Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Pdt. Mikha. S. Toding

Matius 7: 15
7:15. "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Kita perlu waspada bahkan ekstra waspada untuk menghadapi nabi palsu,rasul palsu, guru palsu yang mengajarkan ajaran palsu(ajaran yang berbeda dari yang kita terima).
Mereka menyamar (menyusup, merangkak masuk) didalam perkumpulan domba Tuhan yang benar untuk menghancurkan persekutuan gereja Tuhansupaya tidak mencapai kesempurnaan.

Yudas 1: 19
1:19 Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

Ciri-cirinya yaitu mereka ini adalah manusiayang hidup tanpa Roh Kudus.

Kejadian 6: 3
6:3. Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

Jadi kehidupan yang hidup tanpa Roh Kudus = manusia daging.

Yudas 1: 10
1:10 Akan tetapi mereka menghujat segala sesuatu yang tidak mereka ketahui dan justru apa yang mereka ketahui dengan nalurinya seperti binatang yang tidak berakal, itulah yang mengakibatkan kebinasaan mereka.

Tanpa RohKudus= hewan(tanpa iman), yang hidup mengandalkan naluri/perasaaan/insting.

Yudas 1: 11
1:11 Celakalah mereka, karena mereka mengikuti jalan yang ditempuh Kain dan karena mereka, oleh sebab upah, menceburkan diri ke dalam kesesatan Bileam, dan mereka binasa karena kedurhakaan seperti Korah.

Akibatnya,akal mereka bobrok/rusakkarena suka menentang kebenaran seperti Yanes dan Yambres yang hidup tanpa kasih= tanpa Allah tritunggal (terputus dari hubungan Allah tritunggal). Akibatnya, kehidupan itu dikuasai oleh setan tritunggal (setan, antikris dan nabi palsu).

Kehidupan yang dikuasai oleh setan tritunggal adalah:
  1. Tanpa Roh kepekaan.
    2 Yohanes 1: 7
    1:7. Sebab banyak penyesattelah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

    Roh penyesat adalah antikris(hanya dikuasai oleh roh pemecah belah) yaitu mereka yang tidak mau mengaku Yesus yang datang sebagai manusia untuk mengampuni dosa dan menyelamatkan orang berdosa. Artinya sekarang adalah kehidupan yang tidak mau mengaku dosanya, tetapi suka menyalahkan orang lain untuk membenarkan diri bahkan sampai menyalahkan Tuhan (firman pengajaran yang benar).

    Bila ada kehidupan yang tidak mau mengaku dosa, maka bisa memecah belah baik di dalam rumah tangga maupun dalam penggembalaan di Gereja.

    Jika ada kehidupan yang tidak mau membuka mulut untuk mengaku dosa, ia akan membuka mulut singa yang akan menerkam kehidupan tersebut.

    Gereja Tuhan yang benar (dengan Rohdan pengajaranyangbenar) adalah roh yang suka mengaku, artinya: ada kepekaan untuk mengaku dosa, bahkan mengaku dosa sampai hancur hati dihadapan Tuhan.

    Mazmur 51: 3-4, 11-13, 18-19
    (51-3) Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar!
    (51-4)
    Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!
    (51-11) Sembunyikanlah wajah-Mu terhadap dosaku, hapuskanlah segala kesalahanku!
    (51-12) Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!
    (51-13) Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!
    (51-18) Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; sekiranya kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya.
    (51-19) Korban sembelihan kepada Allah ialah
    jiwa yang hancur; hati yang patahdan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

    Contohnya seperti Daud yang hidup dalam Roh dan pengajaran yang benar. Sekalipun Daud ada kekurangan dan jatuh dalam dosa, tetapi Daud ada kepekaan untuk mengaku dosa dengan sungguh-sungguh (hancur hati) kepada Tuhan.

    Dorongan oleh firman dan Roh Kudusituakanmemberi kepekaan kepada kita sehingga kita bisa mengaku dosa.

    Kitaharus mengaku dosa-dosa kita baikdosa yangbesar sampaidengan dosa-dosa yang kecil/halusmisalnya dosa sengaja meninggalkan ibadah, pelanggaran berlalu lintas dsb. Dari kebiasaan-kebiasaan dosa ini, maka bisa berkembang menjadi dosa tabiat. Kalau sudah menjadi dosa tabiat. kita tidak bisa bertobat lagi sehingga menjadi sama dengan manusia daging.

    Bilakita mengaku dosa dengan hancur hatimaka apa yanghancur bisa ditolong oleh Tuhan(nikah yang hancur bisa ditolong).
    Bila tidak mau mengaku dosa dan tetap mempertahankan dosa maka kita sendiri yang akan hancur.

  2. TanpaRoh ketaatan.
    1 Petrus 3: 19-20
    3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
    3:20
    yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

    Jadi di zaman Nuh itu hanya ada 8 orang yang memiliki firman pengajaran yang benar disertai oleh Roh taat, sedang yang lain memiliki roh yang tidak taat sehingga mereka menentang/memberontak kepada Tuhan.

    Lawannya yaituRoh yang taatdengar-dengaran(gereja Tuhan yang benar tanpa penyesatan).

    Galatia5: 16-17
    5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
    5:17
    Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Rohdan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

    GerejaTuhan yangbenar memiliki Roh taat untuk melawan keinginan-keinginan dagingsehingga kehidupan itu merupakan kehidupan yang sungguh-sungguh taat/tekun untuk masuk sistem penggembalaan. Kita bisa mencapai keberhasilan sungguh-sungguh sampai nanti kita berhasil menjadi mempelai wanita Tuhan.

  3. Kehidupan yang tidak tahan uji(tanpa Roh tahan uji).
    1 Yohanes 4: 1-3
    4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
    4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
    4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

    Tanpa Roh tahan uji maka kehidupan ini tidak kuat untuk menghadapi ujian/sengsara sampai tidak mau sengsara.

    2 Timotius 3: 12-13
    3:12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,
    3:13 sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.

    Tetapi sebaliknya, Gereja Tuhan yang benar dengan pengajaran yang benar merupakan kehidupan yang tahan uji, tahan sengsara, tahan menghadapi masalah dan pencobaan, tidak gampang menyangkal Tuhan, tidak gampang meninggalkan Tuhan, tetapi justru dalam penderitaan dan sengsara dia lebih banyak menyembah kepada Tuhan.

    1 Petrus 4: 12-14
    4:12. Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaanyang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.
    4:13 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.
    4:14 Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus,
    sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

    Kita tidak bisa tahan tehadap ujian karena kita masih belum peka untuk mengaku dosa, dan belum taat dalam sistem penggembalaan sehingga begitu ada ujian kita tidak tahan.

    Gereja Tuhan yang benar adalah memiliki Rohnya Tuhansehingga kita bisa peka mengaku dosa-dosa, dan bisa taat untuk bertekun dalam sistem penggembalaan, sehingga saat datang ujian, kita tetap kuat.
Saat-saatkita mengalami ujian dan kita bisa menyembah Tuhan, maka Tuhan akan memberikan Roh Kemuliaankepada kita.

Kegunaan Roh Kemuliaan antara lain
  1. Keluaran 14: 16-17
    14:16 Dan engkau, angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya, sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering.
    14:17 Tetapi sungguh Aku akan mengeraskan hati orang Mesir, sehingga mereka menyusul orang Israel, dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya, keretanya dan orangnya yang berkuda,
    Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku.

    Roh Kemuliaan membukakan jalan bagi kitaditengah-tengah kesulitan di dunia= menjadikan yang mustahil menjadi tidak mustahil, sehingga kita bisa hidup beribadah melayani Tuhan di dunia yang kering ini (bagaikan taruk yang hidup ditanah yang kering).

    Yesaya 53: 2
    53:2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHANdan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.

    Taruk menunjuk pribadi Yesus.
    Yesus adalah tunas Daud.

    Seperti Yesus tunas kecil yang hidup di tanah yang kering. Sekalipun kita bagaikan taruk yang kecil dan lemah tetapi kita bisa hidup dipelihara oleh Tuhan.

  2. Daniel 3: 16-19
    3:16 Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: "Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini.
    3:17 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja;
    3:18 tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu."
    3:19. Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar, air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego; lalu diperintahkannya supaya perapian itu dibuat tujuh kali lebih panas dari yang biasa.

    Roh Kemuliaan memberikan perlindungankepada Sadrakh, Mesakh dan Abednego saat mereka dibuang di tengah perapian= Tuhan melindungi kita saat menghadapi pencobaan sampai dengan pencobaan yang paling besar yaitu antikris.

  3. 2Korintus 4: 16-17
    4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
    4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.


    Roh kemuliaan mengerjakan pembaharuan didalam kita, sehingga kita dibaharui terus menerus sampai kepada kemuliaan yaitu menjadi sama mulia dengan Tuhan. Kita layak untuk menyongsong Tuhan Yesus di awan-awan permai, sampai bisa masuk Yerusalem baru, Kerajaan surga yang kekal.
Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Puasa Session II Malang, 19 Juli 2011 (Selasa Siang)
    ... keselamatan. Efesus Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga ketika kamu percaya dimeteraikan dengan Roh Kudus yang dijanjikan-Nya itu. Proses keselamatan adalah percaya Yesus bertobat dan lahir baru baptisan air dan baptisan Roh Kudus . Lahir baru hidup baru hidup ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 09 Januari 2011 (Minggu Sore)
    ... terkutuk enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. Kambing di sebelah kiri adalah ORANG-ORANG TERKUTUK yang melakukan PERBUATAN-PERBUATAN TERKUTUK sehingga masuk dalam api yang kekal siksaan yang kekal. Domba disebelah kanan adalah ORANG-ORANG BENAR yang melakukan PERBUATAN-PERBBUATAN BENAR perbuatan-perbuatan iman. LALU SIAPAKAH ORANG BENAR ITU Roma - ...
  • Ibadah Tutup Buka Tahun Malang, 31 Desember 2020 (Kamis Malam)
    ... dan membunuh Yohanes Pembaptis dan tentunya juga mau membunuh Yesus. Jadi menyingkir mengasingkan diri adalah tindakan untuk menjauhkan diri dari setan tritunggal dan mendekatkan diri kepada Allah Tritunggal Allah Bapa Anak dan Roh Kudus . Ini sama dengan tindakan untuk meninggalkan suasana kutukan suasana penderitaan kebinasaan maut neraka dan beralih kepada ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 11 Juni 2011 (Sabtu Sore)
    ... ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Merekapun sangat terkejut Dalam Perjanjian Baru perempuan membawa rempah-rempah menunjuk pada doa penyembahan. Perempuan pergi ke kubur menunjuk pada pengalaman sengsara bersama Yesus percikan darah. Darah dan dupa menghasilkan sinar kemuliaan dalam wujud seorang muda yang ...
  • Ibadah Kunjungan di Jakarta III, 18 Januari 2018 (Kamis Sore)
    ... Kunjungan Jakarta II November -Rabu Pagi . Wahyu - suasana kepuasan kebahagiaan sorga--tidak ada haus-- diterangkan pada Ibadah Kunjungan Jakarta III November -Rabu Sore . Kalau haus bahaya akan seperti perempuan Samaria yang kawin cerai lima kali. Wahyu suasana kemenangan diterangkan pada Ibadah Kunjungan Jakarta IV November -Kamis Pagi dan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 16 November 2015 (Senin Sore)
    ... . Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian supaya sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. Baptisan air yang benar adalah orang yang sudah mati terhadap dosa--bertobat--harus dikuburkan dalam air bersama Yesus ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 15 Februari 2009 (Minggu Sore)
    ... imam itu tidak terhalang dalam pelayanan. Kalau tidak terhalang maka segala doa kita juga tidak akan terhalang. Mengapa harus menjadi imam dan raja Timotius - sebab dalam ibadah pelayanan ada janji untuk hidup sekarang dan sampai hidup yang kekal. Wahyu sebab penghuni kerajaan tahun itu adalah imam dan raja. Dan sampai kerajaan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 18 Januari 2019 (Jumat Sore)
    ... dengan burung nasar yang naik ke atas gunung penyembahan sampai gunung Yerusalem baru. Burung nasar menunjuk pada kehidupan yang menantikan kedatangan Tuhan ke dua kali. Ayub - . Atas perintahmukah rajawali terbang membubung dan membuat sarangnya di tempat yang tinggi . Ia diam dan bersarang di bukit batu di puncak bukit ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 08 Agustus 2019 (Kamis Sore)
    ... Sempurna tidak bercacat cela sama mulia dengan Yesus. Ada dua kemungkinan yang terjadi dari selamat sampai sempurna Kemungkinan negatif yaitu banyak orang selamat yang gugur di tengah jalan tidak sampai kesempurnaan melainkan binasa selamanya. Contohnya adalah Bangsa Israel keluar dari Mesir . laki-laki di atas tahun. Mereka keluar dari perbudakan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 18 Januari 2015 (Minggu Sore)
    ... kemuliaan dari bintang timur Korintus - Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga maka ia tertutup untuk mereka yang akan binasa yaitu orang-orang yang tidak percaya yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran Allah. Ada macam pemberitaan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.