Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 20: 23-26 => tentang membayar pajak kepada kaisar.
20:23.Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka yang licik itu, lalu berkata kepada mereka:
20:24."Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar; gambar dan tulisan siapakah ada padanya?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar."
20:25. Lalu kata Yesus kepada mereka: "Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!"
20:26. Dan mereka tidak dapat menjerat Dia dalam perkataan-Nya di depan orang banyak. Mereka heran akan jawab-Nya itu dan mereka diam.

'berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar'= kita harus memberikan milik Kaisar, yaitu membayar pajak.
'kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah'= milik Tuhan harus kita kembalikan kepada Tuhan.

Jadi, ini menunjuk pada kepemilikan.
Yohanes 3: 29
3:29.Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Milik Tuhan adalah mempelai wanita sorga. Ini yang kita kembalikan pada Tuhan. Ini adalah kepemilikan mempelai. Tuhan menjadi milik kita, dan kita menjadi milik Tuhan selamanya.

Kita sudah mendengar tentang ujian kepemilikan (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 08 Oktober 2022).

Malam ini kita belajar proses kepemilikan mempelai:
Lukas 20: 24
20:24."Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar; gambar dan tulisan siapakah ada padanya?" Jawab mereka: "Gambardan tulisanKaisar."

(terjemahan lama)
20:24. "Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar. Rupa siapakah dan
capsiapakah ini?" Maka sahut mereka itu, "Kaisar punya."

  1. Harus ada gambar Allah (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 15 Oktober 2022). Dulu manusia diciptakan satu gambar dengan Allah, tetapi karena berbuat dosa kehilangan gambar Allah. Lewat firman pengajaran yang benar, kurban Kristus, dan penyembahan kita diproses sampai kembali pada gambar Allah.

  2. Harus ada cap dan tulisan Allah.
  3. Penyucian.

AD. 2: HARUS ADA CAP ALLAH
1 Korintus 6: 19-20
6:19.Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
6:20.Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Harus ada cap Allah sama dengan harus ada darah penebusan.
Mengapakita harus dicap dengan darah Yesus?

  1. Hanya darah Yesus yang mampu menebus dan melepaskan kita dari dosa. Kalau tidak ada capnya Yesus, kita akan tetap dalam dosa.
  2. Kita semua terutama bangsa kafir tidak binasa tetapi selamat.
    Dulu saat pintu bangsa Israel diberi tanda darah, maka mereka selamat, tetapi pada orang-orang Mesir terjadi kematian anak sulung karena tidak ada tanda darah.

    Keluaran 13: 13
    13:13.Tetapi setiap anak keledaiyang lahir terdahulu kautebuslah dengan seekor domba; atau, jika engkau tidak menebusnya, engkau harus mematahkan batang lehernya. Tetapi mengenai manusia, setiap anak sulung di antara anak-anakmu lelaki, haruslah kautebus.

    Bangsa kafir hanya seharga keledai. Kalau tidak ditebus, batang lehernya akan dipatahkan.
    Bangsa kafir yang berdosa adalah seharga keledai yang lahir untuk dipatahkan batang lehernya, artinya mati rohani dan binasa selamanya.

    Mati rohani= tidak bergairah dalam perkara rohani, tetapi suka berbuat dosa. Kalau dibiarkan akan binasa selamanya di neraka.

    Tetapi jika bangsa kafir ditebus oleh darah Yesus, ia akan selamat dan tidak binasa.

  3. Kita bisa menjadi milik Tuhan selamanya, yang tidak bisa diganggu gugat siapapun.

Buktibahwa kita memiliki cap darah Yesus:

  1. 1 Petrus 1: 18-19
    1:18.Sebab kamu tahu, bahwakamu telah ditebusdari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
    1:19.melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

    Yang pertama: kita sudah dilepaskan dari dosa-dosakita sendiri dan dosa warisan nenek moyang, termasuk adat istiadat yang bertentangan dengan alkitab.

    Bagaimana cara menghapus dosa? Lewat mengaku dosa kepada Tuhan dan sesama. Jika diampuni, jangan berbuat dosa lagi. Kita bertobat dan hidup dalam kebenaran. Kita selamat dan berharga mahal di hadapan Tuhan.
    Kehidupan yang berdosa tidak berharga di hadapan Tuhan, tetapi setelah bertobat ia berharga mahal di mata Tuhan.

    Sesudah hidup benar, keledai harus ditambat pada pohon anggur pilihan. Artinya: tergembala pada pokok anggur yang benar.
    Kejadian 49: 11
    49:11.Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggurdan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur.

    Pokok anggur yang benar adalah pribadi Yesus/firman pengajaran yang benar.
    Jadi, kita tergembala pada firman pengajaran yang benar.

    Tertambat juga berarti kita selalu berada di dalam kandang penggembalaan; ketekunan dalam tiga macam ibadah pokok: ibadah raya, ibadah pendalaman alkitab, dan ibadah doa. Kita tidak beredar-edar.

    Di dalam kandang kita akan mengalami penyucian secara terus menerus--'ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur'--, supaya tidak kembali pada dosa-dosa yang lalu, tetapi kita hidup dalam kesucian sampai sempurna.

    Kalau tidak mau tergembala, bahaya, ia akan jadi keledai liar dan keledai jalang.
    Ayub 39: 8, 11
    39:8.Siapakah yang mengumbar keledai liar, atau siapakah yang membuka tali tambatan keledai jalang?
    39:11.ia menjelajah gunung-gunung padang rumputnya, dan mencari apa saja yang hijau.

    Keledai liar= hidup dan pelayanannya menuruti kehendak sendiri, bukan kehendak Tuhan.
    Contoh: Saulus. Ia merasa hebat dalam melayani Tuhan, padahal hanya memuaskan keinginan dagingnya sendiri. Akhirnya menganiaya tubuh Kristus--menyakiti yang lain--, sehingga kehilangan gambar dan cap Allah.

    Kalau Saulus tidak ditolong Tuhan, ia akan binasa. Ini adalah kurang ajarnya Setan. Dia menipu kita bahwa kehendak daging lebih hebat dari kehendak Tuhan, tetapi kalau sudah diikuti pasti kita menyakiti yang lain.
    Hidup dan melayani menurut kehendak daging sendiri pasti akan terdengar: "Saulus, mengapa Engkau menganiaya Aku?"

    Keledai liar juga berarti suka mengembara dan beredar-edar untuk mencari segala sesuatu yang hijau. Hijau menunjuk pada kesegaran. Tetapi seringkali segar untuk telinga, namun tidak mengandung kebenaran, malah menyesatkan.
    Ini yang membuat kita jatuh dalam dosa dan tersesat.

    Keledai jalang= jatuh bangun dalam dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan minum (merokok, mabuk, narkoba), dan kawin mengawinkan (percabulan).
    Ini sama dengan melepas tali tambatan. Cepat kembali dalam penggembalaan, supaya kita menjadi keledai yang ditebus oleh darah Yesus, sehingga bisa hidup benar, digembalakan, dan disucikan.

  2. Wahyu 1: 5-6
    1:5. dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kitadari dosa kita oleh darah-Nya--
    1:6. dan yang
    telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, --bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

    Yang kedua: darah Yesus mengangkat kita menjadi imam dan raja, seperti keledai yang ditunggangi oleh Yesus masuk kota Yerusalem.

    Markus 11: 7-10
    11:7.Lalu mereka membawa keledaiitu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya.
    11:8.Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang.
    11:9.Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,
    11:10.diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!"

    Keledai sudah ditunggangi oleh Yesus. Imam dan raja diberkati oleh Tuhan secara rohani.
    Artinya: diperlengkapi dengan jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus--jubah indah--untuk dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna--mengarah ke Yerusalem baru selamanya.

    Kalau kita dipakai Tuhan, kita akan diberkati. Kenapa kita harus menolak? Dipakai Tuhan bukan berarti kita disiksa, tetapi diberkati oleh Tuhan. Banyak kekurangan dan kelemahan kita tetapi kalau Tuhan sudah pilih kita, Dia yang bertanggung jawab.

    Pembangunan tubuh Kristus dimulai dari nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna; mempelai wanita sorga yang siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.
    Di dalam nikah, kaum muda menjadi tangan dan kaki untuk meringankan tubuh.

    Kalau ada jubah indah, kita akan memiliki masa depan berhasil dan indah pada waktunya. Kita juga berbahagia.
    Kalau Tuhan mau memakai kita, dan kita sungguh-sungguh, maka Tuhan akan menolong kita.

    Kalau tidak mau dipakai Tuhan, akan dipakai oleh Bileam.
    2 Petrus 2: 1
    2:1.Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

    Tinggal pilih! Kalau tidak mau dipakai Tuhan, maka akan dipakai Bileam untuk menuju kutukan dan kebinasaan.

  3. Yesaya 54: 5-6, 9-10, 8
    54:5.Sebab yang menjadi suamimuialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmuialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.
    54:6. Sebab seperti isteri yang ditinggalkan dan yang bersusah hati TUHAN memanggil engkau kembali; masakan isteri dari masa muda akan tetap ditolak? firman Allahmu.
    54:9. Keadaan ini bagi-Ku seperti pada zaman Nuh: seperti Aku telah bersumpah kepadanya bahwa air bah tidak akan meliputi bumi lagi, demikianlah Aku telah bersumpah bahwa Aku tidak akan murka terhadap engkau dan tidak akan menghardik engkau lagi.
    54:10. Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi
    kasih setia-Ku tidak akan beranjakdari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.
    54:8. Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya,
    tetapi dalam kasih setia abadiAku telah mengasihani engkau, firman TUHAN, Penebusmu.

    Allah Israel dan Allah seluruh bumi artinya kita semua ditebus oleh Yesus.

    Yang ketiga: penebusan mempelai.
    Artinya: darah Yesus menebus bangsa kafir dan bangsa Israel sampai menjadi sempurna seperti Dia.

    Hubungan Kepala--Mempelai Pria--dengan tubuh--mempelai wanita--adalah leher, yaitu doa penyembahan. Ini adalah hubungan kasih setia Tuhanyang tidak terputus oleh apapun.
    Tuhan memperhatikan, mempedulikan, dan bergumul bagi kita.

    Hasilnya:

    1. Mazmur 51: 1-5
      51:1.Untuk pemimpin biduan. Mazmur dari Daud,
      51:2.ketika nabi Natan datang kepadanya setelah ia menghampiri Batsyeba.
      51:3.Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar!
      51:4.Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!
      51:5.Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.

      Ada yang bergumul dengan dosa, datang pada Tuhan.

      Hasil pertama: kasih setia Tuhan sanggup untuk mengampuni dan melepaskan segala dosa kita, sehingga kita merasa damai. Semua enak dan ringan.

    2. Mazmur 17: 7-8
      17:7.Tunjukkanlah kasih setia-Muyang ajaib, ya Engkau, yang menyelamatkan orang-orang yang berlindungpada tangan kanan-Mu terhadap pemberontak.
      17:8.Peliharalah aku seperti biji mata, sembunyikanlah aku dalam naungan sayap-Mu

      Hasil kedua: kasih setia Tuhan sanggup melindungi dan memelihara kitaseperti biji mata-Nya sendiri di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa di bumi.
      Di tengah dosa kita tetap hidup benar dan suci. Kita tetap setia berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.

    3. Kejadian 39: 21, 23
      39:21.Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nyakepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu.
      39:23.Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.

      Hasil ketiga: kasih setia Tuhan sanggup menjadikan kita berhasil dalam segala hal sekalipun di tengah keterbatasan--seperti dalam penjara.

      Kalau ada cap darah, akan ada kasih setia yang mampu membuat semua berhasil. Semua masalah yang mustahil selesai. Kasih setia Tuhan yang menolong.

    4. Mazmur 103: 4
      103:4.Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,

      Hasil keempat: kasih setia Tuhan memahkotai kita.
      Artinya: mengubahkan kita, mulai dari tunduk/taat dengar-dengaran sampai daging tidak bersuara lagi.

      Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita memakai mahkota mempelai, masuk kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang) dan Yerusalem baru selamanya.

Apa pergumulan kita? Ingat Tuhan! Tuhan akan selalu ingat kita. Tuhan memperhatikan, mempedulikan, dan bergumul bagi kita. Dia mengulurkan tangan kasih setia-Nya bagi kita.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Surabaya, 15 Februari 2017 (Rabu Sore)
    ... mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Manusia harus mengalami penebusan oleh darah Yesus karena dosa membuat kita mati rohani kalau bangsa kafir seperti keledai dipatahkan batang lehernya--tidak ada hubungan dengan Tuhan terpisah dari Tuhan tidak bisa beribadah melayani Tuhan dan tidak bisa menyembah Tuhan. Kalau dibiarkan akan terpisah selamanya menuju kematian kedua ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 21 Juni 2015 (Minggu Sore)
    ... dan kita semua. Ada tanda keadaan suam-suam rohani ada penyembahan berhala lembu emas. Bangsa Israel waktu itu menyembah lembu emas. Keluaran . Diterimanyalah itu dari tangan mereka dibentuknya dengan pahat dan dibuatnyalah dari padanya anak lembu tuangan. Kemudian berkatalah mereka Hai Israel inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah MesirMungkin ...
  • Ibadah Raya Malang, 23 Oktober 2011 (Minggu Pagi)
    ... Yesus memperingatkan Petrus tentang penggembalaan. Kenyataan di akhir zaman setan berusaha untuk menghancurkan sistem penggembalaan sehingga keadaan anak hamba Tuhan adalah bagaikan domba-domba yang tidak tergembala tercerai-berai . Akibat kehidupan Kristen yang bagaikan domba tidak tergembala Lelah dan terlantar. Matius Melihat orang banyak itu tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka karena ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 08 April 2013 (Senin Sore)
    ... II Allah Roh Kudus Kristus. Jadi Mempelai Pria Surga adalah Tuhan Yesus Kristus. tabut petinya. Keluaran - . Haruslah mereka membuat tabut dari kayu penaga dua setengah hasta panjangnya satu setengah hasta lebarnya dan satu setengah hasta tingginya. . Haruslah engkau menyalutnya dengan emas murni dari dalam dan dari luar engkau ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 15 November 2015 (Minggu Sore)
    ... kita hadapi. Tetap hidup dalam kebenaran apapun yang sedang kita hadapi. Ada yang saat menghadapi pencobaan lalu tidak benar lagi. Tidak punya uang lalu korupsi. Ini tidak punya iman lagi sudah goyah dan roboh. Iman adalah kebenaran. Saat menghadapi keuntungan kita seringkali tidak benar. Tadi dalam kesaksian sampai pun mengendarai sepeda motor ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 Februari 2012 (Minggu Pagi)
    ... harus bersaksi tentang kebenaran apapun resiko yang harus kita hadapi di manapun dan kapanpun. Dan kita harus bersaksi bahwa Yesus adalah Mesias. Mesias Kristus Yang diurapi . Ada jabatan yang diurapi Raja. Imam-imam hamba. Nabi manusia yang sengsara. Tetapi Yesus juga adalah Anak Allah yang hidup. Jika jabatan ini digambarkan maka akan membentuk salib ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 02 Agustus 2017 (Rabu Sore)
    ... sampai dicela. Sikap yang negatif adalah membuat sia-sia kasih karunia Allah. Sikap yang benar adalah jangan menyia-nyiakan kasih karunia Tuhan. Praktik menyia-nyiakan kasih karunia--sudah menerima tetapi disia-siakan--yaitu menjadi batu sandungan ayat 'Dalam hal apapun kami tidak memberi sebab orang tersandung' . Kalau tidak menyia-nyiakan kasih karunia tidak akan jadi batu sandungan. Kalau menyia-nyiakan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 25 Mei 2014 (Minggu Sore)
    ... bukan hanya teori tetapi suatu praktik dalam kehidupan kita. Kalau Dia menang atas maut maka kita juga harus menang atas maut. Maut dosa itu membinasakan tidak membahagiakan . Oleh sebab itu kita harus lepas atas maut. Misalnya jika ada orang bilang narkoba itu enak ini tidak benar dan hanya tipuan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 17 Juni 2012 (Minggu Sore)
    ... sampai jam tiga. . Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring Eli Eli lama sabakhtani Artinya Allah-Ku Allah-Ku mengapa Engkau meninggalkan Aku WAKTU PENYALIBAN. Kita sudah mempelajari waktu penyaliban yang sama dengan waktu bekerja di kebun anggur diterangkan pada Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya Juni . Tuhan sudah rela untuk mati di ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 09 Oktober 2014 (Kamis Sore)
    ... seekor kuda putih dan Ia yang menungganginya bernama Yang Setia dan Yang Benar Ia menghakimi dan berperang dengan adil. Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorangpun kecuali Ia sendiri. Menampilkan Yesus yang datang kembali kedua ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.