Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 24:45-51adalah tentang berjaga-jaga.
Kita harus berjaga-jaga sebab kedatangan Yesus kedua kali tidak diketahui waktunya, supaya kita tidak ketinggalan dan binasa bersama dunia, tetapi terangkat bersama Tuhan untuk selama-lamanya.

Ada 3 macam berjaga-jaga:
  1. Matius 24:45-47,berjaga-jaga pada waktu pembagian makanan rohani.
  2. Matius 24:48-50,berjaga-jaga dalam hal ibadah pelayanan kepada Tuhan.
  3. Matius 24:51,berjaga-jaga terhadap kemunafikan.

ad. 3. Matius 24:51, berjaga-jaga terhadap kemunafikan.
Kemunafikan juga terjadi dalam ibadah.
Dalam Matius 6 ada 3 bentuk ibadah, yaitu memberi sedekah, berdoa, dan berpuasa.

Sore ini kita masih belajar tentang kemunafikan dalam memberi sedekah.

Matius 6:1-4,memberi sedekah itu dipandang oleh orang dunia, bahkan oleh gereja Tuhan, sebagai perbuatan sosial, sehingga banyak terjadi kemunafikan.

Bentuk kemunafikan dalam memberi sedekah:
  1. Memberi sedekah untuk dilihat/ diketahui orang lain.
  2. Memberi sedekah untuk dipuji/ disanjung orang lain.
  3. Memberi sedekah untuk mendapat keuntungan secara jasmani lewat korupsi/ mencuri.

Contoh di Alkitab adalah Yudas, yang memberi sedekah dengan kemunafikan.
Akibatnya adalah Yudas tidak mendapat apa-apa. Segala uang yang dia terima hanya untuk membeli tanah kuburan, bahkan Yudas binasa untuk selama-lamanya.

Memberi yang berkenan kepada Tuhan adalah:
  1. 2 Korintus 9:7-8,memberi untuk sesama yang membutuhkan atau untuk pekerjaan Tuhan dengan kerelaan hati, tidak terpaksa, dengan sukacita,maka Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kita.

    Hasilnya:
    • Kita bisa senantiasa berkecukupan dalam segala sesuatu. 
    • Kita bisa berkelebihan/ melimpah dalam segala perbuatan kebajikan, sehingga perbuatan dosa berkurang sampai tidak ada lagi.
      Wahyu 19:8,kelimpahan dalam perbuatan kebajikan ini akan menjadi pakaian putih berkilau, pakaian Mempelai Wanita, untuk bisa menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.

    Kalau kikir (tidak bisa memberi) dan serakah (merampas hak orang lain dan hak Tuhan) = telanjang, tidak memiliki pakaian putih, dan pasti akan ketinggalan saat kedatangan Yesus kedua kali.

  2. Roma 12:1-2,mempersembahkan seluruh kehidupan kita sebagai persembahan yang harum.
    Prosesnya:
    • Mempersembahkan tubuh yang:
      1. Hidup = setia dalam ibadah pelayanan.
      2. Suci = tidak tercemar oleh dosa.
        Tuhan tidak mencari yang hebat, Tuhan tidak mencari yang luar biasa, tetapi Tuhan mencari yang suci.
      3. Berkenan = mengasihi Tuhan lebih dari segala sesuatu, mengasihi sesama seperti diri sendiri.

    • Roma 12:2,berubah, mengalami keubahan hidup dari manusia daging menjadi manusia rohani, asap yang berbau harum.

      Prosesnya adalah disembelih dan dibakar.
      Disembelih = mengalami penyucian oleh firman pengajaran (pedang) sampai di leher, yaitu sampai bisa menyembah Tuhan.
      Dibakar = mengalami percikan darah, sengsara tanpa dosa.

      Kalau sudah disembelih dan dibakar, maka akan mengalami pembaharuan dari manusia daging menjadi asap yang berbau harum.
      Yang berubah lebih dulu adalah hati menjadi taat dengar-dengaran apapun resiko yang harus dihadapi. Kalau hati taat, maka akan bisa membedakan mana pengajaran yang benar dan mana yang tidak benar, sampai bisa membedakan segala sesuatu yang benar dan yang tidak benar (dosa). 

    Efesus 5:2,seperti Yesus juga taat sampai mati di kayu salib sehingga menjadi persembahan yang berbau harum.

    Saat Imam Besar Harun masuk Ruangan Maha Suci, tangan yang satu membawa dupa, tangan yang satu membawa darah. Kalau dipercikkan maka akan terjadi Shekinah Glory, kemuliaan Tuhan.Kita tidak perlu takut mengalami disembelih dan dibakar. Hari-hari ini memang kita harus mengalami disembelih dan dibakar supaya bisa berubah.

    Kalau sudah bisa menjadi persembahan yang harum, maka kita akan hidup dalam tangan kasih karunia Imam Besar, hasilnya:
    • Kejadian 8:20-21,tangan kasih karunia dan kemurahan Tuhan diulurkan untuk membebaskan kita dari kutukan dosa (penderitaan, kegagalan, kesusahan) dan diganti dengan berkat berkelimpahan.
      Tangan kasih karunia Tuhan juga akan melepaskan kita dari hukuman yang akan datang, sehingga kita bisa menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.

    • Filipi 4:18-19,tangan kasih karunia dan kemurahan Tuhan sanggup memenuhi segala kebutuhan kita sehari-hari sampai masa depan kita dengan kemuliaan dan kekayaan Tuhan yang tak terbatas oleh apapun juga.

    • 2 Korintus 2:14,tangan kasih karunia dan kemurahan Tuhan diulurkan untuk membimbing dan menuntun kehidupan kita di jalan kemenangan, artinya menang atas segala masalah sampai yang mustahil sekalipun.
      Sampai kemenangan terakhir saat Yesus datang kedua kali, kita terangkat bersama Dia, untuk masuk Kerajaan 1000 tahun damai, masuk Kerajaan Sorga, duduk di tahta Tuhan (Wahyu 3:21).

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Jumat Agung Surabaya, 30 Maret 2018 (Jumat Siang)
    ... Israel asli dan bangsa kafir. Bukan hanya sampai selamat tidak dihukum tidak binasa tetapi lebih dari itu juga menyatukan. Efesus - . Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu yang dahulu jauh sudah menjadi dekat oleh darah Kristus. . Karena Dialah damai sejahtera kita yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 01 Maret 2020 (Minggu Siang)
    ... percabulan antara laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri sah hubungan sejenis nikah yang salah kawin lari kawin campur kawin cerai dan kawin mengawinkan . Kalau masih berbuat dosa--hidup dalam kegelapan-- berarti kita tidur dan saat Tuhan datang kita akan ketinggalan. Harus sungguh-sungguh kedatangan Tuhan sudah sangat dekat. Berbuat dosa dan puncaknya ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 08 Desember 2017 (Jumat Sore)
    ... permai. Praktik kehidupan yang memiliki iman yang sempurna--buli-buli emas berisi manna-- Korintus - gt terkena pada buli-buli emas berisi manna. . --sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya bukan karena melihat-- . tetapi hati kami tabah dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan. 'hidup karena percaya' ...
  • Ibadah Doa Malang, 06 Mei 2015 (Selasa Sore)
    ... yaitu memberi makan sidang jemaat dan menaikkan doa penyautan. Kalau gembala tidak sungguh-sungguh dia berhutang darah yang tidak bisa dibayar dengan apa pun. Demikian juga domba-domba harus sungguh-sungguh dalam penggembalaan yaitu sungguh-sungguh makan firman penggembalaan. Kalau sudah makan maka pasti akan aktif dalam pelayanan. Kalau tidak makan maka pasti akan ...
  • Ibadah Doa Malam Session II Malang, 15 Februari 2012 (Rabu Dini Hari)
    ... berserulah Yesus dengan suara nyaring Eli Eli lama sabakhtani Artinya Allah-Ku Allah-Ku mengapa Engkau meninggalkan Aku Kegelapan selama jam saat Yesus mati di kayu salib terang Anak Allah bulan tidak bekerja lagi. Pekerjaan penebusan dosa sudah digenapi. Semua dosa bisa diselesaikan oleh darah Yesus terang Anak Allah terang bulan kecuali ...
  • Ibadah Doa Malang, 12 Mei 2015 (Selasa Sore)
    ... yang sempurna bahkan hampir mati. Yohanes Barangsiapa melayani Aku ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku ia akan dihormati Bapa. Kita harus berjaga-jaga dalam tahbisan sampai di mana Yesus berada di situ juga kita harus berada. Ini adalah pelayan yang ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 18 November 2012 (Minggu Sore)
    ... tidak boleh ada kebencian. Kalau melayani dengan kebencian berarti telanjang apalagi kalau kebencian tanpa alasan menjadi telanjang dan tidak bisa diperbaiki lagi . pakaian perhiasan pakaian kemuliaan mahkota. Pakaian ini diberikan kepada orang-orang yang menang sebagai tanda penghormatan atau penghargaan. Filipi - . Dan dalam keadaan sebagai manusia Ia telah merendahkan diri-Nya dan ...
  • Ibadah Raya Malang, 29 Januari 2017 (Minggu Pagi)
    ... tuanku. Sungguhlah hambamu ini telah dikaruniai belas kasihan di hadapanmu dan tuanku telah berbuat kemurahan besar kepadaku dengan memelihara hidupku tetapi jika aku harus lari ke pegunungan pastilah aku akan tersusul oleh bencana itu sehingga matilah aku. Tetapi isteri Lot yang berjalan mengikutnya menoleh ke belakang lalu menjadi tiang garam. ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 09 Februari 2013 (Sabtu Sore)
    ... ini tidak dapat menebusnya sebab aku akan merusakkan milik pusakaku sendiri. Aku mengharap engkau menebus apa yang seharusnya aku tebus sebab aku tidak dapat menebusnya. Beginilah kebiasaan dahulu di Israel dalam hal menebus dan menukar setiap kali orang hendak menguatkan sesuatu perkara maka yang seorang menanggalkan kasutnya sebelah dan memberikannya ...
  • Ibadah Raya Malang, 20 Maret 2022 (Minggu Pagi)
    ... dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi ia melahirkan dosa dan apabila dosa itu sudah matang ia melahirkan maut. Pencobaan datang dari keinginan daging yang mempunyai dua daya yang kuat Daya pikat yang kuat sehingga kita terpikat jatuh cinta terpukat tidak bisa terpisah tidak bisa beralih dari keinginan daging. Daya seret ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.