Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Memperingati kenaikan Tuhan tidak bisa dipisahkan dengan kedatangan Tuhan kedua kali. Memperingati kenaikan Tuhan berarti semakin dekat dengan kedatangan Tuhan kedua kali.

Matius 24:31,keadaan ketiga saat kedatangan Tuhan kedua kali adalah terdengar sangkakala yang dahsyat bunyinya untuk menampilkan gereja Tuhan dari 4 penjuru bumi dalam kemuliaan sebagai Mempelai Wanita di awan-awan yang permai.

Sangkakala ini ditiup oleh malaikat, menunjuk pada firman penggembalaan, atau firman pengajaran yang benar dan kuat, yang dipercayakan Tuhan pada seorang gembala, untuk disampaikan pada sidang jemaat dengan setia dan berulang-ulang, sehingga gereja Tuhan mengalami penyucian dan pembaharuan, keubahan hidup sedikit demi sedikit, sampai menjadi sama mulia dengan Yesus. Saat itulah gereja Tuhan akan diangkat dari dunia untuk bertemu Tuhan di awan-awan yang permai, masuk Pesta Nikah Anak Domba Allah, kemudian masuk Kerajaan 1000 tahun damai (Firdaus yang akan datang), sesudah itu masuk Yerusalem Baru, Kerajaan Sorga yang kekal.

Jadi, firman penggembalaan ini mengandung kuasa untuk mengangkat gereja Tuhan dari pengaruh dunia, mulai dari kesibukan dunia, kesukaan dunia, kesusahan dunia, sampai mengangkat gereja Tuhan di awan-awan yang permai saat sangkakala terakhir dibunyikan, bahkan diangkat sampai tempat tertinggi di tahta Kerajaan Sorga.

Pengangkatan atau kenaikan ke Sorga ini bukan sesuatu yang baru, tetapi sudah terjadi sejak Perjanjian Lama.
Ada 4 pribadi yang sudah naik ke Sorga, yaitu:
  1. Henokh
    Kejadian 5:22-24,Henokh bergaul dengan Allah 300 tahun lamanya.
    Hakim-hakim 7:5-6,angka 300 ini arti rohaninya adalah doa penyembahan.
    Jadi, Henokh bergaul dengan Allah lewat doa penyembahan, dalam Tabernakel menunjuk pada Medzbah Dupa Emas.
    Henokh tidak usah mati, tetapi terangkat hidup-hidup.

  2. Musa
    Ulangan 34:5-6,Musa hidup dan matinya sesuai dengan firman Allah = bergaul dengan firman Allah, dalam Tabernakel menunjuk pada Meja Roti Sajian.

  3. Elia
    2 Raja-raja 2:11,Elia bergaul dengan Roh Kudus, dalam Tabernakel munjuk pada Pelita Emas.

    Manusia biasa seperti Henokh, Musa, dan Elia bergaul dengan kasih, firman, dan Roh Kudus sehingga suatu saat bisa terangkat.

  4. Yesus
    Lukas 24:51,Yesus adalah kasih Allah, firman, dan Roh Kudus yang menjadi manusia, sehingga Yesus juga terangkat ke Sorga.
Empat pribadi ini sudah naik ke Sorga, tapi masih ada satu pribadi lagi yang akan naik ke Sorga, yaitu gereja Tuhanakan terangkat ke Sorga saat sangkakala yang terakhir dibunyikan.
Syaratnya adalah:
  • Harus bergaul dengan kasih Allah lewat doa penyembahan, yaitu ketekunan dalam Ibadah Doa Penyembahan (Medzbah Dupa Emas), ditambah dengan doa pribadi di rumah.
  • Harus bergaul dengan firman Allah, yaitu ketekunan dalam Ibadah Pendalaman Alkitab dan Perjamuan Suci (Meja Roti Sajian).
  • Harus bergaul dengan Roh Kudus, yaitu ketekunan dalam Ibadah Raya (Pelita Emas).
Tiga macam ibadah ini dalam Tabernakel adalah Ruangan Suci, yaitu kandang penggembalaan. Kehidupan Kristen harus tergembala jika mau terangkat ke Sorga. Lewat firman penggembalaan, kita akan mengalami kuasa pengangkatan sedikit demi sedikit, sampai suatu saat berada di awan-awan saat sangkakal terakhir dibunyikan, bahkan sampai di tahta Sorga.

Contoh kehidupan yang mengalami kuasa pengangkatan lewat firman penggembalaan adalah Petrus.
Tiga kali Petrus mengalami kuasa pengangkatan lewat firman penggembalaan:
  1. Matius 4:18-19,firman penggembalaan mengangkat Petrus dari penjala ikan menjadi penjala manusia, dari orang berdosa menjadi imam-imam dan raja-raja.
    Segala profesi di dunia ini hanya sampai di liang kubur, oleh sebab itu harus ditingkatkan menjadi imam dan raja, kehidupan yang melayani Tuhan.

    1 Petrus 2:9,dipanggil dari manusia berdosa dan menjadi selamat, buktinya adalah bertobat, babtisan air dan baptisan Roh Kudus, sehingga menghasilkan hidup dalam kebenaran, ini merupakan mujizat yang ajaib.
    Setelah dipanggil, akan dipilih untuk disucikan menjadi imam dan raja.

    Jadi, firman penggembalaan memanggil dan memilihorang berdosa, untuk diselamatkan, dan mengangkatnya menjadi imam dan raja. Ini adalah pengangkatan yang dialami Petrus, yang juga harus kita alami.

    Tugas pokok setiap pelayan Tuhan adalah memuliakan, mengagungkan nama Tuhan(Yesaya 49:3), di mana saja, kapan saja, situasi dan kondisi apa saja. Kalau menjadi pelayan yang memuliakan dan mengagungkan Tuhan, maka hasilnya adalah hak dan upah kita di tangan Tuhan = hidup dalam tangan kasih karunia Tuhan, artinya adalah tangan kemurahan Tuhan sanggup memelihara hidup kita di tengah zaman yang sudah sulit.

    Saat firman penggembalaan diberitakan, harus dijaga 2 hal:
    • Jangan menolak panggilan dan pilihan Tuhan, sebab itu berarti tetap berada dalam kegelapan.
    • Jangan memilukan hati Tuhan lewat sesuatu yang tidak benar.

  2. Matius 14:25,29-33,firman penggembalaan mengangkat Petrus yang tenggelam.
    Petrus bisa berjalan di atas air tetapi kemudian tenggelam, sebab ia bimbang, prakteknya adalah:
    • bimbang terhadap firman pengajaran yang benar karena suara asing,
    • bimbang dalam pencobaan.

    Akibatnya adalah merosot, sampai tenggelam, sampai tidak ada harapan.

    Petrus orang yang hebat, yang sudah menjadi penjala manusia, sudah bisa berjalan di atas air, tetapi kalau bimbang, maka pasti akan merosot secara jasmani dan rohani, sampai tidak ada harapan lagi.

    Tapi bersyukur, saat akan tenggelam, Petrus masih mengulurkan tangan dan berseru "Tuhan, tolonglah aku!"(Matius 14:30). Saat bimbang, Tuhan tidak akan bisa menolong.
    Mengulurkan tangan dan berseru nama Tuhan artinya adalah kembali berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar, percaya dan mempercayakan diri sepenuh kepada Tuhan, berseru nama Tuhan, mengaku, "Sesungguhnya Engkau Anak Allah"(Matius 14:33).

    Maka Tuhan juga akan mengulurkan tangan untuk mengangkat kita dari segala kemerosotan dan ketenggelaman. Petrus bahkan diangkat sampai menjadi batu karang (Matius 16:13-16,18), masuk pembangunan tubuh Kristus yang sempurna. Kita akan menerima kuasa kemenangan atas setan tritunggal (hujan, angin, banjir tidak bisa menghancurkan rumah di atas batu karang.).

  3. Yohanes 21:15,17,firman penggembalaan mengangkat Petrus dari kebinasaan.
    Tiga kali Yesus berbicara soal kasih dan penggembalaan. Ini menunjuk pada penggembalaan, dalam penggembalaan Tuhan mengoreksi kasih pada Tuhan dan sesama.

    Sebenarnya ada 3 kali pertanyaan yang berbeda. Pertanyaan pertama dan kedua, Tuhan bertanya apakah Petrus mengasihi dengan kasih sempurna (kasih agape), Petrus menjawab mengasihi dengan kasih sesama (kasih phileo). Pertanyaan ketiga adalah apakah Petrus mengasihi Tuhan dengan kasih sesama, hasilnya adalah sedih hati Petrus, artinya mengaku ada sesuatu yang belum beres, mengaku melayani tanpa kasih pada Tuhan yang sesama.

    Bukti tidak ada kasih adalah menyangkal Tuhan:
    • Lewat perkataan dusta, gosip, perkataan yang melemahkan orang lain.
    • Yohanes 18:10,lewat perbuatan yang merugikan orang lain, perbuatan yang membuat sesama tidak bisa mendengar firman.
    • Yohanes 21:3, tidak setia dan tinggalkan ibadah pelayanan.
    • Titus 1:16,lewat perbuatan-perbuatan dosa.

    Kehidupan yang menyangkal Tuhan, seharusnya hanya masuk kebinasaan.

    Matius 10:32, Yohanes 21:18-19.
    Tetapi Petrus sedih hatinya:
    • mau mengasihi Tuhan lebih dari segala sesuatu,
    • mau mengulurkan tangan, taat dengar-dengaran apapun resikonya, menyerah sepenuh kepada Tuhan.

    Maka Tuhan sanggup membereskan segala masalah yang belum beres, sebab di kayu salib Dia sudah berteriak 'Sudah selesai' (Yohanes 19:29-30). Bahkan, Tuhan mengangkat Petrus sampai menjadi batu permata di Yerusalem Baru (Wahyu 21:14,19), tidak bisa tenggelam lagi, tidak bisa keluar dari Yerusalem Baru lagi untuk selama-lamanya.
Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 23 Desember 2008 (Selasa Pagi)
    ... oleh apipanggilan Tuhanperlengkapan dari Tuhan. ad. . Penyucian oleh apiKeluaran - . Yeremia . Maleakhi - . Ini menunjuk pada penyucian oleh api firman yang menghasilkan Murni bagaikan perak dan emas. Perak menunjuk pada penebusan sampai lidah tidak bersalah Amsal . Emas menunjuk pada iman yang teruji. Hamba Tuhan yang imannya teruji tidak akan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 20 April 2023 (Kamis Sore)
    ... untuk menguduskan mereka supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku Ambillah seekor lembu jantan muda dan dua ekor domba jantan yang tidak bercela Ini sama dengan disucikan dan diperlengkapi dengan jabatan dan karunia sehingga kita bisa beribadah melayani Tuhan sesuai jabatan dan karunia yang Tuhan percayakan. Sebenarnya yang layak menjadi imam ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 20 Januari 2011 (Kamis Sore)
    ... berada di sebelah kiri sebab kambing adalah orang terkutuk yang melakukan perbuatan-perbuatan terkutuk sehingga masuk dalam api yang kekal siksaan yang kekal. Domba berada di sebelah kanan sebab domba adalah orang-orang benar yang melakukan perbuatan-perbuatan benar perbuatan iman sehingga masuk dalam Kerajaan Sorga yang kekal. Roma Sebab di dalamnya nyata ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 24 November 2020 (Selasa Sore)
    ... dalam geramnya yang dahsyat karena ia tahu bahwa waktunya sudah singkat. Dan ketika naga itu sadar bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu. Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun ...
  • Ibadah Doa Malang, 16 Februari 2010 (Selasa Sore)
    ... harus dirobek lewat doa penyembahan supaya kita tidak ketinggalan pada saat kedatangan Tuhan kedua kali Kemunafikan pura-pura. Yohanes - kemunafikan Yudas adalah pura-pura berbuat baik untuk menyembunyikan dosa pencuri. Akibatnya adalah Yudas binasa. Lewat doa penyembahan biar kita bisa membeberkan dosa tidak lagi munafik. Lukas - takut sungkan kepada manusia. Manusia ini bisa ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 18 Maret 2015 (Rabu Sore)
    ... sebagai satu-satunya Juruselamat yang mampu menyelamatkan kehidupan kita. Ini sudah harus mantap didalam kehidupan kita. Di luar Yesus Kristus tidak ada jaminan keselamatan. Kalau masih ragu terhadap Yesus sebagai satu-satunya Juruselamat maka keselamatan kita juga masih diragukan. Yang kedua kita harus bertobat yaitu berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan kembali kepada ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 09 April 2016 (Sabtu Sore)
    ... untuk menanggung dosa manusia. Hal ini sudah dimengerti oleh banyak orang. Kita juga harus menerima Yesus yang sengsara sampai mati di kayu salib. Hal ini banyak tidak dimengerti oleh manusia. Mengapa Sebab untuk menerima Yesus sebagai pemberi berkat tabib yang ajaib Allah yang baik banyak orang mau menerima karena enak ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 24 Juni 2012 (Minggu Sore)
    ... dari Ibadah Raya Surabaya Juni . ay. - sikap terhadap salib diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya Juni . ay. - waktu penyaliban mulai diterangkan pada Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya Juni . Matius - . Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga. . Kira-kira jam ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 22 Oktober 2022 (Sabtu Sore)
    ... siapakah dan cap siapakah ini Maka sahut mereka itu Kaisar punya. Harus ada gambar Allah diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja Oktober . Dulu manusia diciptakan satu gambar dengan Allah tetapi karena berbuat dosa kehilangan gambar Allah. Lewat firman pengajaran yang benar kurban Kristus dan penyembahan kita diproses sampai kembali ...
  • Ibadah Kenaikan Tuhan Malang, 10 Mei 2018 (Kamis Sore)
    ... kepada anak sulungnya itu sebab katanya Allah telah membuat aku lupa sama sekali kepada kesukaranku dan kepada rumah bapaku. Manasye anak sulung Yusuf lahir di tanah Mesir atau di daerah Kafir. Artinya bangsa Kafir juga mendapat kesempatan untuk menjadi anak sulung sehingga mendapat hak kesulungan dari Tuhan. Apakah hak kesulungan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.