Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 11:37-54 Yesus mengecam orang-orang Farisi dan ahli Taurat.
Ibadah pelayanan ahli Taurat dan orang Farisi tidak mengutamakan perkara rohani (firman Allah) tetapi hanya mengutamakan perkara jasmani. Akibatnya, dikecam oleh Yesus dengan 6 celaka.

Lukas 11:47-51
11:47Celakalah kamu, sebab kamu membangun makam nabi-nabi, tetapi nenek moyangmu telah membunuh mereka.
11:48Dengan demikian kamu mengaku, bahwa kamu membenarkan perbuatan-perbuatan nenek moyangmu, sebab mereka telah membunuh nabi-nabi itu dan kamu membangun makamnya.
11:49Sebab itu hikmat Allah berkata: Aku akan mengutus kepada mereka nabi-nabi dan rasul-rasul dan separuh dari antara nabi-nabi dan rasul-rasul itu akan mereka bunuh dan mereka aniaya,
11:50supaya dari angkatan ini dituntut darah semua nabi yang telah tertumpah sejak dunia dijadikan,
11:51mulai dari darah Habel sampai kepada darah Zakharia yang telah dibunuh di antara mezbah dan Rumah Allah. Bahkan, Aku berkata kepadamu: Semuanya itu akan dituntut dari angkatan ini.

Celaka kelima yaitu ahli Taurat dan orang Farisi dikecam menjadi keturunan pembunuh. Sekarang artinya, memiliki tabiat kebencian. Akibatnya:
  1. Roh Kudus tidak mau tinggal dalam hidup kita.
    Yakobus 4:5
    4:5Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu! (gemar akan kedengkian?, TL)"

    Yudas 1:18-19
    1:18Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka."
    1:19Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

    Praktik hidup tanpa Roh Kudus:
    • Mengejek firman pengajaran yang memberitakan kedatangan Yesus kedua kali, sehingga hidup menuruti hawa nafsu daging, berbuat dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan-minum (merokok, mabuk, narkoba) dan kawin-mengawinkan (percabulan dengan berbagai ragamnya, nikah yang salah).
    • Memecah-belah tubuh Kristus. Yang benar jadi salah, yang benar dihambat/ dihalangi. Yang salah dijadikan benar, yang salah didukung.

  2. Membenci saudaranya, tidak mengasihi saudara seperti diri sendiri.
    1 Yohanes 3:15
    3:15Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

    Sehingga akan mengalami penghukuman Tuhan, sampai kebinasaan.

Jalan keluarnya adalah saling mengaku dan saling mengampuni oleh dorongan firman pengajaran.

Firman pengajaran yang lebih tajam dari pedang bermata dua menunjukkan dosa-dosa sehingga kita bisa sadar, menyesal, dan mengaku dosa kepada Tuhan dan sesama. Jika diampuni, jangan berbuat dosa lagi. Jika mengulangi dosa, maka pengampunan batal, dosanya tetap ada, dan akan dihukum.

Sesudah diampuni, kita juga harus mengampuni dosa orang lain dan melupakan. Jika tidak mau mengampuni dosa orang lain, maka pengampunan juga batal, dan akan dihukum.

Jika saling mengaku dan saling mengampuni, maka darah Yesus menghapus segala dosa dan kepahitan/ kebencian sehingga kita mengalami damai sejahtera, dan Roh Kudus dicurahkan dalam hidup kita. Maka bangsa kafir bisa menjadi keturunan Abraham yang berhak menerima janji Tuhan.

Galatia 3:13-14
3:13Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"
3:14Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Roh Kudus mutlak dibutuhkan dalam kehidupan kita sebab Roh Kudus merupakan tiang awan dan tiang api yang menuntun bangsa Israel di padang gurun sampai masuk tanah Kanaan. Roh Kudus sama dengan uluran tangan Tuhan yang menuntun kita di padang gurun dunia untuk mencapai Kanaan Samawi, Yerusalem Baru.

Kegunaan Roh Kudus (tiang awan dan tiang api):
  1. Roh Kudus = tiang awan untuk menaungi kita di tengah panasnya padang gurun dunia, pencobaan di segala bidang sampai yang mustahil, sehingga kita tidak layu, tidak kering rohani. Artinya, tidak bersungut, tidak mengomel, tidak saling menyalahkan, tetapi selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Kita tidak kecewa/ putus asa, tidak mencari jalan sendiri di luar firman, sebab di luar firman merupakan jalan buntu dan kebinasaan. Kita tetap percaya dan berharap Tuhan, tetap mengandalkan Tuhan, sampai tiba waktunya Tuhan menolong.

  2. Roh Kudus = tiang api untuk menghadapi malam.
    Roh Kudus memberi terang di tengah kegelapan padang gurun dunia di akhir jaman supaya kita tidak tersandung, tidak terjatuh oleh dosa-dosa sampai puncaknya dosa, tetapi tetap hidup benar dan suci. Kita tidak tersesat oleh ajaran palsu, kita tetap berpegang teguh firman pengajaran benar.

    Roh Kudus memberi panas di tengah dinginnya padang gurun dunia sehingga kasih tidak menjadi dingin. Kita bisa mengasihi sesama seperti diri sendiri, sampai mengasihi musuh. Kita bisa mengasihi Tuhan lebih dari semua, setia dan berkobar dalam ibadah pelayanan sampai garis akhir. Ini sama dengan birahi secara rohani, tidak mau terpisah dari Tuhan.

    Roma 1:27

    1:27Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka.

    Jika kasih menjadi dingin, maka akan birahi secara daging, masuk dalam dosa percabulan, sampai penyimpangan percabulan.

  3. Roh Kudus = tiang awan dan tiang api untuk menaungi kita dari kehancuran dunia.
    Siang hari di padang gurun sangat panas, malam hari sangat dingin, sehingga batu keras bisa lapuk menjadi pasir. Sehebat apa pun manusia di dunia, tanpa Roh Kudus, akan hancur bersama dunia.

    Wahyu 21:27
    21:27Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

    Roh Kudus membaharui kita dari manusia daging menjadi manusia rohani, mulai dari jujur dan tulus. Maka Yesus akan datang untuk melawat kita. Tangan Tuhan (= Roh Kudus) sanggup untuk melakukan apa saja dalam hidup kita, yang tidak ada menjadi ada, menyelesaikan semua masalah yang mustahil, menjadikan semua berhasil dan indah. Sampai menuntun kita ke Yerusalem Baru. Kita diubahkan menjadi sempurna untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali. Kita bersama Tuhan selama-lamanya.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Persekutuan Tubuh Kristus Kartika Graha IV, 30 April 2010 (Jumat Pagi)
    ... Bagaimana bisa mendalami pembukaan rahasia firman yang benar Lewat membaca Alkitab dan berdoa bergumul di bawah kaki Tuhan. Lewat fellowship persekutuan yang benar yaitu yang berdasarkan pengajaran pokok anggur yang benar. Jika fellowship hanya karena perkara duniawi maka akan menghasilkan pandangan yang jasmani yang membawa pada kehancuran. Kita harus datang ...
  • Ibadah Doa Malang, 10 November 2015 (Selasa Sore)
    ... Tuhan yang tidak mengalami keubahan hidup pembaharuan dari manusia daging menjadi manusia rohani tetap mempertahankan manusia darah daging dengan sifat tabiat daging seperti orang Etiopia tidak bisa mengganti kulitnya atau macan tutul tidak bisa mengubah belangnya. Orang Etiopia sama dengan bangsa kafir. Macan tutul menunjuk antikris. Wahyu - Lalu aku ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 14 Oktober 2010 (Kamis Sore)
    ... darah Yesus Anak-Nya itu menyucikan kita dari pada segala dosa. Jika kita mengaku dosa kita maka Ia adalah setia dan adil sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Proses mati terhadap dosa yaitu mengaku dosa kepada Tuhan dan sesama dengan sejujur-jujurnya terang . Maka darah ...
  • Ibadah Raya Malang, 11 Juli 2010 (Minggu Pagi)
    ... bijak menggembirakan ayahnya tetapi orang yang bebal menghina ibunya. Dapat menyongsong kedatangan Yesus kedua kali. IBADAH RAYAMatius . Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. Karena itu berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya. Kedatangan Yesus kedua ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 06 Maret 2018 (Selasa Sore)
    ... sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah. Kata Nikodemus kepada-Nya Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan kalau ia sudah tua Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi Nikodemus menerima firman tentang kelahiran baru dengan logika kepandaian sehingga kehilangan nilai rohani yaitu tidak mengerti ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 13 Juni 2011 (Senin Sore)
    ... Alkitab dan perjamuan suci adalah kesempatan untuk mengoreksi diri dan menyelesaikan dosa-dosa sampai dosa-dosa yang tersembunyi. Kita harus menyelesaikan dosa-dosa sampai dosa yang tersembunyi sebab semua dosa yang belum diselesaikan akan dihakimi di tahta putih. macam dosa yang akan dihakimi Roma . Hal itu akan nampak pada hari bilamana Allah sesuai ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 19 Mei 2016 (Kamis Sore)
    ... Roh Kudus. Kisah Rasul - Ketika tiba hari Pentakosta semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah di mana mereka duduk dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka ...
  • Ibadah Doa Malang, 31 Mei 2011 (Selasa Sore)
    ... yang digosok sampai mengkilat. Cermin-cermin harus dihancurkan untuk dibangun menjadi bejana pembasuhan. Artinya untuk mendapat hidup baru kita harus menghancurkan hidup lama hawa nafsu perbuatan tabiat daging dosa . Kesimpulan Bejana pembasuhan adalah proses penghancuran perobekan daging untuk dibangun menjadi alat yang berguna. Untuk menjadi hamba alat Tuhan yang berguna terutama untuk pembangunan tubuh ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 29 Oktober 2011 (Sabtu Sore)
    ... kepada malaikat jemaat di Efesus Inilah firman dari Dia yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu. . Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir yang telah mati dan hidup kembali Malaikat urapan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 03 Juni 2010 (Kamis Sore)
    ... datanglah banjir lalu angin melanda rumah itu sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya. Ini menunjuk pada pelayan Tuhan hamba Tuhan mendirikan rumah melayani pembangunan tubuh Kristus yang berkualitas pasir. Ada macam keturunan Abraham Seperti debu tanah. Kejadian Dan Aku akan menjadikan keturunanmu seperti debu tanah banyaknya sehingga jika seandainya ada ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.