Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Siaran langsung dari Ibadah Persekutuan di Tentena V.

Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Tema: "Pergilah ke kebun anggur-Ku" (Matius 20:1-16).

Tuhan tidak mau kita menganggur. Tuhan menghendaki kita bisa bekerja di kebun anggurNya.
Tuhan memberikan arah pekerjaan Tuhan yang benar, sama dengan arah ibadah pelayanan yang benar, yaitu pekerjaan di kebun anggur. Artinya adalah ibadah pelayanan yang mengarah pada pembentukan tubuh Kristus yang sempurna, mempelai wanita Sorga, untuk layak menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Ini disebut juga kegerakan Roh Kudus hujan akhir, atau kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, mulai dari nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai Israel dan Kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna untuk masuk Yerusalem Baru.

Siapa yang boleh bekerja di kebun anggur? Yaitu imam-imam dan raja-raja, baik dari bangsa Israel maupun dari bangsa Kafir. Imam adalah seorang yang suci, seorang yang memangku jabatan pelayanan [Ibadah PTK Tentena II].

Dasar bekerja di kebun anggur adalah ada upah, ada kasih, dan kemurahan Tuhan [Ibadah PTK Tentena III].

Waktu dan jenis/ macam pekerjaan adalah tekun dalam Ibadah Pendalaman Alkitab dan Perjamuan Suci, aktif dalam pembangunan tubuh Kristus, dan membakar ukupan/ doa penyembahan [Ibadah PTK Tentena IV].

Matius 20:12
20:12 katanya: Mereka yang masuk terakhir ini hanya bekerja satu jam dan engkau menyamakan mereka dengan kami yang sehari suntuk bekerja berat dan menanggung panas terik matahari.

Apa yang harus dikerjakan oleh bangsa Kafir dalam waktu satu jam?
Markus 14:37
14:37 Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?

Doa penyembahan satu jam yang dikaitkan dengan Getsemani, yaitu pemerasan buah zaitun. Doa penyembahan dikaitkan dengan perobekan daging (angka 40) sehingga menghasilkan minyak urapan Roh Kudus.

Ada 3 macam doa penyembahan satu jam yang dikaitkan dengan Getsemani/ pemerasan daging:
  1. Doa satu jam adalah proses perobekan daging dengan segala hawa nafsunya.
    Wahyu 18:16
    18:16 mereka berkata: "Celaka, celaka, kota besar, yang berpakaian lenan halus, dan kain ungu dan kain kirmizi, dan yang dihiasi dengan emas, dan permata dan mutiara, sebab dalam satu jam saja kekayaan sebanyak itu sudah binasa."

    1. Supaya kita tidak jatuh dalam dosa Babel, yaitu dosa makan-minum (merokok, mabuk, narkoba) dan kawin-mengawinkan (dosa percabulan dengan aneka ragamnya, nikah yang salah, kawin campur, kawin cerai, kawin-mengawinkan).
    2. Supaya tidak binasa bersama Babel yang akan dibinasakan dalam waktu satu jam.
      Jika di dalam dunia kita masih diijinkan kekurangan, jangan menjadi kecewa dan putus asa. Biar kita selalu mengucap syukur kepada Tuhan.
    3. Supaya kita mengalami minyak urapan Roh Kudus, sehingga kita bisa hidup benar dan suci. Kita bisa dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna. Melayani memang butuh pengorbanan, tetapi kita sedang menempatkan Yesus sebagai Kepala.

  2. Doa satu jam adalah proses perobekan tabiat daging.
    Lukas 22:57-60
    22:57 Tetapi Petrus menyangkal, katanya: "Bukan, aku tidak kenal Dia!"
    22:58 Tidak berapa lama kemudian seorang lain melihat dia lalu berkata: "Engkau juga seorang dari mereka!" Tetapi Petrus berkata: "Bukan, aku tidak!"
    22:59 Dan kira-kira sejam kemudian seorang lain berkata dengan tegas: "Sungguh, orang ini juga bersama-sama dengan Dia, sebab ia juga orang Galilea."
    22:60 Tetapi Petrus berkata: "Bukan, aku tidak tahu apa yang engkau katakan." Seketika itu juga, sementara ia berkata, berkokoklah ayam.


    Salah satu tabiat daging adalah takut berkorban untuk Tuhan. Jika ini dirobek, maka kita tidak akan menyangkal Tuhan seperti Petrus.
    Menyangkal Tuhan, takut berkorban untuk Tuhan artinya:
    1. Tidak tegas untuk berpegang teguh pada ajaran yang benar, masih dicampur dengan ajaran lain.
    2. Tidak setia dan tidak berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan, bahkan tinggalkan jabatan pelayanan seperti Yudas Iskariot.
    3. Tidak lagi percaya Yesus, tinggalkan Yesus.

    Lewat doa satu jam, kita mengalami urapan Roh Kudus sehingga kita tidak menyangkal Tuhan, tetapi kita takut akan Tuhan. Buktinya adalah:
    1. Tegas untuk berpegang teguh pada ajaran yang benar, dan tidak memberi kesempatan satu kali pun untuk mendengar ajaran lain, apa pun pengorbanannya.

    2. Tetap setia dan berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.
      Mazmur 90:10,12
      90:10 Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.
      90:12 Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

      Jika panjang umur 70-80 tahun hanya digunakan untuk perkara jasmani, maka hanya akan mengalami kesukaran dan penderitaan.
      Tetapi jika panjang umur 70-80 tahun digunakan untuk melayani Tuhan dalam urapan Roh Kudus, mendapat hikmat Sorgawi, tetap berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar, maka akan lebih setia dan berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.

      Matius 10:32-33
      10:32 Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga.
      10:33 Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga."


      Maka Tuhan akan mengingat dan membela kita, mulai di dunia ini sampai di Sorga.

  3. Doa satu jam adalah proses perobekan keinginan daging yang bertentangan dengan firman Allah.
    Markus 14:38
    14:38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."

    Ini supaya kita tidak jatuh dalam pencobaan.

    Yakobus 1:13-15
    1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.
    1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
    1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

    Keinginan daging mempunyai daya pikat dan menyeret untuk keluar dari firman pengajaran yang benar. Keluar dari firman sama dengan keluar dari kehendak Tuhan, sama dengan kereta keluar dari rel sehingga anjlok. Semakin hebat keretanya, maka akan semakin hebat kerusakannya.
    Jika sudah jatuh dalam pencobaan, tetapi masih jalan sendiri di luar firman pengajaran yang benar, maka itu merupakan jalan buntu dan kebinasaan.

    Tetapi bersyukur kepada Tuhan, lewat doa satu jam kita mengalami proses perobekan keinginan daging sehingga kita tetap dalam rel kehendak Tuhan apa pun resikonya. Kita hanya berseru "Ya Abba, ya Bapa".

    Markus 14:36
    14:36 Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."

    Yohanes 10:27-28
    10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
    10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.


    Sehingga kita mendapat jaminan kepastian untuk menang atas musuh-musuh, sampai setan tritunggal dikalahkan. Juga ada jaminan kepastian pemeliharaan hidup sekarang, masa depan yang indah, sampai hidup kekal selamanya.

Sumber minyak urapan Roh Kudus adalah salib Kristus.
Kegunaan minyak urapan Roh Kudus:
  1. Untuk membereskan masalah-masalah yang mustahil, yang menghalangi ibadah pelayanan kepada Tuhan.
    2 Raja-raja 4:1-7
    4:1 Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: "Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya."
    4:2 Jawab Elisa kepadanya: "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak."
    4:3 Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit.
    4:4 Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!"
    4:5 Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang.
    4:6 Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: "Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi," tetapi jawabnya kepada ibunya: "Tidak ada lagi bejana." Lalu berhentilah minyak itu mengalir.
    4:7 Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu."

    Yaitu masalah nikah dan buah nikah, masalah ekonomi, masalah hati (penderitaan, sengsara, tidak bahagia, stres).
    Biar kita berdoa menyembah Tuhan satu jam, merobek daging, sampai minyak urapan Roh Kudus mengalir, dan semua akan dibereskan, semua indah pada waktuNya.

  2. Supaya pelita tetap menyala sampai Yesus datang kembali kedua kali. Kita tetap setia dan berkobar dalam ibadah pelayanan sampai Yesus datang kedua kali. Kita terus dibaharui sampai menjadi mempelai wanita yang sempurna saat Yesus datang kedua kali.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 05 September 2021 (Minggu Pagi)
    ... oleh Roh Kudus yaitu ayat menerangkan ayat lain dalam Alkitab firman pengajaran benar yang lebih tajam dari pedang bermata dua. Ada firman penginjilan untuk melahirkan kita kembali menjadi bayi rohani tetapi ada juga firman pengajaran untuk mendewasakan kerohanian kita. Salib dan pedang tidak bisa dipisahkan dari pengikutan kita kepada Yesus. ...
  • Ibadah Doa Puasa Session I Malang, 23 Agustus 2016 (Selasa Pagi)
    ... depan tentara Israel lalu berjalan di belakang mereka dan tiang awan itu bergerak dari depan mereka lalu berdiri di belakang mereka. Demikianlah tiang itu berdiri di antara tentara orang Mesir dan tentara orang Israel dan oleh karena awan itu menimbulkan kegelapan maka malam itu lewat sehingga yang satu tidak dapat ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 17 September 2022 (Sabtu Sore)
    ... tidak halal. Mengapa terjadi demikian Sudah diberi pekerjaan tetapi tidak mau memberikan hasilnya malah membunuh diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja September . Tabiat dari penggarap kebun anggur--sebagian orang Israel--adalah jahat yaitu tidak ada rasa hormat terhadap pemilik kebun anggur. Keinginan daging untuk memiliki kebun anggur secara tidak halal--keinginan akan uang. ...
  • Ibadah Raya Malang, 14 Desember 2008 (Minggu Pagi)
    ... -- tidak bisa mencapai Yerusalem Baru. Contoh kehidupan yang buta rohani adalah Bartimeus Markus tandanya Duduk di pinggir jalan artinya tidak tergembala. Tandanya adalah Tidak tekun di kandang beredar-edar. Sidang jemaat jika beredar-edar nanti bisa bertemu singa. Gembala yang beredar-edar bisa-bisa memasukkan singa dalam jemaat. Hatinya seperti tepi jalan sehingga tidak ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 07 September 2015 (Senin Malam)
    ... sombong aku tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau hal-hal yang terlalu ajaib bagiku. Sesungguhnya aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya ya seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku. Setelah menyerahkan kekuatiran barulah kita bisa menyerahkan seluruh hidup kita kepada TUHAN. Praktiknya Praktik pertama ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 14 Januari 2024 (Minggu Siang)
    ... datang dan Yerusalem baru selamanya. BAGIAN Penakut dan tidak percaya artinya takut pada sesuatu di dunia--pekerjaan studi jodoh kedudukan-- sehingga bimbang pada firman pengajaran yang benar pribadi Tuhan. Kalau sudah bimbang pada pengajaran yang benar tidak akan takut pada Tuhan berarti melawan Tuhan firman pengajaran yang benar. Yakobus . Hendaklah ia ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 08 April 2013 (Senin Sore)
    ... II Allah Roh Kudus Kristus. Jadi Mempelai Pria Surga adalah Tuhan Yesus Kristus. tabut petinya. Keluaran - . Haruslah mereka membuat tabut dari kayu penaga dua setengah hasta panjangnya satu setengah hasta lebarnya dan satu setengah hasta tingginya. . Haruslah engkau menyalutnya dengan emas murni dari dalam dan dari luar engkau ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 30 Agustus 2019 (Jumat Sore)
    ... mendapatkan segala-galanya. Yakub tidak punya potensi apa-apa--bukan anak sulung-- tetapi ia berada dalam penggembalaan sehingga ia mendapat segala-galanya. Sebaliknya Esau punya potensi hebat--anak sulung badannya merah berbulu ada pertobatan ada urapan-- tetapi tidak tergembala akibatnya diterkam binatang buas dan kehilangan segala-galanya--hanya ada air mata. Kalau taat air mata akan dihapus kalau ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 10 Agustus 2021 (Selasa Sore)
    ... setiap anak sulung di antara anak-anakmu lelaki haruslah kautebus. . Dan apabila anakmu akan bertanya kepadamu di kemudian hari Apakah artinya itu maka haruslah engkau berkata kepadanya Dengan kekuatan tangan-Nya TUHAN telah membawa kita keluar dari Mesir dari rumah perbudakan. . Sebab ketika Firaun dengan tegar menolak untuk membiarkan kita ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 30 November 2010 (Selasa Pagi)
    ... merupakan anak Rehuel. Rehuel artinya sahabat Allah. Pagi ini kita membahas tentang SAHABAT ALLAH. Yohanes Kamu adalah sahabat-Ku jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Sahabat Allah adalah orang yang melakukan perintah Tuhan. Yakobus Bukankah Abraham bapa kita dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya ketika ia mempersembahkan Ishak anaknya di atas mezbah Dengan jalan demikian genaplah ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.