Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 24:45-51adalah tentang berjaga-jaga.
Kita harus berjaga-jaga sebab kedatangan Yesus kedua kali tidak diketahui waktunya, supaya kita tidak ketinggalan dan binasa bersama dunia, tetapi terangkat bersama Tuhan untuk selama-lamanya.

Ada 3 macam berjaga-jaga:
  1. Matius 24:45-47,berjaga-jaga pada waktu pembagian makanan rohani.
  2. Matius 24:48-50,berjaga-jaga dalam hal ibadah pelayanan kepada Tuhan.
  3. Matius 24:51,berjaga-jaga terhadap kemunafikan.

ad. 3. Matius 24:51, berjaga-jaga terhadap kemunafikan.
Kemunafikan juga terjadi dalam ibadah.
Dalam Matius 6 ada 3 bentuk ibadah, yaitu memberi sedekah, berdoa, dan berpuasa.

Sore ini kita masih belajar tentang kemunafikan dalam memberi sedekah.

Matius 6:1-4,memberi sedekah itu dipandang oleh orang dunia, bahkan oleh gereja Tuhan, sebagai perbuatan sosial, sehingga banyak terjadi kemunafikan.

Bentuk kemunafikan dalam memberi sedekah:
  1. Memberi sedekah untuk dilihat/ diketahui orang lain.
  2. Memberi sedekah untuk dipuji/ disanjung orang lain.
  3. Memberi sedekah untuk mendapat keuntungan secara jasmani lewat korupsi/ mencuri.

Contoh di Alkitab adalah Yudas, yang memberi sedekah dengan kemunafikan.
Akibatnya adalah Yudas tidak mendapat apa-apa. Segala uang yang dia terima hanya untuk membeli tanah kuburan, bahkan Yudas binasa untuk selama-lamanya.

Memberi yang berkenan kepada Tuhan adalah:
  1. 2 Korintus 9:7-8,memberi untuk sesama yang membutuhkan atau untuk pekerjaan Tuhan dengan kerelaan hati, tidak terpaksa, dengan sukacita,maka Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kita.

    Hasilnya:
    • Kita bisa senantiasa berkecukupan dalam segala sesuatu. 
    • Kita bisa berkelebihan/ melimpah dalam segala perbuatan kebajikan, sehingga perbuatan dosa berkurang sampai tidak ada lagi.
      Wahyu 19:8,kelimpahan dalam perbuatan kebajikan ini akan menjadi pakaian putih berkilau, pakaian Mempelai Wanita, untuk bisa menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.

    Kalau kikir (tidak bisa memberi) dan serakah (merampas hak orang lain dan hak Tuhan) = telanjang, tidak memiliki pakaian putih, dan pasti akan ketinggalan saat kedatangan Yesus kedua kali.

  2. Roma 12:1-2,mempersembahkan seluruh kehidupan kita sebagai persembahan yang harum.
    Prosesnya:
    • Mempersembahkan tubuh yang:
      1. Hidup = setia dalam ibadah pelayanan.
      2. Suci = tidak tercemar oleh dosa.
        Tuhan tidak mencari yang hebat, Tuhan tidak mencari yang luar biasa, tetapi Tuhan mencari yang suci.
      3. Berkenan = mengasihi Tuhan lebih dari segala sesuatu, mengasihi sesama seperti diri sendiri.

    • Roma 12:2,berubah, mengalami keubahan hidup dari manusia daging menjadi manusia rohani, asap yang berbau harum.

      Prosesnya adalah disembelih dan dibakar.
      Disembelih = mengalami penyucian oleh firman pengajaran (pedang) sampai di leher, yaitu sampai bisa menyembah Tuhan.
      Dibakar = mengalami percikan darah, sengsara tanpa dosa.

      Kalau sudah disembelih dan dibakar, maka akan mengalami pembaharuan dari manusia daging menjadi asap yang berbau harum.
      Yang berubah lebih dulu adalah hati menjadi taat dengar-dengaran apapun resiko yang harus dihadapi. Kalau hati taat, maka akan bisa membedakan mana pengajaran yang benar dan mana yang tidak benar, sampai bisa membedakan segala sesuatu yang benar dan yang tidak benar (dosa). 

    Efesus 5:2,seperti Yesus juga taat sampai mati di kayu salib sehingga menjadi persembahan yang berbau harum.

    Saat Imam Besar Harun masuk Ruangan Maha Suci, tangan yang satu membawa dupa, tangan yang satu membawa darah. Kalau dipercikkan maka akan terjadi Shekinah Glory, kemuliaan Tuhan.Kita tidak perlu takut mengalami disembelih dan dibakar. Hari-hari ini memang kita harus mengalami disembelih dan dibakar supaya bisa berubah.

    Kalau sudah bisa menjadi persembahan yang harum, maka kita akan hidup dalam tangan kasih karunia Imam Besar, hasilnya:
    • Kejadian 8:20-21,tangan kasih karunia dan kemurahan Tuhan diulurkan untuk membebaskan kita dari kutukan dosa (penderitaan, kegagalan, kesusahan) dan diganti dengan berkat berkelimpahan.
      Tangan kasih karunia Tuhan juga akan melepaskan kita dari hukuman yang akan datang, sehingga kita bisa menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.

    • Filipi 4:18-19,tangan kasih karunia dan kemurahan Tuhan sanggup memenuhi segala kebutuhan kita sehari-hari sampai masa depan kita dengan kemuliaan dan kekayaan Tuhan yang tak terbatas oleh apapun juga.

    • 2 Korintus 2:14,tangan kasih karunia dan kemurahan Tuhan diulurkan untuk membimbing dan menuntun kehidupan kita di jalan kemenangan, artinya menang atas segala masalah sampai yang mustahil sekalipun.
      Sampai kemenangan terakhir saat Yesus datang kedua kali, kita terangkat bersama Dia, untuk masuk Kerajaan 1000 tahun damai, masuk Kerajaan Sorga, duduk di tahta Tuhan (Wahyu 3:21).

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 17 April 2012 (Selasa Sore)
    ... yang sebelumnya selalu mendukung Yesus tiba-tiba menyangkal Yesus hanya karena perasaan daging yang takut. Salah satu bentuk menyangkal firman adalah menambah dan mengurangi firman Ibadah Raya April . Bentuk lain menyangkal firman pengajaran yang benar adalah Mencampuradukkan firman pengajaran yang benar dengan ajaran lain. Matius Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga ...
  • Ibadah Raya Malang, 02 Desember 2012 (Minggu Pagi)
    ... bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu untuk membungkamkan musuh dan pendendam. Kalau ada dua praktik ini maka ada tangan belas kasihan Tuhan memeluk kehidupan kita untuk memelihara dan menolong kehidupan kita secara ajaib. Tangan Tuhan terus menyucikan kehidupan kita sampai sama sempurna dengan Dia dan bersama ...
  • Ibadah Doa Malam Session II Malang, 06 September 2013 (Jumat Dini Hari)
    ... menjawabnya dalam guruh. Lalu turunlah TUHAN ke atas gunung Sinai ke atas puncak gunung itu maka TUHAN memanggil Musa ke puncak gunung itu dan naiklah Musa ke atas. Kemudian TUHAN berfirman kepada Musa Turunlah peringatkanlah kepada bangsa itu supaya mereka jangan menembus mendapatkan TUHAN hendak melihat-lihat sebab tentulah banyak dari ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 30 September 2010 (Kamis Sore)
    ... ke pegunungan supaya engkau jangan mati lenyap. Lot sudah keluar dari Sodom-Gomora tetapi masih harus lari ke pegunungan supaya tidak mati lenyap. Wahyu - . Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu lalu ia berkata kepadaku katanya Marilah ke sini aku ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 02 Desember 2015 (Rabu Sore)
    ... mantap dalam kebenaran Kalau tidak kita akan hancur bersama dunia. Petrus Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat. Jika kita bisa hidup benar di tengah dunia yang sulit hasilnya mata TUHAN memperhatikan kita artinya ...
  • Ibadah Doa Malam Session I Malang, 08 Maret 2011 (Selasa Malam)
    ... perbantahan-perbantahan dll. Roti tidak beragi. Roti menunjuk Firman Allah. Jadi makan roti tidak beragi artinya makan Firman Allah yang murni yang tidak enak bagi daging Firman Pengajaran yang benar Firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua. II Timotius Beritakanlah firman siap sedialah baik atau tidak baik waktunya nyatakanlah apa yang salah ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 02 September 2010 (Kamis Sore)
    ... dengan memakai ikat pinggang yang menunjuk pada SETIA dan BENAR. Setia dan benar ini tidak bisa dipisahkan. Benar artinya Hidup dalam kebenaran. Semua aspek hidupnya dalam kebenaran sama dengan tidak berdosa. Berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar sehingga tidak disesatkan oleh ajaran palsu. Yohanes Anak-anakku janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 14 April 2013 (Minggu Sore)
    ... yang sempurna menjadi mempelai wanita Surga atau membawa orang-orang selamat untuk disucikan dan diubahkan sampai jadi sama mulia seperti Yesus mempelai wanita Surga yang siap untuk menyambut kedatangan Tuhan di awan-awan yang permai . Ini merupakan kegerakan kesempurnaan. Jadi sudah selamat harus mencapai kesempurnaan untuk layak menyambut kedatangan Yesus kedua kali di ...
  • Ibadah Doa Malang, 13 Oktober 2009 (Selasa Sore)
    ... pintu. Tetapi sekalipun pohon ara sudah melembut sudah bertunas dan berbuah kita harus tetap waspada. Mengapa demikian Wahyu sebab pohon ara masih bisa menggugurkan buah-buahnya yang mentah karena digoncang angin yang kencang seperti bintang-bintang akan berguguran. Angin kencang ini menunjuk pada pencobaan-pencobaan baik secara jasmani maupun rohani pengajaran palsu dan dosa-dosa ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 11 Maret 2020 (Rabu Sore)
    ... disampaikan dengan api emosi yang merugikan kita semua tetapi dengan api kasih Allah yang menolong baik sidang jemaat maupun hamba Tuhan. Inilah penghormatan gembala terhadap sidang jemaat. Timotius . Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar. 'Penatua-penatua' gembala. Sikap sidang jemaat ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.