara jasmani mereka bisa menikmati hidup di dunia namun saat Yesus datang kedua kali mereka akan ketinggalan dan binasa bersama Antikris. Setelah Antikris berkuasa tahun di bumi Yesus datang kedua kali untuk membunuh dan memusnahkan Antikris. Jadi yang sanggup berperang dan mengalahkan Antikris adalah pribadi Tuhan Yesus Kepala ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 08 Desember 2012 (Sabtu Sore)
    ... dua belas tahun dan berada di Bait Allah berkaitan dengan firman pengajaran. Artinya umur adalah batas waktu untuk menerima firman pengajaran. Kejadian - Adapun Yakub ia diam di negeri penumpangan ayahnya yakni di tanah Kanaan. Inilah riwayat keturunan Yakub. Yusuf tatkala berumur tujuh belas tahun nbsp nbsp jadi masih muda ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 14 Juni 2009 (Minggu Sore)
    ... ibadah pelayanan yang bisa memuaskan Tuhan dimana ibadah pelayanan itu bukan dinilai dari perkara jasmani. Tapi yang benar adalah melakukan kehendak Tuhan buah Kebenaran. melakukan kehendak Tuhan buah Ketaatan. menyelesaikan pekerjaanNya buah Kesetiaan. Buah-buah inilah yang bisa memuaskan Tuhan. Dan kalau Tuhan dipuaskan maka Tuhan juga akan memuaskan kehidupan kita ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 23 Februari 2013 (Sabtu Sore)
    ... siap sedialah baik atau tidak baik waktunya nyatakanlah apa yang salah tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. Firman Allah yang menunjukkan dosa-dosa menegur dan menasehati adalah firman pengajaran yang benar atau firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua. Ibrani - Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih ...
  • Ibadah Doa Malang, 27 Juli 2017 (Kamis Sore)
    ... kali kurang lebih tahun diwakili oleh Ishak. Jaman Allah Roh Kudus dari kedatangan Yesus pertama kali sampai kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai diwakili oleh Yakub. Kejadian - Setelah Yakub mendapat kabar bahwa ada gandum di Mesir berkatalah ia kepada anak-anaknya Mengapa kamu berpandang-pandangan saja Lagi katanya Telah ...
  • Ibadah Doa Puasa Session I Malang, 23 Agustus 2016 (Selasa Pagi)
    ... depan tentara Israel lalu berjalan di belakang mereka dan tiang awan itu bergerak dari depan mereka lalu berdiri di belakang mereka. Demikianlah tiang itu berdiri di antara tentara orang Mesir dan tentara orang Israel dan oleh karena awan itu menimbulkan kegelapan maka malam itu lewat sehingga yang satu tidak dapat ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.