Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Digabung dengan Ibadah Doa Puasa Session III.

Yitro (bangsa Kafir) bertemu Musa (bangsa Israel) menunjuk pada kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, mempelai Wanita yang siap menyambut kedatangan Tuhan kedua kali di awan-awan yang permai.

Yang dilakukan Yitro adalah membawa Zipora, istri Musa, dan kedua anak Musa untuk dipertemukan kembali dengan Musa.
Artinya sekarang, permulaan masuk kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna adalah memperbaiki nikah dan buah nikah sampai menjadi benar.

Pembangunan tubuh Kristus adalah dimulai dari nikah, lanjut dalam penggembalaan, antar penggembalaan, sampai Israel dan Kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna.

Keluaran 18:7-12, suasana pembangunan tubuh Kristus adalah:
  1. Keluaran 18:7,dalam kemah dan disertai dengan tanda mencium.
    Artinya suasana persekutuan dan damai sejahtera.

    Dimulai dari nikah harus ditandai persekutuan dan damai sejahtera. Tetapi harus diwaspadai agar jangan sampai ada persekutuan yang salah seperti Ananias dan Safira.

    Persekutuan tanpa firman pengajaran yang benar hanya akan mengarah pada persekongkolan.

  2. Keluaran 18:8,suasana kesaksian.
    Yang disaksikan adalah apa yang sudah Tuhan perbuat atas kehidupan kita lewat firmanNya, lewat rohNya, dan lewat kasihNya.
    Kesaksian itu dimulai dengan kemenangan/ kelepasan atas dosa.

  3. Keluaran 18:9-11,suasana sukacita Sorga.
    Sukacita Sorga adalah sukacita atas kebaikan Tuhan, yang tidak bisa dipengaruhi oleh keadaan dunia.
    Kebaikan Tuhan yang paling sederhana adalah kalau kita masih bisa bernafas. Saat mau bersungut, saat mau mengomel, lebih baik kita menarik nafas lebih dulu dan mengingat kebaikan Tuhan. Jangan mengukur kebaikan Tuhan dengan perkara-perkara jasmani.

  4. Keluaran 18:12,ada korban persembahan.
    Pembangunan tubuh Kristus bukan untuk mencari atau meminta sesuatu, tetapi untuk berkorban, untuk mempersembahkan kepada Tuhan.

    Korban persembahan dimulai dari yang paling kecil, yaitu perpuluhan dan persembahan khusus.
    Persembahan yang terakhir adalah sampai bisa mempersembahkan seluruh hidup (Roma 12:1) yang hidup (setia), kudus (suci), dan berkenan kepada Allah (taat dengar-dengaran).

Tempat pembangunan tubuh Kristus:
  1. Keluaran 18:5-6,di padang gurun --> di dunia ini.
    Biarlah selama kita hidup di dunia, kita mempergunakan kesempatan selubang jarum pun untuk bisa masuk dalam pembangunan tubuh Kristus.
    Kalau selalu bilang 'nanti saja', itu sama dengan membuang kesempatan, dan mendengarkan suara setan.

  2. Dekat gunung Allah, artinya:
    • Gunung Allah bicara tentang kesucian. Dalam Tabernakel ini menunjuk pada Ruangan Suci, yaitu ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok, penggembalaan.

    • Doa penyembahan, bisa ditambah dengan doa puasa, doa semalam suntuk.
      Sekecil-kecilnya gunung, itu jauh lebih besar dari kehidupan kita.
      Artinya, dalam doa penyembahan kita mengalami proses untuk mengecilkan diri, sehingga kita mengalami suasana Mempelai.

      Mazmur 95:6-7,dalam doa penyembahan, kita tersungkur dan merendahkan diri, sampai mengaku bahwa kita hanya debu tanah liat di tangan Sang Pencipta.

      Ayub 42:5-6,untuk bisa mengaku bahwa dia hanya debu dan tanah liat, Tuhan mengijinkan Ayub mengalami proses habis-habisan.
      Daripada demikian, lebih baik kita merendahkan diri lewat doa puasa, sampai bisa mengaku bahwa kita hanya debu tanah liat.

      Kalau bukan debu tanah liat, berarti berada di luar tangan Tuhan. Seperti dulu Tuhan menciptakan manusia dari debu tanah liat.

      Kalau sudah hancur-hancuran seperti Ayub, jangan putus asa!
      Tuhan tidak sedang menghancurkan kita, Tuhan sedang mengecilkan kita sampai kita mengaku bahwa kita debu tanah liat.

      Hasil mengaku bahwa kita hanya debu tanah liat:
      1. Tangan Sang Pencipta mampu menciptakan yang tidak ada menjadi ada, untuk memelihara kehidupan kita. Tuhan mampu menjadikan yang mustahil menjadi tidak mustahil, untuk menolong kehidupan kita.

      2. Tangan Sang Pencipta mampu menciptakan kita menjadi bejana belas kasihan Tuhan.
        Roma 9:21,23-24.

      3. Tangan Sang Pencipta mampu menciptakan kita seperti ciptaan semula, sama mulai dengan Tuhan, yaitu mempelai Wanita yang siap menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Surabaya, 22 Maret 2015 (Minggu Sore)
    ... dan dari lenan halus yang dipintal benangnya--tenunan yang berwarna-warna--dengan empat tiangnya dan empat alas tiang itu. Pintu Gerbang memiliki tiang untuk digantungi tirai dengan warna utama. Masuk Pintu Gerbang artinya TIANG menunjuk pada injil. Jadi untuk masuk kerajaan Sorga ada tiangnya yaitu injil Matius Markus Lukas dan Yohanes. Masuk pintu gerbang arti yang ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 28 Desember 2008 (Minggu Sore)
    ... untuk masuk dalam kerajaan Surga. Kolose ini yang benar yaitu pelayanan yang kita terima dari Tuhan harus di jalankan sepenuhnya untuk mendapatkan hak penuh untuk masuk Surga. Dan ini bisa terjadi kalau kita didorong oleh kasih Allah. Tanpa kasih kita akan mulai bosan tidak setia dan sampai tinggalkan ibadah pelayanan sampai akhirnya ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 09 Maret 2016 (Rabu Sore)
    ... menerima kasih mula-mula kita harus bertobat. Mezbah dupa emas--di ruangan suci-- berdoa menyembah. Ini kasih yang bertambah-tambah. Di dalam penyembahan kita semakin diubahkan. Semakin diubahkan kasihnya semakin bertambah. loh batu--isi dari tabut perjanjian di dalam ruangan maha suci-- puncaknya kasih kasih yang sermpurna. Tabut perjanjian takhta sorga. Jadi kita orang berdosa ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 06 November 2021 (Sabtu Sore)
    ... itu keberhasilan di dunia harus ditingkatkan menjadi keberhasilan sorgawi yaitu hidup kekal dalam kerajaan sorga. Jadi hidup kekal di sorga harus menjadi cita-cita tertinggi sejak masa muda dan tujuan utama kita hidup di dunia. 'Guru yang baik apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal ' dalam keberhasilan apalagi saat ...
  • Ibadah Raya Malang, 09 April 2017 (Minggu Pagi)
    ... Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu masing-masing memegang satu kecapi ...
  • Ibadah Kunjungan Ciawi V, 29 Juli 2010 (Kamis Sore)
    ... tidak ada lagi kebutaan rohani. Kita sudah pelajari pengertian penyebab posisi dan keadaan dari orang buta rohani. Malam ini kita pelajari PENGIKUTAN ORANG YANG BUTA ROHANI. Matius . Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar bahwa Yesus lewat lalu mereka berseru Tuhan Anak Daud kasihanilah kami . Maka tergeraklah hati ...
  • Ibadah Doa Malang, 31 Januari 2019 (Kamis Sore)
    ... kecewa putus asa tinggalkan Tuhan gampang berbuat dosa. Juga menjadi sandungan bagi orang lain sehingga orang lain berbuat dosa tidak mau datang kepada Tuhan. Matius Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 23 Juli 2009 (Kamis Sore)
    ... keubahan hidup. Kolose - Untuk bisa menyambut kedatangan Yesus kedua kali baik Israel maupun Kafir harus mengalami pembaharuan. Kalau tidak berubah tetap keras tidak melembut maka tidak akan bisa menyambut kedatangan Tuhan kedua kali. Apa yang harus dibaharui Di sini kita belajar dari perumpamaan tentang pohon ara ada hal yang harus ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 21 April 2014 (Senin Sore)
    ... wajah Yesus yang bersinar bagai matahari harus melihat lambung Yesus yang mengeluarkan darah dan air. DARAHMenunjuk Mezbah Korban Bakaran BERTOBAT yaitu berhenti berbuat dosa dan kembali pada Tuhan mati terhadap dosa . Dalam kitab Petrus diistilahkan dengan 'membuang dosa'. Petrus Karena itu buanglah segala kejahatan segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 13 Oktober 2020 (Selasa Sore)
    ... dan berkata Akulah dia dan mereka akan menyesatkan banyak orang. . Dan apabila kamu mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang janganlah kamu gelisah. Semuanya itu harus terjadi tetapi itu belum kesudahannya. . Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.