Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 20: 1-8 => pertanyaan mengenai kuasa Yesus
20:1.Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di Bait Allahdan memberitakan Injil, datanglah imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta tua-tua ke situ,
20:2.dan mereka berkata kepada Yesus: "Katakanlah kepada kami dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu, dan siapa yang memberikan kuasa itu kepada-Mu!"
20:3.Jawab Yesus kepada mereka: "Aku juga akan mengajukan suatu pertanyaan kepada kamu. Katakanlah kepada-Ku:
20:4.Baptisan Yohanesitu, dari sorga atau dari manusia?"
20:5.Mereka mempertimbangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?
20:6.Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, seluruh rakyat akan melempari kita dengan batu, sebab mereka yakin, bahwa Yohanes adalah seorang nabi."
20:7.Lalu mereka menjawab, bahwa mereka tidak tahu dari mana baptisan itu.
20:8.Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."

Tujuan ibadah dan pelayanan kita kepada Tuhan adalah mendapatkan dan mengalami kuasa Tuhanlewat :

  1. Firman Allah (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 30 Juli 2022).
  2. Baptisan air. Kuasa Tuhan dalam baptisan air sama dengan kuasa pembaharuan.

Roma 6: 4
6:4.Dengan demikian kita telah dikuburkanbersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkandari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Baptisan air yang benaradalah orang yang sudah percaya Yesus dan bertobat--mati terhadap dosa--harus dikuburkan dalam air bersama Yesus dan bangkit--keluar dari dalam air--bersama Yesus sehingga mendapatkan hidup baru/hidup sorgawi yaitu mengalami kuasa pembaharuandari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus.

Tanpa baptisan air yang benar, kita tidak akan bisa masuk sorga tetapi binasa selamanya karena kita tetap manusia darah daging.
Yohanes 3: 5
3:5.Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari airdan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Sekalipun sudah dibaptis tetapi kalau baptisannya salah, sorga juga tidak akan terbuka.
Sekarang, banyak orang menolak baptisan yang benarseperti tua-tua, imam kepala, dan ahli Taurat. Mengapa demikian? Karena pertimbangan daging, sehingga mematikan iman dan urapan Roh Kudus.
Akibatnya: binasa selamanya.

Pertimbangan daging hanya mencari keuntungan untuk diri sendiri; sama dengan mencampuradukkan perkara sorga dengan dunia. Sekalipun sudah tahu yang benar, tetapi tidak mau mengakui. Itu bukan kebenaran tetapi pertimbangan daging.

Oleh sebab itu kita harus menggunakan pertimbangan rohani, yaitu iman dan urapan Roh Kudus, sehingga bisa tegas untuk memilih baptisan air yang benar termasuk segala sesuatu yang benar, supaya kita bisa masuk kerajaan sorga.
Kalau masuk baptisan air yang benar, kita akan menerima kuasanya.

Ada dua macam kuasa pembaharuan dalam baptisan air yang benar:

  1. 1 Petrus 3: 20-21
    3:20.yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.
    3:21.Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan--maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baikkepada Allah--oleh kebangkitan Yesus Kristus,

    'hanya sedikit'= hanya sedikit yang memilih baptisan air dan tahbisan yang benar.

    Yang pertama: kuasa pembaharuan dari hati nurani yang tidak baik menjadi hati nurani yang baik.

    Kejadian 6: 5-6
    6:5.Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,
    6:6.maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.

    Pada zaman Nuh, hati nurani manusia banyak yang tidak baik, sehingga membuahkan perbuatan jahat dan najis sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan minum (merokok, mabuk, narkoba), dan kawin mengawinkan (percabulan lewat tontonan dan sebagainya, nikah yang salah: kawin lari, kawin campur, kawin cerai, dan kawin mengawinkan).

    Ini semuanya hanya memilukan hati Tuhan.
    Akibatnya: dibinasakan oleh Tuhan lewat air bah.

    Sekarang, lewat baptisan air yang benar terjadi pembaharuan dari hati nurani yang jahat menjadi hati nurani yang baik.

    1 Tawarikh 29: 14, 17-19
    29:14.Sebab siapakah aku ini dan siapakah bangsaku, sehingga kami mampu memberikan persembahan sukarela seperti ini? Sebab dari pada-Mulah segala-galanya dan dari tangan-Mu sendirilah persembahan yang kami berikan kepada-Mu.
    29:17.Aku tahu, ya Allahku, bahwa Engkau adalah penguji hatidan berkenan kepada keikhlasan, maka akupun mempersembahkan semuanya itu dengan sukarela dan tulus ikhlas. Dan sekarang, umat-Mu yang hadir di sini telah kulihat memberikan persembahan sukarela kepada-Mu dengan sukacita.
    29:18.Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, bapa-bapa kami, peliharalah untuk selama-lamanya kecenderungan hati umat-Muyang demikian ini dan tetaplah tujukan hati mereka kepada-Mu.
    29:19.Dan kepada Salomo, anakku, berikanlah hati yang tulussehingga ia berpegang pada segala perintah-Mudan peringatan-Mu dan ketetapan-Mu, melakukan segala-galanyadan mendirikan bait yang persiapannya telah kulakukan."

    Hati nurani yang baikadalah

    • Setia dan tulus dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.
    • Taat dengar-dengaran pada firman.
      Hasilnya: perbuatan suci dan kesaksian untuk memuliakan Tuhan.

    • Hati yang cenderung memberi untuk Tuhan dan sesama yang membutuhkan= mengasihi Tuhan dan berbuat baik sampai membalas kejahatan dengan kebaikan.

    Hasilnya:


    • Kita dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
    • Tuhan sanggup menjadikan semua baik. Yang hancur jadi baik.
    • Perbuatan kebajikan akan menjadi pakaian mempelaiuntuk layak menyambut kedatangan Yesus kedua kali.
      Wahyu 19: 8
      19:8.Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauandan yang putih bersih!" (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)

      (terjemahan lama)

      19:8. Maka dikaruniakanlah kepadanya supaya ia boleh menghiasi dirinya dengan kain kasa halus yang bercahaya dan bersih; karena kain kasa halus itulah ibarat segala kebajikan orang-orang suciitu."


  2. Wahyu 15: 1-4
    15:1.Dan aku melihat suatu tanda lain di langit, besar dan ajaib: tujuh malaikat dengan tujuh malapetaka terakhir, karena dengan itu berakhirlah murka Allah.
    15:2.Dan aku melihat sesuatu bagaikan lautan kaca bercampur api, dan di tepi lautan kaca itu berdiri orang-orang yang telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya. Pada mereka ada kecapi Allah.
    15:3.Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!
    15:4.Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu? Sebab Engkau saja yang kudus; karena semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau, sebab telah nyata kebenaran segala penghakiman-Mu."

    Yang kedua: kuasa pembaharuan lidah.

    Dalam perjanjian lama, baptisan air yang benar digambarkan seperti Musa dan umat Israel menyeberangi laut Kolsom.
    Keluaran 14: 22
    14:22.Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka.

    Di tepi laut Kolsom mereka menyanyikan nyanyian Musa.
    Keluaran 15: 1
    15:1.Pada waktu itu Musa bersama-sama dengan orang Israel menyanyikan nyanyian ini bagi TUHAN yang berbunyi: "Baiklah aku menyanyi bagi TUHAN, sebab Ia tinggi luhur, kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.

    Wahyu 15: 2-3
    15:2.Dan aku melihat sesuatu bagaikan lautan kaca bercampur api, dan di tepi lautan kaca itu berdiri orang-orang yang telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya. Pada mereka ada kecapi Allah.
    15:3.Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!

    Dalam perjanjian baru, baptisan air yang benar bisa mencapai sorga, yang digambarkan dengan lautan kaca bercampur api.
    Di tepi laut kaca, orang-orang suci menyanyikan nyanyian Musa dan nyanyian Anak Domba. Ini adalah nyanyian kemenangan.

    Filipi 2: 8-11
    2:8.Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
    2:9.Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
    2:10.supaya dalam nama Yesus bertekuk lututsegala yang ada di langit(Setan)dan yang ada di atas bumi(nabi palsu)dan yang ada di bawah bumi(Antikris),
    2:11. dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

    Yesus sudah taat sampai mati di kayu salib sehingga Ia bisa mengalahkan Setan tritunggal, yaitu:

    • Setan/binatang buas di udara dengan roh najis dan jahat yang memicu dosa.
      Kalau menang atas Setan, kita akan taat dengar-dengaran, sehingga hidup dalam kebenaran dan kesucian.

    • Nabi palsu/binatang buas di darat dengan ajaran palsu yang menyesatkan dan menghancurkan gereja Tuhan.
      Kalau menang, kita akan berpegang pada satu firman pengajaran yang benar, sehingga kita menjadi satu tubuh yang utuh.

    • Antikris/binatang buas di laut dengan kekuatan mamon.
      Banyak gereja Tuhan yang berebut uang, dan banyak gereja Tuhan yang didukung uang, sehingga tidak ada pembukaan firman Allah. Akibatnya: kering rohani sampai mati rohani--tidak ada kepuasan sampai berbuat dosa dan puncaknya dosa.

      Kalau menang atas Antikris, kita akan didukung oleh firman pengajaran yang benar dan Roh Kudus, itulah kedua sayap dari burung nasar yang besar untuk disingkirkan ke padang gurun, jauh dari mata Antikris.

    Jadi, kalau baptisan air kita benar, kita akan mengalahkan Setan tritunggal karena kita dibaptis dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus, yaitu Tuhan Yesus Kristus.
    Kalau menang atas Setan tritunggal, kita akan mengalami kuasa pembaharuan lidah, yaitu:

    • Ibrani 13: 15
      13:15.Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.

      (terjemahan lama)
      13:15. Sebab itu dengan jalan Yesus itu hendaklah kita senantiasa mempersembahkan kepada Allah korban puji-pujian, yaitu
      buah-buahan bibirmulut yang mengaku nama-Nya.

      Yang pertama: lidah yang memuliakan Tuhan, yaitu berkata benar, baik, dan jujur, termasuk bersaksi.

      Jangan pernah takut untuk jujur mengakui kebenaran! Banyak yang takut kehilangan kedudukan, sehingga tidak mau mengakui kebenaran. Ini adalah hati nurani yang tidak baik.

      Kalau masih bergosip, berarti masih dikuasai oleh Setan tritunggal.

    • Lidah yang menyeru nama Yesus--'buah-buahan bibir mulut yang mengaku nama-Nya'.
    • Mazmur 106: 1
      106:1.Haleluya!Bersyukurlahkepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

      (terjemahan lama)
      106:1. Haleluya Pujilah akan Tuhan, karena baiklah Ia, dan
      kemurahan-Nyakekal selama-lamanya.

      Yang ketiga: lidah yang mengucap syukurkarena kemurahan dan kebaikan Tuhan.

      Kita mengakui bahwa setiap detak jantung hanya kemurahan dan kebaikan Tuhan, sampai kita bisa menyembah Yesus sebagai Raja dan Mempelai Pria Sorga dengan sorak: Haleluya. Ini adalah suara mempelai.

    Hasilpembaharuan lidah:

    • Tidak ada kekhawatiran dan ketakutan lagi apapun yang kita hadapi.
      Filipi 4: 6-7
      4:6.Janganlah hendaknya kamu kuatirtentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
      4:7.Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

      Kita menjadi tenang dan damai, sehingga semua enak dan ringan.

    • Kuasa kemenangan atas masalah-masalah yang mustahil. Semua selesai pada waktunya. Kita menerima masa depan yang berhasil dan indah.
    • Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita bersorak-sorai: Haleluya. Kita masuk kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang) dan Yerusalem baru selamanya.

Ada pembaharuan hati dan lidah malam ini. Jangan pakai pertimbangan jasmani tetapi pertimbangan rohani! Hati dan lidah dibaharui, dan kita akan mengalami kuasa kemenangan.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 21 Mei 2023 (Minggu Pagi)
    ... pemeliharaan yang berlimpah. Matius - Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar nanti mereka pingsan di jalan. Kata murid-murid-Nya kepada-Nya Bagaimana di tempat ...
  • Ibadah Raya Malang, 01 Februari 2009 (Minggu Pagi)
    ... bersama kita sampai puncaknya adalah perjalanan mempelai Amsal . ad. . Berjalan bersama Tuhan. Wahyu syarat untuk bisa berjalan bersama Tuhan dalam perjalanan seorang laki-laki dengan gadis adalah berpakaian putih. Sejak jaman Adam dan Hawa manusia sudah telanjang. Satu-satunya cara untuk bisa berjalan bersama Tuhan adalah harus berpakaian putih yang diberikan Yesus ...
  • Ibadah Persekutuan Ciawi III, 20 April 2012 (Jumat Sore)
    ... pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu. Aku ingin supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan bagaimana Tuhan berkenan kepadanya. 'Waktu telah singkat ' Artinya sudah waktunya untuk kita beralih ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 09 November 2016 (Rabu Sore)
    ... sengaja termasuk di dalamnya adalah bertengkar mulut sampai memukul yang membuat sakit atau luka bahkan bisa mati. Kita harus hati-hati Titik beratnya pada bertengkar mulut. Beterngkar mulut bersungut-sungut dan berbantah-bantah. Ini melanggar hukum keenam pada dua loh batu. Bersungut-sungut dan beerbantah-bantah adalah luapan dari hati yang benci hati yang tidak puas kebenaran diri ...
  • Ibadah Doa Malang, 14 Desember 2017 (Kamis Sore)
    ... bekerja lagi. Kita masih membahas tentang bintang di langit berjatuhan. Jika Roh Kudus sudah tidak bekerja lagi maka kita tidak bisa lagi menyembah Tuhan karena kita manusia ini sangat lemah. Roma Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita sebab kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa tetapi Roh sendiri ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 18 Oktober 2017 (Rabu Sore)
    ... rajani bangsa yang kudus umat kepunyaan Allah sendiri supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib . kamu yang dahulu bukan umat Allah tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 14 Mei 2023 (Minggu Siang)
    ... - yaitu lima roti dua ikan untuk memberi makan lima ribu orang. Roti menunjuk pada firman Allah. Lima menunjuk pada lima luka Yesus yang utama di kayu salib untuk menebus dan menyelamatkan manusia berdosa--dua di tangan dua di kaki dan di lambung. Ikan menunjuk pada urapan Roh Kudus. Jadi lima roti dua ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 19 Oktober 2008 (Minggu Sore)
    ... orang yang kena cap sulit untuk kembali pada ajaran yang benar. Ia gugur dari ajaran yang benar murtad kebinasaan . Kalau indera peraba diurapi Roh Kudus kita memiliki kepekaan dan ketegasan untuk menolak ajaran yang sesat. Dan ini artinya ada kepekaan dan ketegasan untuk berpegang teguh pada Firman Pengajaran yang ...
  • Ibadah Kaum Muda Malang, 22 November 2008 (Sabtu Sore)
    ... disalut emas Langkah - langkah manusia berdosa disalut dengan kasih Allah Amsal - Kasih Allah menutupi segala pelanggaran kita. Yohanes Allah mengutus Yesus kedunia dan mati di salib untuk menutupi dosa-dosa kita. Prosesnya dari pihak kita ' mengaku dosa pada Tuhan dan sesama' Amsal - Darah Yesus menutupi segala dosa ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 27 September 2015 (Minggu Sore)
    ... yang tidak berguna jijik najis terbuang selamanya binasa selamanya. Oleh sebab itu pada ayat - --karena TUHAN mengasihi jemaat Laodikia--TUHAN menegor dan menasihati lewat firman pengajaran yang lebih tajam dari pedang bermata dua bahkan menghajar supaya jemaat Laodikia--kita semua--membeli harta kekayaan sorgawi sehingga kaya secara rohani. Yang jasmani tidak ada kaitan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.