Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Pembicara: Pdm. Gideon

Matius 26 : 36=BERBICARA TENTANG GETSEMANE.

Getsemane yaitu pemerasan daging. Di taman Getsemane Yesus mengalami pemerasan daging/sengsara tanpa dosa/percikan darah.

Jika Yesus sebagai Kepala mengalami Getsemane, maka kita Gereja Tuhan, hamba Tuhan, pelayan Tuhan sebagai tubuhNya juga MUTLAKmengalami pemerasan daging.

BentukGetsemanebisa berbagai macam antara lain:
  • Menghadapi fitnahan-fitnahan.
  • Dikucilkan.
  • Kesulitan dalam ekokomi.
  • Mencari pekerjaan.
  • Di PHK secara tiba-tiba.
Getsemane atau pemerasan daging sama dengan pra aniaya antikris.

Percikan darah yang akan dialami oleh GerejaTuhan bukan hanya sekedar untuk menakut-nakuti kita, tetapi semuanya ini harus dialami oleh Gereja Tuhan (sebab semua yang tertulis di Alkitab ini merupakan sesuatu yang akan terjadi).

Percikan darah tidak bisa dihadapi dengan kekayaan, kepandaian, kekuatan, atau kedudukan, tetapi hanya bisa dihadapi lewat SETIA DAN TEKUN DI DALAM HAL BERJAGA-JAGA DAN BERDOA.

Di taman Getsemane, 3 kali Yesus memberikan teladan dalam hal berjaga dan berdoa antara lain:
  1. Doa yang pertama.
    Matius 26
    : 39
    26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

  2. Doa yang kedua.
    Matius 26 : 42
    26:42 Lalu Ia pergi untuk kedua kalinya dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku jikalau cawan ini tidak mungkin lalu, kecuali apabila Aku meminumnya, jadilah kehendak-Mu

  3. Doa yang ketiga.
    Matius 26 :
    44
    26:44 Ia membiarkan mereka di situ lalu pergi dan berdoa untuk ketiga kalinyadan mengucapkan doa yang itu juga.
3 kali Yesus berdoa dan berjaga-jaga ini artinya bagi kita sekarang yaitu supaya  setia dan tekun dalam 3 macam ibadah pokok  setia di dalam penggembalaan).
Teutama untuk malam ini setia dan tekun dalam doa penyembahan supaya kita bisa menghadapi suasana Getsemane.

3 kegunaan bila kita setiadan tekun dalam hal berdoa dan berjagaa-jaga yaitu:
  1. Lukas 22 : 43
    22:43 Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya.

    Kegunaan yang pertama adalah Tuhan memberikan kekuatan baru sehingga kita bisatetap kuat dan teguh hati menghadapi pemerasan daging.

    Arti kuat dan teguh hatiyaitu:
    • Tidak menyangkal Tuhan(dalam Kitab Matiussementara Yesus berdoa dan berjaga-jaga, Petrus dan murid-murid lainnya tidak berjaga-jaga bahkan tertidur sehingga Petrus akhirnya menyangkal Tuhan). Artinya sekarang adalah tidak pernah menyangkal firman pengajaran yang benar apapun yang sedang kita hadapi, mungkin menghadapi krisis ekonomi, di tawari berkat-berkat jasmani dll.

    • Tidak mau berbuat dosa  sekalipun ada keuntungan, sekalipun dipaksa.

  2. Wahyu 3 : 10
    3:10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekunmenantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkaudari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

    Kegunaan yang kedua adalah Tuhan akan melindungi kita saat-saat menghadapi Getsemanae/pemerasan dagingdan Tuhan tidak pernah membiarkan kita sendiri.

    Wahyu 2 : 9-10
    2:9 Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu--namun engkau kaya--dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.
    2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan
    Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

    Tuhan juga akan memberikan mahkota kehidupan kepada kita.
    Jadi Tuhan bukan hanya melindungi kita tapi memberikan mahkota kehidupan bagi kita.

    Arti mahkota kehidupan yaitu:
    • Tuhan mampu menjamin kehidupan kita (berkat-berkat jasmani) ditengah dunia yang sukar penuh penderitaan dan kesengsaaan.
    • Tuhan mampu memberikan berkat-berkat secara rohani kepada kita.

  3. Markus 14 : 36
    14:36 Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."

    Kegunaan yang ketiga adalah kita bisataat dengar-dengaran kepada kehendak Tuhan= kita bisa mengulurkan tangan kepada Tuhan, percaya dan mempercayakan diri sepenuh kepada Tuhan.
    Kehidupan yang tidak setia dan tidak tekun, tidak akan taat dengar-dengaran. Contohnyaadalah Petrus dan murid yang lain. Sewaktu Yesus belum mati, Petrus menjadi penjala manusia, tetapi setelah Yesus mati, Petrus kembali menjadi penjala ikan.

    Kalau kita setia maka bisa taat dengar-dengaran seperti Yesus "ya Abba,ya Bapa", sehingga kita bisa menyerahkan kehidupan kita sepenuh kepada Tuhan.
Hasilnya:
  1. Markus 14 : 36a
    14:36a Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu,

    Hasil yang pertama: Tangan Tuhan diulurkan kepada kita untuk menghapus kemustahilan dalam hidup kita secara jasmani. Baik ekonomi yang merosot, nikah rumah tangga yang sudah hancur, buah nikah yang sudah hancur , semua ditolong oleh Tuhan.

  2. Tuhan diulurkan untuk menghapus kemustahilan secara rohaniyaitu mengubahkan kehidupan kita yang banyak cacat cela untuk menjadi sama mulia seperti Yesus.

  3. Wahyu 21 : 4
    21:4 Dan Ia akan menghapus segala air matadari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."

    Hasil yang ketiga: Tangan Tuhan diulurkan untuk menghapus segala airmata dari mata kitasampai kita bahagia bersama-sama dengan Tuhan Yesus masuk Yerusalem baru.
Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session II, 10 Februari 2009 (Selasa Siang)
    ... selamat. Kalau orang bertobat dihukum itu juga Tuhan baik. Bagi Tuhan jauh lebih baik dan lebih berguna mengampuni orang berdosa yang mau bertobat daripada menghukumnya. Bagaimana sikap hamba Tuhan menghadapi orang berdosa Seharusnya orang berdosa memang dipecat atau dihukum tetapi lebih bagus dan lebih berguna jika orang berdosa itu diampuni ...
  • Ibadah Doa Malang, 25 April 2019 (Kamis Sore)
    ... seorang manusia yang mampu melakukan menggenapkan. hukum Taurat. Semua manusia berbuat dosa dan ada dalam kuasa maut. Oleh sebab itu Yesus satu-satunya manusia tidak berdosa mati di kayu salib untuk menggenapkan Raurat supaya orang yang percaya kepada Dia mendapat kasih karunia kemurahan Tuhan yaitu beroleh pengampunan dosa-dosa. Kita lepas dari ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 22 September 2014 (Senin sore)
    ... Firman dengan sungguh-sungguh maka kita pasti bisa mengerti Firman. Bandingkan dengan penaburan benih. Ketika benih jatuh di pinggir jalan maka dimakan oleh burung-burung tidak mengerti Firman. Kesaksian Sudah berkali-kali saya katakan. Dulu waktu kami masih di Malang dan belum menjadi pengerja tetapi sudah tinggal di gereja. Berkali-kali kami selalu ditest oleh ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Surabaya, 09 Maret 2013 (Sabtu Sore)
    ... yang benar. Baptisan air berasal dari kata 'baptiso' artinya diselamkan dikuburkan dalam air. Jadi dalam baptisan air manusia yang sudah mati terhadap dosa dikuburkan diselamkan di dalam air seperti yang dialami Yesus. Setelah Yesus dibaptis air maka langit terbuka dan terdengarlah suara dari Surga Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi kepada-Mulah Aku ...
  • Ibadah Doa Malang, 28 April 2022 (Kamis Sore)
    ... benar yaitu ayat yang satu menerangkan ayat yang lain dalam Alkitab. Tidak berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar artinya mendengar firman pengajaran yang benar tetapi tidak melakukannya sehingga hidupnya tidak suci seperti membangun rumah Allah di atas pasir. Akibatnya adalah tidak tahan uji menghadapi pencobaan dari setan tritunggal sehingga rubuh dan ...
  • Ibadah Raya Malang, 31 Januari 2021 (Minggu Pagi)
    ... waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. Memang mereka berasal dari antara kita tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi supaya menjadi nyata bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita. Waktu terakhir akhir ...
  • Ibadah Kunjungan Ciawi V, 29 Juli 2010 (Kamis Sore)
    ... tidak ada lagi kebutaan rohani. Kita sudah pelajari pengertian penyebab posisi dan keadaan dari orang buta rohani. Malam ini kita pelajari PENGIKUTAN ORANG YANG BUTA ROHANI. Matius . Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar bahwa Yesus lewat lalu mereka berseru Tuhan Anak Daud kasihanilah kami . Maka tergeraklah hati ...
  • Ibadah Doa Malang, 22 Februari 2018 (Kamis Sore)
    ... dengar-dengaran sehingga tidak mau dibimbangkan oleh ajaran sesat oleh suara daging gosip-gosip. Tetap hidup benar dan suci di tengah dosa sampai puncaknya dosa yaitu dosa makan-minum dan kawin-mengawinkan. Tetap setia dan berkobar dalam ibadah-pelayanan kepada Tuhan sekalipun banyak tantangan dan rintangan. Contohnya adalah Abraham taat mempersembahkan Ishak. Ini adalah ujian kasih ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 21 Januari 2014 (Selasa Pagi)
    ... Allah baginya. Dan bawalah tongkat ini di tanganmu yang harus kaupakai untuk membuat tanda-tanda mujizat. Ada macam kuasa Kuasa dalam perkataan. Musa menolak panggilan sebab menyadari kekurangannya yaitu tidak pandai bicara. Timotius - Aku bersyukur kepada Dia yang menguatkan aku yaitu Kristus Yesus Tuhan kita karena Ia menganggap aku setia dan ...
  • Ibadah Doa Malang, 05 September 2019 (Kamis Sore)
    ... akan digenapkan lagi terutama secara rohani yaitu terjadi pembunuhan terhadap gereja Tuhan. Rahel dan keturunannya adalah gambaran dari gereja Tuhan yang kualitas rohaninya seperti anak kecil tidak dewasa secara rohani. Wahyu - . Lalu ular itu menyemburkan dari mulutnya air sebesar sungai ke arah perempuan itu supaya ia dihanyutkan sungai itu. ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.