Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayangnya Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat malam, selamat mendengarkan Firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dan bahagia dari Tuhan senantiasa dilimpahkan di tengah-tengah kita sekalian.

Markus 13: 33-37
13:33 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.
13:34 Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga.
13:35 Karena itu
berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,
13:36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.
13:37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang:
berjaga-jagalah!"

Doa malam dikaitkan dengan kedatangan Tuhan kedua kali = berjaga-jagauntuk menanti kedatangan Yesus kedua kali.

Mazmur 27: 14
27:14 Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

Apa yang harus kita jaga untuk dapat menerima lawatan Tuhan (kedatangan Tuhan sekarang) sampai menantikan kedatangan Yesus kedua kali?:
Yang dijaga adalah hati, yaitu kita harus kuat dan teguh hati. Jangan sampai hati kita keras(lawan dari kuat dan teguh hati), lemahdan bimbang.

Yakobus 1: 21
1:21 Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotordan kejahatanyang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembutfirman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.

Hati kerasyaitu hati yang kotor, diisi oleh kejahatandan kenajisan, sehingga tidak bisa menerima Firman Allah (pribadi Tuhan) dan tidak dapat juga menerima lawatan Tuhan serta tidak dapat menyambut kedatangan Yesus kedua kali.

1 Korintus 8: 7-9
8:7 Tetapi bukan semua orang yang mempunyai pengetahuan itu. Ada orang, yang karena masih terus terikat pada berhala-berhala, makan daging itu sebagai daging persembahan berhala. Dan oleh karena hati nurani mereka lemah, hati nurani mereka itu dinodai olehnya.
8:9 Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan
menjadi batu sandunganbagi mereka yang lemah.

Hati yang lemah, yaitu hati yang mudah tersandung/mudah tersinggung, sehingga menyimpan kepahitan, kebencian (bahkan kebencian tanpa alasan), dan iri hati.

Yakobus 1: 6-8
1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.
1:8 Sebab orang yang
mendua hatitidak akan tenang dalam hidupnya.

Hati yang bimbang, yaitu bimbang terhadap pengajaran benarsehingga:

  • diombang-ambing oleh ajaran palsuyang membuat kita ragu terhadap pengajaran benar,
  • diombang-ambingkan oleh angin pencobaanyang membuat kita ragu terhadap pengajaran benar (pribadi Tuhan) dan kuasa Tuhan.

Akibat bimbang adalah
:

  • tidak tenang hidupnya, kacau, letih lesu dan beban berat,
  • tidak mendapat sesuatu dari Tuhan (tidak mendapat pertolongan Tuhan),
  • bahkan sampai gugur dari iman (tenggelam dan binasa).

Biarlah malam ini kita memohonkan kepada Tuhan untuk memiliki hati yang kuat dan teguh hatiartinya:

  • tetap berpegang teguh pada pengajaran benar, apapun resikonya.
  • tetap hidup dalam kebenaran.
  • tetap setia dan berkobar-kobar beribadah melayani Tuhan.
  • tetap menyembah kepada Tuhan/percaya dan mempercayakan diri sepenuh pada Tuhan.

Kuat dan teguh hati atau tidak, dibuktikan saat kita berada dalam keadaan terjepit.

1 Samuel 30: 6
30:6 Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.

Daud menghadapi keadaan terjepit, yaitu kota Siklak ditawan oleh Amalek, sehingga anak laki-laki dan perempuan dan isteri-isteri ditawan. Mungkin malam ini kita juga dalam keadaan terjepitkareana ekonomi, penyakit dan lain-lain, sampai puncaknya terjepit dalam masalah nikah dan buah nikah. Yang bisa kita lakukan adalah seperti Daud yaitu tidak berbuat aneh-aneh tetapi justru LEBIH menguatkan kepercayaan kepada Tuhan= kuat dan teguh hati = percaya dan mempercayakan diri sepenuh pada Tuhan.

Hasilnya:

  1. 1 Samuel 30: 17
    30:17 Dan pada keesokan harinya Daud menghancurkan merekadari pagi-pagi buta sampai matahari terbenam; tidak ada seorang pun dari mereka yang lolos, kecuali empat ratus orang muda yang melarikan diri dengan menunggang unta.

    Hasil pertama: Tangan Tuhan yang berperang ganti kita dan menghancurkan musuh = menyelesaikan semua masalahtepat pada waktunya.

  2. 1 Tawarikh 19: 13
    19:13 Kuatkanlah hatimudan marilah kita menguatkan hatiuntuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. TUHAN kiranya melakukan yang baik di mata-Nya."

    hasil kedua: Tangan Tuhan sanggup menjadikan semua baik, berhasil dan indah pada waktuNya.

  3. 1 Tesalonika 3: 13
    3:13 Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.

    Hasil ketiga: Tangan Tuhan sanggup menyucikan dan mengubahkan kitasampai tidak bercacat-cela, kita siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.

Jaga hati malam ini!Jangan sampai kita memiliki hati keras, hati lemah dan hati bimbang, tetapi biarlah malam ini kita mohonkan pada Tuhan supaya kuat dan teguh hati. Justru dalam keadaan terjepit, kita buktikan pada Tuhan bahwa kita kuat dan teguh hati, tetap percaya dan mempercayakan diri sepenuh pada Tuhan sampai Tuhan benar-benar mengulurkan tangan untuk menyelesaikan masalah, menjadikan semua baik, indah dan berhasil, dan semua sempurna untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali. Sekalipun orang lain bilang mustahil, tetapi bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, sebab Tuhan melihat hati kita.

Tuhan tidak pernah menipu kita.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Surabaya, 28 September 2016 (Rabu Sore)
    ... kasih kasih sama dengan memberi. Ini menunjuk pada Yohanes. Penyembahan bukan meminta-minta kepada TUHAN tetapi memberi. Apa yang diberikan Kita memberi mulai dari milik TUHAN yang terkecil yaitu persepuluhan dan persembahan khusus sampai memberikan seluruh hidup kita yang ditandai dengan banyak kekurangan kelemahan dan kesalahan. Kalau kita sadar bahwa kita banyak ...
  • Ibadah Raya Malang, 05 Februari 2017 (Minggu Pagi)
    ... menjadi umat-Ku. Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya atau sesama saudaranya dengan mengatakan Kenallah Tuhan Sebab mereka semua besar kecil akan mengenal Aku. Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka. Prosesnya adalah Mendengar firman Allah dalam urapan Roh Kudus sehingga ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 29 April 2017 (Sabtu Sore)
    ... yakin akan firman pengajaran yang benar. Firman menjadi iman di dalam hati yang membenarkan dan menyelamatkan. Sehingga kita bisa hidup dalam kebenaran. Jika hati percaya maka mulut bisa mengaku dosa kepada Tuhan dan sesama. Jika diampuni jangan berbuat dosa lagi. Praktek firman. Petrus - Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 22 Februari 2017 (Rabu Sore)
    ... batu sandungan bagi mereka yang lemah. Tanda iman yang lemah gampang tersandung gampang berbuat dosa. Ada kesempatan berbuat dosa. Kalau tidak ada kesempatan justru cari-cari kesempatan. Kalau gampang tersandung ia juga gampang menjadi sandungan bagi orang lain. Kapan jadi sandungan bagi yang lain Saat kita saling menghakimi atau saling mempersalahkan. Roma . Karena itu ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 15 Februari 2016 (Senin Sore)
    ... dengan barang yang fana bukan pula dengan perak atau emas . melainkan dengan darah yang mahal yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. Dosa warisan ini diwariskan oleh nenek moyang. Nenek moyang kita adalah Adam dan Hawa menurut alkitab . Dosa Adam dan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 26 November 2017 (Minggu Siang)
    ... Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan sebab apabila ia sudah tahan uji ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. 'menerima mahkota kehidupan' tidak hancur. Yang bisa bertahan adalah kehidupan yang tahan uji bertahan menghadapi pencobaan yang dahsyat sampai zaman antikris dan kiamat. Tahan uji kuat teguh hati. Jangan ...
  • Ibadah Doa Malang, 11 Oktober 2011 (Selasa Sore)
    ... kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin. Kegunaan darah Yesus adalah melepaskan kita dari dosa-dosa sekaligus mengangkat kita menjadi imam-imam dan raja-raja yaitu kehidupan yang beribadah dan melayani Tuhan. Keluaran . Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka untuk menguduskan mereka supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku Ambillah seekor lembu jantan muda ...
  • Ibadah Raya Malang, 09 Januari 2022 (Minggu Pagi)
    ... itu pergi kepada Filipus yang berasal dari Betsaida di Galilea lalu berkata kepadanya Tuan kami ingin bertemu dengan Yesus. Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas Andreas dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus. Tetapi Yesus menjawab mereka kata-Nya Telah tiba saatnya Anak Manusia dimuliakan. Aku berkata kepadamu Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak ...
  • Ibadah Raya Malang, 04 September 2022 (Minggu Pagi)
    ... sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu. Kita memperhatikan firman seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tengah kegelapan dunia pencobaan dosa dll supaya kita tetap hidup dalam terang kebenaran kesucian sampai sempurna. Mazmur Aku hendak sujud ke arah ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 23 Desember 2008 (Selasa Pagi)
    ... oleh apipanggilan Tuhanperlengkapan dari Tuhan. ad. . Penyucian oleh apiKeluaran - . Yeremia . Maleakhi - . Ini menunjuk pada penyucian oleh api firman yang menghasilkan Murni bagaikan perak dan emas. Perak menunjuk pada penebusan sampai lidah tidak bersalah Amsal . Emas menunjuk pada iman yang teruji. Hamba Tuhan yang imannya teruji tidak akan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.