Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat mendengarkan firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dilimpahkan Tuhan di tengah-tengah kita.

Malam ini kita belajar tentang pintu tirai.
Tiang pintu tirai adalah empat orang yang naik ke sorga:

  1. Henokh= jujur
  2. Musa= lembut.
  3. Elia= setia.
  4. Yesus= taat.

Jadi kita harus menjadi pelayan Tuhan yang jujur, benar--lembut hati--, setia, dan taat dengar-dengaran sampai daging tidak bersuara
Kalau ini ada, kita akan mengalami kuasa pengangkatan dari Tuhan. Tidak mungkin tenggelam, bahkan terangkat ke sorga.

Keluaran 26: 33
26:33.Haruslah tabir itu kaugantungkan pada kaitan penyambung tenda itu dan haruslah kaubawa tabut hukum ke sana, ke belakang tabir itu, sehingga tabir itu menjadi pemisah bagimu antara tempat kudus dan tempat maha kudus.

Tempat kudus= ruangan suci.
Tempat maha kudus= ruangan maha suci.

Tirai memiliki kaitan dari emas.
Emas menunjuk pada kesucian dari Roh Kudus.
Tirai digantungkan pada kaitan emas yang terdapat pada tudung Tabernakel, artinya:

  1. Seorang pelayan Tuhan atau gembala harus punya beban salib--pintu tirai menunjuk pada salib--; sama dengan harus memikul salib, artinya: mengalami proses perobekan daging dengan kekuatan Roh Kudus.

    Buktiseorang gembala atau pelayan Tuhan mau memikul salib: berseru: Tidakpada sesuatu yang tidak benar. harus tegas!

  2. Seorang pelayan Tuhan atau gembala wajib membawa berita salib dengan kekuatan Roh Kudus.

Keluaran 26: 33-35
26:33.Haruslah tabir itu kaugantungkan pada kaitan penyambung tenda itu dan haruslah kaubawa tabut hukum ke sana, ke belakang tabir itu, sehingga tabir itu menjadi pemisahbagimu antara tempat kudus dan tempat maha kudus.
26:34.Tutup pendamaian itu haruslah kauletakkan di atas tabut hukum di dalam tempat maha kudus.
26:35.Meja itu haruslah kautaruh di depan tabir itu, dan kandil itu berhadapan dengan meja itu pada sisi selatan dari Kemah Suci, dan meja itu haruslah kautempatkan pada sisi utara.

Ayat 33= kalau tirai digantungkan ruangan suci dan ruangan maha suci akan terpisah.

Jika tirai digantungkan pada tiang atau kaitan tudung Tabernakel, akan terjadi hal berikut:

  1. Terbentuklah ruangan suci dan ruangan maha suci.
    Artinya: terjadi peningkatan rohani dari kesucian sampai pada kesempurnaan.
    Termasuk juga peningkatan dalam ketekunan tiga macam ibadah pokok.

  2. Alat-alat dalam ruangan suci dan ruangan maha suci tertata dengan baik, antara lain:

    • Tabut perjanjian.
      Tabut= mempelai wanita sorga, yang dibawa ke ruangan maha suci.
      Tutup pendamaian diletakkan di atas tabut perjanjian= Yesus sebagai Mempelai Pria Sorga memberikan perlindungan dan pemeliharaan sepenuh bagi sidang jemaat secara jasmani dan rohani.

      Kehidupan sidang jemaat mulai tertata rapi.
      Kalau mempertahankan sesuatu yang tidak benar, hidup kita tidak akan rapi. Tetapi begitu tegas, hidup kita akan mulai tertata rapi sampai sempurna.

    • Meja roti sajian--firman--diletakkan di sebelah utara.
    • Kandil--Roh Kudus--diletakkan di sebelah selatan.

      Jadi, firman Alah dan Roh Kudus ditempatkan di tempatnya, yaitu di tengah-tengah sidang jemaat.

    • Mezbah dupa emas diletakkan di depan tabir.
      Keluaran 30: 1, 6
      30:1. "Haruslah kaubuat mezbah, tempat pembakaran ukupan; haruslah kaubuat itu dari kayu penaga;
      30:6. Haruslah kautaruh tempat pembakaran itu di depan tabir penutup tabut hukum, di depan tutup pendamaian yang di atas loh hukum, di mana Aku akan bertemu dengan engkau.


    Meja roti, pelita, dan mezbah dupa sudah diletakkan, artinya:

    • Kita menjadi kehidupan yang tergembala dengan benar dan baik; tekun dalam tiga macam ibadah pokok.
      Kalau mau merobek daging pasti akan tergembala dengan benar dan baik.

    • Firman dan Roh Kudus mendorong untuk menyembah Tuhan; sama dengan mengalami perobekan daging dengan segala tabiatnya, sehingga kita bisa merendahkan diri. Kita tidak sombong, tetapi mengaku bahwa kita hanya domba sembelihan; satu langkah jaraknya dengan maut.

      Yang kita butuhkan hanya satu, yaitu kasih Gembala yang baik.

Hasilnya:

  1. Roma 8: 35-36
    8:35.Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus?Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?
    8:36.Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan."

    Hasil pertama: kasih Yesus sanggup memberikankekuatan ekstrakepada kita, sehingga kita kuat teguh hati.
    Artinya: tidak kecewa dan putus asa; tidak terpisah dari Tuhan apapun yang kita hadapi; kita beribadah melayani Tuhan dengan setia berkobar-kobar-; kita selalu mengucap syukur kepada Tuhan; kita hanya menyembah Tuhan, bukan berharap pada yang lain.

  2. 1 Korintus 13: 4-5
    13:4.Kasihitu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
    13:5.Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

    Hasil kedua: kita mengalami nyanyian kasihyang memberikan kebahagiaan dalam hidup kita, yang tidak bisa dipengaruhi oleh apapun. Bahkan dalam penderitaan kita tetap bahagia, karena kasih Gembala yang Baik dicurahkan dalam hidup kita.

  3. Roma 8: 37
    8:37.Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

    Hasil ketiga; kita menjadi lebih dari pemenang.
    Kita lemah tak berdaya tetapi menang atas musuh yang lebih kuat karena kasih Allah berperang ganti kita.
    Kasih Allah bisa menghapus segala kemustahilan.

    Tetap kasihi Tuhan bukan karena berkat-Nya.

  4. Zefanya 3: 16-18
    3:16.Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem: "Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu.
    3:17.TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,

    Hasil keempat: kita mengalami pembaharuandari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus.

    Kita diubahkan sehingga kita taat dengar-dengaran sampai daging tidak bersuara. Hati kita menjadi damai. Kalau tidak taat, tidak akan damai.
    Kalau taat, akan damai, sehingga semua jadi enak dan ringan. Segala pintu terbuka bagi kita.

    Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yerusalem baru selamanya.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 04 Desember 2011 (Minggu Pagi)
    ... berjaga dan berdoa Doa Permohonan Halaman Tabernakel. Matius . Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya Duduklah di sini sementara Aku pergi ke sana untuk berdoa. Diwakili oleh murid yang duduk-duduk. Jumlah murid Yesus adalah Yudas Iskariot sudah pergi sedangkan murid lain ...
  • Ibadah Jumat Agung Malang, 18 April 2014 (Jumat Sore)
    ... kamu akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun ke atas kamu dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Firman penginjilan memberitakan kedatangan Yesus pertama kali untuk mati di kayu salib dan menyelamatkan manusia berdosa. Jadi kegerakan Roh Kudus hujan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 19 Agustus 2017 (Sabtu Sore)
    ... mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Celakalah kamu hai orang-orang Farisi sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. Celaka kedua orang Farisi hanya mencari kehormatan dan kemuliaan secara lahiriah kehormatan dari manusia. Tesalonika - ...
  • Ibadah Doa Malang, 06 Juni 2023 (Selasa Sore)
    ... keserakahan kejahatan kelicikan hawa nafsu iri hati hujat kesombongan kebebalan . Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang. Mata Tuhan menyucikan hati pikiran manusia dari keinginan jahat dan najis sehingga bisa diisi roti yang disusun menjadi dua masing-masing buah buku dalam Alkitab firman pengajaran yang benar. Apa ...
  • Ibadah Doa Malang, 17 Agustus 2017 (Kamis Sore)
    ... kepada firman Allah sekalipun ada kesempatan keuntungan paksaan ancaman. Bertumbuh dan bertunas. Markus - Lalu kata Yesus Beginilah hal Kerajaan Allah itu seumpama orang yang menaburkan benih di tanah lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin ...
  • Ibadah Doa Malang, 15 Desember 2015 (Selasa Sore)
    ... murni sempurna. Pakaian putih untuk menutupi ketelanjangan. Minyak untuk melumas mata supaya tidak buta. Kita masih mempelajari yang kedua. Pakaian putih adalah pakaian kepercayaan Tuhan yaitu pakaian pelayanan pendamaian. Pakaian kepercayaan yang kedua yaitu pakaian penggembalaan. Petrus Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu tetapi hendaklah kamu ...
  • Ibadah Doa Malang, 12 Januari 2010 (Selasa Sore)
    ... dosa-dosa yang tersembunyi. Firman yang mengungkapkan segala sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang terutama tentang kedatangan Yesus kedua kali. Firman nubuatan firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua firman pengajaran yang benar. Setia dan bijaksana menggunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk membaca mendengar dan menuruti mempraktekkan firman nubuatan. Petrus jika kita ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 11 Maret 2009 (Rabu Sore)
    ... segala kekurangan dan kelemahan kita sampai nanti sempurna tak bercacat cela. Contohnya adalah Rasul Yohanes. Seorang rasul yang hebat tapi masih ada kekurangannya. Wahyu Keadaan rohani rasul Yohanes yaitu punya Firman Allah meja roti sajian dan kesaksian tentang Yesus pelita emas . Hanya kurang satu yaitu mezbah dupa doa penyembahan sampai perobekan ...
  • Ibadah Doa Malang, 29 Agustus 2019 (Kamis Sore)
    ... dipakai Tuhan dalam pengajaran benar. Yang bisa disesatkan adalah mereka yang mulai fokus pada hal yang jasmani hal-hal yang menyenangkan daging tanpa penyucian . Matius Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat sehingga sekiranya mungkin mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. ...
  • Ibadah Doa Malang, 08 Oktober 2013 (Selasa Sore)
    ... tutupnya artinya kerinduan Gereja Tuhan sebagai mempelai wanita surga untuk selalu bersekutu bergaul erat dengan Yesus sebagai mempelai pria surga. Pengertian rohani bingkai emas adalah Kejujuran. Amsal karena orang yang sesat adalah kekejian bagi TUHAN tetapi dengan orang jujur Ia bergaul erat. Kejujuran artinya kalau ya katakan ya jika tidak katakan tidak. ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.