Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Wahyu 21: 5.
"Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru"

Dulu, manusia diciptakan sama dengan Tuhan dan ditempatkan di taman Eden. Tapi sayang, manusia berbuat dosa, sehingga kehilangan kemuliaan Allah = telanjang dan diusir dari taman Eden. Manusia berdosa harus hidup dalam kutukan sampai kebinasaan di neraka.
Supaya manusia berdosa tidak binasa, maka ada tema ini, Tuhan mau menciptakan manusia berdosa menjadi manusia baru yang sama mulia dengan Tuhan, untuk ditempatkan di langit baru dan bumi baru, Yerusalem Baru, Kerajaan Sorga yang kekal.

Proses untuk menciptakan manusia baru yang sama dengan Tuhan, untuk ditempatkan di langit dan bumi baru, disebut dengan proses pembaharuan. Dan pembaharuan ini HARUS KITA ALAMI MULAI SEKARANGini sampai puncak pembaharuan, yaitu pembaharuan Yerusalem Baru, di mana manusia sudah kembali sama mulia dengan Tuhan, kembali menjadi ciptaan semula.

Pembaharuan Yerusalem Baru ditandai dengan kata "tidak akan ada lagi....". Maksudnya adalah segala sesuatu yang lama tidak akan ada lagi.
Ada 7 hal yang "tidak akan ada lagi":

  1. Wahyu 21:1 = laut.
  2. Wahyu 21:4 = maut.
  3. Wahyu 21:4 = perkabungan.
  4. Wahyu 21:4 = ratap tangis.
  5. Wahyu 21:4 = dukacita.
  6. Wahyu 22:3 = laknat/kutukan.
  7. Wahyu 22:5 = malam.
AD. 1. LAUT TIDAK ADA LAGI.
Yakobus 1:5-6,pengertian laut secara rohani adalah hati yang bimbang.
  • Bimbang menghadapi angin-angin pengajaran palsu, sehingga tidak bisa berpegang teguh pada pengajaran yang benar, tidak bisa taat dengar-dengaran pada pengajaran yang benar.
  • Bimbang saat menghadapi angin pencobaan, sehingga tidak berharap Tuhan lagi, tapi berharap yang lain.
Yakobus 1:7-8,akibat bimbang adalah tidak menerima apa-apa dari Tuhan, doa tidak dijawab.

AD. 2-5. MAUT/PERKABUNGAN/RATAP TANGIS/DUKACITA TIDAK ADA LAGI.
1 Yohanes 3:14-15,maut = hati yang jahat, yang penuh dengan kebencian, iri hati, dendam, kepahitan.
Kalau ada hati yang jahat, harus diselesaikan lewat berdamai satu dengan yang lain, saling mengaku dan saling mengampuni.

AD. 6. LAKNAT/KUTUKAN TIDAK ADA LAGI.
Ulangan 28:15,pengertian rohani dari kutukan adalah hati yang tidak taat, hati yang tidak dengar-dengaran pada firman. Tidak taat pada firman = makan buah terlarang, dan itu terkutuk.

Hati yang bimbang (laut), hati yang jahat (maut), dan hati yang tidak taat (kutukan) ini tidak boleh ada lagi. Jadi, pembaharuan Yerusalem Baru adalah PEMBAHARUAN HATI. Hati ini yang akan menentukan, akan mengarah ke Yerusalem Baru atau menuju kebinasaan.

Roma 6:2-4,pembaharuan hati dimulai dari baptisan air.Banyak baptisan air, banyak bahtera, tapi hanya satu yang menyelamatkan, yaitu bahtera Nuh.
Syarat baptisan air yang benar adalah mati terhadap dosa, bertobat.
Pelaksanaan baptisan air yang benar adalah dikuburkan bersama Tuhan.
Hasil baptisan air yang benar adalah hati nurani yang baik(1 Petrus 3:20), hati nurani yang lembut, hati yang penuh kasih Allah. Kasih Allah itu berasal dari firman, kalau kasih tidak sesuai firman itu adalah kasih daging.

Praktik hati yang lembut:
  1. Yakobus 1:21,bisa menerima firman sekeras apapun.
    Prosesnya menerima firman:
    1. Mendengar firman pengajaran yang keras dengan sungguh-sungguh.
    2. Mengerti firman pengajaran yang keras.
    3. Percaya dan yakin akan firman pengajaran yang keras.
    4. Praktek firman pengajaran yang keras.
    Pemberitaan firman pengajaran yang keras adalah uluran tangan Tuhan kepada kita. Saat kita mau mendengar sampai praktek firman, itu sama dengan kita sedang mengulurkan tangan kepada Tuhan. Tangan bertemu tangan, kita hidup di dalam tangan Tuhan.

    Hidup dalam tangan Tuhan = hidup dalam kebenaran.
    Di luar kebenaran = di luar tangan Tuhan.

    Amsal 10:2-3,Tuhan tidak membiarkan orang yang hidup benar! Tuhan akan melindungi dan memelihara kita menghadapi kelaparan yang dobel, kelaparan jasmani dan rohani. Kelaparan jasmani sudah dahsyat, tetapi kelaparan rohani akan jauh lebih dahsyat, di mana manusia kelaparan akan firman dan jatuh bangun dalam dosa. Sampai di zaman antikris, kita akan dilindungi dan dipelihara oleh Tuhan.

  2. Bisa menyembah Tuhan.
    Mazmur 141:1-2.
    Seringkali manusia yang keras hati sangat sulit mengulurkan tangan kepada Tuhan, yang banyak adalah mengandalkan kekuatan tangan sendiri. Sebab itu, seringkali Tuhan ijinkan sesuatu yang luar biasa terjadi atas hidup kita, supaya kita bisa mengaku bahwa kita tidak bisa apa-apa, sampai hanya mengulurkan tangan kepada Tuhan.

    1. Matius 14:30,Petrus gambaran pendeta yang luar biasa, tapi Tuhan ijinkan tenggelam, merosot di bidang jasmani, dan sudah tidak bisa ditolong oleh kekuatan manusia. Tetapi saat mau mengulurkan tangan kepada Tuhan, mau mengaku tidak bisa apa-apa, Tuhan akan menolong kita tepat pada waktunya.

    2. Markus 5:25-27,perempuan yang menghadapi pendarahan 12 tahun ini juga hanya mengulurkan tangan kepada Tuhan. Pendarahan ini berarti ada pembuluh darah yang pecah. Mungkin nikah, penggembalaan, sudah tercerai-berai. Tapi kalau mau menjamah jubah, mau mengulurkan tangan kepada Tuhan, maka Tuhan sanggup menghapus segala kemustahilan.

    3. 1 Petrus 5:5-6,kaum muda di sini diijinkan mengalami kegagalan-kegagalan, sedang direndahkan. Saat direndahkan, jangan berontak, biar kita merendahkan diri di bawah tangan Tuhan yang kuat, maka Tuhan yang akan meninggikan. Saat direndahkan adalah saat yang paling tepat untuk melembut dan mengulurkan tangan kepada Tuhan.

    Pengkhotbah 3:11,Tuhan bukan hanya membuat segala sesuatu berhasil, tapi juga membuat segala sesuatu indah pada waktunya. Sampai masuk Yerusalem Baru, tidak ada lagi laut, tidak ada lagi maut, tidak ada lagi kutukan, tidak ada lagi air mata.
Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 19 Oktober 2021 (Selasa Sore)
    ... kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum Malaikat pertama adalah malaikat yang memberitakan Injil yang kekal kepada seluruh bangsa diterangkan pada Ibadah Raya Malang Oktober . Keluaran - . Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu untuk ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 26 April 2015 (Minggu Sore)
    ... akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. Pekerjaan besar yang ketiga melindungi kita dari hari pencobaan yang akan menimpa atas seluruh dunia. AD. MEMBERIKAN KEMENANGAN ATAS JEMAAH IBLISWahyu Lihatlah beberapa orang dari jemaah Iblis yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi tetapi yang sebenarnya tidak demikian ...
  • Ibadah Raya Malang, 17 Oktober 2021 (Minggu Pagi)
    ... seorang gembala yang berbicara atas nama Tuhan artinya Tidak sombong dengan kerendahan hati merasa tidak mampu dan hanya bergantung pada Tuhan. Tidak sembarangan ada persiapan sebelum berkhotbah apa yang diucapkan diajarkan seorang gembala akan menentukan sampai di akhirat. Dengan tanggung jawab sepenuh pada Tuhan. Untuk apa perkataan firman Tuhan yang disampaikan seorang gembala ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 16 Oktober 2021 (Sabtu Sore)
    ... orang-orang itu. 'Ia menjamah mereka' tujuan beribadah melayani Tuhan adalah mengalami jamahan tangan Tuhan terutama lewat pemberitaan firman Tuhan diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Malang September . Tetapi murid-murid memarahi orang-orang itu diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja Oktober . Lukas . Tetapi Yesus memanggil mereka dan berkata Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku ...
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Malang I, 19 Februari 2009 (Kamis Malam)
    ... dibagikan pada tetangganya. Artinya sekarang jika kita menerima berkat keselamatan kita harus membagi kepada orang lain yaitu bersaksi pada orang lain. Bersaksi adalah bukti bahwa kita memiliki kelimpahan atau selamat. Sebaliknya orang yang tidak mau bersaksi itu sama dengan berkekurangan bahkan keselamatannya diragukan. Keluaran Petrus Domba-domba ini dikurung selama hari ...
  • Ibadah Doa Penyembahan Malang, 09 Januari 2020 (Kamis Sore)
    ... ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh disertai halilintar dan gempa bumi. Ada dua keadaan yang kontras Di bumi terjadi kegoncangan-kegoncangan oleh gempa bumi guntur halilintar. Kegoncangan secara jasmani yaitu kegoncangan di segala bidang ekonomi kesehatan dll . Kegoncangan secara rohani yaitu dosa-dosa sampai puncak dosa ajaran palsu pengaruh dunia kesibukan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 07 Oktober 2017 (Sabtu Sore)
    ... yang dilanda kebencian Dunia. Yohanes - . Jikalau dunia membenci kamu ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. . Sekiranya kamu dari dunia tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia sebab itulah dunia membenci kamu. ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 02 Agustus 2010 (Senin Sore)
    ... yang menganggapnya sebagai kelalaian tetapi Ia sabar terhadap kamu karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. Kesabaran Tuhan adalah Tuhan belum datang sampai hari ini dna kita masih diberi panjang umur sehingga kita bisa bertobat. Kesabaran Tuhan ini juga ada batasnya. Sebab itu jangan ...
  • Ibadah Doa Malang, 27 Juni 2019 (Kamis Sore)
    ... batu krisopras. Nama sungai yang kedua ialah Gihon yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush. Nama sungai yang ketiga ialah Tigris yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat. Ada sungai kehidupan di taman Eden. Empat sungai menunjuk injil yang terbagi menjadi dua Injil keselamatan Kabar ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 22 Juni 2021 (Selasa Sore)
    ... barangsiapa yang bimbang kalau ia makan ia telah dihukum karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman adalah dosa. Tanpa iman hanya berbuat dosa tanpa penebusan berarti tanpa bulan sehingga hidup dalam kegelapan. Pelitanya hampir padam sampai padam karena tidak memiliki minyak persediaan. Matius . Gadis-gadis yang ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.