Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 26: 6-13
26:6. Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta,
26:7. datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan.
26:8. Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: "Untuk apa pemborosan ini?
26:9. Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin."
26:10. Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.
26:11. Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu.
26:12. Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu
persiapanuntuk penguburan-Ku.
26:13. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."


ay. 6-13= PERSIAPAN KEMATIAN ANAK DOMBA PASKAH= persiapan kematian Yesus sebagai Anak Domba Allah.

Kita sudah mempelajari, anak domba diambil/ditangkap tanggal 10 dan dikurung. Kemudian anak domba paskah disembelih tanggal 14.
Jadi, ada 4 hari persiapan.

4 hari= 4000 tahun (1 hari= 1000 tahun).
4000 tahun= dari jaman Adam-Abraham dan Abraham-kedatangan Yesus pertama kali.

Jadi, selama 4000 tahun, korban Kristus masih merupakan BAYANGANdalam bentuk korban-korban binatang (sudah dijelaskan).

TEPAT 4000 TAHUN, Yesus datang sebagai Anak Domba Allahyang disembelih untuk:
  1. menyelamatkan manusia berdosa yang sudah mati dan busuk= memulihkan buli-buli tanah liat yang sudah hancur lebur (sudah dijelaskan di ibadah sebelumnya).
  2. mencurahkan Roh Kudus/Roh Kemuliaan, untuk mengisi buli-buli tanah liat supaya tidak hancur oleh dosa (sudah dijelaskan di ibadah sebelumnya).
Matius 26: 7, 12= kehidupan yang dipenuhi Roh Kudus sama dengan meminyaki Kepala Yesus atau tubuh Yesus yang akan dikuburkan, seperti wanita yang meminyaki Kepala/tubuh Yesus (diterangkan pada Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 28 Februari 2011).

Meminyaki= pelayanan.
Kepala/tubuh= tubuh Kristus.
Penguburan= waktu yang terakhir di bumi.

Jadi, meminyaki tubuh Yesus yang akan dikuburkan, artinya: pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang terakhir di bumiatau tubuh Kristus yang sempurna.

Kalau kita dipenuhkan oleh Roh Kudus, kita HARUS AKTIF  dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus.

Praktik pelayanan tubuh Kristus adalah PERSEKUTUAN/KESATUAN.
Persekutuan ini dimulai dari nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai nanti persekutuan tubuh internasional (Israel dan kafir menjadi satu tubuh yang sempurna).

CONTOH PERSEKUTUAN YANG BENAR
Keluaran 4: 27-30
4:27. BerfirmanlahTUHAN kepada Harun: "Pergilah ke padang gurun menjumpai Musa." Ia pergi dan bertemu dengan dia di gunung Allah, lalu menciumnya.
4:28. Kemudian Musa memberitahukan kepada Harun segala firman TUHAN yang disuruhkan-Nya kepadanya untuk disampaikan dan segala tanda mujizat yang diperintahkan-Nya kepadanya untuk dibuat.
4:29. Lalu pergilah Musa beserta Harun dan mereka mengumpulkan semua
tua-tua Israel.
4:30. Harun mengucapkan segala firman yang telah diucapkan TUHAN kepada Musa, serta membuat di depan bangsa itu tanda-tanda mujizat itu.


Persekutuan yang benar, dimulai dari hamba Tuhan(Harun dan Musa), diikuti tua-tuadan kemudian diikuti oleh sidang jemaat.

Dan persekutuan yang benar, artinya:
  1. berdasarkan Firman pengajaran yang benar, dimana Harun dan Musa sama-sama menerima Firman dari Tuhan dan keduanya bisa ketemu.
  2. jauh dari Mesir dan berada di padang gurun, artinya tidak dipengaruhi oleh perkara-perkara dunia.
Lukas 13: 34
13:34. Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kaliAku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayammengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

Persekutuan yang benar, digambarkan sebagai anak-anak ayam yang berada dalam naungan sayap induknya.
Ini merupakan kerinduan Tuhan ('berkali-kali Aku rindu'), sehingga Yesus bisa meletakan KepalaNya diatas TubuhNya.

Matius 8: 20
8:20. Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."

Tuhan meletakan Kepala diatas tubuh, artinya: Tuhan ingin menudungi kita dan Yesus rindu untuk segera datang kembali untuk mengangkat kita.
Jadi, kalau kita masuk dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus, kita sudah mulai masuk dalam naungan Tuhan.

Jika kita TIDAK MAU MASUK/TIDAK AKTIFdalam persekutuan yang benar dan pelayanan tubuh Kristus, maka SERIGALA DAN BURUNG YANG JADI KEPALA(mengarah pada perempuan babel).

Tetapi, kalau aktif dalam persekutuan yang TIDAK BENAR(tidak berdasarkan Firman pengajaran yang benar), kepalanya juga serigala dan burung.
Sebab itu, kita HARUS WASPADA!Kita harus mengutamakan Firman pengajaran yang benar.

HALANGAN DALAM PELAYANAN PEMBANGUNAN TUBUH KRISTUS
  1. dari luar= serigala dan burung= dosa babel, yaitu keinginan akan uang, dosa makan minum dan sex.
  2. dari dalam= Yerusalem('erusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu').

    Yesaya 2: 3
    2:3. dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."

    Yerusalem adalah hamba Tuhan atau pelayan Tuhan yang memiliki Firman pengajaran yang benar. Tetapi orang-orang ini suka melempar batu, artinya: mempertahankan HATI YANG KERAS.
    Inilah yang menjadi halangan dari dalam.

    Akibatnya, orang ini akan MENYIMPANGdari pengajaran yang benar, karena mempertahankan hati yang keras (iri, dendam, najis dan sebagainya).
    Kalau sudah menyimpang, ia akan TERSESAT.

    Salah satu contohnya adalah Musa. Ketika Tuhan perintahkan Musa untuk berseru pada gunung batu (Firman yang benar), tetapi karena hatinya keras (emosi pada umat Israel), maka ia memukul gunung batu (Firman menyimpang). Kuasanya memang ada, tetapi Musa TIDAK BISA KE KANAAN (arahnya menyimpang, hanya ke kuburan).
Kalau kita aktif dalam persekutuan yang benar, kita akan mengalami naungan sayap Tuhan.

3 macam naungan sayap Tuhan:
  1. naungan sayap induk ayambagi anak-anaknya.
    Artinya: kasih setia dan ebaikan Tuhan mampu:
    • memelihara kehidupan kita yang tidak berdaya ditengah dunia yang sulit, seperti anak ayam yang sulit mencari makan.
    • melindungi kitadari segala celaka marabahaya dan dosa-dosa.
    • menghangatkan kita, membahagiakan kita.

    Seringkali, kesalahan anak ayam adalah sombong dan malah mencari jalan sendiri.
    UTAMAKANLAH INDUK AYAM!

  2. Mazmur 55: 7
    55:7. Pikirku: "Sekiranya aku diberi sayap seperti merpati, aku akan terbang dan mencari tempat yang tenang,

    Naungan kedua: naungan sayap merpatiuntuk menerbangkan kita melintasi angin ribut dan badai dilautan dunia, dan hasilnya:
    • kita menjadi tenang(seperti Yesus tidur ditengah gelombang),
    • kasih setia kebaikan Tuhan mampu menyelesaikan segala masalah(meneduhkan badai).
      Yang penting, HATI KITA DAMAI TERLEBIH DULU.

      Kalau hati tenang, maka Tuhan akan menyelesaikan segalanya.

  3. Wahyu 12: 14
    12:14. Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

    Naungan ketiga: naungan sayap burung nazar  yang menerbangkan kita untuk:
    • menyingkirkan kita ke padang gurun  selama 3.5 tahun, jauh dari mata antikris. Dan kita dipelihara langsung oleh Tuhan.
    • mengangkat kita ke awan-awan yang permai, bertemu dengan Yesus pada saat kedatangan Yesus kedua kali. Kita bersama Dia untuk selama-lamanya (Kepala bertemu dengan tubuh).
Banyak kebutuhan kita di dunia ini, tapi kalau kita memiliki 3 naungan sayap Tuhan, itu sudah cukup.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Surabaya, 15 April 2015 (Rabu Sore)
    ... Wahyu - diterangkan mulai dari Ibadah Raya Surabaya Maret . Kita mempelajari Wahyu - sidang jemaat yang keenam yaitu SIDANG JEMAAT FILADELFIA. Kita masih berada pada ayat - . Wahyu - Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia Inilah firman dari Yang Kudus Yang Benar yang memegang kunci Daud apabila Ia membuka ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 16 Januari 2014 (Kamis Sore)
    ... segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain. Sangkakala yang dahsyat yang ditiup oleh malaikat adalah firman penggembalaan yang benar untuk mengumpulkan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 20 Juni 2013 (Kamis Sore)
    ... bagaikan bulu yang putih metah dan mata-Nya bagaikan nyala api. Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik. Syarat melihat wajah Yesus adalah harus mendengar dan melihat bunyi sangkakala yaitu firman penggembalaan. Yehezkiel - ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 11 Januari 2019 (Jumat Sore)
    ... kemuliaan untuk mati di kayu salib. Kalau pikiran daging tidak mau mengalami sengsara tetapi hanya mau yang enak bagi daging. Kalau kita sudah memiliki pikiran salib kita tidak akan jadi batu sandungan. Praktik pikiran salib dalam kehidupan sehari-hari Petrus - . Jadi karena Kristus telah menderita penderitaan badani kamupun harus juga mempersenjatai ...
  • Ibadah Doa Malam Session II Malang, 01 September 2017 (Jumat Dini Hari)
    ... yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Ada dua macam dasar Yesus sebagai batu penjuru sama dengan korban Kristus. Petrus - Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci Sesungguhnya Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih sebuah batu penjuru yang mahal dan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 23 Februari 2017 (Kamis Sore)
    ... nbsp Ada macam tanah hati Tanah hati bagaikan pinggir jalan. Markus Pada waktu ia menabur sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis. Orang-orang yang di pinggir jalan tempat firman itu ditaburkan ialah mereka yang mendengar firman lalu datanglah Iblis dan mengambil firman yang baru ...
  • Ibadah Paskah Malang, 04 April 2010 (Minggu Pagi)
    ... luar Yesus yang tidur di kolong jembatan tetapi dia tidak mengalami pengalaman kematian. Praktek mengalami pengalaman kematian Mati terhadap dosa di manapun dalam kapanpun dalam situasi kondisi apa saja. Baptisan air. Roma . Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian supaya sama seperti Kristus telah ...
  • Ibadah Raya Malang, 07 Desember 2008 (Minggu Pagi)
    ... Ini adalah mujizat terbesar. Natal itu mujizat terbesar pertama. Sekarang kita juga harus tekun mengikuti proses pembaharuan sampai puncak pembaharuan di Yerusalem baru. Wahyu yang harus dibaharui adalah laut pengertian rohaninya Yakobus - hati yang bimbang Bimbang saat menghadapi pencobaan tidak berharap Tuhan tapi berharap yang lain Bimbang terhadap pengajaran ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 05 Mei 2022 (Kamis Sore)
    ... dan sesama memberi minum Yesus di kayu salib dengan anggur asam bercampur empedu. Jika kita sudah diampuni jangan berbuat dosa lagi. Kita bertobat dan hidup benar. Maka kita akan menerima Roh Kudus yang tidak pernah kering mata air yang memancar ke atas sampai kepada hidup kekal. Roh Kudus yang menolong kita ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 07 September 2010 (Selasa Pagi)
    ... dari Bukti bahwa pintu kerajaan Surga terbuka. Matius . Maka Aku berkata kepadamu Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Kelebihan kita dari orang Farisi adalah menggenapkan hukum taurat dalam Yesus sehingga pintu Surga terbuka ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.