Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayangnya Tuhan kita Yesus Kristus. 

Lukas 6 secara keseluruhan menunjuk pada halaman Tabernakel, yaitu tentang kebenaran. Pada mulanya manusia diciptakan oleh Tuhan satu gambar dan sama mulia dengan Tuhan dan ditempatkan di taman Eden. Tetapi manusia berbuat dosa sehingga kehilangan kemuliaan, kesucian, dan kebenaran, sama dengan kehilangan gambar Tuhan dan diusir ke dunia, hidup dalam kutukan sampai kebinasaan selamanya.
Tuhan tidak mau manusia yang diciptakanNya binasa, oleh sebab itu Tuhan berusaha untuk mengembalikan manusia yang sudah terkutuk dan binasa untuk menjadi sama mulia dengan Dia, sama dengan kembali pada kebenaran, kesucian, dan kemuliaan Tuhan. Ini sama dengan kembali pada gambar Tuhan. Usaha Tuhan disebut sebagai asuhan Tuhan.

Dalam Lukas 6, ada 7 asuhan Tuhan:
  1. Lukas 6:1-5, tubuh diasuh oleh Tuhan untuk masuk dalam kegiatan rohani, yaitu menerima firman Allah yang kekal supaya hidup kita juga menjadi kekal.
  2. Lukas 6:12-16, jiwa diasuh oleh Tuhan untuk memiliki kedudukan rohani.
  3. Lukas 6:17-19, roh diasuh oleh Tuhan.
  4. Lukas 6: 6-11, perbuatan diasuh oleh Tuhan.
  5. Lukas 6:20-26, akal diasuh oleh Tuhan.
  6. Lukas 6:27-45, hati diasuh oleh Tuhan.
  7. Lukas 6:46-49, perjalanan hidup diasuh oleh Tuhan.

ad. 2. Jiwa diasuh oleh Tuhan.
Dulu Yesus memanggil 12 murid dan diangkat menjadi 12 rasul. Rasul ini menunjuk jabatan pelayanan.
Sekarang, Tuhan memanggil kita untuk menjadi imam dan raja, yaitu seorang yang suci, seorang yang beribadah melayani Tuhan, dan seorang yang memiliki jabatan pelayanan.

Tetapi ada awasan, dari 12 rasul ada satu yang menjadi pengkhianat sampai menjual Yesus.
Mengapa Yudas Iskariot menjadi pengkhianat?
  1. Karena Yudas Iskariot mempertahankan keinginan akan uang.
    Yohanes 12:3-6
    12:3 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.
    12:4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata:
    12:5 “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?”
    12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.


    Keinginan akan uang adalah keinginan jahat. Ini satu paket dengan keinginan najis yang mengarah pada dosa makan-minum dan dosa kawin-mengawinkan.

    Praktek keinginan akan uang adalah:
    • Kikir, yaitu tidak bisa memberi untuk pekerjaan Tuhan dan untuk sesama yang membutuhkan.
    • Serakah, yaitu mencuri milik orang lain dan milik Tuhan, yaitu perpuluhan dan persembahan khusus.
    Ini berarti Yudas dikuasai oleh antikris.

  2. Karena Yudas Iskariot bersekutu dengan imam-imam kepala yang ajarannya berbeda dengan Yesus.
    Markus 14:10-11
    14:10 Lalu pergilah Yudas Iskariot, salah seorang dari kedua belas murid itu, kepada imam-imam kepala dengan maksud untuk menyerahkan Yesus kepada mereka.
    14:11 Mereka sangat gembira waktu mendengarnya dan mereka berjanji akan memberikan uang kepadanya. Kemudian ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.

    Yudas tidak tergembala dengan baik, dia menyelundup. Akhirnya Yudas disesatkan oleh ajaran-ajaran palsu dan dikuasai oleh nabi palsu.
    Ciri-ciri disesatkan oleh ajaran palsu adalah selalu mencela yang benar, dan menganggap semua pengajaran sama.

  3. Karena Yudas Iskariot berdusta, yaitu berkata tidak benar, tidak baik, dan tidak menjadi berkat bagi orang lain.
    Matius 26:23-25
    26:23 Ia menjawab: “Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku.
    26:24 Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.”
    26:25 Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: “Bukan aku, ya Rabi?” Kata Yesus kepadanya: “Engkau telah mengatakannya.”

    Berdusta juga berarti mempertahankan dosa. Yudas berkata "Bukan aku", tidak mau mengaku dosa, malah menikmati dosa.
    Kalau sudah menjadi pendusta, maka pasti menjadi pendakwa (Yudas menuduh 11 murid yang lain). Ini berarti Yudas dikuasai oleh setan. 

Jadi, Yudas Iskariot dikuasai oleh setan tritunggal sehingga kehilangan gambar Allah Tritunggal, kehilangan kemuliaan, kesucian, dan kebenaran Allah. Ini sama dengan telanjang dan kehilangan jubah yang indah, telanjang, dan menjadi sama dengan setan tritunggal.

Matius 27:5
27:5 Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.

Akibatnya adalah Yudas menggantung diri. Yudas menghina korban Kristus dan tidak mau mengaku dosa.
Akibatnya adalah:
  • Menggantung diri berarti di antara langit dan bumi, terkatung-katung hidupnya, tidak ada masa depan yang indah.
  • Perutnya terobek, artinya menyimpan kebusukan-kebusukan dosa jahat dan najis. Suatu waktu akan diungkapkan oleh Tuhan tetapi sudah tidak ada pengampunan lagi. Lebih baik sekarang kita mengaku jika firman menunjukkan kebusukan kita.
  • Binasa selamanya.

Imam dan raja bisa menjadi pengkhianat seperti Yudas Iskariot. Kita harus berhati-hati.

Imamat 21:12
21:12 Janganlah ia keluar dari tempat kudus, supaya jangan dilanggarnya kekudusan tempat kudus Allahnya, karena minyak urapan Allahnya, yang menandakan bahwa ia telah dikhususkan, ada di atas kepalanya; Akulah TUHAN.

Jalan keluarnya adalah imam-imam harus tergembala dengan benar dan baik, yaitu:
  1. Tergembala pada pengajaran yang benar.

  2. Selalu berada dalam kandang penggembalaan/ Ruangan Suci, yaitu ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok:
    • Pelita Emas, ketekunan dalam Ibadah Raya.
      Ini merupakan persekutuan dengan Allah Roh Kudus di dalam urapan dan karuniaNya. Maka kita dikembalikan pada gambar Allah Roh Kudus. Prakteknya adalah kita melayani dengan damai sejahtera, dengan setia dan berkobar-kobar, dengan setia dan bertanggung jawab.

    • Meja Roti Sajian, ketekunan dalam Ibadah Pendalaman Alkitab dan Perjamuan Suci.
      Ini merupakan persekutuan dengan Anak Allah di dalam firman pengajaran dan Perjamuan Suci, yang menyucikan kita dari keinginan dan hawa nafsu daging sehingga kita bisa taat dengar-dengaran pada Tuhan. Ini merupakan gambar Anak Allah, seperti Yesus taat sampai mati di kayu salib.

    • Mezbah Dupa Emas, ketekunan dalam Ibadah Doa Penyembahan.
      Ini merupakan persekutuan dengan Allah Bapa di dalam kasihNya. Kasih Allah mengembalikan kita pada gambar Allah Bapa. Prakteknya adalah keubahan hidup mulai dengan menjadi jujur, tidak berdusta. 
Dalam penggembalaan yang benar, kita dikembalikan pada gambar Allah Tritunggal.

Kejadian 1:26-27
1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Lewat penggembalaan, kita kembali pada ciptaan semula, kembali pada kebenaran, kesucian, dan kemuliaan Tuhan.
Hasilnya:
  1. Tuhan memberkati kita, sama dengan memelihara dan melindungi kita di tengah dunia yang sulit.
    Kejadian 1:28
    1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

  2. Mengalami perkembangan rohani, dari hidup benar dan suci sampai sempurna.
    Maka yang jasmani juga akan bertumbuh. Nikah dan rumah tangga akan dipelihara dan dilindungi oleh Tuhan.

  3. Kuasa kemenangan atas setan tritunggal (binatang buas di udara, di darat, di laut).
    Setan adalah sumber masalah. Kalau setan dikalahkan, berarti semua masalah diselesaikan sampai yang mustahil sekalipun. Setan adalah sumber penderitaan dan air mata. Kalau setan dikalahkan, berarti air mata dihapuskan dan kita bahagia. Setan adalah sumber kegagalan. Kalau setan dikalahkan, maka hidup kita menjadi berhasil.

    Semakin jelas gambar Tuhan, semakin jelas berkat Tuhan, perkembangan rohani dan jasmani, dan semakin nyata kuasa kemenangan dari Tuhan.

  4. Tuhan mampu untuk menjadikan semua baik, sampai sungguh amat baik, sampai sempurna dan sama mulia seperti Dia saat kedatangan Tuhan kedua kali. Kita terangkat ke awan-awan yang permai, masuk Firdaus, sampai masuk Kerajaan Surga yang kekal.
    Kejadian 1:31
    1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 13 Maret 2019 (Rabu Sore)
    ... maka penyembahannya juga palsu. Lukas . Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah. . Ia naik ke dalam salah satu perahu itu yaitu perahu Simon dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar ...
  • Ibadah Raya Malang, 23 Februari 2020 (Minggu Pagi)
    ... yang kekal Jawab Yesus kepadanya Apa yang tertulis dalam hukum Taurat Apa yang kaubaca di sana Jawab orang itu Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Kata Yesus kepadanya Jawabmu itu ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 20 November 2018 (Selasa Sore)
    ... Tuhan sekarang juga dianggap seperti itu padahal Tuhan katakan sebagai ibadah. Akibatnya adalah terjadi kemunafikan yaitu Untuk dilihat orang lain. Untuk dipuji disanjung orang lain. Untuk mendapat keuntungan jasmani. Yakobus - . Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah tetapi tidak mengekang lidahnya ia menipu dirinya sendiri maka sia-sialah ibadahnya. . Ibadah yang murni dan ...
  • Ibadah Raya Malang, 07 Februari 2016 (Minggu Pagi)
    ... kepalaku penuh embun dan rambutku penuh tetesan embun malam Bajuku telah kutanggalkan apakah aku akan mengenakannya lagi Kakiku telah kubasuh apakah aku akan mengotorkannya pula Merpati menunjuk pada kesempurnaan gereja Tuhan mempelai wanita. Embun terjadi di larut malam sampai menjelang pagi hari menunjuk pada akhir jaman. Keadaan gereja Tuhan di akhir ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 24 Januari 2018 (Rabu Sore)
    ... dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna sama dengan tawanan Roh--Yesus sudah turun ke alam maut untuk membebaskan kita dari tawanan maut dan memberikan jabatan pelayanan supaya kita dipakai oleh Dia. Kalau tidak mau akan menjadi tawanan maut kehidupan yang tidak mau dipakai angin tidak bertiup akan menjadi tawanan maut dan binasa. Praktik ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 17 Februari 2019 (Minggu Siang)
    ... ada tempat kosong. Ini pelajaran bagi kita kalau ada orang meninggalkan jabatan pelayanan tempat itu tidak boleh kosong masih ditunggu oleh Tuhan tetapi kalau sudah digantikan oleh orang lain tidak akan bisa kembali lagi. Contoh Yudas jatuh diganti oleh Matias dan ia tidak bisa kembali lagi. Kalau masih ditunggu berarti masih ...
  • Ibadah Doa Malang, 05 November 2013 (Selasa Sore)
    ... jalan salib. Salah satu bentuknya adalah doa puasa. Praktek jalan salib Sengsara daging untuk setia dan benar. Bisa dipakai dalam kegerakan Roh Kudus hujan akhir. Sengsara daging untuk taat dengar-dengaran. Sengsara daging untuk jujur dan tulus seperti merpati. nbsp nbsp nbsp Hasilnya adalah langit terbuka ada kemuliaan Tuhan. Kejadian - Jadi berangkatlah Israel ...
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Session II, 19 Januari 2010 (Selasa Tengah Malam)
    ... besar. Pemberontakan ini termasuk tidak taat. Wahyu - - bukti peperangan yang besar adalah korbannya sampai sepertiga dari manusia di bumi. Dilihat dari pasukannya juga . laksa tentara laksa . . laksa juta tentara . Keluaran - perang besar ini meningkat sampai perang seluruh dunia. Perang seluruh dunia menunjuk pada perang dunia ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 07 Maret 2020 (Sabtu Sore)
    ... pulalah tiap-tiap orang di antara kamu yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya tidak dapat menjadi murid-Ku. 'tidak dapat menjadi murid-Ku' tidak bisa mengikut Tuhan. Praktik pengikutan kepada Yesus yang kedua menjadi pemenang seperti seorang raja diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja Februari . Yang dibutuhkan adalah kekuatan dari Tuhan karena musuh kita ...
  • Ibadah Doa Penyembahan Malang, 09 Januari 2020 (Kamis Sore)
    ... ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh disertai halilintar dan gempa bumi. Ada dua keadaan yang kontras Di bumi terjadi kegoncangan-kegoncangan oleh gempa bumi guntur halilintar. Kegoncangan secara jasmani yaitu kegoncangan di segala bidang ekonomi kesehatan dll . Kegoncangan secara rohani yaitu dosa-dosa sampai puncak dosa ajaran palsu pengaruh dunia kesibukan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.