Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 21:1-8 terdiri dari 3 bagian:
  1. Wahyu 21:1, langit yang baru dan bumi yang baru.
  2. Wahyu 21:2-3, manusia baru.
  3. Wahyu 21:4-8, suasana baru.
    1. ayat 4, suasana tanpa maut
    2. ayat 5-6, suasana kepuasan Sorga
    3. ayat 7, suasana kemenangan
    4. ayat 8, suasana kebenaran, kesucian, dan kesempurnaan.
Maka kita bisa masuk Yerusalem baru.

Kita mempelajari suasana baru yang keempat.
ad.d. suasana kebenaran, kesucian, kesempurnaan.
Wahyu 21:8
21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

Ada 8 dosa yang menenggelamkan manusia ke dalam lautan api belerang, binasa di neraka selamanya:
(1) Penakut, (2) tidak percaya -->melawan kebenaran.
(3) Keji, (4) pembunuh, (5) sundal, (6) sihir, (7) penyembah berhala -->melawan kesucian.
(8) Dusta -->melawan kesempurnaan.

Kita mempelajari yang keempat: pembunuh.
1 Yohanes 3:15
3:15 Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

Pembunuhan = tabiat kebencian, mulai rasa tidak suka sehingga tidak mewarisi kerajaan Surga, binasa di neraka.

Pembunuhan/ kebencian berlangsung dari zaman ke zaman:
  1. Zaman Allah Bapa, dihitung dari Adam sampai Abraham.
    Diwakili Kain yang membunuh Habel. Sebab Kain adalah hamba Tuhan yang jahat dan malas. Habel adalah hamba Tuhan yang setia dan benar. Kain iri, marah, sehingga membunuh Habel.

    Oleh sebab itu, kita harus setia dan benar dalam ibadah pelayanan sehingga diindahkan oleh Tuhan, sampai mati pun diindahkan oleh Tuhan, darahnya masih berbicara.

  2. Zaman Anak Allah, dihitung dari Abraham sampai kedatangan Yesus pertama kali.
    Diwakili raja Yoas membunuh imam Zakharia. Karena mendengar suara asing yang menyanjung daging, yang bertentangan dengan pengajaran benar.

  3. Zaman akhir, dihitung dari kedatangan Yesus pertama sampai kedatangan Yesus kedua kali.
    Wahyu 12:17-18
    12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.
    12:18 Dan ia tinggal berdiri di pantai laut.

    Diwakili oleh antikris yang melakukan pembunuhan masal atas gereja Tuhan.

    Mengapa gereja Tuhan dianiaya, dibunuh oleh antikris?
    1. [Wahyu 12:18] Karena gereja Tuhan berdiri di pantai laut, tempatnya antikris, tidak mau menyeberang sesuai perintah Tuhan.
      Matius 8:18-20
      8:18 Ketika Yesus melihat orang banyak mengelilingi-Nya, Ia menyuruh bertolak ke seberang.
      8:19 Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepada-Nya: "Guru, aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi."
      8:20 Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."

      Bertolak ke seberang artinya mengikut ke mana saja Dia pergi = pengikutan tubuh terhadap Kepala = aktif dalam kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang didorong oleh firman pengajaran benar.

      Berdiri di pantai laut artinya pasif, tidak mau masuk dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus. Akibatnya adalah:
      • Berada di luar tubuh Kristus sehingga tidak ada pembelaan dari Yesus sebagai Kepala. Menjadi sasaran antikris, mengalami aniaya dan pembunuhan oleh antikris.
      • Dipakai dalam pembangunan Babel, gereja palsu, mempelai wanita setan yang sempurna dalam kejahatan dan kenajisan, yang akan dibinasakan dalam 1 jam.

      Oleh sebab itu, kita harus berjuang untuk aktif dalam kegerakan Roh Kudus hujan akhir, pembangunan tubuh Kristus oleh dorongan firman pengajaran benar. Mulai melayani dalam nikah/ rumah tangga: suami mengasihi istri dan tidak berlaku kasar, istri tunduk kepada suami, anak taat kepada orang tua. Melayani dalam penggembalaan, antar penggembalaan, sampai tubuh Kristus sempurna. Ini sama dengan menempatkan Yesus sebagai Kepala yang mati di bukit tengkorak untuk bertanggung-jawab atas hidup mati kita.

      Bertolak ke seberang (aktif dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus) harus menghadapi dua hal:
      • Harus rela berkorban waktu, tenaga, pikiran, keuangan sampai seluruh hidup kepada Tuhan. Kecuali firman pengajaran benar (Yesus sebagai Kepala) jangan dikorbankan. Tubuh tanpa Kepala pasti tanpa arah, gelap, sampai binasa.
        Yohanes 2:19-21
        2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
        2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
        2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

        Yesus rela berkorban apa saja sampai rela mati di kayu salib untuk terjadinya pembangunan tubuh Kristus, supaya bangsa kafir bisa masuk di dalamnya. Bait Allah sistim Taurat (46 tahun) hanya untuk bangsa Israel.

        Jika kita mengingat dan menghargai korban Kristus, maka kita mendapat kekuatan ekstra sehingga bisa rela berkorban untuk pembangunan tubuh Kristus.

      • Tantangan/ rintangan, yaitu angin dan gelombang di lautan dunia.
        Angin = suara asing, ajaran palsu, gosip, dosa-dosa.
        Gelombang = masalah/ pencobaan yang mustahil.
        Ini ditiupkan oleh setan dengan kuasa maut untuk menenggelamkan kehidupan kita di lautan dunia sampai lautan api belerang, binasa selamanya.

        Yesus sebagai Kepala yang bertanggung jawab atas hidup kita, pasti menolong kita sehingga kita tetap pegang teguh firman pengajaran benar dan taat dengar-dengaran, tetap hidup suci, tetap dipakai oleh Tuhan. Yesus sanggup menyelesaikan semua masalah mustahil dalam hidup kita. Kita terus berlayar sampai mencapai pelabuhan damai sejahtera, menjadi tubuh Kristus yang sempurna, tidak bisa dilihat dan dijamah oleh antikris. Kita disingkirkan ke padang gurun, dipelihara lewat firman pengajaran dan perjamuan suci. Kita diangkat ke awan permai untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali, masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan 1000 tahun damai, sampai Yerusalem baru.

    2. [Wahyu 12:17] Sebab memiliki hukum (meja roti sajian) dan kesaksian Yesus (pelita emas) tetapi tidak memiliki mezbah dupa emas = terpaksa dalam menyembah Tuhan, tidak mau menyembah Tuhan, penyembahan tidak mencapai ukuran sampai daging tidak bersuara. Ini yang menjadi sasaran antikris.

      Mempertahankan suara daging yang paling keras yaitu bimbang, takut, tidak taat.

      Roma 8:26
      8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

      Tidak bisa dipungkiri, manusia daging ditandai banyak kelemahan. Kelemahan daging yang paling hakiki yaitu tidak bisa menyembah Tuhan. Sehingga penyembahan sering diganti-ganti untuk menutupi tidak bisa menyembah.

      Oleh sebab itu Yesus harus mati, bangkit dan naik ke Surga untuk mencurahkan Roh Kudus. Roh Kudus sanggup menolong kita untuk gemar menyembah Tuhan:
      • Roh Kudus menaikkan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan = menyembah dengan hancur hati, menyerahkan seluruh kelemahan kekurangan kita secara rohani dan jasmani (letih lesu, beban berat, dosa-dosa, masalah/ pencobaan). Kita mengulurkan tangan kepada Tuhan. Maka Tuhan mengulurkan tangan untuk memberi kelegaan, damai sejahtera, semua enak dan ringan.

        Roma 8:27-28
        8:27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.
        8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

        Tuhan turun tangan untuk menjadikan semua baik pada waktunya.

      • Roh Kudus menolong kita untuk taat dengar-dengaran sampai daging tidak bersuara.
        Roma 8:15
        8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

        Contoh: Yesus di taman Getsemani.

        Markus 14:33-36
        14:33 Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar,
        14:34 lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah."
        14:35 Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.
        14:36 Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."

    Kita bisa menyerahkan segala ketakutan/ kegentaran, kesedihan, menyerahkan kehendak diri sendiri, sampai menyerahkan seluruh hidup kepada Tuhan, taat dengar-dengaran sampai daging tidak bersuara. Maka Tuhan mengulurkan tangan Roh Kudus untuk mengubahkan kita dari manusia daging menjadi manusia rohani, yaitu jujur, terang-terangan. Roh Kudus sanggup menghapus segala kemustahilan. Sampai kita diubahkan sempurna untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan permai.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 10 Mei 2014 (Sabtu Sore)
    ... - Jiwa diasuh oleh Tuhan untuk mendapat kedudukan rohani dalam kerajaan Surga. Lukas - Roh diasuh oleh Tuhan supaya tidak sakit rohani melainkan sehat rohani sampai sempurna. Lukas - Perbuatan diasuh oleh Tuhan. Lukas - Akal diasuh oleh Tuhan. Lukas - Hati diasuh oleh Tuhan. Lukas - Perjalanan hidup diasuh oleh Tuhan. ad. . Lukas - ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 08 Februari 2020 (Sabtu Sore)
    ... teladanku dan perhatikanlah mereka yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu. Sistem ibadah kita adalah sistem keteladanan. Ada tiga macam teladan Yesus Petrus . Sebab untuk itulah kamu dipanggil karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu supaya kamu mengikuti jejak-Nya. Teladan Yesus yang pertama teladan jejak yaitu kematian ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 04 Juli 2020 (Sabtu Sore)
    ... bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali ia telah hilang dan didapat kembali. Si sulung menunjuk pada imam-imam pelayan Tuhan yang beribadah melayani Tuhan tetapi 'belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing'. Artinya aktif beribadah melayani sudah bagus tetapi sayang tanpa korban tahbisan kurban Kristus. Keluaran - . Inilah yang ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 16 Desember 2015 (Rabu Malam)
    ... iblis kalau tidak diutus TUHAN berarti diutus oleh iblis. Korintus Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku supaya aku jangan meninggikan diri. Utusan iblis hanya menggocoh--mengganggu menghambat--pekerjaan TUHAN. Jadi tinggal pilih ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 13 September 2009 (Minggu Sore)
    ... sebab jika demikian akan ikut lenyap bersama dunia. Perhatian kita yang terutama haruslah memperhatikan perkara Tuhan perkara rohani yang tidak akan berlalu itulah perkara yang kekal yaitu Perkataan Tuhan sendiri firman pengajaran yang benar. Mazmur kemurahan Tuhan. Petrus Kerajaan Sorga. AD. . Perhatian utama kita haruslah untuk bisa masuk Kerajaan SorgaBagaimana kita ...
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Session I Malang, 12 Agustus 2014 (Selasa Malam)
    ... menghangatkan kerohanian kita sehingga selalu setia dan berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan. Jika api padam akan mengalami dingin rohani seperti Petrus. Lukas - Lalu Yesus ditangkap dan dibawa dari tempat itu. Ia digiring ke rumah Imam Besar. Dan Petrus mengikut dari jauh. Di tengah-tengah halaman rumah itu orang memasang api dan mereka ...
  • Ibadah Doa Malang, 01 November 2011 (Selasa Sore)
    ... pada pengajaran yang benar. Sebab di Mesir ada Yusuf sehingga suku Israel menjadi satu kembali. Sekarang ini menunjuk pada penyatuan tubuh Kristus yang sempurna. Bukan hanya rukun satu sama lain tetapi sampai menyatu menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna. ad. . Sebab di Mesir ada gandum. Pada waktu terjadi kelaparan Yakub harus ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 30 Agustus 2010 (Senin Sore)
    ... supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya. . Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu. . Karena setiap orang yang mempunyai kepadanya akan diberi sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 05 Desember 2013 (Kamis Sore)
    ... kita selama-lamanya tidak terpisah lagi. Ini terjadi saat kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai dalam kemuliaan sebagai Raja segala raja Mempelai Pria Surga untuk menyucikan dan menyempurnakan kita menjadi mempelai wanita Tuhan masuk perjamuan kawin Anak Domba masuk kerajaan tahun damai Firdaus yang akan datang sampai masuk Yerusalem ...
  • Ibadah Doa Malang, 16 Agustus 2022 (Selasa Sore)
    ... malam atau pagi-pagi buta Ada empat jaga malam diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya Agustus Menjelang malam-- - . Tengah malam-- - . Larut malam-- - . Pagi-pagi buta-- - diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya Agustus ad. . Pagi-pagi buta fajar menyingsing. Pada pagi-pagi buta yang dijaga adalah memberi rempah-rempah pada tubuh ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.