Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 1:15
1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.

Penampilan pribadi Yesus sebagai Hakim yang adil dengan suaraNya bagaikan desau air bah.

Kisah Rasul 1:8-11
1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."


Yesus sudah naik ke Surga tetapi Yesus akan datang kembali dengan cara yang sama seperti pada saat Yesus naik ke Surga.
Ada 2 kemungkinan yang terjadi pada saat Yesus datang kembali kedua kali:
  1. Anak-anak Tuhan yang hidup benar, suci, sampai sempurna menjadi mempelai wanita Tuhan, akan terangkat ke awan-awan yang permai dan bertemu Yesus sebagai Mempelai Pria Surga untuk masuk Perjamuan Kawin Anak Domba dengan sorak-sorai "Haleluya".
    Wahyu 19:6-7,9
    19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
    19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
    19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."


    Sesudah itu masuk Kerajaan 1000 tahun damai atau Firdaus yang akan datang (Wahyu 20). Sesudah itu masuk Kerajaan Surga atau Yerusalem Baru selama-lamanya (Wahyu 21-22).

  2. Semua manusia di luar Tuhan termasuk anak-anak Tuhan yang tetap berbuat dosa sampai puncaknya dosa (dosa makan-minum dan dosa kawin-mengawinkan) akan ketinggalan di dunia saat kedatangan Yesus kedua kali.
    2 Petrus 3:10
    3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

    Mereka yang ketinggalan akan dihakimi oleh Yesus Hakim yang adil dan dihukum dengan api dari langit bersama dunia ini sampai hancur dan musnah. Ini yang dikenal dengan kiamat. Sesudah itu, akan dihakimi lagi di tahta putih untuk kemudian masuk lautan api dan belerang neraka selamanya.

Sebelum Tuhan datang kedua kali, ada 2 hal yang Tuhan upayakan supaya kita tidak ketinggalan dan binasa bersama dunia, tetapi bisa menyambut kedatanganNya kedua kali di awan-awan yang permai dan bahagia selamanya.
  1. Sekarang Yesus tampil sebagai Hakim yang adil untuk menghakimi kita semua hamba Tuhan/ pelayan Tuhan.
    1 Petrus 4:17
    4:17 Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?

    Wahyu 1:15
    1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.

    Tuhan menghakimi dengan suaraNya yang bagaikan desau air bah, yaitu firman nubuat. Firman nubuat adalah:
    1. Pembukaan rahasia firman Allah yang mengungkapkan segala sesuatu yang belum terjadi tetapi pasti akan terjadi di akhir zaman, terutama tentang kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai dan tentang penghukuman Tuhan atas dunia dan neraka. Firman nubuat merupakan peringatan Tuhan kepada kita semua supaya tidak binasa bersama dunia sampai binasa di neraka selamanya.

      Contohnya adalah di jaman Nuh. Sebelum dunia dihukum dengan air bah, Tuhan sudah lebih dahulu mengingatkan. Tetapi manusia banyak yang mengolok sehingga binasa. Demikian juga di jaman Lot, Tuhan sudah lebih dahulu mengingatkan.
      Demikian juga di akhir jaman, sebelum Tuhan menghukum dengan api dari langit, Tuhan sudah mengingatkan lewat firman nubuat yang bagaikan desau air bah. Tetapi sayang, banyak hamba Tuhan dan pelayan Tuhan yang menolak, sehingga binasa bersama dunia.

    2. Pembukaan rahasia firman Allah yang mengungkapkan dosa-dosa yang tersembunyi dalam sidang jemaat, yang membuat ketinggalan saat kedatangan Yesus kedua kali.

      Wahyu 21:8
      21:8 Tetapi (1)orang-orang penakut, (2)orang-orang yang tidak percaya, (3)orang-orang keji, (4)orang-orang pembunuh, (5)orang-orang sundal, (6)tukang-tukang sihir, (7)penyembah-penyembah berhala dan semua (8)pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

      Terutama kita harus disucikan dari 8 dosa ini:
      1. Penakut, yaitu takut pada sesuatu sampai tidak takut akan Tuhan.
      2. Tidak percaya, termasuk bimbang.
      3. Keji, jahat.
      4. Pembunuh, kebencian tanpa alasan.
      5. Sundal, dosa seks, dosa kawin-mengawinkan.
      6. Sihir, termasuk ramalan.
      7. Penyembahan berhala, yaitu segala sesuatu yang menghalangi kita untuk beribadah melayani Tuhan.
      8. Pendusta.
      Dulu 8 dosa ini yang membuat manusia di jaman Nuh tenggelam dalam air bah. Di akhir jaman, 8 dosa ini yang membuat manusia dihukum oleh api dari langit sampai tenggelam dalam lautan api dan belerang.
      Biarlah kita mau dihakimi dan disucikan dari 8 dosa ini, sehingga kita tidak dihukum oleh Tuhan dan tidak binasa bersama dunia.

  2. Yesus mencurahkan Roh Kudus kepada kita semua.
    Kisah Rasul 1:8
    1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

    Yohanes 6:63
    6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

    Sehebat apa pun manusia darah daging di dunia adalah tidak berguna dan tidak ada kaitan dengan kedatangan Tuhan kedua kali. Manusia darah daging hanya berbuat dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan-minum (merokok, mabuk, narkoba) dan dosa kawin-mengawinkan (dosa seks dengan aneka ragamnya, nikah yang salah).

    Tetapi jika Roh Kudus memenuhi kehidupan kita, mengurapi kehidupan kita, maka kita bisa hidup benar, hidup suci, bahkan sempurna seperti Yesus. Dan kita bisa layak menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.

    Syarat untuk menerima pencurahan Roh Kudus adalah jangan meninggalkan Yerusalem.
    Kisah Rasul 1:4-5
    1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku.
    1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

    Pengertian rohani Yerusalem:
    1. Kota damai, menunjuk pada hati yang damai sejahtera.
      Efesus 4:30-31
      4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
      4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.


    2. Kota terang, menunjuk pada hati yang jujur/ terang.
      Artinya jujur dalam pengajaran yang benar, jujur dalam nikah yang benar, jujur dalam keuangan. Dalam setiap berkat yang kita terima, ada milik Tuhan (perpuluhan dan persembahan khusus), milik sesama yang membutuhkan, dan milik kita yang merupakan kepercayaan Tuhan. Jangan sampai kita salah menggunakan berkat.
      Kita juga harus jujur dalam hal mengaku dosa, dan jujur mengaku ketidakberdayaan kita kepada Tuhan.

    Praktek pencurahan Roh Kudus.
    Kisah Rasul 2:1-4
    2:1. Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
    2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
    2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
    2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

    Roh Kudus dicurahkan seperti lidah-lidah api untuk menyentuh dan membakar perut hati kita supaya dibersihkan. Sesudah itu, Roh Kudus menyentuh dan membakar lidah kita sehingga kita bisa berbahasa roh seperti yang diajarkan oleh Roh Kudus. Jika kita bisa berbahasa roh dalam doa penyembahan, maka api Roh Kudus terus menyala dalam hidup kita dan tidak padam.

    Kegunaan api Roh Kudus adalah sebagai pagar api dari Surga yang mengelilingi kita untuk melindungi kita di akhir jaman yang sudah memuncak dalam kejahatan dan kenajisan.
    2 Raja-raja 6:15-17
    6:15 Ketika pelayan abdi Allah bangun pagi-pagi dan pergi ke luar, maka tampaklah suatu tentara dengan kuda dan kereta ada di sekeliling kota itu. Lalu berkatalah bujangnya itu kepadanya: "Celaka tuanku! Apakah yang akan kita perbuat?"
    6:16 Jawabnya: "Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka."
    6:17 Lalu berdoalah Elisa: "Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat." Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa.

    Artinya:
    1. Roh Kudus menyucikan atau membakar dosa-dosa sampai puncaknya dosa dari bangsa Kafir yang bagaikan anjing dan babi, sehingga bangsa Kafir bisa menjadi saksi di mana-mana dan berbau harum di hadapan Tuhan.
      Roma 15:16
      15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

    2. Roh Kudus membuat kita setia berkobar-kobar dan menyala-nyala dalam melayani Tuhan sampai garis akhir, yaitu sampai meninggal dunia atau sampai kedatangan Yesus kedua kali.
      Roma 12:11
      12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

      Pelayan Tuhan yang suci, setia, dan berkobar-kobar adalah biji mata Tuhan yang bagaikan nyala api. Kita akan dilindungi oleh Tuhan di tengah padang gurun dunia sehingga sebutir pasir pun tidak boleh masuk.

    3. Roh Kudus membaharui kehidupan kita, mengubahkan kehidupan kita dari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus.
      Titus 3:5
      3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

      Kita diubahkan mulai dari taat, inilah permulaan keberhasilan dan keindahan. Kalau mujizat rohani terjadi, maka mujizat jasmani juga pasti akan terjadi.

      2 Raja-raja 2:9-11
      2:9. Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: "Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: "Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu."
      2:10 Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi."
      2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.


      Nanti saat Tuhan Yesus datang, api Roh Kudus akan mengubahkan kita menjadi sama mulia dengan Dia. Kita akan terangkat di awan-awan yang permai dan bersama Dia selamanya.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 05 Mei 2020 (Selasa Sore)
    ... sama dengan tanpa kasih. Tanpa kasih artinya hidup dalam dosa enjoy dalam dosa sampai puncaknya dosa. Kalau ada kasih tidak akan ada dosa. Kalau sudah hidup dalam dosa ia akan mengalami kematian rohani sampai kematian kedua di neraka selama-lamanya. Karena itu kita harus hidup dalam kasih Allah supaya terlepas dari tulah hukuman Allah ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 24 Juli 2022 (Minggu Siang)
    ... bertanya kepadanya Dengan apa . Jawabnya Aku akan keluar dan menjadi roh dusta dalam mulut semua nabinya. Ia berfirman Biarlah engkau membujuknya dan engkau akan berhasil pula. Keluarlah dan perbuatlah demikian . Karena itu sesungguhnya TUHAN telah menaruh roh dusta ke dalam mulut semua nabimu ini sebab TUHAN telah menetapkan ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 19 Oktober 2016 (Rabu Malam)
    ... rohani adalah kelaparan akan firman Allah. Ini akan terjadi. Bahkan dulu kelaparan ini melanda Kanaan. Kanaan adalah gambaran dari suatu kegerakan rohani tetapi lapar karena kegiatan rohani penggembalaan tidak mengutamakan firman tetapi hanya mengutamakan yang jasmani kemakmuran dan hiburan. Akhirnya dilanda kelaparan. Kelaparan rohani ini yang lebih dahsyat dan membuat tidak puas ...
  • Ibadah Doa Malang, 01 November 2011 (Selasa Sore)
    ... pada pengajaran yang benar. Sebab di Mesir ada Yusuf sehingga suku Israel menjadi satu kembali. Sekarang ini menunjuk pada penyatuan tubuh Kristus yang sempurna. Bukan hanya rukun satu sama lain tetapi sampai menyatu menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna. ad. . Sebab di Mesir ada gandum. Pada waktu terjadi kelaparan Yakub harus ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 30 Juni 2011 (Kamis Sore)
    ... - . Datanglah firman TUHAN kepada Yunus bin Amitai demikian Bangunlah pergilah ke Niniwe kota yang besar itu berserulah terhadap mereka karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku. Yunus - Bersiaplah Yunus lalu pergi ke Niniwe sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya tiga hari perjalanan luasnya. Mulailah ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 05 Juni 2024 (Rabu Sore)
    ... dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna mempelai wanita sorga yang siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Persekutuan tubuh Kristus yang benar harus berdasarkan firman pengajaran yang benar. mau menikah harus berdasarkan firman pengajaran yang benar begitu juga untuk tergembala dan bersekutu Itu yang bisa ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 Mei 2024 (Minggu Pagi)
    ... Para Rasul Kata Paulus Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat dan ia berkata kepada orang banyak bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya yaitu Yesus. Kolose - Dalam Dia kamu telah disunat bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia tetapi dengan sunat Kristus yang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 12 Oktober 2011 (Rabu Sore)
    ... ada pembukaan Firman disana ada antikris. Tidak sungguh-sungguh ini terutama dalam hal tidak sungguh-sungguh untuk menerima pembukaan Firman Allah. tidak sungguh-sungguh untuk menerima Firman pengajaran yang benar Firman penggembalaan. Matius - . Ia menjawab Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini dialah yang akan menyerahkan Aku. . Anak ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 08 Agustus 2011 (Senin Sore)
    ... surat kepada Yoab dan mengirimkannya dengan perantaraan Uria. . Ditulisnya dalam surat itu demikian Tempatkanlah Uria di barisan depan dalam pertempuran yang paling hebat kemudian kamu mengundurkan diri dari padanya supaya ia terbunuh mati. . Pada waktu Yoab mengepung kota Raba ia menyuruh Uria pergi ke tempat yang diketahuinya ada ...
  • Ibadah Doa Malang, 29 September 2009 (Selasa Sore)
    ... cemar dikuasai oleh firman. Tubuh yang berkenan kepada Tuhan adalah tubuh yang dikuasai oleh kasih Tuhan sampai kita taat dengar-dengaran. Pembaharuan roh sehingga bisa membedakan mana kehendak Allah yang baik dan mana yang bukan kehendak Allah. Pembaharuan jiwa sehingga bisa berpikir sederhana mau merendahkan diri di bawah kaki Tuhan. Efesus - rahasia nikah ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.