Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Markus 16 adalah tentang KEBANGKITAN YESUS.

Markus 16:1-4
16:1. Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.
16:2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.
16:3 Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?"
16:4 Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.

Kuasa kebangkitan Yesus sanggup menggulingkan batu yang besar dari pintu kubur, sekarang artinya kuasa kebangkitan Yesus sanggup untuk menghancurkan kekerasan hati.
Yang membuat keras hati adalah dosa. Dosa membuat anak Tuhan keras hati sampai sekeras hati Firaun/hati setan.

Keluaran 7:14-16
7:14. Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Firaun berkeras hati, ia menolak membiarkan bangsa itu pergi.
7:15 Pergilah kepada Firaun pada waktu pagi, pada waktu biasanya ia keluar ke sungai; nantikanlah dia di tepi sungai Nil dengan memegang di tanganmu tongkat yang tadinya berubah menjadi ular.
7:16 Dan katakanlah kepadanya: TUHAN, Allah orang Ibrani, telah mengutus aku kepadamu untuk mengatakan: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku di padang gurun; meskipun begitu sampai sekarang engkau tidak mau mendengarkan.

Praktik manusia/anak Tuhan yang keras hati:
  1. Tidak mau beribadah dan melayani Tuhan,atau tidak setia dalam ibadah pelayanan (dulu Firaun tidak mengijinkan bangsa Israel untuk beribadah kepada Tuhan).

  2. Tidak taat, tidak dengar-dengarankepada Tuhan, orang tua rohani (gembala), dan orang tua jasmani.
    Pada jaman Nuh, roh tidak taat ini melanda semua lapisan masyarakat, sampai anak-anak kecil, remaja tidak ada yang selamat.

    Dalam Alkitab, justru banyak kaum muda yang memiliki potensi tetapi tidak taat, sehingga tidak selamat. Contohnya:
    • Absalom.
      Absalom memiliki potensi yang hebat. Rambutnya sangat ia banggakan, tetapi akhir hidupnya justru ia tergantung pada di antara langit dan bumi karena rambutnya tersangkut.

      2 Samuel 18:9
      18:9. Kebetulan Absalom bertemu dengan orang-orang Daud. Adapun Absalom menunggangi bagal. Ketika bagal itu lewat di bawah jalinan dahan-dahan pohon tarbantin yang besar, tersangkutlah kepalanya pada pohon tarbantin itu, sehingga ia tergantung antara langit dan bumi, sedang bagal yang dikendarainya berlari terus. 

    • Pemuda kaya yang tidak taat(dalam Perjanjian Baru), dia punya potensi jasmani dan rohani tetapi kemudian dia meninggalkan Yesus dan hidupnya gagal total di tengah kesuksesannya.

  3. Tidak mau mengaku dosa dan memakai kebenaran diri sendiri.
    Seperti dulu Adam dan Hawa menutupi ketelanjangan dengan memakai daun pohon ara, yang pasti akan menjadi kering dan kemudian telanjang lagi.

    Kebenaran diri sendiri adalah kebenaran orang berdosa dengan cara menyalahkan orang lain.

    Kebenaran dari Tuhan adalah kebenaran yang diperoleh dengan cara mengaku dosa pada Tuhan dan sesama.

Akibat dari kekerasan hati:
  1. Banyak pertanyaan dalam hidup = banyak masalah = banyak air mata.
    Seperti perempuan-perempuan yang mendatangi kubur Yesus memiliki banyak pertanyaan [Markus 16:3] karena mereka masih membayangkan batu itu masih menutupi kubur, masih mempertahankan kekerasan hati.

  2. Air menjadi darah, artinya:
    • Hidupnya tidak puas dan mencari kepuasan-kepuasan di dunia, sehingga jatuh dalam dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan-minum dan dosa kawin-mengawinkan.
    • Kematian rohani sampai kebinasaan di neraka.

Kuasa kebangkitan Yesus sanggup menghancurkan kekerasan hati dan kita bisa menjadi kehidupan yang lemah lembut, praktiknya:
  1. Setia dan berkobar-kobar.
  2. Taat dengar-dengaran apapun resiko yang kita hadapi.
  3. Hidup dalam kebenaran dan kesucian.

Jadi, kuasa kebangkitan sanggup menghancurkan kekerasan hati, sehingga kita bisa lemah lembut, menjadi pelayan Tuhan yang suci, taat dengar-dengaran, setia dan berkobar-kobar.

Ibrani 1:7
1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."

Pelayan yang suci, taat, setia dan berkobar = pelayan bagaikan nyala api.

Daniel 7:9
7:9. Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;

Tahta Tuhan = nyala api.
Jadi, pelayan yang suci, taat, setia dan berkobar = tahta Tuhan di bumi.

Kalau berada di tahta Tuhan, maka pasti ada pemeliharaan Tuhan.

Yesaya 6:1
6:1. Dalam tahun matinya raja Uzia aku melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang, dan ujung jubah-Nya memenuhi Bait Suci.

Kalau kita menjadi tahta Tuhan, maka ada ujung jubah Tuhan. Inilah kuasa kebangkitan. Kita akan mengalami kuasa kebangkitan dalam ujung jubahnya Tuhan. Hasilnya:
  1. Kuasa kebangkitan mampu memelihara dan melindungi kitadi tengah dunia yang semakin sulit, sampai nanti di jaman antikris.

  2. Kuasa kebangkitan menyembuhkan perempuan yang pendarahan 12 tahun.
    Markus 5:25-29
    5:25 Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan.
    5:26 Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk.
    5:27 Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya.
    5:28 Sebab katanya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh."
    5:29 Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya.

    Artinya:
    • Kuasa kebangkitan menghapus segala kemustahilan,menyelesaikan segala masalah, menyelesaikan segala air mata, semua yang buruk dijadikan baik.
    • Pendarahan juga menunjuk pada pembuluh darah yang pecah. Artinya kuasa kebangkitan mampu menyucikan kita dari kebusukan-kebusukan dosa,sampai kita menjadi sempurna dan tidak bercacat cela. Yang busuk menjadi harum di hadapan Tuhan.

  3. Ujung jubah digantungi giring-giring emas, artinya kuasa kebangkitan sanggup menjadikan semua indah pada waktuNya.
    Keluaran 28:33
    28:33 Pada ujung gamis itu haruslah kaubuat buah delima dari kain ungu tua, kain ungu muda dan kain kirmizi, pada sekeliling ujung gamis itu, dan di antaranya berselang-seling giring-giring emas,

    Pengkhotbah 3:11
    3:11. Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

    Kalau belum indah, biar kita tunggu waktunya Tuhan.
    Tetapi ada kehidupan yang tidak mau menyelami pekerjaan Tuhan, yaitu tetap keras hati, tidak taat, tidak setia.

    Malam ini, biar kita jamah ujung jubahnya Tuhan, dan Tuhan akan menjadikan semua indah pada waktuNya.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 03 Januari 2011 (Senin Sore)
    ... yang di sebelah kiri-Nya Enyahlah dari hadapan-Ku hai kamu orang-orang terkutuk enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. . Sebab ketika Aku lapar kamu tidak memberi Aku makan ketika Aku haus kamu tidak memberi Aku minum . Lalu merekapun akan menjawab Dia katanya Tuhan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 03 November 2010 (Rabu Sore)
    ... bagi kawanan domba itu. Lewat doa puasa kita mohon supaya kita bisa MENELADANI Yesus sebagai Gembala dan MENERIMA KUASA dari Yesus sebagai Raja diatas segala raja. Matius - . Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. . Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam akhirnya ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 04 Desember 2021 (Sabtu Sore)
    ... Tuhan menyediakan upah bagi kita untuk hidup sekarang sampai hidup kekal. Untuk bisa mengikut dan melayani Yesus--dipakai oleh Tuhan-- maka harus ada korban penyerahan diri itulah korban yang berbau harum di hadapan Tuhan--'Kami ini telah meninggalkan segala kepunyaan kami dan mengikut Engkau'-- diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja November . Keluaran . ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 15 Januari 2014 (Rabu Sore)
    ... mengubahkan kita menjadi wujud yang nyata yaitu menjadi mempelai wanita surga kaki dian emas yang bercahaya yang siap untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus kedua kali. Tugas terakhir dari pelita emas yang bercahaya mempelai wanita surga yaitu BERSAKSI dan MENGUNDANG diterangkan mulai dari Ibadah Doa Surabaya Januari . Wahyu Roh dan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 11 Juni 2023 (Minggu Siang)
    ... urapan dan karunia-Nya. Meja roti sajian ketekunan dalam ibadah pendalaman alkitab dan perjamuan suci persekutuan dengan Anak Allah di dalam firman pengajaran dan kurban Kristus. Kita semakin ditebus semakin disucikan dan dilepaskan dari dosa. Mezbah dupa emas ketekunan dalam ibadah doa persekutuan dengan Allah Bapa di dalam kasih-Nya. Kasih Allah semakin disinarkan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 28 September 2011 (Rabu Sore)
    ... di Alkitab ini merupakan sesuatu yang akan terjadi . Percikan darah tidak bisa dihadapi dengan kekayaan kepandaian kekuatan atau kedudukan tetapi hanya bisa dihadapi lewat SETIA DAN TEKUN DI DALAM HAL BERJAGA-JAGA DAN BERDOA. Di taman Getsemane kali Yesus memberikan teladan dalam hal berjaga dan berdoa antara lain Doa yang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 07 Maret 2012 (Rabu Sore)
    ... Kita sudah membahas tentang mengutuk dalam ibadah-ibadah sebelumnya. Malam ini kita pelajari tentang bersumpah Matius janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun. Bersumpah dalam arti rohani adalah menyangkal Yesus sebagai kepala menolak Yesus sebagai kepala. Matius - Lalu datanglah seorang ahli Taurat ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 13 Agustus 2017 (Minggu Siang)
    ... takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya Satu-satunya jerih payah yang tidak sia-sia di dunia adalah ibadah pelayanan kepada Tuhan yang membawa kita sampai duduk di takhta sorga duduk bersanding dengan Yesus di takhta sorga. Ini yang harus digarisbawahi. Sekali lagi saya selalu katakan seperti sistem ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 16 September 2009 (Rabu Sore)
    ... kalau tertuju pada dunia saja maka kita akan ikut hancur bersama dengan dunia ini. Perhatian yang dibaharui adalah perhatian terutama kepada perkara Tuhan itulah perkara yang kekal yaitu firman pengajaran. kemurahan Tuhan. kerajaan Surga. Kita masih membahas bagian yang ketiga. Petrus Jadi perhatian kita terutama adalah untuk masuk kerajaan Surga. ...
  • Ibadah Doa Malang, 25 November 2014 (Selasa Sore)
    ... jalan ke pohon kehidupan. Setelah manusia berbuat dosa maka Tuhan mengusir manusia dari taman Firadus dan pintu ke taman Firdaus dijaga oleh kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar pedang penghukuman Tuhan . Jika ada manusia berdosa mau masuk ke taman Firdaus akan terkena pedang penghukuman Allah dan mati. Jadi ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.