Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Kita belajar tentang ukuran Tabernakel: panjang: 100 hasta, lebar: 50 hasta.
Pengertian ukuran Tabernakel:

  1. Panjang: 100 hasta.
    100= 10 x 10.
    10 yang pertama artinya mendengar firman Allah dengan sungguh-sungguh.
    10 yang kedua artinya dengar-dengaran pada firman Allah--taat.

    Ini merupakan kehidupan yang dipilih oleh Tuhan--memenuhi panjang Tabernakel--, yaitu kehidupan yang taat dengar-dengaran, bukan kaya miskin, tua atau muda, pandai bodoh, gereja besar atau kecil. Dari sekian luasnya padang gurun dunia, hanya dipilih 100 hasta.

    Yohanes 12: 46-48
    12:46. Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percayakepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.
    12:47. Dan jikalau seorang
    mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
    12:48. Barangsiapa
    menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

    Ayat 46= percaya/taat sama dengan hidup dalam terang. Padang pasir adalah gelap sampai kegelapan yang paling gelap, tetapi kita yang taat dengar-dengaran bisa hidup dalam terang sampai masuk terang sorga.

    Tetapi kita harus waspada, ada dua ukuran yang lain:

    1. Ayat 47= mendengar firman tetapi tidak melakukannya= 10 x 0=0.
      Banyak yang kagum pada firman tetapi tidak melakukannya, bahkan gembala juga begitu, sehingga akibatnya: nol/hampa--gagal.
      Contohnya: gembala berkhotbah supaya jemaat berkorban tetapi dia sendiri tidak berkorban. Itulah nol (kosong).

    2. Ayat 48= mendengar firman tetapi menolaknya--terutama firman pengajaran--= 10 x -1= -10, menolak lagi -20, sampai -100, masuk kegelapan yang paling gelap di lobang jurang maut--neraka--, dan binasa selamanya.

    Dari luasnya padang gurun, hanya dipilih 100 hasta. Begitu sedikit yang mau hidup dalam terang sampai masuk kota Terang, Yerusalem baru.

  2. Lebar: 50 hasta.
    50 menunjuk pada angka Pentakosta--Roh Kudus.
    Artinya: hidup dalam Roh Kudus, sehingga kita setiaberkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan, sampai berbuah roh--kesetiaan adalah salah satu buah roh.

Jadi kehidupan yang dipilih oleh Tuhan adalah kehidupan yang taat dengar-dengaran dan setia berkobar-kobar.
Luasnya padang gurun sama dengan banyaknya penduduk di bumi, tetapi yang dipilih hanya kehidupan yang taat dan setia berkobar-kobar. Itu saja--banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih.
Karena itu kita harus memenuhi ukuran Tabernakel!

Wahyu 3: 7-8
3:7. "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.
3:8. Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau
menuruti firman-Kudan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

'menuruti firman-Ku'= taat--panjang Tabernakel.
'tidak menyangkal nama-Ku'= setia--lebar Tabernakel.

Kehidupan yang taat dan setia sama dengan mengulurkan tangan kepada Tuhan, maka Dia mengulurkan tangan-Nya yang memegang kunci Daud--tangan kemurahan dan kebajikan-Nya. Sekalipun kita kecil tak berdaya, kalau kita taat dan setia, kita akan berada dalam tangan kemurahan dan kebajikan Tuhan yang besar.

Hasilnya:

  1. Membuka pintu pemeliharaan dan perlindungan Tuhanbagi kita yang kecil tak berdaya di tengah kesulitan dunia, sampai zaman antikris berkuasa di bumi selama tiga setengah tahun--Daud dipelihara dan dilindungi saat ia dikejar-kejar oleh Saul.

  2. Membuka pintu jalan keluar dari segala masalah, sehingga semua masalah diselesaikan; menghapus segala kemustahilan--Daud bisa menghadapi Goliat.

  3. Membuka pintu masa depan yang berhasil dan indah/pintu kemenangansekalipun kita kecil--Daud diejek oleh kakak-kakaknya karena ia menjaga dua tiga ekor domba, tetapi ia bisa jadi raja.

  4. Membuka pintu pelayanan.
    1 Korintus 16: 9
    16:9. sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang.

    (terjemahan lama)
    16:9. karena sudah terbuka bagiku suatu
    pintu yang besar dan kelapangan, dan ada banyak lawan di situ.

    Kita dipakai dalam kegerakan Roh Kudus hujan akhir sekalipun banyak yang menentang.

    "'pekerjaan yang besar dan penting', membangun gereja di Malang, penting, tetapi jauh lebih dari itu, pekerjaan yang besar dan penting adalah pembangunan tubuh Kristus yang sempurna. Karena itu saya tidak ragu-ragu, sekalipun di Malang membangun, ibadah persekutuan tetap jalan. Membangun gereja, penting, tetapi ibadah persekutuan/pembangunan tubuh Kristus, besar dan penting."

  5. Membuka pintu Yerusalem baru.
    Kita disucikan dan dibaharui dari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus--mujizat terbesar.
    Pembaharuan dimulai dari tidak boleh ada dusta--jujur. Selama berdusta, pintu Yerusalem baru masih tertutup.

    Jujur, maka kita akan menjadi rumah doa, sehingga mujizat jasmani juga terjadi.
    Dan kalau Yesus datang kembali ke dua kali kita diubahkan menjadi sempurna seperti Dia, untuk layak menyambut kedatangan-Nya di awan-awan yang permai, sampai masuk Yerusalem baru selamanya.

Pintu-pintu akan dibuka oleh tangan kemurahan dan kebajikan Tuhan.
Saya juga merasa banyak kekurangan. Banyak keluhan dari sidang jemaat, saya sebagai gembala juga merasa banyak salah, kurang doa. Tetapi siapa tahu malam ini pembukaan pintu bagi kita semua. Tuhan tolong kita.
Kita tidak berdaya dalam segala hal tetapi kita mengandalkan kemurahan dan kebajikan Tuhan.

Serahkan kepada Dia, kita kecil tak berdaya tetapi ada kemurahan dan kebajikan Tuhan yang besar.
Semoga waktunya Tuhan bagi kita malam ini setelah sekian lama kita menunggu. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan; Dia menjawab doa kita.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Surabaya, 04 September 2016 (Minggu Siang)
    ... melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga. . Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama yang luka parahnya telah sembuh. . Dan ...
  • Ibadah Doa Malang, 02 April 2013 (Selasa Sore)
    ... menyambut kedatangan Yesus kedua kali. Untuk menyongsong kegerakan Roh Kudus hujan akhir kita mutlak harus hidup dalam kesucian sampai kesempurnaan. Salah satu cara untuk hidup dalam kesucian adalah lewat doa puasa. Matius Tetapi apabila engkau berpuasa minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu Tanda puasa yang benar yaitu Minyakilah kepalamu artinya pikiran ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 23 April 2015 (Kamis Sore)
    ... kemuliaan Kristus yang adalah wujud Allah sama dengan firman pengajaran yang lebih tajam dari pedang bermata dua. Ini sama dengan firman nubuat firman yang disampaikan oleh para nabi yaitu firman yang memberitakan tentang kedatangan Yesus kedua kali dalam kemuliaan sebagai Raja segala raja Mempelai Pria Surga untuk menyucikan dan mengubahkan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 03 Juni 2010 (Kamis Sore)
    ... datanglah banjir lalu angin melanda rumah itu sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya. Ini menunjuk pada pelayan Tuhan hamba Tuhan mendirikan rumah melayani pembangunan tubuh Kristus yang berkualitas pasir. Ada macam keturunan Abraham Seperti debu tanah. Kejadian Dan Aku akan menjadikan keturunanmu seperti debu tanah banyaknya sehingga jika seandainya ada ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 16 Februari 2015 (Senin Sore)
    ... demikian ahli taurat aktif dalam ibadah pelayanan tetapi mati Pada ayat Yesus mengeluh karena ibadah pelayanan ahli taurat beberapa jemaat Sardis tidak menempatkan Yesus sebagai kepala 'Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya' . Pribadi Yesus adalah Firman pengajaran yang benar. Dalam Yohanes pada mulanya adalah Firman atau logos Firman ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 17 Oktober 2020 (Sabtu Sore)
    ... harus setia-benar dan setia-jujur dalam hal nikah. Contoh dan teladan Yesus sebagai Mempelai Pria Sorga Suami yang mengasihi kita sampai berkorban nyawa sehingga Ia menjadi Suami yang setia-benar dan setia-jujur sampai mati di kayu salib Yesus adalah Suami yang setia dan benar artinya sesuai dengan kebenaran firman Allah pengajaran yang benar. Lukas ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 30 November 2018 (Jumat Sore)
    ... bah dan membinasakan mereka semua. . Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot mereka makan dan minum mereka membeli dan menjual mereka menanam dan membangun. . Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. . Demikianlah halnya ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 12 Desember 2012 (Rabu Sore)
    ... penyebaran kesaksian palsu berita palsu yang menolak kematian dan kebangkitan Yesus. Jadi Yesus sudah bangkit tapi mereka mengatakan bahwa mayat Nya dicuri oleh murid-murid Yesus. Penyebaran kegelapan ini didorong oleh dua kekuatan besar yaitu Kekuatan mammon uang roh jual beli kekuatan antikris. Kekuatan dusta. Kita masih membahas penyebaran kegelapan didorong oleh kekuatan ...
  • Ibadah Raya Malang, 13 November 2016 (Minggu Pagi)
    ... Baiklah tinggal di sini sebab TUHAN menyuruh aku ke Betel. Tetapi Elisa menjawab Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau. Lalu pergilah mereka ke Betel. Berkatalah Elia kepadanya Hai Elisa baiklah tinggal di sini sebab TUHAN menyuruh aku ke Yerikho. Tetapi jawabnya Demi ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 08 Desember 2019 (Minggu Siang)
    ... penggembalaan sanggup untuk menyucikan kita secara dobel--'ia akan membuat perutmu terasa pahit tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu'--yaitu penyucian lahir perbuatan dan perkataan --'mulut'--dan batin--'perut'-- sama dengan seluruh hidup kita. Kolose - . Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi yaitu percabulan kenajisan hawa nafsu ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.