Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayangnya Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat malam, selamat mendengarkan Firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera kasih karunia dan bahagia dari Tuhan senantiasa dilimpahkan di tengah-tengah kita sekalian.

Doa malam hari ini adalah UNTUK BERJAGA-JAGA.

Dalam Matius 25kita berjaga-jaga terutama supaya pelita tidak padam di tengah kegelapan malam (pelita tetap menyala)= berjaga-jaga soal minyak.

Kegelapan malam hanya bisa dihadapi dengan terang (pelita tetap menyala).

Tengah malam
(paling gelap)adalahkeadaan akhir zaman, dimana kita menghadapi puncak kesulitan-kesulitan, pencobaan-pencobaan dan dosa (dosa makan minum dan kawin-mengawinkan). Ini hanya bisa dihadapi dengan pelita yang tetap menyala.

Ada dua macam minyak didalam Matius 25, antara lain:

  1. minyak didalam pelita.
    Minyak didalam pelita artinya karunia-karunia Roh Kudus, sehingga kita bisa melayani Tuhan sesuai dengan jabatan yang Tuhan berikan kepada kita.

    Contoh: gembala memiliki karunia untuk menimbang roh, pemain musik mempunyai karunia untuk bermain musik dll.

    Karunia adalahkemampuan ajaib dari Roh Kudus, sehingga kita bisa melayani Tuhan sesuai dengan jabatan yang Tuhan berikan.

  2. minyak persediaan= aktivitas Roh Kudus.
    Seperti cerita 5 gadis bijaksana, selain membawa pelita dan minyak, mereka juga membawa buli-buli (minyak persediaan).

    Aktivitas Roh Kudus yaitu


    • Yesaya 11 : 1-3
      11:1. Suatu tunas akan keluar dari tunggulIsai, dan tarukyang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.
      11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;
      11:3 ya,
      kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

      Aktivitas yang pertama adalah takut akan Tuhan.

      Amsal 8 : 13
      8:13 Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

      Takut akan Tuhan adalahmembenci dosa sampai membenci dusta, sehingga kita bisa hidup benar dan suci.

      Jadi kita bukan cuma sekedar melayani saja, tetapi juga harus hidup suci. Jika kita melayani tapi tidak suci, maka pelitanya akan padam.

      Sekalipun kita seperti taruk/tunggul, tetapi jika kita takut akan Tuhan, maka tunggul bisa bertunas, berbunga dan berbuah= diberkati oleh Tuhandan selamat.
      taruk” atau “tunggul”= kehidupan yang tidak berdaya, tidak ada artinya, tidak ada harapan, tidak berharga.

    • Roma 12 : 11
      12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyaladan layanilah Tuhan.

      Aktivitas yang kedua adalah kita melayani Tuhan dengan setia dan berkobar-kobar(“menyala-nyala”).

      Jika kita melayani Tuhan dengan setia dan berkobar ini bagaikan “biji mata Tuhan”.

      Biji mata Tuhan artinyakesayangan Tuhan sendiri, kita dipelihara dan dilindungi oleh Tuhan, tidak bisa diganggu gugat oleh apapun.

      Mata Tuhan bagaikan nyala api. Jadi pelayan Tuhan yang setia dan berkobar-kobar bagaikan biji mata Tuhan.

    • Roma 8 : 26
      8:26. Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

      Aktivitas yang ketiga adalah Roh Kudus mendorong kita untuk bisa menyembah Tuhan, seperti pada malam hari ini.

      Matius 6 : 6
      6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintudan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

      Kita berdoa menyembah Tuhan bagaikan menutup pintu kamar,artinya


      1. hubungan pribadi dengan Tuhan.
      2. hubungan rahasia dengan Tuhan.
      3. hubungan paling dekat dengan Tuhan (dari hati ke hati)= HUBUNGAN KASIH.

2 Raja-Raja 4 : 1-7
4:1. Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: "Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya."
4:2 Jawab Elisa kepadanya: "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak."
4:3 Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit.
4:4 Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!"
4:5 Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang.
4:6 Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: "Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi," tetapi jawabnya kepada ibunya: "Tidak ada lagi bejana." Lalu berhentilah minyak itu mengalir.
4:7 Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu."

= seorang janda hamba Tuhan (yang dulunya dipakai oleh Tuhan), tetapi dalam masalah-masalah (terlibat hutang dan anaknya mau dijadikan budak). Untunglah janda ini bertemu dengan Nabi Elisa yang memerintahkan untuk menutup pintu kamar (berdoa).
Hasilnya: minyak persediaan tetap mengalir. Inilah yang bisa membereskan semuanya.

Kalau ada minyak, berarti pelita tetap menyala, sehingga kita melayani Tuhan sesuai dengan jabatan. Ditambah dengan minyak persediaan, maka semua menjadi selesai.

Janda hamba Tuhan ini bagaikan menghadapi pelita yang padam.

Arti rohani janda adalahputus hubungan dengan kepala (Tuhan)= kering/mati rohani=

  • tidak bisa menyembah Tuhan,
  • tidak setia dalam pelayanan,
  • dalam keadaan berhutang yang tidak bisa dibayar. Hutang adalah ikatan akan uang. Ini berarti dalam cengkeraman antikris.
  • menghadapi masalah yang mustahil,
  • kedua anaknya mau dijadikan budak= kehancuran nikah dan buah nikah.

Apa yang bisa diperbuat?menutup pintu= BERDOA.

Malam ini kita merendahkan diri untuk berdoa kepada Tuhan. Kita mengaku sejujur-jujurnya segala dosa dan kekurangan kita kepada Tuhan, sehingga Tuhan mengampuni kita semua dan minyak Roh Kudus akan dicurahkan ditengah kita (Roh Kudus mengurapi, memenuhi, bahkan sampai meluap-luap dalam kehidupan kita).

Hasilnya adalah

  • untuk membayar hutang”= Roh Kudus mampu menyelesaikan segala sesuatu dalam kehidupan kita.
    Secara jasmani: Roh Kudus menyelesaikan masalah dalam kehidupan kita, sampai yang mustahil sekalipun.
    Secara rohani: Roh Kudus menyelesaikan dosa-dosa.

  • hiduplah dari selebihnya”= Roh Kudus mampu memelihara hidup kita secara jasmani dan rohani, sampai kita bisa menyongsong kedatangan Tuhan Yesus yang ke dua kali.

  • Roh Kudus mampu membuat kita kuat dan teguh hati.
    Mazmur 27 : 14
    27:14 Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

    Kuat dan teguh hati artinya


    • tidak goyah, tidak jatuh, tidak tinggalkan Tuhan, tidak putus asa, tidak kecewa.
    • tetap setia melayani Tuhan,
    • tetap mengasihi Tuhan,
    • tetap menantikan Tuhan apapun yang terjadi.

    Mungkin kita diijinkan menghadapi penyakit dan masalah-masalah, tetapi kita harus tetap kuat dan teguh hati, supaya bisa menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang ke dua kali.

    Jika kita kuat dan teguh hati, Tuhan akan menyelesaikan semuanya dan Tuhan akan menyempurnakan kita menjadi seperti Dia, sehingga layak untuk menyambut kedatangan-Nya yang ke dua kali.

    Kita mohon kepada Tuhan, supaya minyak urapan Roh Kudus dicurahkan bagi kita semuanya.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Surabaya, 23 Januari 2012 (Senin Sore)
    ... duduk di antara pengawal-pengawal untuk melihat kesudahan perkara itu. Petrus ini menolak pengalaman salib Petrus hanya melihat saja padahal Yesus di dalam mengalami pengalaman salib sehingga akibatnya Petrus menyangkal Yesus. Ada kali Petrus menolak salib antara lain Matius - . Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 11 Agustus 2010 (Rabu Sore)
    ... memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. . Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu katanya Tuan dua talenta tuan percayakan kepadaku lihat aku telah beroleh laba dua talenta. . Maka kata tuannya itu kepadanya Baik sekali perbuatanmu itu hai hambaku yang ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 24 Agustus 2018 (Jumat Malam)
    ... pintu tirai tabir. Keluaran . Haruslah kaubuat tabir dari kain ungu tua dan kain ungu muda kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya haruslah dibuat dengan ada kerubnya buatan ahli tenun. Jadi warna yang sama dari ketiga tirai yaitu pintu gerbang pintu kemah dan tabir menunjuk pada kesatuan atau keesaan ...
  • Ibadah Kunjungan Batam III, 29 Agustus 2013 (Kamis Sore)
    ... mereka makan dan minum mereka membeli dan menjual mereka menanam dan membangun. Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. Keadaan manusia termasuk anak Tuhan pada jaman Lot Makan-minum dan kawin-mengawinkan. Dosa kawin-mengawinkan menunjuk pada Dosa percabulan antara laki-laki dan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 16 Februari 2012 (Kamis Sore)
    ... dikatakan menurut peraturan Harun Imamat Lewi imam besar menurut peraturan Lewi tidak bisa membawa pada kesempurnaan. Sebab itu perlu ditetapkan imam besar lain yaitu Yesus menurut peraturan Melkisedek Perjanjian Baru . Buktinya Imam Besar Kayafas harus mengoyakkan jubahnya Matius melepaskan jabatannya sebagai imam besar sebab Yesus sudah tampil sebagai Imam Besar menurut ...
  • Ibadah Natal Mojoagung, 14 Desember 2012 (Jumat Sore)
    ... kelahiran baru dengan 'logos' Firman pengajaran benar . Yohanes Pada mulanya adalah Firman Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita dan kita telah melihat kemuliaan-Nya yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa penuh kasih karunia dan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 04 Mei 2015 (Senin Sore)
    ... dengan membenci sesama dan sama dengan pembunuh. Yohanes . Setiap orang yang membenci saudaranya adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinyaJadi PENDUSTA SAMA DENGAN PEMBUNUH bahkan sama dengan setan. Ini yang harus kita waspadai. Sudah jadi hamba ...
  • Ibadah Raya Malang, 18 Juni 2017 (Minggu Pagi)
    ... panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap. Kegerakan Roh Kudus hujan akhir sama dengan kegerakan Kabar Mempelai adalah kegerakan kemenangan sampai kemenangan terakhir adalah duduk bersanding dengan Yesus di takhta Sorga selamanya. Ini dijanjikan kepada sidang jemaat Laodikia yang hanya seperti muntah najis dan ...
  • Ibadah Paskah Kaum Muda Malang, 07 April 2018 (Sabtu Sore)
    ... sampai pada percabulan. Om dulu guru SMA. Kalau ada anak yang tertangkap merokok dia sudah tidak bisa naik kelas beberapa minggu tidak boleh ikut ulangan buat apa sekolah. Saya dekat dengan anak-anak saya tanya 'Kenapa kamu begitu ' 'tTdak kuat pak' 'Apa yang tidak kuat ' 'Keinginannya. ' Masa pacaran tunangan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 04 April 2016 (Senin Sore)
    ... sorga. Mari ikuti kegerakan hujan awal--firman penginjilan--supaya kita selamat. Tetapi dilanjutkan dengan kegerakan hujan akhir--firman pengajaran-- supaya kita siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali dan kita dipermuliakan di takhta sorga bersama Dia. tua-tua ini dipakai oleh TUHAN dan kita juga meneladani untuk masuk dalam kegerakan hujan awan dan hujan akhir. Waspada ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.