Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Keluaran 25:39
25:39 Dari satu talenta emas murni haruslah dibuat kandil itu dengan segala perkakasnya itu.

Kandil atau pelita emas (kaki dian emas) terbuat dari 1 talenta emas murni (kurang lebih 34 kg).

Satu talenta secara rohani dapat diartikan sebagai berikut:
  1. Menyatakan kekayaan Sorga (kekayaan gereja Tuhan).
    1 Korintus 12:4-6
    12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
    12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
    12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

    Kekayaan Sorga adalah 9 karunia Roh Kudus, 9 jabatan pelayanan dari Anak Allah, 9 perbuatan kasih Allah Bapa, serta 9 buah-buah Roh Kudus (4x9 = 36).

    Galatia 5:22-23
    5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
    5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

    Jika memiliki kekayaan Sorga (4x9), akan dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus (kegerakan Roh Kudus hujan akhir), mulai dari nikah, penggembalan, antar penggembalaan, sampai tubuh Kristus sempurna (Israel dan Kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna).

    Yosua 7: 5
    7:5 Sebab orang-orang Ai menewaskan kira-kira tiga puluh enam orang dari mereka; orang-orang Israel itu dikejar dari depan pintu gerbang kota itu sampai ke Syebarim dan dipukul kalah di lereng. Lalu tawarlah hati bangsa itu amat sangat.

    Saat melawan Ai kota kecil, bangsa Israel kalah sehingga 36 orang mati.

    Ai artinya reruntuhan.
    Hati-hati, dengan roh reruntuhan yang menyerang hamba-pelayan Tuhan yang dipakai oleh Tuhan. Roh reruntuhan ini sanggup menghancurkan kekayaan gereja Tuhan (4x9).

    Bentuk-bentuk roh reruntuhan sebagai berikut:
    • Cinta akan uang, yaitu keinginan akan uang yang ditandai dengan kikir dan serakah.
      Kikir artinya tidak bisa memberi.
      Serakah artinya mencuri milik orang lain dan milik Tuhan, mulai dari yang paling kecil yakni perpuluhan dan persembahan khusus.

    • Dosa Babel.
      Ulangan 3:11
      3:11 Hanya Og, raja Basan, yang tinggal hidup dari sisa-sisa orang Refaim. Sesungguhnya, ranjangnya adalah ranjang dari besi; bukankah itu masih ada di kota Raba bani Amon? Sembilan hasta panjangnya dan empat hasta lebarnya, menurut hasta biasa."

      Ranjang besi artinya ada kekerasan dalam rumah-tangga yaitu suami tidak mengasihi istri (berkata atau berlaku kasar terhadap istri), istri tidak tunduk pada suami, anak-anak tidak taat pada orangtua, ada iri/ benci/ dendam/ kepahitan dalam rumah tangga.

      Dosa Babel juga adalah dosa makan-minum (merokok, mabuk, narkoba) dan dosa kawin-mengawinkan (percabulan antara pria dengan wanita yang bukan suami-istri sah, percabulan tidak wajar antara wanita dengan wanita atau pria dengan pria, kawin cerai, kawin campur).

  2. Menyatakan kemuliaan Sorga (ditinjau dari bentuknya yang bagus dan indah, ada kelopak-tombol-bunga).
    Bunga artinya:
    • Keindahan. Roh Kudus menjadikan hidup kita menjadi indah.
    • Pengharapan untuk berbuah, sampai pengharapan yang terbesar adalah menjadi mempelai wanita Sorga.
      Roh Kudus membuat kuat dan teguh hati, yaitu tidak kecewa, tidak putus asa, tidak bangga, tidak tinggalkan Tuhan, melainkan selalu mengucap syukur kepada Tuhan, sehingga ada harapan untuk bisa sempurna menjadi mempelai wanita Tuhan.

  3. Satu talenta artinya kesatuan.
    Roh Kudus yang satu dengan 7 manifestasinya, memenuhi dan memimpin Gereja Tuhan untuk menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna.

    Efesus 4:3-6

    4:3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:
    4:4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,
    4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,
    4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.

    Syarat kesatuan tubuh Kristus yang sempurna adalah:
    • Satu tubuh artinya satu Kepala, yaitu Yesus/ firman pengajaran yang benar.
      Yohanes 1:1,14
      1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
      1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

    • Satu Roh.
    • Satu pengharapan. Pengharapan tertinggi hamba-pelayan Tuhan adalah menjadi mempelai wanita Sorga.
    • Satu Tuhan.
    • Satu iman.
    • Satu baptisan.
    • Satu Allah Bapa.

    Jadi ada 7 kesatuan. Gereja Tuhan boleh berbeda dalam hal kekayaan, jabatan, karunia, tetapi 7 hal pokok ini harus sama (tidak berbeda). Supaya mencapai 1 talenta yakni 1 kesatuan tubuh Kristus yang sempurna.

    Hati-hati, jika ajaran berbeda maka roh juga berbeda.

    Gereja Tuhan yang sudah memiliki 7 kesatuan akan mempunyai kesatuan tubuh dengan Kepala, yakni bisa menempatkan Yesus sebagai Kepala lewat leher (doa penyembahan).

    Menyembah Yesus sebagai Kepala artinya:
    • Menyembah Yesus sebagai Raja segala raja. Sifat raja adalah menang.
      Mazmur 20:10
      20:10 Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami pada waktu kami berseru!

      Jadi menyembah Yesus sebagai Raja artinya menang atas dosa sampai puncaknya dosa, sehingga kita bisa hidup benar dan suci dalam segala aspek kehidupan, yaitu dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan, sehingga juga menang atas segala masalah.

    • Menyembah Yesus sebagai Imam Besar, artinya menjadi hamba Tuhan/ pelayan Tuhan yang tekun beribadah dan melayani Tuhan dengan setia dan benar.

    • Menyembah Yesus sebagai Mempelai Pria Sorga yang memandikan (dengan baptisan air dan air firman pengajaran).
      Artinya rela dimandikan (disucikan) dengan baptisan air dan air firman sehingga bisa dibaharui menjadi seperti bayi yang baru lahir yang hanya bisa menangis (berserah dan berseru) kepada Tuhan.

      Efesus 5:25,27
      5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
      5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

      Menjadi bayi yang menangis artinya hanya menunjukkan kekurangan, kelemahan, keadaan yang sebenarnya (sejujurnya).

      Yesaya 46:3-4
      46:3 "Dengarkanlah Aku, hai kaum keturunan Yakub, hai semua orang yang masih tinggal dari keturunan Israel, hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan, hai orang-orang yang Kujunjung sejak dari rahim.
      46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

      Hasilnya adalah digendong oleh Tuhan, artinya Tuhan yang bertanggung-jawab atas hidup dan mati kita. Tuhan yang memelihara kita di tengah kesulitan, celaka dan marabahaya di dunia. Tuhan yang menanggung kita, memberi kesehatan dan panjang umur. Tuhan yang menentukan semuanya. Tuhan yang memikul segala beban berat dan air mata kita, sehingga semua menjadi enak dan ringan, ada damai sejahtera. Tuhan yang menyelamatkan, menyucikan, serta mengubahkan sampai menyempurnakan kita hingga tidak salah dalam perkataan dan layak menyambut kedatanganNya kedua kali di awan-awan yang permai. Kita bersama Dia selamanya.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Persekutuan Papua V, 04 Maret 2010 (Kamis Sore)
    ... Kudus hujan akhir inilah yang kita tunggu untuk memilih orang-orang yang sudah selamat untuk disucikan dan disempurnakan jadi sama mulia dengan Tuhan. Dan arahnya dari Timur Papua-menurut peta penginjilan Ev. Billy Graham ke Barat sampai ke Yerusalem dan Yerusalem baru. Kegerakan penginjilan sudah banyak. Tapi kegerakan pengajaran masih kurang. Mungkin ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 23 Oktober 2021 (Sabtu Sore)
    ... itulah yang empunya Kerajaan Allah. . Aku berkata kepadamu Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil ia tidak akan masuk ke dalamnya. Yesus membela anak-anak kecil yang datang kepada-Nya diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja Oktober . Ibadah dan pelayanan yang benar memang diincar oleh Setan tetapi yang ...
  • Ibadah Doa Malang, 15 Juli 2021 (Kamis Sore)
    ... karena itu hati-hati dalam pengajaran. Sebaliknya firman pengajaran yang benar mendorong kita untuk masuk dalam penyembahan yang benar kepada Tuhan. Kita menjadi sama dengan Yesus untuk mewarisi kerajaan Sorga. Jadi kita harus waspada karena ada penyembahan yang benar dan yang tidak benar. Begitu juga dengan doa puasa ada doa puasa yang benar dan ...
  • Ibadah Persekutuan Ciawi III, 20 April 2012 (Jumat Sore)
    ... pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu. Aku ingin supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan bagaimana Tuhan berkenan kepadanya. 'Waktu telah singkat ' Artinya sudah waktunya untuk kita beralih ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 14 September 2014 (Minggu Sore)
    ... menghadapi berbagai macam halangan dan rintangan dalam melayani Tuhan sehingga kita tidak kecewa putus asa dan meninggalkan Tuhan. Dalam melayani Tuhan tentu banyak halangan dan rintangannya. Contohnya Rasul-rasul dibelenggu dimasukkan dalam penjaran dan sebagainya. Halangan yang kita hadapi juga bermacam-macam dalam ekonomi dan sebagainya . memberi kekuatan untuk bisa menantikan ...
  • Ibadah Raya Malang, 05 Februari 2012 (Minggu Pagi)
    ... Petrus selamat. Dua saksi ini muncul saat Yesus membersihkan Bait Allah. Yohanes - Jawab Yesus kepada mereka Rombak Bait Allah ini dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali. Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari Saksi ...
  • Ibadah Raya Malang, 18 Juni 2017 (Minggu Pagi)
    ... panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap. Kegerakan Roh Kudus hujan akhir sama dengan kegerakan Kabar Mempelai adalah kegerakan kemenangan sampai kemenangan terakhir adalah duduk bersanding dengan Yesus di takhta Sorga selamanya. Ini dijanjikan kepada sidang jemaat Laodikia yang hanya seperti muntah najis dan ...
  • Ibadah Doa Malang, 25 April 2017 (Selasa Sore)
    ... Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan dan menjadi imam-imam bagi Allah kita dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi. Siapa yang layak untuk membuka gulungan kitab dan materainya Yesus sebagai singa dari suku Yehuda yaitu tunas Daud yang telah menang. Yesus sebagai Anak Domba yang telah tersembelih. Kita ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 16 Juni 2012 (Sabtu Sore)
    ... ini yang menentukan nasib masa depan kita baik di dunia sampai hidup kekal. Kalau pertumbuhan jasmani lebih besar daripada pertumbuhan rohani maka dia akan menjadi manusia daging yang hanya untuk dibinasakan. Tetapi kalau pertumbuhan rohani lebih besar daripada pertumbuhan daging maka kehidupan itu akan menjadi manusia rohani seperti Yohanes Pembaptis ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 26 Februari 2022 (Sabtu Sore)
    ... untuk terlepas dari Mesir dan Firaun lewat sepuluh tulah sehingga bisa beribadah melayani Dia. Bagaimana dengan bangsa kafir--keturunan Abraham secara rohani-- Ibrani . betapa lebihnya darah Kristus yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.