Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 6:12-13
6:12 Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah.
6:13 Dan bintang-bintang di langit berjatuhan ke atas bumi bagaikan pohon ara menggugurkan buah-buahnya yang mentah, apabila ia digoncang angin yang kencang.


Pembukaan meterai keenam adalah hukuman Allah Roh Kudus yang keenam atas dunia, yaitu terjadi gempa bumi yang dahsyat secara jasmani, terutama secara rohani, yaitu pengaruh dunia dengan segala kesulitan, kejahatan, kenajisan, dll, yang mengakibatkan kegelapan di dunia.
Mulai dari matahari hitam bagaikan karung rambut, sama dengan matahari tidak bersinar, sama dengan tidak ada kasih Allah lagi. Yang ada hanya kebencian sampai kebencian tanpa alasan, sama dengan benar-benar sudah tidak ada lagi kasih.

Dalam Yohanes 15:18-25 dituliskan tujuh kali kata "membenci".
Yohanes 15:25
15:25 Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.

Tujuh kali dituliskan menunjuk pada kebencian yang sempurna.
Sebenarnya kebencian terjadi di dunia, tetapi Alkitab mencatat, berarti juga terjadi dalam kehidupan anak-anak Tuhan.

Kejadian 37:5
37:5 Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya.

Dulu kakak-kakak Yusuf membenci Yusuf. Yusuf adalah gambaran gereja mempelai atau gereja akhir jaman.
Jadi, kebencian sampai kebencian tanpa alasan juga terjadi pada gereja akhir jaman, bahkan masuk dalam nikah Kristiani.
Kakak-kakak Yusuf adalah gembala, Yusuf juga gembala. Jadi, kebencian juga masuk dalam penggembalaan, antara gembala dan domba, antara pelayan Tuhan. Bahkan sampai kebencian antar penggembalaan atau antar gereja. Sampai terakhir kebencian tanpa alasan, kebencian yang sempurna terjadi pada jaman antikris berkuasa di bumi.

Akibat kebencian sampai kebencian tanpa alasan adalah:
  1. Roh Kudus tidak mau tinggal dalam hati yang cemburu, iri, benci.
    Yakobus 4:5
    4:5 Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!"

    Hamba Tuhan/ pelayan Tuhan yang cemburu, iri, benci, berarti hidup tanpa Roh Kudus.

    Yudas 1:18-19
    1:18 Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka."
    1:19 Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

    Praktek tanpa Roh Kudus adalah:
    • Hidup menuruti hawa nafsu daging, tidak mau lagi menuruti bahkan mengejek firman pengajaran yang benar.
    • Memecah-belah tubuh Kristus.

  2. Orang yang membenci = pembunuh.
    1 Yohanes 3:15
    3:15 Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

    Sekarang, pembunuhan secara rohani lewat fitnah, gosip, dll, sampai nanti betul-betul pembunuhan secara fisik di jaman antikris. Akibatnya adalah mengalami penghukuman Tuhan sampai pembinasaan di api neraka.

Jalan keluarnya adalah berdamai satu dengan yang lain, oleh dorongan firman. Berdamai artinya saling mengaku dan saling mengampuni. Jika salah, kita mengaku dosa kepada Tuhan (vertikal) dan kepada sesama (horizontal). Jika diampuni, jangan berbuat dosa lagi. Jika benar, kita harus mengampuni dosa orang lain dan melupakannya. Maka darah Yesus akan mengampuni dosa-dosa kita dan kita mengalami damai sejahtera.

Jika sudah mengalami damai sejahtera, maka Roh Kudus akan dicurahkan dalam hati kita. Roh Kudus mutlak dibutuhkan sebab Roh Kudus merupakan tiang awan dan tiang api yang menuntun bangsa Israel di padang gurun sampai masuk Kanaan.
Sekarang, di akhir jaman, Roh Kudus merupakan uluran dua tangan Tuhan yang menuntun kita di padang gurun dunia yang ganas atau di tengah lautan dunia yang bergelora, untuk menuju pelabuhan damai sejahtera, Yerusalem Baru.

Kegunaan Roh Kudus:
  1. Roh Kudus sama dengan tiang awan yang menaungi kita di tengah padang gurun dunia. Kita tidak layu dan tidak kering rohani, sama dengan tidak bersungut, tidak mengomel, tidak kecewa, tidak putus asa. Kita selalu mengucap syukur kepada Tuhan, dan Roh Kudus sanggup menyelesaikan semua masalah yang mustahil.

  2. Roh Kudus sama dengan tiang api untuk menembusi gelapnya dunia akhir jaman. Gelap artinya penuh dengan dosa-dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan-minum (merokok, mabuk, narkoba) dan kawin-mengawinkan (dosa percabulan dengan aneka ragamnya, kawin campur, kawin cerai). Gelapnya dunia juga menunjuk pada ajaran palsu, gosip, fitnahan, hujatan.
    Roh Kudus adalah terang nyala api untuk menembusi gelapnya dunia, sehingga kita tidak tersandung dan tidak terjatuh dalam dosa sampai puncaknya dosa. Tetapi kita bisa bertahan tetap hidup benar dan suci. Roh Kudus juga menerangi kita dari ajaran palsu, sehingga kita tetap berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar.

    Api juga memiliki panas. Roh Kudus memberikan panas nyala api sehingga kita tidak dingin rohani, tetapi tetap setia dan berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan, sampai garis akhir, yaitu sampai meninggal dunia atau sampai Tuhan datang kedua kali.

  3. Roh Kudus adalah tiang awan dan tiang api untuk melindungi kita dari panas terik di siang hari dan dari dingin yang hebat di malam hari. Artinya Roh Kudus melindungi kita dari kehancuran dunia. Kehancuran ini adalah proses keubahan tetap ke arah negatif. Tetapi jika ada Roh Kudus, maka kita akan diubahkan dari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus, dimulai dengan kuat dan teguh hati.

    Roma 5:5
    5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

    Kita tidak merasakan apa-apa lagi yang daging rasakan, tetapi kita hanya merasakan kasih Allah yang besar. Maka Tuhan akan menjadikan semua baik, berhasil, dan indah.

    1 Tawarikh 19:13
    19:13 Kuatkanlah hatimu dan marilah kita menguatkan hati untuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. TUHAN kiranya melakukan yang baik di mata-Nya."

    Maka Roh Kudus sanggup untuk menjadikan semua baik, berhasil, dan indah pada waktuNya. Jika Tuhan datang kedua kali, Roh Kudus akan mengubahkan kita menjadi sempurna seperti Dia, untuk layak menyambut kedatanganNya kedua kali di awan-awan yang permai.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 03 Juli 2022 (Minggu Pagi)
    ... fasik jahat tidak mau beribadah melayani Tuhan. Petrus Guru palsu nabi palsu ajaran palsu. Yudas - Malaikat yang tidak taat gereja setan. Orang kristen yang imannya mati iman tanpa perbuatan iman. ad. . Matius - Setelah Yesus mendengar hal itu heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya Aku berkata kepadamu sesungguhnya ...
  • Ibadah Doa Ucapan Syukur Surabaya, 28 Desember 2009 (Senin Sore)
    ... kita. Kalau kita ditebus itulah UCAPAN SYUKUR yang melebihi apapun yang ada diduni. Proses penebusan dosa bagi kita adalah berdamai dengan Tuhan dan sesama. Berdamai dengan Tuhan mengaku dosa sejujur-jujurnya dan tidak berbuat lagi hidup dalam kebenaran. JANGAN MENGULANGI DOSA YANG SUDAH DIAMPUNI Berdamai dengan sesama mengaku pada sesama dan ...
  • Ibadah Raya Malang, 10 Maret 2013 (Minggu Pagi)
    ... harus memiliki paling sedikit tiga hal yaitu Karakter yang baik. Potensi yang baik terutama karunia Roh Kudus yaitu kemampuan ajaib dari Tuhan. Tahbisan yang benar. Kalau tahbisan benar maka pasti karakter baik dan potensi baik. Tahbisan yang benar artinya sesuai dengan firman pengajaran yang benar sesuai dengan Alkitab. Sebab akan terjadi pemisahan antara ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 05 Juli 2012 (Kamis Sore)
    ... jugalah dua orang dursila duduk menghadapinya dan mereka harus naik saksi terhadap dia dengan mengatakan Engkau telah mengutuk Allah dan raja. Sesudah itu bawalah dia ke luar dan lemparilah dia dengan batu sampai mati. Hal ini seperti juga yang dialami oleh Nabot di mana ladang anggur Nabot mau diganti dengan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 12 September 2020 (Sabtu Sore)
    ... Kristus yang sempurna mempelai wanita sorga yang siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali sampai masuk kerajaan sorga selamanya. Dulu pembangunan Tabernakel tidak bisa dipisahkan dari persembahan khusus berupa lima jenis bahan Keluaran - . Berfirmanlah TUHAN kepada Musa . Katakanlah kepada orang Israel supaya mereka memungut bagi-Ku persembahan khusus dari ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 29 November 2009 (Minggu Sore)
    ... untuk dibuat menjadi roti yang tidak beragi. Supaya kita tidak masuk dalam penghukuman dunia ini kita dikaitkan dengan org perempuan ini. Pemisahan terjadi berdasarkan sikap kita pada Firman pengajaran yang benar. Kalau positif maka akan menerima Firman dan terangkat dan kalau negatif akan tertinggal dan binasa. Contoh Maria dan Marta ...
  • Ibadah Kaum Muda Malang, 25 Juli 2009 (Sabtu Sore)
    ... -- kegerakan Roh Kudus hujan awal kegerakan dalam firman penginjilan Injil Keselamatan. Efesus firman penginjilan adalah firman yang memberitakan kedatangan Yesus pertama kali di dunia untuk menyelamatkan manusia berdosa. Tandanya selamat adalah Mulai percaya Yesus iman kepada Yesus. Bertobat berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan. Baptisan air dan baptisan Roh Kudus lahir ...
  • Ibadah Natal Kunjungan di Mojoagung, 27 Desember 2013 (Jumat Sore)
    ... natal yang indah biarlah kita berusaha untuk hidup dalam Tangan Tuhan. Roma . Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah Sementara kita berusaha hidup dalam Tangan Tuhan kenyataan yang ada adalah semua manusia sudah berbuat dosa telanjang terpisah dari Tuhan dan tidak bisa kembali pada Tuhan. Buktinya saat ...
  • Ibadah Kunjungan Ciawi I, 27 Juli 2010 (Selasa Sore)
    ... kegelapan dosa sampai puncaknya dosa. Bagaimana kita bisa terlepas dari kegelapan dosa Dari diri kita sendiri tidak akan mampu terlepas dari dosa. Satu-satunya jalan adalah lewat TUHAN MENERANGI menyinarkan terang kepada manusia dalam kegelapan dosa. macam terang yang Tuhan sinarkan dikaitkan dengan tabernakel terang kebenaran keselamatan. Yesaya . Bangsa yang berjalan di dalam ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 21 Juli 2013 (Minggu Sore)
    ... . Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus. . Tetapi aku takut kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. . ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.