Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Keluaran 6: 13-26=> berkaitan dengan panggilan dan pilihan TUHAN kepada kita.
6:13.Inilah para kepala kaum keluarga mereka: Anak-anak Ruben anak sulung Israel: Henokh, Palu, Hezron dan Karmi; itulah kaum-kaum Ruben.
6:14.Anak-anak Simeon: Yemuel, Yamin, Ohad, Yakhin, Zohar, dan Saul, anak seorang perempuan Kanaan; itulah kaum-kaum Simeon.
6:15.Inilah nama anak-anak Lewimenurut urutan kelahirannya: Gerson, Kehatdan Merari. Umur Lewi seratus tiga puluh tujuh tahun.
6:16.Anak-anak Gerson: Libni dan Simei, menurut kaum mereka.
6:17.Anak-anak Kehat: Amram, Yizhar, Hebron dan Uziel. Umur Kehat seratus tiga puluh tiga tahun.
6:18.Anak-anak Merari: Mahli dan Musi. Itulah kaum-kaum Lewi menurut urutannya.
6:19.Dan Amram mengambil Yokhebed, saudara ayahnya, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan Harun dan Musabaginya. Umur Amram seratus tiga puluh tujuh tahun.
6:20.Anak-anak Yizhar: Korah, Nefeg dan Zikhri.
6:21.Anak-anak Uziel: Misael, Elsafan dan Sitri.
6:22.Dan Harun mengambil Eliseba, anak perempuan Aminadab, saudara perempuan Nahason, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan baginya Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.
6:23.Anak-anak Korah: Asir, Elkana dan Abiasaf; itulah kaum-kaum orang Korah.
6:24.Eleazar, anak Harun, mengambil salah seorang anak perempuan Putiel menjadi isterinya dan perempuan ini melahirkan Pinehas baginya. Itulah para kepala kaum keluarga orang Lewi menurut kaum mereka.
6:25.Itulah Harun dan Musa, yang diperintahkan TUHAN: "Bawalah orang Israel keluar dari tanah Mesir menurut pasukan mereka."
6:26.Merekalah yang berbicara kepada Firaun, raja Mesir, supaya mereka membawa orang Israel keluar dari Mesir. Itulah Musa dan Harun.

Ini tentang panggilan dan pilihan TUHAN untuk pekerjaan imamat--ibadah pelayanan--kepada TUHAN. Dulu kepada Harun dan Musa, sekarang kepada kita, untuk jadi hamba TUHAN/pelayan TUHAN.

Harun dan Musa dipanggil dan dipilih lewat seleksi yang ketat. Tidak sembarangan untuk jadi hamba TUHAN!
Dari segala bangsa di dunia, dipilih satu bangsa yaitu Israel. Dari dua belas suku, dipilih satu suku yaitu suku Lewi. Dari suku Lewi dipilih satu kaum yaitu Kehat. Dari kaum Kehat dipilih satu keluarga, itulah keluarga Amram dan Yokhebed yang memperanakkan Musa dan Harun.

Jadi, untuk menjadi hamba TUHAN itu lewat pilihan, seleksi yang ketat dari TUHAN.
Jika kita dipilih jadi hamba/pelayan TUHAN, itu adalah kepercayaan dan anugerah TUHAN yang besar.

"Saya menjadi hamba TUHAN sepenuh, dulu masih dikirim ke kota kecil--Gending. Saya jalan lewat jembatan, sungai, saya berpikir: 'Kalau bukan karena TUHAN, tidak mungkin saya bisa di sini.' Kemarin malam saya menerima telepon dari Malaysia, pegawai duane, yang ikut siaran langsung sampai sekarang. Saya seperti mimpi, dia tidak kenal saya dan saya tidak kenal dia, tetapi bisa akrab telepon-teleponan. Itu benar-benar kepercayaan dan anugerah TUHAN yang besar. Saya tanya: 'Kenapa bisa tahu?': 'Oh saya cari di internet, tahu-tahu muncul gptkk, lalu saya ikuti terus sampai hari ini.' Dari tidak punya laptop, tidak punya rumah. Dia tinggal di tempat seperti bilik. Kemarin dia bersaksi. Mau ibadah sulit juga. Mau dengar firman sulit juga karena kedengaran tetangga. Tahu-tahu isterinya dapat hadiah laptop, kemudian ia bisa beli rumah kecil. Sekarang bisa ibadah terus. Saya sampai tidak habis pikir. Ini kepercayaan dan anugerah TUHAN."

Disebut: 'Itulah Harun dan Musa', ini adalah penegasandalam panggilan pilihan.
Artinya: panggilan dan pilihan itu teguh sampai selama-lamanya; sampai garis akhir. Jangan dilepaskan!

Di ayat 26: 'itulah Musa dan Harun', padahal di ayat 25:'itulah Harun dan Musa.'
Artinya: kehidupan yang dipakai TUHAN--menerima panggilan dan pilihan TUHAN--harus bekerjasama; kadang-kadang Harun di depan, kadang Musa di depan. Seperti kaki. Kadang kiri di depan, kadang di belakang. Ikuti saja. Jangan mau ke depan juga. Santai saja kalau melayani TUHAN. Bukan saling menjatuhkan, saling merasa hebat, saling menjegal, tetapi bekerjasama. Kalau ada yang di depan, kita dukung dan satu waktu nanti kita akan di depan juga.

Musa dan Harun ada kelemahan, tetapi panggilan dan pilihan TUHAN melenyapkan segala kekurangan dan kelemahan kita, diganti dengan kemampuan dari TUHAN untuk bisa melakukan kehendak-Nya.

Inilah beberapa hal tentang panggilan dan pilihan TUHAN. Panggilan itu ketat--merupakan kepercayaan dan anugerah TUHAN--, dan suatu penegasan--teguh.
Bagaimana TUHAN turun ke dunia orang mati--alam maut--untuk memberikan jabatan-jabatan pelayanan kepada kita. Berapa dalamnya itu. TUHAN turun ke bagian bumi paling bawah. Ini benar-benar panggilan dan pilihan yang teguh. Jangankan rubuh, goyahpun tidak boleh!

Kapan bisa jatuh?Kalau saling iri dan saling mendahului; tidak kerjasama.
Kalau bekerjasama bisa sampai ke Yerusalem baru.

Tugas kehidupan yang dipanggil dan dipilih:

  1. Memuliakan dan mengagungkan TUHAN. Meski kita sederhana, jangan memalukan atau memilukan TUHAN!
  2. Membawa umat Israel keluar dari Mesir--kegerakan besar. Sekarang adalah kegerakan pembangunan tubuh Kristus.

    "Benar-benar saya merasakan, sesuai dengan firman tutup buka tahun, yaitu kegerakan besar. Mari, ikuti!"

    Tugas kita adalah memuliakan TUHAN dan dipakai dalam kegerakan pembangunan tubuh Kristus.

Hasilnya:

  • Masuk ke Kanaan, negeri yang penuh susu dan madu. Kaum muda tidak usah takut kalau dipakai TUHAN, yang penting memuliakan TUHAN. Kita bergerak semua.
    Negeri penuh susu madu= pemeliharaan berlimpah dari TUHAN--pekerjaan, ekonomi semua dipelihara TUHAN--sampai selalu mengucap syukur pada TUHAN.

  • Kanaan adalah negeri perhentian.
    Artinya: mengalami damai sejahtera. Ada ketenangan di tengah guncangan dunia. Kita semakin enak dan ringan.

  • Dari Mesir--padang pasir--ke Kanaan= ada masa depan yang berhasil dan indah.
    Ini bisa kita rasakan mulai dari sekarang.
    Dari Mesir ke Kanaan= pembaharuandari manusia daging menjadi manusia sorga, itulah taat dengar-dengaran: 'Ya Abba, ya Bapa.' Ini adalah rumah doa.

    Jujur, kita menjadi rumah doa, tetapi taat sampai daging tidak bersuara juga menjadi rumah doa.
    Maka mujizat-mujizat jasmani akan terjadi. Kita tinggal tunggu waktu TUHAN.

    Kita mengerjakan tugas kita untuk memuliakan TUHAN dan dipakai dalam kegerakan pembangunan tubuh Kristus sampai kita betul-betul menjadi rumah doa. Maka mujizat-mujizat jasmani terjadi sampai nanti kita menjadi sempurna--kanaan samawi.

Kita semua dipanggil bukan karena kelebihan kita, tetapi karena kekurangan dan kelemahan kita; hanya karena anugerah TUHAN. Serahkan hidup!
Kita hanya mengulurkan tangan kepada TUHAN, berseru dan berserah pada TUHAN. Biar TUHAN yang bekerja. Ada kemurahan dan anugerah TUHAN yang besar.

Helaan nafas kita adalah anugerah TUHAN. Bersyukur kalau dipanggil dan dipilih oleh TUHAN. Adakah kita mengucap syukur kalau kita dipakai TUHAN? Serahkan hidup! Jangan ragu-ragu memuliakan Dia, dipakai, dan setia!
Sampai menjadi rumah doa--taat dengar-dengaran. Kita hanya mengulurkan tangan kepada TUHAN.

Memang ada banyak kekurangan dan kelemahan, tetapi ada tekad untuk sungguh-sungguh melayani dan memuliakan TUHAN dengan setia berkobar-kobar, dan tangan anugerah-Nya diulurkan kepada kita.
Berjanji malam ini, tugas kita hanya memuliakan TUHAN dan sungguh-sungguh. Selanjutnya ada di dalam tangan anugerah TUHAN. Dia yang bertanggung jawab atas semuanya.

Jangan batasi anugerah TUHAN! Jangan anggap mustahil! Anugerah-Nya terlalu besar. Dia sudah mati dan korbankan semua untuk mengulurkan tangan anugerah-Nya.
Kaum muda, jangan ragu! Serahkan semua, termasuk masa depan! Jangan bangga dan kecewa! Urusan kita adalah melayani Dia sungguh-sungguh, yang lain adalah urusan TUHAN. Tangan anugerah TUHAN mampu melakukan semuanya.

Penuhi panggilan-Nya dan selanjutnya adalah urusan Dia. Anugerah-Nya besar, lebih besar dari apapun. Jangan memustahilkan seperti sepuluh pengintai! Jangan! Anugerah-Nya terlalu besar bagi kita.

TUHAN memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Surabaya, 05 Januari 2014 (Minggu Sore)
    ... oleh Rasul Yohanes Lukas Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. Para gembala mendengar dan melihat berita malaikat yang menjadi wujud bayi Yesus. Jadi suara sangkakala yang nyaring yang didengar ...
  • Ibadah Doa Malang, 30 Agustus 2018 (Kamis Sore)
    ... domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia karena mereka mengenal suaranya. Sikap kita adalah mengikuti tuntunan tangan Tuhan Gembala Agung melalui suara gembala firman penggembalaan yaitu ...
  • Ibadah Raya Malang, 16 Agustus 2015 (Minggu Pagi)
    ... seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. Matius Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya. dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit. Yesus taat dan setia sampai mati di kayu salib untuk membuka pintu alam maut ...
  • Ibadah Doa Malang, 28 Januari 2020 (Selasa Sore)
    ... tidak bersuara lagi bahkan sampai pada kesempurnaan. Kalau Bait Suci dan mezbah memenuhi ukuran kita akan mengalami tutupan dari tutup pendamaian sehingga kita sungguh-sungguh aman sampai antikris tidak bisa menjamah bahkan tidak bisa melihat kita. Tetapi kalau tidak memenuhi ukuran maka akan masuk aniaya antikris untuk berjuang supaya bisa memenuhi ukuran yaitu ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 05 Desember 2013 (Kamis Sore)
    ... kita selama-lamanya tidak terpisah lagi. Ini terjadi saat kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai dalam kemuliaan sebagai Raja segala raja Mempelai Pria Surga untuk menyucikan dan menyempurnakan kita menjadi mempelai wanita Tuhan masuk perjamuan kawin Anak Domba masuk kerajaan tahun damai Firdaus yang akan datang sampai masuk Yerusalem ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 01 September 2017 (Jumat Sore)
    ... Tuhan yang harus masuk aniaya antikris--mati syahid di zaman antikris-- Wahyu - . Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu lalu pergi memerangi keturunannya yang lain yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus. . Dan ia tinggal berdiri di pantai laut. 'perempuan' gereja Tuhan. 'ia' naga. Di sini disebutkan antikris berdiri di ...
  • Ibadah Paskah Medan IV, 29 April 2009 (Rabu Sore)
    ... TAHTA KEDUDUKAN Yehezkiel batu sandungan ini adalah kedurhakaan. Lantas apa kaitannya dengan tahta Kita ingat Korah yang merupakan orang durhaka Yudas . Bilangan - - menuntut pangkat imam menuntut kedudukan tahta. Korah durhaka pada Tuhan karena menuntut pangkat kedudukan dalam pelayanan atau mencari kedudukan secara rohani dengan menghalalkan segala cara yang diluar ...
  • Ibadah Doa Malang, 06 Desember 2012 (Kamis Sore)
    ... kota itu. Yesus mengutus kedua belas murid-Nya untuk melayani pembangunan tubuh Kristus. Tuhan juga mau mengutus kita dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus. Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pengutusan Berdua-dua. Markus . Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat Artinya Bersama dengan ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 Oktober 2014 (Minggu Pagi)
    ... TUHAN Allahmu. Caranya adalah setiap ujung jubah harus digantungi dengan firman Tuhan firman pengajaran yang benar yang mengandung kuasa kebangkitan. Setiap ujung jubah menunjuk pada setiap langkah hidup kita atau setiap tahap umur kita harus digantungi dengan firman pengajaran yang benar. Mulai dari masa kandungan balita anak-anak remaja muda dewasa ...
  • Ibadah Persekutuan Ambon V, 17 November 2011 (Kamis Sore)
    ... terlihat. Kita sudah mempelajari bagian dari tabut perjanjian. Tabut perjanjian terdiri dari bagian Keluaran - . Juga engkau harus membuat tutup pendamaian dari emas murni dua setengah hasta panjangnya dan satu setengah hasta lebarnya. . Dan haruslah kaubuat dua kerub dari emas kaubuatlah itu dari emas tempaan pada kedua ujung tutup pendamaian ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.