Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 6 dalam susunan Tabernakel terkena pada Halaman, yang menunjuk pada kebenaran. Pada mulanya, Tuhan menciptakan manusia sempurna, sama mulia dengan Tuhan, memiliki gambar dan teladan Tuhan, dan ditempatkan di Taman Eden sehingga manusia bahagia. Jika kita memiliki gambar dan teladan Tuhan, hidup kita akan bahagia. Sayang, manusia jatuh dalam dosa sehingga telanjang, kehilangan kebenaran, kesucian, dan kemuliaan Tuhan, kehilangan gambar dan teladan Tuhan, sehingga diusir ke dunia.
Tuhan tidak rela jika manusia terkutuk dan binasa, sehingga Tuhan berusaha untuk mengembalikan manusia kepada kebenaran, kesucian, dan kemuliaan Tuhan, kembali pada gambar dan teladan Tuhan. Usaha Tuhan untuk mengembalikan manusia ke dalam gambar dan teladan Tuhan disebut dengan asuhan Tuhan.

Ada 7 asuhan Tuhan:
  1. Lukas 6:1-5 Tubuh diasuh oleh Tuhan.
    Tubuh dibawa masuk ke ladang gandum, yaitu masuk dalam kegiatan rohani, kegiatan Surga, yaitu makan firman Allah supaya firman Allah mendarah daging dalam hidup kita. Jika tabiat Yesus mendarah daging, dosa disingkirkan.
  2. Lukas 6:12-16 Jiwa diasuh oleh Tuhan.
  3. Lukas 6:17-19 Roh diasuh oleh Tuhan.
  4. Lukas 6: 6-11 Perbuatan diasuh oleh Tuhan.
  5. Lukas 6:20-26 Akal diasuh oleh Tuhan.
  6. Lukas 6:27-45 Hati diasuh oleh Tuhan.
  7. Lukas 6:46-49 Perjalanan hidup diasuh oleh Tuhan.

Kita membahas asuhan kedua: Jiwa diasuh oleh Tuhan.

Lukas 6:12-13
6:12 Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.
6:13 Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul:


Jiwa diasuh supaya memiliki kedudukan rohani, kedudukan Surga, yaitu memiliki jabatan pelayanan.

Mengapa Tuhan memanggil dan memilih 12 murid untuk diangkat menjadi 12 rasul? Sebab angka 12 berkaitan dengan Yerusalem Baru yang penuh dengan angka 12.

Wahyu 21:12-14
21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.
21:13 Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

Tujuan panggilan Tuhan bagi kita adalah supaya kita menuju ke Yerusalem Baru. Apa arti Yerusalem Baru?
  1. Mempelai Wanita yang sempurna, kehidupan yang sempurna.
    Pengantin perempuan sama dengan kota Yerusalem Baru.

    Wahyu 21:9-10

    21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: “Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba.”
    21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

  2. Kerajaan Surga.
    Hanya orang yang sempurna yang bisa masuk Kerajaan Surga. 
Supaya kita bisa masuk dalam Yerusalem Baru, kita harus mengalami proses pembaharuan. Natal adalah Allah lahir menjadi sama dengan manusia dalam pribadi Yesus, yang adalah mujizat terbesar pertama. Mujizat terbesar kedua sedang terjadi, yaitu manusia daging yang berdosa sedang dilahirkan baru sampai menjadi sama mulia seperti Tuhan.

Apa yang harus dibaharui untuk menuju Yerusalem Baru?
  1. Ketakutan.
    Lukas 1:30
    1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

    Maria takut mengandung bayi Yesus. Artinya, kaum muda banyak takut berkorban untuk perkara rohani. Jika ada ketakutan untuk berkorban, akan ada ketakutan yang lain: takut akan masa depan, takut akan jodoh, sampai takut akan segala hal.
    Jika sudah mengalami ketakutan, tidak akan segan-segan untuk mengorbankan perkara rohani, mengorbankan Yesus, kehilangan keselamatan untuk selamanya.

    Jika Maria tidak mau mengandung Yesus, akan hilang keselamatan bagi seluruh dunia.

  2. Hati yang ragu/ bimbang, tidak percaya pada firman nubuat
    Lukas 1:34
    1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”

    Jika bimbang, hidup kita banyak pertanyaan. Orang yang bimbang hidupnya tidak tenang, selalu letih lesu dan berbeban berat, dan tidak menerima apa-apa. Jika kita tenang, semua enak dan ringan.

    Yakobus 1:6-8
    1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
    1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.
    1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.
Lewat pemberitaan yang diulang-ulang, Maria mengalami pembaharuan hati, yaitu hati yang percaya dan taat dengar-dengaran kepada firman pengajaran yang benar.

Lukas 1:37-38
1:37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.”
1:38 Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.


Maria taat kepada Tuhan, berani mengambil risiko, melakukan kehendak Tuhan. Seorang imam yang benar adalah orang yang melakukan kehendak Tuhan, percaya taat dengar-dengaran pada firman apa pun risikonya, mengulurkan tangan kepada Tuhan, dan Tuhan mengulurkan tangan kuasa-Nya kepada kita.

Hasilnya:
  1. Ada kuasa membuka pintu rahim.
    Maria perawan tetapi bisa melahirkan, ada kehidupan.
    Artinya:
    • Kuasa Tuhan mampu memelihara kehidupan kita secara jasmani sekalipun di tengah kemustahilan.
    • Kuasa Tuhan mampu menolong kita dari masalah sampai yang mustahil. 
    • Kuasa Tuhan sanggup membuat kita berhasil pada waktunya.

  2. Ada kuasa untuk membuka pintu Surga.
    • Bayi Yesus lahir, artinya ada kuasa untuk mengampuni manusia berdosa untuk kembali kepada kebenaran, ada keselamatan.
    • Ada kuasa menyempurnakan, kuasa pembaharuan dari manusia daging menjadi manusia sempurna seperti Yesus.
      Wahyu 21:11
      21:11 Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.

      Penghuni Yerusalem Baru adalah seperti kristal, jujur, mengaku apa adanya. Permata yaspis artinya menyala-nyala. Kita menyala-nyala dalam pelayanan, setia, berkobar, bertanggung jawab dalam ibadah.
      Jika Yesus datang kembali kedua kali, kita diubahkan menjadi sama mulia dengan Dia.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malang, 25 Maret 2014 (Selasa Sore)
    ... menerima kuasa kalau Roh Kudus turun ke atas kamu dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Bersaksi tentang hal Bersaksi tentang injil keselamatan firman penginjilan kabar baik. Efesus Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran yaitu Injil ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 25 Juni 2014 (Rabu Sore)
    ... yang mati dan yang hidup ayat 'Aku Yang Mati dan Yang Hidup' menerima kuasa kemenangan atas maut mulai diterangkan dari Ibadah Raya Surabaya Mei . Yesus mati tapi Dia bangkit sehingga bisa memegang kunci kerajaan maut. Jikalau kita menerima pribadi Yesus yang mati dan yang hidup kita juga menang atas maut ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 24 Februari 2018 (Sabtu Sore)
    ... untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Kalau kita takut akan Allah Roh Kudus maka kita harus masuk dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna mulai dari dalam nikah--sebagai anak taat pada orang tua-- penggembalaan antar penggembalaan kunjungan-kunjungan sampai Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna. Dulu ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 17 April 2021 (Sabtu Sore)
    ... melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran Allah. Kilat sama dengan cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus sama dengan firman pengajaran yang benar yang lebih tajam dari pedang bermata dua kabar mempelai. Zakharia . TUHAN akan menampakkan diri kepada mereka dan anak panah-Nya akan melayang keluar seperti kilat. Dan Tuhan ALLAH ...
  • Ibadah Raya Malang, 24 Juni 2018 (Minggu Pagi)
    ... pengalaman kematian bersama Yesus Bersungut-sungut mengomel kecewa putus asa sehingga akan mengalami kebinasaan selamanya. Mencari jalan sendiri di luar firman melawan firman sama dengan jalan buntu dan kebinasaan selamanya. Matius Tetapi Maria Magdalena dan Maria yang lain tinggal di situ duduk di depan kubur itu. Sikap yang benar terhadap pengalaman kematian ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 Juli 2015 (Minggu Pagi)
    ... secara rohani dipegang oleh Yesus untuk diberikan kepada orang yang layak menerima. Kunci Daud ini untuk membuka pintu Sorga yang tidak bisa ditutup oleh siapa pun. Jika ditutup maka tidak bisa dibuka oleh siapa pun. Pintu Sorga terbuka sama dengan langit terbuka. Ada kali kesempatan langit terbuka Pada saat Yesus mengalami ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 09 Februari 2012 (Kamis Sore)
    ... sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit. Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. Bagaimana pendapat kamu Mereka menjawab dan berkata Ia harus dihukum mati Yesus sebagai contoh saksi yang benar. Yesus ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 10 Januari 2016 (Minggu Sore)
    ... tidak masuk kegerakan Roh Kudus hujan akhir maka akan masuk dalam kegerakan kuda liar--kegerakan daging-- yang menuju Babel mempelai wanita setan yang akan dibinasakan. Pada kebaktian Tutup Buka Tahun dalam Keluaran keadaan bangsa Israel bagaikan kuda liar. Tidak mau tergembala terserah masing-masing sampai masuk penyembahan berhala. Termasuk gembalanya--Harun--juga kacau pada waktu ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 25 April 2016 (Senin Sore)
    ... yang dijanjikan tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia. 'Bukan Yahudi menurut daging' bangsa kafirSehebat apapun bangsa kafir keadaannya adalah dengan 'tanpa' Tanpa sunat tanpa kesucian sehingga hidup dalam dosa. Tanpa Kristus tanpa urapan Roh Kudus--Kristus artinya 'yang diurapi'--sehingga hidup dalam hawa nafsu daging. 'tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan ...
  • Ibadah Raya Malang, 30 Oktober 2016 (Minggu Pagi)
    ... kedatangan Yesus kedua kali. Di Sorga takhta Sorga dikelilingi oleh empat makhluk. Di bumi Yesus dikelilingi oleh empat murid Matius - - . Jadi pelayanan di bumi harus sama dengan pelayanan di takhta Sorga. Bilangan - Terdahulu berangkatlah laskar yang di bawah panji-panji bani Yehuda menurut pasukan mereka yang mengepalai ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.