Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 26:17-25 --> makan Perjamuan Paskah.
Matius 26:26-29 --> makan Perjamuan Suci.
Jadi terjadi peralihan dari Perjamuan Paskah menjadi Perjamuan Suci. Perjamuan Paskah yang terakhir merupakan Perjamuan Suci yang pertama.

Peraturan makan Perjamuan Paskah/Perjamuan Suci.
Keluaran 12:9
12:9 Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air; hanya dipanggang di api, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya.

  1. Jangan makan daging mentah.
    Daging mentah = api hawa nafsu daging yang membawa kita jatuh dalam dosa-dosa sampai puncaknya dosa.

    Yeremia 23:29
    23:29 Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu?

    Daging mentah harus dibakar dalam api yang positif, yaitu firman pengajaran yang benar.

    Jadi, makan Perjamuan Suci harus disertai penyucian oleh firman pengajaran yang keras.

  2. Jangan direbus dalam air.
    Air menunjuk pada kesegaran dunia.
    Air yang positif adalah air kehidupan Roh Kudus.

    Jadi, makan Perjamuan Suci harus dalam urapan Roh Kudus sehingga kita mengalami kepuasan dalam Roh Kudus.

Makan Perjamuan Suci = mengalami pekerjaan firman pengajaran dalam urapan Roh Kudus, firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua, untuk menyucikan kehidupan kita mulai dari hati dan pikiran yang adalah sumbernya hawa nafsu daging, sehingga kita mengalami kepuasan Sorga.

Markus 7:21-23
7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan,
7:22 perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.
7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang."

Bebal = tidak bisa dinasehati, tidak taat dengar-dengaran. Kehidupan yang bebal, yang tidak bisa dinasehati firman, maka pasti ada percabulan, pencurian, dst., sebab bebal ini adalah penutupnya. Kehidupan bebal sudah dekat dengan Babel.

Matius 5:8
5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Kehidupan yang disucikan akan bisa melihat Allah lewat menyembah Tuhan, melihat wajah Tuhan yang bersinar-sinar bagaikan matahari terik = sinar kasih setia, sinar kemuliaan Tuhan.

Wahyu 1:16
1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.

Hasil memandang wajah Tuhan:
  1. Kita menjadi kuat dan teguh hati.
    Mazmur 16:8
    16:8. Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

    Kuat dan teguh hati:
    • Berpegang teguh pada pengajaran yang benar apapun resikonya. 
    • Tidak putus asa, tidak kecewa, tidak berharap yang lain, tetapi tetap berharap pada Tuhan.
    • Tidak mau berbuat dosa sekalipun ada kesempatan, keuntungan, ancaman, dll.

    Yosua kuat dan teguh hati sejak disuruh mengintai Kanaan, dia berpegang pada firman. Hasilnya adalah Yosua dipakai untuk memimpin Israel masuk Kanaan. Sekarang, kehidupan yang kuat dan teguh hati akan dipakai dalam kegerakan Roh Kudus hujan akhir.

    Saat-saat kita lemah dan goyah menghadapi pencobaan, dosa, dll., biar kita hanya memandang wajah Yesus.

    Kalau tidak dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus, maka pasti dipakai dalam pembangunan tubuh Babel.

  2. Mengalami kuasa kemenangan.
    2 Tawarikh 20:12
    20:12 Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu."

    Saat-saat kita tidak punya kekuatan, tidak berdaya, tidak tahu jalan keluar, adalah saat yang paling indah untuk memandang wajah Tuhan yang bersinar-sinar bagaikan matahari terik.
    Jangan sampai mencari jalan sendiri, sebab jalan di luar firman hanyalah jalan buntu dan kebinasaan.

    2 Tawarikh 20:17,24
    20:17 Dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur. Hai Yehuda dan Yerusalem, tinggallah berdiri di tempatmu, dan lihatlah bagaimana TUHAN memberikan kemenangan kepadamu. Janganlah kamu takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka, TUHAN akan menyertai kamu."
    20:24 Ketika orang Yehuda tiba di tempat peninjauan di padang gurun, mereka menengok ke tempat laskar itu. Tampaklah semua telah menjadi bangkai berhantaran di tanah, tidak ada yang terluput.

    Saat memandang wajah Tuhan, kita tidak perlu bertempur sebab Tuhan yang berperang ganti kita dan memberikan kuasa kemenangan. Segala masalah hanya akan menjadi bangkai. Segala masalah yang mustahil akan selesai. Bahkan segala yang sudah menjadi bangkai dalam hidup kita, yang gagal, yang hancur, akan dibangkitkan oleh Tuhan.

  3. Mengalami keubahan hidupdari manusia daging (buli-buli tanah liat) menjadi manusia rohani (buli-buli emas) seperti Yesus.
    Kalau tidak berubah, tanah liat pasti akan hancur. Tetapi kalau diubahkan menjadi emas, saat dibakar pun tidak akan hancur.
    Keubahan hati = keubahan wajah:
    • Wajah yang muram seperti ibu Hana karena depresi masalah nikah dan buah nikah; akan diubahkan menjadi wajah yang berseri-seri. Tinggal kita memandang wajah Tuhan, maka kita pasti akan berseri dan mengalami kebahagiaan Sorga. 
    • Wajah pucat seperti perempuan yang tertangkap basah berzinah, yaitu ketakutan dan kekuatiran karena dosa, masa depan, dll. Wajah pucat akan diubahkan menjadi berseri dan bahagia.
    • Wajah buruk seperti Petrus, yaitu dosa yang sudah menjadi tabiat seperti setan. Wajah buruk akan diubahkan menjadi berseri dan mulia. Di atas kayu salib Yesus sudah rela wajahNya menjadi buruk, supaya kehidupan kita yang wajahnya buruk bisa diubahkan menjadi mulia.
      Perbuatan dan perkataan yang buruk akan menjadi batu sandungan yang akan dilempar seperti Babel dan binasa selamanya. Kelakuan yang buruk biar diubahkan menjadi baik, perbuatan baik, perkataan baik. Maka Tuhan juga akan menjadikan masa depan yang baik, segala sesuatu baik, sampai menjadikan kita mempelai wanitaNya, masuk Perjamuan Kawin Anak Domba Allah di awan-awan yang permai.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Persekutuan Ciawi I, 26 Februari 2013 (Selasa Sore)
    ... melihat langit yang baru dan bumi yang baru sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu dan lautpun tidak ada lagi. Langit yang lama dan bumi yang lama akan binasa oleh sebab itu kita harus mengalami pembaharuan supaya bisa berpindah dari langit lama dan bumi lama kepada langit baru ...
  • Ibadah Raya Malang, 05 Juni 2016 (Minggu Pagi)
    ... kita Yang Mahakuasa telah menjadi raja. Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai dan memuliakan Dia Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba dan pengantin-Nya telah siap sedia. Yesus adalah Kepala Suami Mempelai Pria Sorga. Kita adalah tubuh istri mempelai wanita Sorga. Hubungan Kepala dengan tubuh tidak bisa dipisahkan selamanya. Pengertian rohani jubah Tuhan adalah ...
  • Ibadah Raya Malang, 14 Maret 2010 (Minggu Pagi)
    ... rapuh seperti tongkat yang mati dan akan hancur binasa bersama dunia untuk selama-lamanya. Kita mutlak membutuhkan Roh Kudus. Proses untuk menerima Roh Kudus Dari pihak Tuhan. Yohanes dari pihak Tuhan Yesus harus pergi mati di kayu salib bangkit pada hari ketiga dan naik ke Sorga untuk bisa mencurahkan Roh Kudus bagi kita. Jadi ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 09 November 2013 (Sabtu Sore)
    ... adalah manusia lama menjadi manusia baru. Ada dua hal yang harus dibaharui Pembaharuan pakaian Lukas Pembaharuan kirbat Lukas - Lukas - Ia mengatakan juga suatu perumpamaan kepada mereka Tidak seorangpun mengoyakkan secarik kain dari baju yang baru untuk menambalkannya pada baju yang tua. Jika demikian yang baru itu juga akan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 26 Desember 2015 (Sabtu Sore)
    ... adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar. Hati yang keras berisi hal Air tawar. Ini menunjuk hati yang tawar yaitu putus asa kecewa putus pengharapan. Akibatnya adalah wajahnya muram. Air pahit. Ini menunjuk hati ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 17 Juni 2013 (Senin Sore)
    ... yang bermain dengan api dan air sudah dihukum dengan setetes api belerang dari langit. 'bermain api' dosa makan minum dan kawin mengawinkan. 'bermain air' menanam dan membangun membeli dan menjual kegiatan dunia yang menghambat kegiatan rohani yaitu menghambat pekerjaan di ladang Tuhan atau pembangunan tubuh Kristus tidak bisa memperjual belikan talenta tidak ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 04 April 2015 (Sabtu Sore)
    ... menyembuhkan orang sakit di segala tempat. Yesus memanggil dan mengutus muridnya untuk memberitakan Kerajaan Surga. Kita harus menerima panggilan Tuhan dan sesudah itu diutus oleh Tuhan. Yesus memanggil murid yang menunjuk pada roti yang disusun menjadi dua susun pada Meja Roti Sajian yaitu roti dan roti yang menunjuk pada buku dalam Alkitab. ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 04 Januari 2020 (Sabtu Sore)
    ... masalah melawan Tuhan. Secara jasmani hamba tunduk pada majikannya. Kolose . Hai hamba-hamba taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan. Hamba-hamba di dunia rumah tangga kantor harus tunduk kepada tuannya karena takut akan Tuhan. ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 21 April 2024 (Minggu Siang)
    ... yang benar menyucikan hati perbuatan dan perkataan maka kita akan hidup dalam kesucian. Inilah dasar untuk masuk Yerusalem baru. Di dalam ibadah kita tidak bicara kekayaan kemiskinan kepandaian atau kebodohan tetapi kesucian atau dosa. Jadi dasar untuk masuk Yerusalem baru adalah kesucian. Efesus . yang dibangun di atas dasar para rasul ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 12 Januari 2020 (Minggu Siang)
    ... hati bimbang. Dulu saat menghadapi baal nabi Elia tidak memaksa umat Israel tetapi menyuruh mereka untuk memilih antara Tuhan atau baal tidak boleh kedua-duanya. Selama masih bercabang hati tidak akan pernah sampai pada Allah yang benar. harus mantap dalam iman pengajaran yang benar terutama bagi bangsa kafir. Kalau kita bangsa kafir tidak tergembala ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.