Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Dari siaran tunda ibadah doa di Medan

Markus 14: 32-38
14:32.Lalu sampailah Yesus dan murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Kata Yesus kepada murid-murid-Nya: "Duduklah di sini, sementara Aku berdoa."
14:33.Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar,
14:34.lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah."
14:35.Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.
14:36.Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."
14:37.Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?
14:38.Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."

Ini adalah doa Getsemani, sama dengan doa penyembahan untuk mengalami perobekan daging dengan segala keinginan, kehendak, hawa nafsu, dan tabiatnya. Ini sama dengan berdoa dan berjaga selama satu jam.

Hasilnya:

  1. Wahyu 18: 9-10
    18:9.Dan raja-raja di bumi, yang telah berbuat cabul dan hidup dalam kelimpahan dengan dia, akan menangisi dan meratapinya, apabila mereka melihat asap api yang membakarnya.
    18:10.Mereka akan berdiri jauh-jauh karena takut akan siksaannya dan mereka akan berkata: "Celaka, celaka engkau, hai kota yang besar, Babel, hai kota yang kuat, sebab dalam satu jamsaja sudah berlangsung penghakimanmu!"

    Hasil pertama: doa Getsemani adalah doa penyembahan untuk merobek hawa nafsu dagingsehingga tidak jatuh dalam dosa Babel--dosa makan-minum (merokok, mabuk, narkoba) dan kawin- mengawinkan (percabulan)--, dan tidak binasa bersama Babel yang akan dihukum hanya dalam satu jam.

    Jika hawa nafsu daging dirobek, maka kita bisa hidup benar dan suci, dan kita akan diperlengkapi Tuhan dengan jubah pelayanan; jubah yang indah--jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus--untuk dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna--hidup kita menjadi indah.
    Efesus 4: 11-12
    4:11.Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
    4:12.untuk memperlengkapi orang-orang kudusbagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

    Pelayanan tubuh Kristus dimulai dari dalam nikah. Melayani dalam nikah, indah, kemudian melayani dalam penggembalaan, lebih indah, antar penggembalaan, lebih indah lagi, sampai yang terindah saat Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna.
    Kita tidak dipakai lagi dalam pembangunan Babel yang akan binasa selamanya.

    Kalau berbuat dosa--mengikuti hawa nafsu daging--, akan dipakai dalam pembangunan Babel, sehingga tidak indah, bahkan hancur dan binasa.

  2. Markus 14: 33-34
    14:33.Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar,
    14:34.lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah."

    Hasil kedua: doa Getsemani adalah doa penyembahan untuk merobek tabiat dagingyang takut, gentar, sedih, seperti mau mati rasanya, yang mengakibatkan bersungut-sungut, kecewa, putus asa, sampai meninggalkan ibadah pelayanan/Tuhan--tidak setia.

    Jika tabiat daging dirobek, kita akan selalu mengucap syukur kepada Tuhan; kita bisa beribadah melayani Tuhan sampai garis akhir; mempertahankan jubah yang indah sampai garis akhir.

  3. Markus 14: 36-38
    14:36.Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."
    14:37.Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?
    14:38.Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."

    Hasil ketiga: doa Getsemani adalah doa penyembahan untuk merobek keinginan/kehendak dagingyang membuat kita menolak salib; sama dengan tidak taat dengar-dengaran pada kehendak Tuhan tetapi mengikuti kehendak sendiri, sehingga menimbulkan pencobaan, masalah yang mustahil, dan lebih dari itu, mulai mencari jalan sendiri di luar firman Tuhan. Akibatnya: berbuat dosa, menghadapi jalan buntu, dan maut/kebinasaan selamanya. Inilah yang disebut dengan jatuh dalam pencobaan.

    Jika keinginan/kehendak daging dirobek, maka kita bisa memikul salib; mau mengalami percikan darah bersama Tuhan, sehingga kita bisa taat dengar-dengaran sampai daging tidak bersuara lagi--'Ya Abba, ya Bapa'; Yesus taat sampai mati di kayu salib.

    Lukas 22: 42-43
    22:42."Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."
    22:43.Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya.

    Ketika Yesus taat dengar-dengaran--merobek daging sampai tidak bersuara lagi--malaikat turun untuk memberi kekuatan kepada-Nya.
    Sekarang kepada kita. Kalau kita mau mengalami salib--taat sampai daging tidak bersuara--kita akan mengalami urapan Roh Kudus--kepenuhan Roh Kudus sampai Roh Kudus meluap-luap dalam hidup kita.

    1 Petrus 4: 12-14
    4:12.Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.
    4:13.Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.
    4:14.Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

    Inilah pentingnya doa Getsemani yaitu merobek daging yang takut, gentar, sering sedih sampai kecewa dan lain-lain, merobek hawa nafsu daging yang mengarah ke Babel, dan merobek keinginan/kehendak daging yang tidak mau memikul salib/tidak mau taat. Semua dirobek, dan kita akan mengalami pencurahan Roh Kudus--urapan Roh Kudus, kepenuhan Roh Kudus sampai meluap-luap dalam Roh Kudus.

    Kegunaan Roh Kudus:

    1. Ayat 14= Roh Kudus sama dengan Roh kemuliaanyang mampu mengubahkan kitadari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus--mujizat rohani.
      Berbahagia saat dinista, saat lapar, sama dengan kita menjadi kehidupan yang kuat teguh hati.
      Artinya:

      1. Tetap berpegang teguh dan taat pada pengajaran yang benar sehingga tetap hidup benar dan suci.
      2. Tetap setia berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan sampai garis akhir--sampai meninggal dunia atau Yesus datang kembali.
      3. Mengalami kebahagiaan atau kemanisan sorga yang tidak bisa dipengaruhi oleh apapun.

      Keubahan hidup sama seperti daging yang dibakar--daging menjadi asap yang berbau harum. Artinya: kita membawa keharuman Kristus ke mana-mana lewat Kabar Baik dan Kabar Mempelai. Kalau ada Roh kemuliaan hidup kita akan menjadi manis dan harum.

    2. Roh Kudus adalah Roh penghibur, artinya:

      1. Memberikan ketenangankepada kita saat menghadapi apapun. Kita selalu mengucap syukur kepada Tuhan apapun yang kita hadapi, sampai ditinggal orang yang kita kasihi kita tetap mengucap syukur kepada Tuhan.

      2. Semua menjadi enak dan ringan. Tidak ada lagi letih lesu, beban berat, dan susah payah.

    3. Roh Kudus adalah Roh penolongyang mampu mengadakan mujizat secara jasmani, yaitu Roh Kudus sanggup menyelesaikan semua masalah kita sampai yang mustahil. Ini sama dengan menghapus air mata. Wajah kita mulai berseri.

    4. Jika Yesus datang kembali kita akan mengalami mujizat terakhiryaitu keubahan hidup sampai sempurna seperti Dia. Kita tidak salah dalam perkataan; hanya berseru: Haleluya, untuk menyambut kedatangan-Nya kedua kali di awan-awan yang permai. Sungguh-sungguh tidak ada setetespun air mata.

Kita harus masuk doa Getsemani--perobekan daging. Kita butuh Roh Kudus. Daging tidak bisa apa-apa; hanya kecewa, bersungut, mengikuti hawa nafsu, tabiat, dan kehendaknya; daging hanya akan hancur, binasa, dan busuk. Tetapi Roh Kudus yang menolong kita. Ada kemanisan, keharuman, ketenangan, enak dan ringan, penyelesaian masalah, air mata dihapus--wajah berseri--, sampai satu waktu benar-benar tidak ada setetespun air mata. Kita bersama Dia selamanya.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 21 Juni 2017 (Rabu Malam)
    ... pemerasan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya--seperti Yesus berdoa di taman Getsemani seperti buah zaitun yang diperas sehingga menghasilkan minyak urapan Roh Kudus. Di sinilah kuncinya. Roh Kudus inilah yang memberikan kekuatan ekstra untuk menghadapi kelemahan daging. Banyak kelemahan daging kita karena itu kita harus banyak menyembah Tuhan supaya daging diperas ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 14 Oktober 2013 (Senin Sore)
    ... dari semuanya itu seperti isi sebuah kitab yang termeterai apabila itu diberikan kepada orang yang tahu membaca dengan mengatakan Baiklah baca ini maka ia akan menjawab Aku tidak dapat sebab kitab itu termeterai . dan apabila kitab itu diberikan kepada seorang yang tidak dapat membaca dengan mengatakan Baiklah baca ini ...
  • Ibadah Raya Malang, 08 Desember 2013 (Minggu Pagi)
    ... mengerti firman pengajaran yang benar. Percaya dan yakin pada firman pengajaran yang benar sama dengan firman pengajaran yang benar menjadi iman di dalam hati. Menuruti mempraktekkan firman pengajaran yang benar sama dengan taat dengar-dengaran sama dengan makan firman pengajaran yang benar sampai mendarah daging dalam kehidupan kita. Petrus - Karena ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 24 April 2024 (Rabu Sore)
    ... ruangan suci. Tempat maha kudus ruangan maha suci. Tirai memiliki kaitan dari emas. Emas menunjuk pada kesucian dari Roh Kudus. Tirai digantungkan pada kaitan emas yang terdapat pada tudung Tabernakel artinya Seorang pelayan Tuhan atau gembala harus punya beban salib--pintu tirai menunjuk pada salib-- sama dengan harus memikul salib artinya mengalami proses perobekan daging ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 12 Februari 2022 (Sabtu Sore)
    ... melayani Tuhan ibadah pelayanan kita harus meningkat sampai menyembah Yesus. Kalau tidak memuncak ibadah pelayanan kita akan menjadi buta gelap gulita. Artinya hidup dalam kegelapan dosa dan puncaknya dosa. Kemudian hidup dalam ketakutan--tidak ada damai-- dan akhirnya jatuh ke dalam lobang yang dalam--bergaul dengan roh jahat dan najis. Ibadah pelayanan yang ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 19 Mei 2024 (Minggu Siang)
    ... dan perjamuan suci persekutuan dengan Anak Allah di dalam firman pengajaran dan kurban Kristus. Mezbah dupa emas ketekunan dalam ibadah doa persekutuan dengan Allah Bapa di dalam kasih-Nya. Imamat . Janganlah ia keluar dari tempat kudus supaya jangan dilanggarnya kekudusan tempat kudus Allahnya karena minyak urapan Allahnya yang menandakan bahwa ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 22 Oktober 2012 (Senin Sore)
    ... mempelajari pembaharuan yang keempat. Pandangan yang dibaharui menjadi pandangan rohani yaitu bisa memandang meencari Yesus yang disalibkan Anak Domba Allah yang tersembelih . Korintus - . Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat . tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang ...
  • Ibadah Doa Malang, 28 April 2022 (Kamis Sore)
    ... benar yaitu ayat yang satu menerangkan ayat yang lain dalam Alkitab. Tidak berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar artinya mendengar firman pengajaran yang benar tetapi tidak melakukannya sehingga hidupnya tidak suci seperti membangun rumah Allah di atas pasir. Akibatnya adalah tidak tahan uji menghadapi pencobaan dari setan tritunggal sehingga rubuh dan ...
  • Ibadah Doa Malang, 11 Juni 2013 (Selasa Sore)
    ... Abraham Percaya atau iman kepada Yesus. Galatia Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil Bagaimana kita mendapatkan iman yang benar Roma Jadi iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh firman Kristus. Iman yang benar berasal dari ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 17 Agustus 2019 (Sabtu Sore)
    ... . dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata Mari kita naik ke gunung TUHAN ke rumah Allah Yakub supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem. Praktik pertama kekerasan hati mendengar firman pengajaran yang benar ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.