Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 21: 5-6 => Bait Allah akan diruntuhkan
21:5. Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus:
21:6. "Apa yang kamu lihat di situ--akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan."

Bait Allah menunjuk pada ibadah pelayanan kepada Tuhan.
Saat itu beberapa dari orang Israel berbicara dan mengagumi bangunan secara jasmani. Artinya hanya memiliki pandangan jasmani/pandangan daging, yaitu:

  1. Membanggakan Bait Allah secara jasmani yang akan hancur oleh perkembangan zaman sampai musnah pada saat kiamat--'tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain'.

  2. Mencari perkara jasmani dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan sekalipun bertentangan dengan firman Allah, sehingga menuju kehancuran dan kebinasaan selamanya.

Sekarang gereja Tuhan juga banyak yang menggunakan pandangan jasmani. Kita harus waspada! Kalau sudah bertentangan dengan firman, jangan teruskan.

Yohanes 2: 19-21
2:19.Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
2:20.Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
2:21.Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Pandangan daging adalah mengorbankan firman/Tuhan.
Tetapi pandangan Yesus adalah mengorbankan diri-Nya sendiri. Ini adalah pandangan rohani, yaitu pandangan kepada Bait Allah rohani--pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna; mempelai wanita sorga yang siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai, kemudian masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yerusalem baru selamanya.

Yesus mengorbankan diri-Nya sendiri, bagi kita, kita mengorbankan segala keinginan daging yang bertentangan dengan firman Tuhan.
Kalau menggunakan pandangan daging, kita merasa hebat, tetapi akan diakhiri dengan kekecewaan, kehancuran, dan kebinasaan. Mulai sekarang mengorbankan firman Tuhan, sampai nanti menyangkal Tuhan.

Pandangan rohani adalah berkorban apa saja, yang penting bisa masuk sorga.

Bagaimanacaranya untuk masuk pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna untuk masuk kerajaan sorga selamanya?--ini yang harus kita pikirkan hari-hari ini.

  1. 1 Petrus 2: 5
    2:5.Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidupuntuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

    Yang pertama: kita harus menjadi imam dan raja, lewat panggilan dan pilihan Tuhan:

    • Panggilan Tuhan= manusia berdosa dipanggil Tuhan lewat firman penginjilan untuk dibenarkan dan diselamatkan.
      Prosesnya:

      1. Percaya Yesus sebagai satu-satunya Juruselamat.
      2. Bertobat= mati terhadap dosa.
      3. Baptisan air dan Roh Kudus= hidup baru, yaitu hidup dalam kebenaran. Kita selamat dan diberkati Tuhan.

    • Pilihan Tuhan= dari sekian banyak yang sudah selamat dan diberkati Tuhan dipilih satu untuk disucikanlewat firman pengajaran yang benar--banyak dipanggil, sedikit yang dipilih; banyak yang mau firman penginjilan tetapi sedikit yang mau firman pengajaran karena firman pengajaran banyak menunjukkan dosa-dosa dan makan waktu.

      Kita disucikan mulai dari hati dan pikiran, perbuatan, dan perkataan, sehingga kita bisa hidup dalam kesucian.

      Efesus 4: 11-12
      4:11.Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
      4:12.untuk memperlengkapi orang-orang kudusbagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

      Kalau sudah suci, kita akan diperlengkapi dengan jabatan dan karunia Roh Kudus untuk dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
      Kita menerima jubah indah, tidak telanjang lagi.

      Pembangunan tubuh Kristus dimulai dari nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna.

      Dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus bukan untuk dipersulit, tetapi hidup kita akan menjadi indah pada waktunya.
      Kalau melepas jubah indah, akan telanjang; tidak ada keindahan lagi tetapi dipermalukan. Pertahankan jubah indah!


  2. 2 Petrus 1: 10-11
    1:10.Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.
    1:11.Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

    Yang kedua: menjaga supaya tidak tersandung dalam panggilan dan pilihan, sehingga panggilan dan pilihan makin teguh, dan kita mendapatkan hak penuh untuk masuk kerajaan sorga selamanya.

    Tersandung dalam panggilan dan pilihan artinya tidak setia dalam jabatan pelayanan yang Tuhan percayakan. Kalau diteruskan, akan jatuh. Artinya: berbuat dosa sampai puncaknya dosa, sehingga meninggalkan ibadah pelayanan kepada Tuhan; tidak mau sampai tidak bisa beribadah melayani Tuhan.

    Kalau tersandung dan jatuh dalam panggilan dan pilihan, pasti akan kehilangan hak penuh untuk masuk kerajaan sorga. Ia akan diusir ke neraka selamanya--binasa selamanya.

    Bagaimanacaranya supaya tidak tersandung dan terjatuh dalam panggilan dan pilihan tetapi makin teguh dalam panggilan dan pilihan?

    • Imamat 21: 12 => kudusnya para imam
      21:12.Janganlah ia keluar dari tempat kudus, supaya jangan dilanggarnya kekudusan tempat kudus Allahnya, karena minyak urapan Allahnya, yang menandakan bahwa ia telah dikhususkan, ada di atas kepalanya; Akulah TUHAN.

      Yang pertama: kita harus selalu berada di ruangan suci, artinya tergembala dengan benar dan baik; ketekunan dalam tiga macam ibadah pokok: ibadah raya, ibadah pendalaman alkitab, dan ibadah doa.

      Kalau tekun pasti akan teguh.
      Di dalam kandang penggembalaan kita selalu disucikan dan diurapi--'jangan dilanggarnya kekudusantempat kudus Allahnya, karena minyak urapanAllahnya....'.

      Kalau ada kesucian, minyak urapan akan ada.
      Semakin disucikan, minyak urapan akan semakin bertambah, dan semakin setia berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan sampai garis akhir--sampai meninggal dunia atau Yesus datang kembali. Tidak akan tersandung dan terjatuh.

      Suci dan setia berkobar sama dengan menjadi biji mata Tuhan; kita dikhususkan oleh Tuhan--'menandakan bahwa ia telah dikhususkan'. Sebutir pasir tidak boleh masuk, sehingga tidak mungkin tersandung apalagi terjatuh, malah kita mendapat hak penuh untuk masuk kerajaan sorga selamanya.

      Kalau keluar dari ruangan suci, pasti melanggar kesucian, dan pasti kering, terutama mulut kering: berdusta, memfitnah dan sebagainya.

    • 1 Petrus 2: 8
      2:8.Mereka tersandung padanya, karena mereka tidak taatkepada Firman Allah; dan untuk itu mereka juga telah disediakan.

      Keluaran 3: 4
      3:4.Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah."

      Yang kedua: kita harus selalu taat dengar-dengaran pada Allahsekalipun bertentangan dengan kehendak daging; sama dengan selalu menjawab: Ya Allah.

      Hasilnya:

      1. Wahyu 1: 8
        1:8."Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

        (terjemahan lama)
        1:8."Aku inilah Alif dan Ya," demikianlah firman Allah Tuhan itu, Yang ada, dan Yang sudah sedia ada, dan Yang akan datang kelak, yaitu Yang Mahakuasa.

        Hasil pertama: dikaitkan dengan nama Yesus--Alif dan Ya; Alfa dan Omega.

        Kalau taat kita bisa menyeru nama Yesus.
        Artinya:

        1. Bersama dengan Tuhan kita memulai pekerjaan dan segalanya di dunia dengan baik, baik yang jasmani maupun rohani sampai mengakhiri dengan sempurna--Dia adalah Yang Awal dan Yang Akhir.

          Kita tidak akan pernah tersandung dan terjatuh sampai sempurna.

        2. Kita mengalami kuasa nama Yesus untuk mengalahkan Setan tritunggal.
          Filipi 2: 8-10
          2:8.Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
          2:9.Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
          2:10.supaya dalam nama Yesus bertekuk lututsegala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

          Setan adalah sumber krisis di dunia. Kita menang sehingga kita tetap dilindungi dan dipelihara oleh Tuhan di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa.
          Setan adalah sumber dosa, kita menang sehingga bisa tetap hidup benar dan suci. Serukan nama Yesus! Jangan lagi ada tontonan yang tidak baik! Malam ini juga, berhenti!

          Setan adalah sumber kegagalan. Kita menang, sehingga semua jadi berhasil dan indah pada waktunya.
          Setan adalah sumber ketidaktenangan. Kita menang, sehingga kita mengalami damai, semua enak dan ringan.

          Setan adalah sumber masalah yang mustahil. Kita menang, sehingga semua masalah yang mustahil diselesaikan oleh Tuhan tepat pada waktunya.

        1. Kita mengalami kuasa keubahan hidupdari perkataan sia-sia: dusta, gosip, fitnah, menjadi lidah yang memuliakan Tuhan, yaitu jujur.
          Filipi 2: 11
          2:11.dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

          Kita jujur soal pengajaran yang benar, mengaku dosa, dan dalam segala hal.
          Jujur sama dengan menjadi rumah doa.

      1. Matius 7: 21
        7:21.Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

        Hasil kedua: pintu sorga terbuka bagi kita. Kita bisa masuk kerajaan sorga selamanya.

        Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan kerajaan sorga selamanya.

Inilah pandangan rohani yaitu mengorbankan semua untuk bisa taat dengar-dengaran dan masuk kerajaan sorga selamanya.
Caranya adalah menjadi imam dan raja. Sesudah itu jangan tersandung dan terjatuh tetapi tetap dalam panggilan dan pilihan sampai sempurna.
Jalannya adalah digembalakan dan taat dengar-dengaran. Kita menyeru nama Yesus. Ada kuasa nama Yesus yang kita alami untuk melakukan yang baik, mengalahkan setan, dan mengubahkan kita, sampai membukakan pintu sorga. Kita layak masuk kerajaan sorga.

Taat dengar-dengaran apapun yang kita hadapi sekalipun harus berkorban. Kuasa nama Yesus menghapus kemustahilan.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 23 Oktober 2013 (Rabu Malam)
    ... dan berkata kepadanya Hai Uzia engkau tidak berhak membakar ukupan kepada TUHAN hanyalah imam-imam keturunan Harun yang telah dikuduskan yang berhak membakar ukupan Keluarlah dari tempat kudus ini karena engkau telah berubah setia Engkau tidak akan memperoleh kehormatan dari TUHAN Allah karena hal ini. Raja Uzia sombong merasa menjadi raja ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 04 April 2011 (Senin Sore)
    ... benua . Jadi kalau kita bisa masuk dalam persekutuan yang benar berdasarkan pengajaran benar mulai dari dalam nikah itu adalah KEMURAHAN TUHAN sebab banyak orang yang tidak benar cacat rohani . macam cacat rohani yang disebutkan disini buta sudah dibahas pada Ibadah Raya Surabaya Maret timpang sudah dibahas pada Ibadah Pendalaman ...
  • Ibadah Doa Malang, 03 Februari 2015 (Selasa Sore)
    ... Kudus kudus kuduslah Tuhan Allah Yang Mahakuasa yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang. . Dan setiap kali makhluk-makhluk itu mempersembahkan puji-pujian dan hormat dan ucapan syukur kepada Dia yang duduk di atas takhta itu dan yang hidup sampai selama-lamanya . maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua ...
  • Ibadah Paskah Medan VI, 30 April 2009 (Kamis Sore)
    ... Yerusalem Baru kerajaan Surga yang kekal. Untuk bisa siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali maka gereja Tuhan HARUS MUTLAK hidup dalam kasih karunia Tuhan. Apapun yang didunia ini tidak bisa mempertemukan kita dengan Tuhan. Hanya kasih karunia yang bisa mempertemukan kita dengan Tuhan. Dan sikap kita terhadap kasih karunia itu menentukan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 22 Juli 2017 (Sabtu Sore)
    ... jasmani perkara luar dan tidak mengutamakan firman Allah makanan . Rasul Paulus membagi pemberitaan firman Allah menjadi Firman penginjilan susu untuk orang-orang yang belum percaya Yesus dan yang baru percaya Yesus. Firman pengajaran makanan keras untuk orang-orang yang sudah lama percaya Yesus. Jika tidak mengutamakan firman Allah maka Yesus tidak menjadi ...
  • Ibadah Raya Malang, 24 Agustus 2014 (Minggu Pagi)
    ... yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. Yesus juga memberikan kunci Kerajaan Surga kepada kita yang sudah menang atas maut sehingga kita bisa masuk Kerajaan Surga yang kekal. Kita belajar praktek menerima kunci Kerajaan Surga dari Tabernakel. Tuhan memperlihatkan Kerajaan Surga kepada Musa dan Tuhan memerintahkan Musa untuk ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 27 Januari 2019 (Minggu Siang)
    ... bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya Yesus sudah meninggalkan sorga untuk lahir di kandang sampai menyerahkan nyawa-Nya bagi kita. Praktik pertama mengasihi sesama seperti diri sendiri memberi dan mengunjungi sesama yang dalam kebutuhan--Tuhan memakai kita untuk mengunjungi dan lain-lain. Sesama yang terdekat mulai dari dalam nikah kemudian penggembalaan antar penggembalaan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 29 November 2023 (Rabu Sore)
    ... Atas perintahmukah rajawali terbang membubung dan membuat sarangnya di tempat yang tinggi . Ia diam dan bersarang di bukit batu di puncak bukit batu dan di gunung yang sulit didatangi. . Dari sana ia mengintai mencari mangsa dari jauh matanya mengamat-amati Sebelum naik ke awan-awan yang permai rajawali lebih dulu ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 01 Februari 2011 (Selasa Pagi)
    ... mendatangkan kepada kami penyakit sampar atau pedang. Jika anak Tuhan hamba Tuhan tidak beribadah maka akan terkena penyakit sampar dosa-dosa dan pedang penghukuman Tuhan. Jika ada orang beribadah Firaun berusaha menekan. Keluaran . Lalu pengerah-pengerah Firaun memukul mandur-mandur Israel yang mereka angkat sambil bertanya Mengapakah kamu pada hari ini tidak menyelesaikan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 03 April 2016 (Minggu Sore)
    ... indah. Sehebat apapun bangsa kafir harus menerima kesempatan dan kemurahan TUHAN untuk menjadi batu hidup--menjadi imam-imam-- dan masuk pembangunan tubuh Kristus--dinaungi. Sebenarnya bangsa Israel juga dinaungi tetapi karena menolak maka bangsa kafir masuk. Jadi bangsa kafir sungguh-sungguh bergantung pada kesempatan dan kemurahan TUHAN. Kalau tidak akan habis tetap batu keras tidak bisa ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.