Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 20: 27-40 => pertanyaan orang Saduki tentang kebangkitan.
Ada dua macam kehidupan anak Tuhan, yaitu:

  1. Lukas 20: 27
    20:27.Maka datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki, yang tidak mengakui adanya kebangkitan. Mereka bertanya kepada-Nya:

    Yang pertama: anak Tuhan yang tidak mengakui adanya kebangkitan orang mati; sama dengan menolak kuasa kebangkitan Yesus, sehingga tidak mengalami kuasa kebangkitan-Nya.

    Akibatnya: hidup seperti binatang buas, yaitu hanya mengikuti hawa nafsu dan naluri daging yang tidak bisa dibendung.
    1 Korintus 15: 32
    15:32.Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buasdi Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka "marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati".

    Ini yang memicu untuk berbuat dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan minum (merokok, mabuk, narkoba), dan kawin mengawinkan (percabulan lewat tontonan yang tidak baik, percabulan lewat perbuatan dan perkataan, dan nikah yang salah: kawin lari, kawin campur, kawin cerai, dan kawin mengawinkan). Kalau dibiarkan, akan binasa selamanya.

  2. Lukas 20: 36
    20:36.Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikatdan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan.

    Yang kedua: anak Tuhan yang mengakui dan mengalami kuasa kebangkitan Yesus, sehingga hidup seperti malaikat di sorga sekalipun masih hidup di dunia.

Kita sudah belajar tentang malaikat yang ada kaitan dengan berita natal yaitu malaikat Gabriel (diterangkan pada Ibadah Natal Kaum Muda, 17 Desember 2022).

Sekarang kita belajar tentang malaikat Mikhael.
Wahyu 12: 7-8
12:7.Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhaeldan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
12:8.tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.

Malaikat Mikhael sama dengan malaikat peperangan/malaikat penolong; sama dengan kuasa Roh Kudus yang memberi kemenangan kepada kita.
Jadi, hidup seperti malaikat sama dengan hidup dalam urapan Roh Kudus.

Roh Kudus memberikan kemenangan atas tiga musuh utama:

  1. Yesaya 11: 1-2
    11:1.Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.
    11:2.Roh TUHAN(1)akan ada padanya, roh hikmat(2)dan pengertian(3), roh nasihat(4)dan keperkasaan(5), roh pengenalan(6)dan takut akan TUHAN(7);

    Yang pertama: Roh Kudus dengan tujuh wujudnya membuat kita takut akan Tuhan.

    Amsal 8: 13
    8:13.Takut akan TUHANialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

    Takut akan Tuhan adalah membenci dosa dan dusta.; sama dengan menang atas dosa dan dusta--menang atas maut. Maut adalah musuh terakhir.
    1 Korintus 15: 26
    15:26.Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.

    Jadi, Roh Kudus membuat kita menang atas dosa dan dusta--menang atas maut--, sehingga kita hidup benar, suci, dan jujur.

    Contoh:

    • Henokh.
      Kejadian 5: 24

      5:24.Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

      Bergaul dengan Allah sama dengan jujur.
      Amsal 3: 32
      3:32.karena orang yang sesat adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi dengan orang jujur Ia bergaul erat.

      Jadi, Henokh adalah orang yang jujur; dikuasai Roh Kudus sehingga ia mengalami kuasa pengangkatan ke sorga.

    • Musa.
      Ulangan 34: 5-6
      34:5.Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN.
      34:6.Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.

      'sesuai dengan firman TUHAN'= Musa mati sesuai dengan firman Tuhan, berarti hidupnya juga sesuai dengan firman Tuhan, berarti hidup dalam kebenaran.

      'tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini'= Musa mati, dibangkitkan, dan diangkat ke sorga oleh Tuhan.

  2. Roma 12: 11
    12:11.Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyaladan layanilah Tuhan.

    Yang kedua: Roh Kudus membuat kita setia berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.

    Ini artinya kita menang atas dunia.
    Yakobus 4: 4
    4:4.Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan duniaadalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

    Dunia dengan segala pengaruhnya, yaitu kesibukan, kesukaan, kekayaan, kesusahan, penderitaan, pergaulan dan sebagainya membuat kita jauh dari Tuhan--tidak setia dalam ibadah pelayanan.

    Jadi, Roh Kudus membuat kita menang atas dunia dengan segala pengaruhnya, sehingga kita tetap bahkan semakin setia berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan sampai garis akhir--sampai meninggal dunia atau Yesus datang kembali.

    2 Raja-raja 2: 11
    2:11.Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapimemisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

    Eliaterangkat ke sorga lewat kereta dan kuda berapi; sama dengan api Roh Kudus, berarti Elia setia berkobar-kobar.
    Jadi, kalau kita setia berkobar-kobar, akan ada apinya.

    Kalau tidak setia bahkan meninggalkan ibadah pelayanan--tanpa api Roh Kudus--, akan memiliki kuda dan kereta Firaun yang tenggelam di laut Kolsom; sama dengan tenggelam di lautan api dan belerang.

  3. Roma 8: 6-7
    8:6.Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
    8:7.Sebab keinginan dagingadalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

    Keinginan daging kalau tidak bisa dibendung lagi akan menjadi hawa nafsu. Dinasihati justru marah.

    Yang ketiga: Roh Kudus mematikan keinginan daging yang tidak takluk pada hukum Allah, sehingga kita bisa taat dengar-dengaran pada firman Allah sampai daging tidak bersuara lagi.

    Ini sama dengan menang atas daging.

    Contoh: Yesustaat sampai matidi kayu salib.
    Filipi 2: 8-9
    2:8.Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
    2:9.Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,

    Yesus taat sampai mati, tetapi Ia dibangkitkan dan naik ke sorga.

Jadi, hidup seperti Mikhael adalah menjadi pelayan Tuhan yang setia, benar, jujur, dan taat, sehingga kita bisa mengulurkan tangan iman kepada Tuhan, dan Ia mengulurkan tangan kuasa-Nya. Kita mengalami kuasa kebangkitan dan pengangkatan dari Tuhan.

Hasilnya:
Yohanes 5: 5-9
5:5.Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit.
5:6.Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?"
5:7.Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku."
5:8.Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah."
5:9. Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.

  1. Roh Kudus mengangkat kita dari kelumpuhan.
    'Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah'= kuasa pengangkatan.

    Kelumpuhan secara rohani artinya tidak setia berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan. Tuhan angkat, sehingga kita menjadi setia berkobar-kobar.
    Lumpuh di tempat tidur= dosa kenajisan. Banyak kaum muda yang diikat dosa kenajisan. Berhenti! Kita hidup sucidi hadapan Tuhan. Malam ini ada kuasa pengangkatan dari Tuhan.

    Suci dan setia berkobar sama dengan menjadi biji mata Tuhan. Kita menjadi kesayangan Tuhan. Apapun keadaan kita: gagal, menderita, diberkati dan sebagainya, yang penting kita menjadi biji mata Tuhan. Tinggalkan tahun 2022, dan kita menjadi umat kesayangan Tuhan.

    Kita digendong oleh Tuhan; tangan Tuhan sanggup melindungi dan memelihara kehidupan kita di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa di bumi. Sebutir pasirpun tidak boleh masuk, artinya apapun yang kita hadapi, kita tetap mengalami damai, semua enak dan ringan.

  2. Dari berharap pada manusia--'tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu'--menjadi percaya dan berharap Tuhan.
    Buktinya: kita selalu mengucap syukur dan menyembah Tuhan.

  3. Kuasa pengangkatan dari kemustahilan. Segala yang mustahil menjadi tidak mustahil; gagal menjadi berhasil dan indah pada waktunya.

Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita bersorak: Haleluya. Kita masuk kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang) dan Yerusalem baru seperti Henokh, Musa, Elia, dan Yesus.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Surabaya, 17 Februari 2010 (Rabu Sore)
    ... muka supaya terlihat sedang berpuasa bahkan kelihatan hidup suci. Secara rohani artinya Kejadian - hati yang panas penuh dengan iri hati kebencian dan lain-lain. Berpuasa tapi dengan panas hati ini merupakan suatu kemunafikan. Contoh Kain. Samuel - sakit hati karena perlakuan atau perkataan yang tidak baik dari orang lain. Pada ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 13 Maret 2021 (Sabtu Sore)
    ... kehilangan kemuliaan Allah 'semua orang' semua manusia baik Israel maupun kafir--tadi sepuluh orang kusta sembilan dari orang Israel dan satu bangsa kafir. Semua manusia di dunia sudah berbuat dosa dan harus kembali kepada Tuhan. Bagaimana caranya Datang kepada Yesus untuk bertemu Yesus lewat ibadah pelayanan untuk mendengarkan firman Allah. Lukas - . Ketika ...
  • Ibadah Raya Malang, 01 Agustus 2010 (Minggu Pagi)
    ... oleh Tuhan. Gadis bijaksana adalah gereja Tuhan yang berjaga-jaga yang siap sedia sehingga mengenal Tuhan dan dikenal oleh Tuhan. Bagaimana kita bisa mengenal Tuhan dan dikenal oleh Tuhan Yohanes . Dan inilah tandanya bahwa kita mengenal Allah yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Yaitu jika kita menuruti perintah Tuhan taat dengar-dengaran ...
  • Ibadah Persekutuan Tubuh Kristus Kartika Graha III, 29 April 2010 (Kamis Sore)
    ... jadi hamba Tuhan pelayan Tuhan. Imam seorang yang memangku jabatan pelayanan dan dilengkapi dengan karunia-karunia Roh Kudus kemampuan ajaib dari Roh Kudus untuk kita bisa melakukan pekerjaan Tuhan . Jabatan dan karunia Roh Kudus ini sama dengan jubah Yusuf yang maha indah. Siapapun manusia selama belum memiliki jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus ...
  • Ibadah Doa Malang, 08 Desember 2009 (Selasa Sore)
    ... yang datang dalam waktu yang tidak disangka-sangka yaitu berjaga-jaga supaya tidak tidur. Jadi dalam arti rohani kita harus berjaga-jaga supaya tidak tidur rohani. Markus - tidur rohani tidak menyembah Tuhan tidak suka menyembah Tuhan tidak bergairah menyembah Tuhan kering dalam penyembahan. Akibat tidur rohani adalah Masuk aniaya antikris sampai dipancung ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 Februari 2017 (Minggu Pagi)
    ... Yesus satu-satunya yang mampu memerdekakan kita dari dosa sebab hanya Yesus satu-satunya manusia yang tidak berdosa yang rela mati di kayu salib untuk memerdekakan kita dari dosa. Mengapa kita harus merdeka dari dosa Sebab upah dosa adalah maut sengsara susah payah letih lesu beban berat sampai kebinasaan selamanya di neraka. ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 Juni 2016 (Minggu Pagi)
    ... roh harus disucikan. Seluruh hidup juga artinya masa lalu masa sekarang masa depan harus disucikan. Ini supaya kita bisa duduk bersanding dengan Yesus di tahta Sorga selamanya. Mempelai Pria menyatu dengan mempelai wanita. Kepala dengan tubuh menyatu selamanya. Dengan apa kita bisa disucikan sampai sempurna seperti Yesus Ibrani - Dengan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 03 Maret 2020 (Selasa Sore)
    ... manusia berdosa. Sesudah selamat tidak cukup. Oleh sebab itu harus dilanjutkan. Ruangan Suci daerah kesucian. Ruangan Maha Suci daerah kesempurnaan. Keluaran . Haruslah tabir itu kaugantungkan pada kaitan penyambung tenda itu dan haruslah kaubawa tabut hukum ke sana ke belakang tabir itu sehingga tabir itu menjadi pemisah bagimu antara tempat ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 05 November 2008 (Rabu Sore)
    ... Busur Alkitab. Anak panah ayat-ayat dalam alkitab. Cahaya anak panah pembukaan rahasia Firman atau Firman pengajaran yang benar. Jadi kegerakan Roh Kudus hujan akhir adalah kegerakan Firman Pengajaran yang juga berarti kegerakan dalam penyucian. Yang harus disucikan lagi selain jantung hati empedu dan ginjal adalah punggung Ayub terutama punggung yang ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 17 Agustus 2015 (Senin Sore)
    ... . Karena Dialah damai sejahtera kita yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah yaitu perseteruan . sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya dan dengan itu mengadakan damai ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.