Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayangnya Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat malam, selamat mendengarkan Firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dan bahagia dari Tuhan senantiasa dilimpahkan di tengah-tengah kita sekalian.

Markus 13: 33-37
13:33 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.
13:34 Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga.
13:35 Karena itu
berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,
13:36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.
13:37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang:
berjaga-jagalah!"

Doa malam dikaitkan dengan kedatangan Tuhan kedua kali = berjaga-jagauntuk menanti kedatangan Yesus kedua kali.

Mazmur 27: 14
27:14 Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

Apa yang harus kita jaga untuk dapat menerima lawatan Tuhan (kedatangan Tuhan sekarang) sampai menantikan kedatangan Yesus kedua kali?:
Yang dijaga adalah hati, yaitu kita harus kuat dan teguh hati. Jangan sampai hati kita keras(lawan dari kuat dan teguh hati), lemahdan bimbang.

Yakobus 1: 21
1:21 Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotordan kejahatanyang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembutfirman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.

Hati kerasyaitu hati yang kotor, diisi oleh kejahatandan kenajisan, sehingga tidak bisa menerima Firman Allah (pribadi Tuhan) dan tidak dapat juga menerima lawatan Tuhan serta tidak dapat menyambut kedatangan Yesus kedua kali.

1 Korintus 8: 7-9
8:7 Tetapi bukan semua orang yang mempunyai pengetahuan itu. Ada orang, yang karena masih terus terikat pada berhala-berhala, makan daging itu sebagai daging persembahan berhala. Dan oleh karena hati nurani mereka lemah, hati nurani mereka itu dinodai olehnya.
8:9 Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan
menjadi batu sandunganbagi mereka yang lemah.

Hati yang lemah, yaitu hati yang mudah tersandung/mudah tersinggung, sehingga menyimpan kepahitan, kebencian (bahkan kebencian tanpa alasan), dan iri hati.

Yakobus 1: 6-8
1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.
1:8 Sebab orang yang
mendua hatitidak akan tenang dalam hidupnya.

Hati yang bimbang, yaitu bimbang terhadap pengajaran benarsehingga:

  • diombang-ambing oleh ajaran palsuyang membuat kita ragu terhadap pengajaran benar,
  • diombang-ambingkan oleh angin pencobaanyang membuat kita ragu terhadap pengajaran benar (pribadi Tuhan) dan kuasa Tuhan.

Akibat bimbang adalah
:

  • tidak tenang hidupnya, kacau, letih lesu dan beban berat,
  • tidak mendapat sesuatu dari Tuhan (tidak mendapat pertolongan Tuhan),
  • bahkan sampai gugur dari iman (tenggelam dan binasa).

Biarlah malam ini kita memohonkan kepada Tuhan untuk memiliki hati yang kuat dan teguh hatiartinya:

  • tetap berpegang teguh pada pengajaran benar, apapun resikonya.
  • tetap hidup dalam kebenaran.
  • tetap setia dan berkobar-kobar beribadah melayani Tuhan.
  • tetap menyembah kepada Tuhan/percaya dan mempercayakan diri sepenuh pada Tuhan.

Kuat dan teguh hati atau tidak, dibuktikan saat kita berada dalam keadaan terjepit.

1 Samuel 30: 6
30:6 Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.

Daud menghadapi keadaan terjepit, yaitu kota Siklak ditawan oleh Amalek, sehingga anak laki-laki dan perempuan dan isteri-isteri ditawan. Mungkin malam ini kita juga dalam keadaan terjepitkareana ekonomi, penyakit dan lain-lain, sampai puncaknya terjepit dalam masalah nikah dan buah nikah. Yang bisa kita lakukan adalah seperti Daud yaitu tidak berbuat aneh-aneh tetapi justru LEBIH menguatkan kepercayaan kepada Tuhan= kuat dan teguh hati = percaya dan mempercayakan diri sepenuh pada Tuhan.

Hasilnya:

  1. 1 Samuel 30: 17
    30:17 Dan pada keesokan harinya Daud menghancurkan merekadari pagi-pagi buta sampai matahari terbenam; tidak ada seorang pun dari mereka yang lolos, kecuali empat ratus orang muda yang melarikan diri dengan menunggang unta.

    Hasil pertama: Tangan Tuhan yang berperang ganti kita dan menghancurkan musuh = menyelesaikan semua masalahtepat pada waktunya.

  2. 1 Tawarikh 19: 13
    19:13 Kuatkanlah hatimudan marilah kita menguatkan hatiuntuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. TUHAN kiranya melakukan yang baik di mata-Nya."

    hasil kedua: Tangan Tuhan sanggup menjadikan semua baik, berhasil dan indah pada waktuNya.

  3. 1 Tesalonika 3: 13
    3:13 Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.

    Hasil ketiga: Tangan Tuhan sanggup menyucikan dan mengubahkan kitasampai tidak bercacat-cela, kita siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.

Jaga hati malam ini!Jangan sampai kita memiliki hati keras, hati lemah dan hati bimbang, tetapi biarlah malam ini kita mohonkan pada Tuhan supaya kuat dan teguh hati. Justru dalam keadaan terjepit, kita buktikan pada Tuhan bahwa kita kuat dan teguh hati, tetap percaya dan mempercayakan diri sepenuh pada Tuhan sampai Tuhan benar-benar mengulurkan tangan untuk menyelesaikan masalah, menjadikan semua baik, indah dan berhasil, dan semua sempurna untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali. Sekalipun orang lain bilang mustahil, tetapi bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, sebab Tuhan melihat hati kita.

Tuhan tidak pernah menipu kita.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 12 Maret 2015 (Kamis Sore)
    ... selalu memberi nama baru kepada umatNya dari jaman ke jaman supaya umatNya bisa masuk Yerusalem Baru. Proses untuk menerima nama baru dari jaman ke jaman Jaman permulaan jaman Allah Bapa dihitung dari Adam sampai Abraham. Kejadian - - Dari pihak-Ku inilah perjanjian-Ku dengan engkau Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. ...
  • Ibadah Raya Malang, 06 Desember 2020 (Minggu Pagi)
    ... diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa. Lalu ular itu menyemburkan dari mulutnya air sebesar sungai ke arah perempuan itu supaya ia dihanyutkan ...
  • Ibadah Jumat Agung Surabaya, 10 April 2009 (Jumat Pagi)
    ... sudah hilang dari manusia. Lalu apa yang sudah hilang dari manusia ini Kejadian - kehilangan yang paling dasyat. Yang sudah hilang dari manusia yaitu pada saat Adam dan Hawa berdosa mereka kehilangan pakaian telanjang. Dan ini mengakibatkan kehilangan yang lainnya. Roma Akibat kehilangan pakaian manusia juga kehilangan pakaian kemuliaan. Suatu kehilangan yang fatal. Tidak ...
  • Ibadah Doa Malang, 08 Februari 2011 (Selasa Sore)
    ... kehidupan itu akan beroleh hidup kekal menjadi buli-buli emas. Roma Jadi iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh firman Kristus. Iman yang benar berasal dari mendengar Firman Kristus Firman yang diurapi oleh Roh Kudus Firman yang dibukakan rahasianya yaitu ayat menerangkan ayat Firman pengajaran yang benar. Hati-hati Ada iman yang tidak ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 11 Juli 2013 (Kamis Sore)
    ... engkau sebab ke mana engkau pergi ke situ jugalah aku pergi dan di mana engkau bermalam di situ jugalah aku bermalam bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku Rut - Boas menjawab Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan kepada mertuamu sesudah suamimu mati dan bagaimana engkau meninggalkan ...
  • Ibadah Doa Malang, 03 Desember 2020 (Kamis Sore)
    ... roh dusta. Ajaran sesat adalah Alkitab yang diputarbalikkan atau ditafsirkan menurut kehendak dan logika manusia sama dengan Alkitab ditambah dan dikurangi menurut kehendak dan kepentingan diri sendiri. Yesaya - . Sebab orang-orang yang mengendalikan bangsa ini adalah penyesat dan orang-orang yang dikendalikan mereka menjadi kacau. . Sebab itu Tuhan tidak bersukacita karena ...
  • Ibadah Persekutuan Ambon III, 16 November 2011 (Rabu Sore)
    ... benangnya haruslah dibuat dengan ada kerubnya buatan ahli tenun. Haruslah engkau menggantungkannya pada empat tiang dari kayu penaga yang disalut dengan emas dengan ada kaitannya dari emas berdasarkan empat alas perak. Haruslah tabir itu kaugantungkan pada kaitan penyambung tenda itu dan haruslah kaubawa tabut hukum ke sana ke belakang tabir ...
  • Ibadah Doa Malang, 02 November 2010 (Selasa Sore)
    ... dan Gembala Agung sehingga kita dituntun sampai ke tahta kemuliaan bersama Dia. Matius Tetapi apabila engkau berpuasa minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu Secara jasmani tanda berpuasa yang benar adalah tidak makan dan tidak minum. Secara rohani tanda berpuasa yang benar adalah meminyaki kepala pikiran diurapi oleh Roh Kudus mencuci muka ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 14 Desember 2019 (Sabtu Sore)
    ... bagi bangsa kafir. Yang kedua bangsa kafir. Lukas - . Maka kembalilah hamba itu dan menyampaikan semuanya itu kepada tuannya. Lalu murkalah tuan rumah itu dan berkata kepada hambanya Pergilah dengan segera ke segala jalan dan lorong kota dan bawalah ke mari orang-orang miskin dan orang-orang cacat dan orang-orang buta dan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 26 Maret 2022 (Sabtu Sore)
    ... Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku selama masih siang akan datang malam di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja. 'pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia' Tuhan mau bekerjasama dengan orang buta. Kapan Tuhan bekerjasama dengan kita Saat menghadapi masalah-masalah yang mustahil. Secara rohani kegelapan dosa-dosa. Secara jasmani kemustahilan. Bagaimana ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.