Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 20: 27=> pertanyaan orang Saduki tentang kebangkitan.
20:27.Maka datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki, yang tidak mengakui adanya kebangkitan. Mereka bertanya kepada-Nya:

Ajaran Saduki adalah ajaran palsu yang mengajarkan bahwa tidak ada kebangkitan, berarti menolak kebangkitan Yesus--percaya Yesus berarti binasa.

Lukas 20: 37-40
20:37.Tentang bangkitnya orang-orang mati, Musa telah memberitahukannya dalam nas tentang semak duri, di mana Tuhan disebut Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.
20:38.Ia bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup."
20:39.Mendengar itu beberapa ahli Taurat berkata: "Guru, jawab-Mu itu tepat sekali."
20:40.Sebab mereka tidak berani lagi menanyakan apa-apa kepada Yesus.

Yesus menerangkan tentang kebangkitan orang mati lewat janji Allah kepada Abraham, yaitu: 'Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub'.

'Allah orang hidup'= Abraham, Ishak, dan Yakub sudah mati, tetapi Allah berkata: 'Allah orang hidup', artinya sekalipun Abraham, Ishak, dan Yakub sudah mati tetapi tidak dikuasai oleh maut, sehingga bisa dibangkitkan kembali.

Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub= Tuhan Yesus Kristus dalam pribadi Yesus yang tampil sebagai Raja segala raja dan Mempelai Pria Sorga yang tidak dikuasai maut.
Kita semua sebagai mempelai wanita sorga terdiri dari:

  • Orang yang meninggal dalam Yesus, tetapi dibangkitkan dalam tubuh kemuliaan pada saat Yesus datang kembali.
  • Orang yang hidup sampai Tuhan datang kembali, dan diubahkan dalam tubuh kemuliaan.

Keduanya akan menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna; mempelai wanita sorga. Inilah orang hidup.

Contoh orang hidup: raja Daud.
Mazmur 118: 17-18
118:17.Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan TUHAN.
118:18.TUHAN telah menghajar aku dengan keras, tetapi Ia tidak menyerahkan aku kepada maut.

Raja Daud mati tetapi tidak dikuasai maut.
Praktik orang hidup: mengalami hajaran atau penyucian sepanjang hidupnya--'TUHAN telah menghajar aku dengan keras'.

Ibrani 12: 10-12
12:10.Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
12:11.Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaranyang memberikan damaikepada mereka yang dilatih olehnya.
12:12.Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemahdan lutut yang goyah;

Hajaran adalah penyucian dari Tuhan yang menghasilkan empat hal:

  1. 'kuatkanlah tangan yang lemah'.
    Tangan lemah sama dengan suam-suam kuku, artinya: tidak setia berkobar-kobardalam ibadah pelayanan dan doa penyembahan. Ini yang lebih dulu disucikan.

    Tuhan izinkan hajaran untuk menyucikan tangan yang lemah.
    Artinya: kita bisa kembali setia berkobar-kobardalam ibadah pelayanan dan penyembahan kepada Tuhan.
    Ini dulu yang disucikan, maka Tuhan akan membuka semua jalan bagi kita.

  2. 'lutut yang goyah'= tidak bisa berdiri teguh di atas kurban Kristus; tidak bisa berdiri teguh di atas penebusan oleh kurban Kristus, sehingga setelah mengaku dosa masih mengulang-ulang dosa lagi--jatuh bangun dalam dosa.
    Kalau mengulang-ulang dosa, akan meningkat sampai puncaknya dosa.

    Tuhan izinkan hajaran untuk menguatkan lutut yang goyah.
    Artinya:kita berdiri teguh di atas kurban Kristus, sehingga kita tidak berbuat dosa lagi, tetapi hidup dalam kebenaran.

  3. 'kaki yang timpang'= bercabang hati/bimbang.
    Ibrani 12: 13
    12:13.dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh.

    1 Raja-raja 18: 21
    18:21.Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu dan berkata: "Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati? Kalau TUHAN itu Allah, ikutilah Dia, dan kalau Baal, ikutilah dia." Tetapi rakyat itu tidak menjawabnya sepatah katapun.

    Kita seringkali bimbang terhadap pribadi Tuhan/firman pengajaran yang benar saat menghadapi ajaran palsu dan bimbang terhadap kuasa Tuhan saat menghadapi pencobaan sehingga bisa pergi ke dukun dan sebagainya.

    Tuhan izinkan hajaran untuk menyembuhkan hati yang bimbang, sehingga hanya percaya dan berharap Tuhan; kita bisa berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar. Tuhan akan menolong kita semua.

  4. Tuhan izinkan hajaran supaya mata kita bisa melihat Dia.
    Ibrani 12: 14-17
    12:14.Berusahalah hidup damai dengan semua orangdan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.
    12:15.Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahityang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.
    12:16.Janganlah ada orang yang menjadi cabulatau yang mempunyai nafsu yang rendahseperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.
    12:17.Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata.

    Jika mata tidak melihat Tuhan, pasti akan melihat yang lain, yaitu:

    • Melihat kesalahan orang lain sehingga kita tersandung karena pahit hati--timbul akar pahit yang mengakibatkan kebencian, kerusuhan, dan kecemaran.

      Kalau mengalami hajaran Tuhan, kita akan melihat kesalahan sendiri, sehingga kita tertolong.

    • Melihat sepiring makanan--perkara jasmani terutama kebutuhan hidup sehari-hari--sampai meninggalkan ibadah pelayanan kepada Tuhan.

      Kita berusaha untuk yang jasmani, tetapi di masa darurat ini kita harus lebih berat pada perkara rohani. Kalau berat pada yang jasmani, kita akan hancur baik jasmani maupun rohani.

      Kalau berat pada yang rohani, kita akan terangkat sampai ke Yerusalem baru.

      Sebaliknya, seringkali kita beribadah melayani tetapi hanya untuk mendapatkan perkara jasmani.

      Semua ini disebut dengan nafsu rendah; cabul rohani.
      Akibatnya: kehilangan hak kesulungan, yaitu hak waris kerajaan sorga; tidak bisa menjadi mempelai wanita sorga, berarti binasa selamanya.

    • Memandang manusia.
      Keluaran 2: 11-12
      2:11.Pada waktu itu, ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk melihat kerja paksa mereka; lalu dilihatnyalah seorang Mesir memukul seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu.
      2:12.Ia menoleh ke sana sini dan ketika dilihatnya tidak ada orang, dibunuhnya orang Mesir itu, dan disembunyikannya mayatnya dalam pasir.

      Musa mau melayani tetapi ia memandang manusia.
      Seringkali kita melihat manusia, kita malah takut pada manusia, tetapi tidak takut pada Tuhan.

      Akibatnya: munafik dan penuh kebencian dan kebusukan--Musa membunuh orang Mesir lalu disembunyikan di pasir. Kalau dibiarkan, akan binasa selamanya.

    Ibrani 12: 14
    12:14.Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

    Tuhan izinkan hajaran untuk menyucikan kita terutama mata kita, sehingga kita bisa hidup suci dan damai. Mata kita bisa melihat Tuhan; menyembah Dia, mengulurkan tangan kepada Dia, dan berkata-kata dengan Dia. Ini adalah puncak ibadah pelayanan.

    Hasilnya:

    • Mazmur 16: 8
      16:8.Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

      Hasil pertama: kita memandang Yesus sebagai Imam Besar yang duduk di sebelah kanan takhta Allah Bapa, sehingga kita menjadi kuat teguh hati--'tidak goyah'.
      Artinya: tidak kecewa, putus asa, dan tinggalkan Tuhan tetapi hanya percaya dan berharap Tuhan.

      Mazmur 16: 9
      16:9.Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram;

      Kalau sudah percaya dan berharap Tuhan, kita akan merasakan sukacita sorga yang meluap-luap, sehingga kita selalu mengucap syukur pada Tuhan. Kita menjadi saksi Tuhan, dan kita mengalami damai, sehingga semua menjadi enak dan ringan.

    • Mazmur 123: 1-4
      123:1.Nyanyian ziarah. Kepada-Mu aku melayangkan mataku, ya Engkau yang bersemayam di sorga.
      123:2.Lihat, seperti mata para hamba laki-laki memandang kepada tangan tuannya, seperti mata hamba perempuan memandang kepada tangan nyonyanya, demikianlah mata kita memandang kepada TUHAN, Allah kita, sampai Ia mengasihani kita.
      123:3.Kasihanilah kami, ya TUHAN, kasihanilah kami, sebab kami sudah cukup kenyang dengan penghinaan;
      123:4.jiwa kami sudah cukup kenyang dengan olok-olok orang-orang yang merasa aman, dengan penghinaan orang-orang yang sombong.

      Hasil kedua: kita memandang Yesus, Imam Besar yang duduk di sebelah kanan takhta Allah Bapa saat kita dalam kesusahan, kemustahilan dan sebagainya sampai Dia mengasihani kita.

      Tangan belas kasih Tuhan mengubahkan kita sampai taat dengar-dengaran sampai daging tidak bersuara.
      Ulangan 28: 1-2, 8
      28:1."Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nyayang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
      28:2.Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:
      28:8.TUHAN akan memerintahkan berkatke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.

      Kalau taat, Tuhan akan memerintahkan berkat kepada kita.
      Artinya: Tuhan sanggup melindungi dan memelihara kehidupan kita yang kecil tak berdaya di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa di bumi. Ada jaminan dari Tuhan.

      Lukas 20: 40
      20:40.Sebab mereka tidak berani lagi menanyakanapa-apa kepada Yesus.

      Kalau taat, tidak akan ada pertanyaan lagi, artinya tidak ada masalah lagi. Kalau tidak taat, akan hancur.

      Kalau taat, mujizat jasmani juga akan terjadi. Mati jadi hidup; sakit disembuhkan.

      Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita bersama Dia. Kita masuk kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang) dan Yerusalem baru selamanya.
      Yang meninggal dalam Tuhan--mengalami penyucian selama hidupnya--akan dibangkitkan dalam tubuh kemuliaan; yang hidup sampai Tuhan datang dan terus mengalami penyucian, akan diubahkan dengan sekejap mata dalam tubuh kemuliaan. Keduanya akan masuk Yerusalem baru selamanya.

Apapun yang kita hadapi, pandang Yesus sampai Dia berbelas kasih. Kalau Dia berbelas kasih, orang matipun bisa dibangkitkan.
Semoga malam ini belas kasih Tuhan turun atas kita.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 09 Mei 2021 (Minggu Pagi)
    ... manusia akan sampai pada kegelapan di neraka. Dunia ini memang penuh dengan kebencian mempersulit dan menganiaya kita bahkan sampai membunuh dan membinasakan kita di kegelapan yang paling gelap. Yohanes - Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 24 April 2014 (Kamis Sore)
    ... zaman damai seakan-akan ada perang sehingga sabuk pinggangnya dan kasut kakinya berlumuran darah. Maka bertindaklah dengan bijaksana dan janganlah biarkan yang ubanan itu turun dengan selamat ke dalam dunia orang mati. Namun ada contoh negatif orang yang berambut putih yaitu Yoab orang tua yang ubanan namun hidup dalam dosa membunuh ...
  • Ibadah Doa Malang, 06 Juni 2017 (Selasa Sore)
    ... x hukuman Allah Tritunggal kiamat sampai hukuman neraka. Kuda secara jasmani menunjuk daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya yang mendorong untuk berbuat dosa sampai puncaknya dosa. Raja-raja Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 24 Agustus 2019 (Sabtu Sore)
    ... Juruselamat. Iman adalah rem untuk tidak berbuat dosa bukan hanya pengakuan di mulut. Bertobat berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan mati terhadap dosa terutama dari delapan dosa yang menenggelamkan kita ke lautan api dan belerang. Wahyu . Tetapi orang-orang penakut orang-orang yang tidak percaya orang-orang keji orang-orang pembunuh orang-orang sundal tukang-tukang ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 02 Maret 2017 (Kamis Sore)
    ... puncaknya dosa. Akibatnya Terpisah dari Tuhan. Yesaya - Sesungguhnya tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu sehingga Ia tidak mendengar ialah segala dosamu. Sebab ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 05 November 2012 (Senin Sore)
    ... lewat pengampunan dosa. Jadi gamis baju efod kuasa kebangkitan sama dengan pengampunan dosa. Sebagai imam kita harus memiliki gamis baju efod artinya kita harus memiliki PAKAIAN PENGAMPUNAN DOSA pelunasan hutang dosa . Matius - . Sebab hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. . Setelah ia mulai mengadakan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 23 Oktober 2022 (Minggu Siang)
    ... awan-awan yang permai kalau Babel pesta di dunia. Hati-hati Babel meniru tetapi tidak sama. Kehidupan yang menolak pedang firman penyucian akan mengalami pedang penghukuman dan pembantaian saat Yesus datang kembali sampai binasa selamanya. Hati-hati Kalau kita suci tetapi tidak aktif dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna berarti kita suci sendiri--benar ...
  • Ibadah Persekutuan Tubuh Kristus di Kartika Graha IV, 18 Juli 2013 (Kamis Pagi)
    ... minum susu maka pertumbuhan akan menjadi abnormal. Cahaya injil tentang kemuliaan Kristus firman pengajaran Kabar Mempelai Korintus - Matius Yaitu injil yang memberitakan tentang kedatangan Yesus kedua kali dalam kemuliaan sebagai Raja segala raja Mempelai Pria Surga untuk menyucikan orang yang sudah selamat sampai sempurna dan tak bercacat cela seperti ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 25 Februari 2017 (Sabtu Sore)
    ... kesatuan nikah akan terjadi kesamaan sampai menjadi sama-sama sempurna seperti Yesus. Kesatuan ini yang dihancurkan oleh setan. Allah sangat berbeda dengan manusia. Untuk menjadikan manusia sama dengan Allah Allah datang ke dunia untuk bersekutu bersatu dengan manusia berdosa. Kita harus berusaha bersekutu bersatu dengan Allah lewat ibadah pelayanan ketekunan dalam ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 12 September 2020 (Sabtu Sore)
    ... Kristus yang sempurna mempelai wanita sorga yang siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali sampai masuk kerajaan sorga selamanya. Dulu pembangunan Tabernakel tidak bisa dipisahkan dari persembahan khusus berupa lima jenis bahan Keluaran - . Berfirmanlah TUHAN kepada Musa . Katakanlah kepada orang Israel supaya mereka memungut bagi-Ku persembahan khusus dari ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.