Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 5:1
5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai.

Gulungan kitab menunjuk pada Alkitab/ Kitab Suci yang merupakan wahyu dari Tuhan kepada hamba-hamba Tuhan yang dipakai oleh Tuhan.

Dalam Keluaran 20-23, firman Allah ditulis pada dua tempat:
  1. Keluaran 20:1-17, firman Allah ditulis pada dua loh batu, sekarang pada hati dan pikiran kita.
  2. Keluaran 20:22 - Keluaran 23, firman Allah ditulis pada gulungan surat-surat, sekarang pada lembaran hidup kita, solah tingkah laku kita.
Jadi, firman Allah ditulis pada seluruh hidup kita.

Keluaran 20:18
20:18 Seluruh bangsa itu menyaksikan guruh mengguntur, kilat sabung-menyabung, sangkakala berbunyi dan gunung berasap. Maka bangsa itu takut dan gemetar dan mereka berdiri jauh-jauh.

Suasana penulisan firman Allah adalah:
  1. Kilat sabung-menyabung.
    Kilat sabung-menyabung artinya firman pengajaran yang terang disampaikan secara terus-menerus, berkesinambungan, untuk menyatakan dosa yang tersembunyi dalam sidang jemaat. Sehingga sidang jemaat dapat mengaku dosa dan mengalami pengampunan dosa oleh Tuhan. Maka manusia bebas dari hukuman.

  2. Guruh mengguntur.
    Guruh mengguntur artinya firman pengajaran yang keras, yang menegur dengan keras, supaya kita bertobat dan lahir baru.
    Baptisan air yang benar adalah seperti Yesus dibaptis, demikian kita harus dibaptis. Baptisan air yang benar adalah kehidupan yang sudah mati terhadap dosa harus dikuburkan dalam air bersama Yesus, untuk bangkit bersama Yesus dalam hidup baru, yaitu hidup dalam kebenaran. Hidup dalam kebenaran artinya selamat dan tidak dihukum.

    Contohnya adalah raja Daud yang ditegur dengan keras saat berbuat dosa. Daud bisa mengaku dosa kepada Tuhan dan sesama. Daud diampuni dan tidak berbuat dosa lagi. Daud bertobat dan hidup dalam kebenaran, sehingga selamat, tidak binasa.
    2 Samuel 12:12-13
    12:12 Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi, tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan."
    12:13 Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." Dan Natan berkata kepada Daud: "TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.


    Jika keras hati untuk mempertahankan dosa, maka firman pengajaran akan menjadi lebih keras untuk menegur. Maka ada dua kemungkinan. Jika mau melembut dan bertobat, maka akan selamat. Tetapi jika masih mengeraskan hati, maka akan binasa seperti Yudas Iskariot.

  3. Sangkakala berbunyi.
    Jika kita sudah bertobat dan lahir baru, maka firman pengajaran menjadi nasihat, artinya menunjukkan apa yang harus kita lakukan.

    Mazmur 73:24
    73:24 Dengan nasihat-Mu Engkau menuntun aku, dan kemudian Engkau mengangkat aku ke dalam kemuliaan.

    Nasihat sama dengan tuntunan tangan Tuhan supaya kita hidup dalam kebenaran, kesucian, sampai kemuliaan.
    Nasihat juga merupakan tuntunan tangan Tuhan untuk memberi jalan keluar dari masalah.

    1 Korintus 14:3
    14:3 Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.

    Jika ada nasihat, maka ada penghiburan, ada kebahagiaan di tengah penderitaan. Kita juga akan dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.

  4. Gunung berasap.
    Gunung berasap menunjuk pada urapan Roh Kudus. Jika dalam sidang jemaat disampaikan firman pengajaran yang benar, maka nyanyiannya benar, kesaksiannya benar, kegiatannya benar, hidupnya benar, tahbisannya benar, semua benar. Di tengah sidang jemaat akan terjadi urapan Roh Kudus.

    Kegunaan urapan Roh Kudus:
    1. Memberi kemampuan untuk bisa mendengar, mengerti, percaya dan yakin, sampai mempraktekkan firman. Kita menjadi orang yang takut akan Tuhan, takut berbuat dosa, hidup benar dan suci.
      Keluaran 20:19-20
      20:19 Mereka berkata kepada Musa: "Engkaulah berbicara dengan kami, maka kami akan mendengarkan; tetapi janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati."
      20:20 Tetapi Musa berkata kepada bangsa itu: "Janganlah takut, sebab Allah telah datang dengan maksud untuk mencoba kamu dan dengan maksud supaya takut akan Dia ada padamu, agar kamu jangan berbuat dosa."


    2. Membawa kita makin dekat kepada Tuhan, sampai bisa menyembah Tuhan.
      Keluaran 20:21
      20:21 Adapun bangsa itu berdiri jauh-jauh, tetapi Musa pergi mendekati embun yang kelam di mana Allah ada.

      Mata memandang Tuhan, mulut menyeru nama Tuhan, dua tangan diangkat kepada Tuhan. Maka Tuhan akan mengulurkan tangan Roh Kudus kepada kita. Hasilnya adalah:
      • Kita mengalami ketenangan dan damai sejahtera. Semua enak dan ringan. Kita selamat secara rohani, tidak dikutuk dan tidak dihukum, malah diberkati sampai ke anak cucu, sampai hidup kekal selamanya.
        Mazmur 62:2
        62:2 Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.

      • Kuat dan teguh hati, tidak kecewa, tidak putus asa, tidak tinggalkan Tuhan apa pun yang kita hadapi. Saat diberkati juga tidak bangga, melainkan tetap setia menyembah Tuhan.
        Mazmur 34:19-21
        34:19 TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.
        34:20 Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;
        34:21 Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah.

        Maka kita mengalami kuasa kebangkitan dari Tuhan. Ada masa depan yang berhasil dan indah. Semua masalah diselesaikan, sampai yang mustahil sekalipun. Tidak satupun tulang yang patah artinya keluarga menyatu, tidak terpecah-belah, sampai satu tubuh Kristus yang sempurna. Sampai menjadi mempelai wanita yang siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 13 Agustus 2017 (Minggu Pagi)
    ... mati terhadap dosa sampai puncaknya dosa. Kisah Rasul - Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain Apakah yang harus kami perbuat saudara-saudara Jawab Petrus kepada mereka Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk ...
  • Ibadah Doa Malang, 05 Maret 2013 (Selasa Sore)
    ... tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir. Orang-orang Israel beranak cucu dan tak terbilang jumlahnya mereka bertambah banyak dan dengan dahsyat berlipat ganda sehingga negeri itu dipenuhi mereka. Pertumbuhan secara kuantitas dalam perjanjian lama digambarkan sebagai Yakub mempunyai anak menjadi jiwa sampai menjadi tak terhingga. Dalam perjanjian baru ...
  • Ibadah Raya Malang, 08 Maret 2009 (Minggu Pagi)
    ... Tuhan sebagai Mempelai Wanita Tuhan di awan-awan. Jadi sangkakala yang dahsyat adalah firman penggembalaan yang dipercayakan Tuhan kepada seorang gembala satu sangkakala dipegang oleh satu malaikat untuk disampaikan kepada sidang jemaat secara terus-menerus dan berulang-ulang untuk menjadi makanan bagi sidang jemaat sekaligus menyucikan dan menyempurnakan sidang jemaat sampai sama mulia ...
  • Ibadah Doa Malang, 26 November 2013 (Selasa Sore)
    ... benar sama dengan orang yang membangun rumah di atas dasar yang kuat di atas batu sehingga tahan uji menghadapi setan tritunggal. Petrus - Dan datanglah kepada-Nya batu yang hidup itu yang memang dibuang oleh manusia tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah. Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 08 September 2014 (Senin Sore)
    ... mau digunakan untuk yang baik tidak apa-apa. Tetapi kalau sudah kecanduan ini tidak baik. Saya pernah membaca sekilas ternyata ada yang sampai kecanduan dan bahkan sampai diterapi. Kecanduan karena apa Karena hal-hal yang negatif. Ajubatnya penderitaan. Baik dirinya sendiri menderita dan orang disekitarnya termasuk orang tua dan saudara-saudaranya juga dalam ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 16 Mei 2011 (Senin Sore)
    ... salah Tuhan tapi SALAHNYA SENDIRI karena tidak mau menerima perjamuan Paskah keras hati tetap mempertahankan dosa . Matius . Lalu murid-murid-Nya melakukan seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka dan mempersiapkan Paskah. murid-murid mempersiapkan perjamuan paskah secara jasmani mulai dari rumahnya mejanya rotinya dan sebagainya . Bagi kita sekarang artinya KITA MEMPERSIAPKAN HATI ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 25 November 2018 (Minggu Siang)
    ... dosa sampai binasa selamanya. Ini benar-benar awasan bagi kita semua bangsa kafir. Gunung akan dilemparkan dosa Babel akan menguasai kita. Jalan keluarnya kita harus masuk pembangunan tubuh kristus yang sempurna mempelai wanita sorga yang siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai dalam kemuliaan sebagai Raja dan Mempelai Pria ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 07 September 2015 (Senin Sore)
    ... harus berjuang untuk menghadapi musuh utama yang mengincar yang mau merusak harta sorgawi. Keluaran bicara tentang pembangunan Tabernakel sekarang berbicara tentang kerajaan sorga. Di atas gunung Sinai Musa melihat kerajaan sorga kemudian TUHAN memerintahkan supaya Musa membuat kerajaan sorga di bumi itulah Tabernakel kemah suci. Di dalam Tabernakel ada bahan logam-logam. Keluaran . Inilah ...
  • Ibadah Raya Malang, 09 Februari 2014 (Minggu Pagi)
    ... jalan salib maka akan binasa selamanya. Di Taman Getsemani Yesus sempat meminta untuk melalukan cawan Yesus sendiri bergumul untuk melalui jalan kematian tetapi Yesus berhasil. Jadi dalam persahabatan dalam nikah rumah tangga dalam gereja persekutuan yang sejati justru adalah dalam masa kesusahan. Petrus - Sebab adalah kasih karunia jika seorang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 21 Desember 2016 (Rabu Sore)
    ... mereka bersatu dalam kasih sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian dan mengenal rahasia Allah yaitu Kristus . sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan. . Hal ini kukatakan supaya jangan ada yang memperdayakan kamu dengan kata-kata yang indah. . Sebab meskipun aku sendiri tidak ada ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.