Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Lukas 1:13-17
1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.
1:14 Engkau akan bersukacita dan bergembira, bahkan banyak orang akan bersukacita atas kelahirannya itu.
1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhandan ia tidak akan minum anggur atau minuman kerasdan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;
1:16 ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka,
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhandalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Yohanes Pembaptis memiliki tujuh kesaksian bagaikan pelita dengan tujuh lampu yang menyala:
  1. Memiliki nama dari Tuhan.
  2. Membawa kesukaan/ sukacita Sorga.
  3. Besar di hadapan Tuhan.
  4. Menjadi nazir Allah.
  5. Hidup dalam urapan Roh Kudus.
  6. Membuat orang bertobat.
  7. Menjadi pelopor/ pendahulu.

Ad. 5. Hidup dalam urapan Roh Kudus.
Yohanes Pembaptis penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya.
Demikian pula kita juga harus penuh dengan Roh Kudus.

Tingkatan kepenuhan Roh Kudus:
  1. Dipimpin oleh Roh Kudus.
    Tandanya adalah mulai menaruh perhatian pada perkara-perkara rohani, seperti membaca Alkitab, berdoa, beribadah kepada Tuhan, dsb.

  2. Diurapi oleh Roh Kudus.
    Tandanya adalah mulai mengutamakan perkara-perkara rohani.

  3. Dipenuhi dengan Roh Kudus = hidup secara rohani.

Ayub 32:8
32:8 Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.

Roh Kudus memberikan akal budi/ pengertian kepada manusia, yakni yang menjadi kelebihan manusia dari pada hewan.

Kalau manusia tanpa Roh Kudus = tanpa akal budi, maka manusia akan tampil seperti binatang buas.

Ada 3 macam binatang buas:
  • Wahyu 12:3
    12:3 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.


    Naga merah di udara = setan dengan kekuatan roh jahat dan najis, menghasilkan perbuatan-perbuatan dosa sampai puncaknya dosa (dosa makan-minum dan kawin-mengawinkan).

  • Wahyu 13:1
    13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

    Binatang buas yang keluar dari laut = antikris dengan kekuatan mamon/ keuangan, membuat manusia menjadi kikir dan serakah.

  • Wahyu 13:11
    13:11. Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.

    Binatang buas yang keluar dari dalam bumi = nabi palsu dengan kekuatan roh dusta/ kepalsuan.

Jadi, keadaan manusia tanpa Roh Kudus adalah dikuasai setan tritunggal, sehingga manusia kehilangan gambar Allah Tritunggal. Yang ada pada manusia hanyalah gambar setan tritunggal, yang membawa manusia ke dalam kebinasaan selama-lamanya.

PROSES untuk mengalami kepenuhan Roh Kudus:
  1. Kisah Para Rasul 1:4-5
    1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku.
    1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

    Harus tetap tinggal di Yerusalem (Kota Damai), artinya hati damai sejahtera, tanpa kepahitan, kenajisan, kejahatan, iri, dendam, dll.

    Sebenarnya hati manusia cenderung jahat dan najis. Namun, lewat baptisan airkita bisa menerima hidup dan hati baru yang berisi damai sejahtera.

  2. Kisah Para Rasul 1:12-14
    1:12. Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.
    1:13 Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus.
    1:14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.

    Bertekun dengan sehati dalam doa.

    Kalau kita ingin dipimpin, diurapi, bahkan dipenuhi Roh Kudus, kita harus menjaga hati yang damai sejahtera serta banyak berdoa dan menyembah Tuhan, bahkan ditambah dengan doa puasa dan doa semalam suntuk.

    Doa penyembahan= proses perobekan dagingdengan segala keinginan, hawa nafsu, emosi, ambisinya, untuk mendapatkan minyak urapan Roh Kudus= buah zaitun yang dijemur dan diperas untuk menghasilkan minyak.

  3. Kisah Para Rasul 1:24-26
    1:24 Mereka semua berdoa dan berkata: "Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini,
    1:25 untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya."
    1:26 Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.

    Sebelum genap jumlah kedua belas rasul Yesus, maka Roh Kudus belum dicurahkan.
    Artinya kita harus teguh, setia, dan berkobar-kobar dalam jabatan pelayanan.

KEGUNAAN Roh Kudus:

Kita belajar dari tongkat Harun yang bisa bertunas, berbunga, dan berbuah.
Tuhan membuat tongkat Harun bertunas, berbunga, berbuah untuk meredakan persoalan dan persungutan di antara bangsa Israel.
  1. Roh Kudus membuat tongkat Harun bisa bertunas.
    Tongkat = kayu yang mati, kecil, rapuh.
    Artinya kehidupan yang kecil dan tidak berdaya, rapuh dan mudah hancur, tidak ada harapan.
    Namun, dalam Roh Kudus kita bisa hidup ("bertunas").

    Yohanes 6:63
    6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

    Roh Kudus mampu memberikan kehidupan secara jasmanidi tengah kesulitan, ketidakberdayaan, bahkan kemustahilan dalam studi, pekerjaan, dsb.

    Roh Kudus juga memberikan kehidupan secara rohani, yaitu kita bisa hidup benar dan suci dalam segala perkataan, pikiran, dst.
    Tanda kerohanian yang hidup bisa dilihat mulai dari perkataan tidak ada lagi dusta, tidak bersungut-sungut, tidak ada fitnah, dsb.
    Sebaliknya, kematian rohani juga bisa segera dideteksi dari lidah kita.

  2. Roh Kudus membuat tongkat Harun menjadi berbunga.
    Berbunga = Roh Kudus memberikan karunia-karunia Roh Kudus.

    Efesus 4:7
    4:7 Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.

    Karunia Roh Kudus adalah kemampuan ajaib dari Roh Kudus untuk kita bisa melayani Tuhan sesuai jabatan pelayanan.
    Roh Kudus menolong kita untuk selalu bergemar (setia dan berkobar-kobar) dalam melayani Tuhan.

    Jangan malas ataupun merasa terpaksa dalam ibadah-pelayanan!
    Waspada!
    Kalau bunga sudah rontok, daun-daun bisa gugur juga, sehingga kehidupan itu kembali menjadi tongkat yang tidak ada artinya, rapuh, dan akan hancur/binasa selamanya.

  3. Roh Kudus membuat tongkat Harun berbuah.
    Roh Kudus mengubahkan/ membaharui kehidupan kita sehingga kita memiliki buah-buah Roh.

    Galatia 5:22-23
    5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
    5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

    Sembilan buah Roh dikelompokkan menjadi tiga:
    • Kasih, sukacita, damai sejahtera = gambar dari Allah Bapa (Tuhan).
    • Kesabaran, kemurahan, kebaikan = gambar dari Anak Allah (Yesus).
    • Kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri = gambar dari Allah Roh Kudus (Kristus).

    Jadi, kita kembali pada gambar Allah Tritunggal= kembali pada ciptaan semula yang sama sempurna dan mulia seperti Tuhan, yakni mempelai wanita Sorga yang siap sedia untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan permai.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 01 Desember 2011 (Kamis Sore)
    ... sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. Tidak ada nama lain yang bisa menyelamatkan manusia berdosa selain nama Yesus. Filipi - Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama supaya dalam nama Yesus ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 16 Juni 2014 (Senin Sore)
    ... mereka lari sembunyi tidak ada kemampuan untuk kembali pada Tuhan sehingga Tuhan memanggil. Kalau dibiarkan akan binasa. Oleh sebab itu Tuhan memanggil kita untuk MEMBENARKAN kita menyelamatkan kita. Orang berdosa rusak tidak bisa dipakai oleh Tuhan dan tidak boleh melayani Tuhan. Karena itu kalau rusak perlu dipanggil dan dibenarkan dulu. Tanda-tanda kebenaran keselamatan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 06 Juni 2016 (Senin Sore)
    ... benar-benar terangkat ke takhta sorga selama-lamanya. Kita sekarang juga. Untuk bisa hidup di dunia ini dalam suasana takhta sorga sampai benar-benar terangkat ke takhta sorga kita harus hidup dalam jalan salib. Praktik jalan salib dalam kehidupan sehari-hari Petrus - Sebab untuk itulah kamu dipanggil karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan ...
  • Ibadah Raya Malang, 05 Maret 2023 (Minggu Pagi)
    ... kepada Tuhan. Maka Tuhan menjawab doa kita Tuhan bertanggung jawab atas hidup kita. Sampai sempurna. IBADAH RAYASalam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus. Wahyu - Perjamuan kawin Anak Domba Ini menunjuk kedatangan Yesus kedua kali dalam kemuliaan sebagai Raja segala raja Mempelai Pria Surga untuk membawa kita masuk ...
  • Ibadah Doa Malang, 16 November 2010 (Selasa Sore)
    ... masuk Kerajaan Sorga yang kekal. Posisi kambing adalah di sebelah kiri dan akan masuk dalam api siksaan yang kekal yaitu neraka Matius . Mulai sekarang kita harus memantapkan posisi kita sebagai domba-domba yang berada di sebelah kanan Tuhan. Ibrani Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus yang memimpin kita dalam ...
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Session II Malang, 22 Juni 2016 (Rabu Dini Hari)
    ... anak-anak Keluaran artinya kehidupan yang dewasa rohani berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar sampai kesempurnaan. Bangsa-bangsa lain yang tidak merayakan Paskah sehingga disebut bangsa kacauan atau bangsa bajingan. Bilangan - Orang-orang bajingan yang ada di antara mereka kemasukan nafsu rakus dan orang Israelpun menangislah pula serta berkata Siapakah yang ...
  • Ibadah Raya Malang, 22 April 2012 (Minggu Pagi)
    ... Nazaret adalah tempat pertumbuhan rohani dari keselamatan sampai kedewasaan penuh kesempurnaan seperti Yesus. Tempat pertumbuhan rohani tempat penggembalaan. Petrus menyangkal Yesus sebagai orang Nazaret artinya Petrus menyangkal penggembalaan yang benar. Akibat menyangkal penggembalaan adalah Tidak mengalami pertumbuhan rohani sehingga tingkat rohaninya tetap seperti anak kecil yang mudah diombang-ambingkan oleh pengajaran palsu. ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 15 Januari 2015 (Kamis Sore)
    ... beritakan atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima. Pokok kesetiaan adalah kesetiaan yang sejati kepada Kristus kesetiaan yang sejati kepada firman pengajaran yang benar sehingga kita bersuasana Firdaus. nbsp Firman pengajaran yang benar adalah Firman ...
  • Ibadah Doa Malang, 20 Oktober 2015 (Selasa Sore)
    ... menang dan tidak kalah sehingga terjadi penyembahan berhala kepada anak lembu emas. Mengapa Israel membangun anak lembu emas Sebab ibadah Israel adalah ibadah palsu yaitu mengerumuni Harun. Keluaran Ketika bangsa itu melihat bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung itu maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya Mari buatlah untuk kami allah ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 02 Desember 2015 (Rabu Sore)
    ... mantap dalam kebenaran Kalau tidak kita akan hancur bersama dunia. Petrus Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat. Jika kita bisa hidup benar di tengah dunia yang sulit hasilnya mata TUHAN memperhatikan kita artinya ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.