Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 7:4-8
7:4 Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.
7:5 Dari suku Yehuda dua belas ribu yang dimeteraikan, dari suku Ruben dua belas ribu, dari suku Gad dua belas ribu,
7:6 dari suku Asyer dua belas ribu, dari suku Naftali dua belas ribu, dari suku Manasye dua belas ribu,
7:7 dari suku Simeon dua belas ribu, dari suku Lewi dua belas ribu, dari suku Isakhar dua belas ribu,
7:8 dari suku Zebulon dua belas ribu, dari suku Yusuf dua belas ribu, dari suku Benyamin dua belas ribu.

Seratus emat puluh empat ribu orang dari seluruh suku keturunan Israel dimeterai dengan meterai Allah di dahi = menjadi milik Tuhan selamanya = inti dari tubuh Kristus yang sempurna.

Dalam Wahyu 7:6, suku Dan tidak dimeterai dengan meterai Allah di dahinya tetapi diganti dengan suku Manasye. Mengapa?
  1. Sebab suku Dan berubah menjadi keturunan ular beludak.
    Kejadian 49:17
    49:
    17 Semoga Dan menjadi seperti ular di jalan, seperti ular beludak di denai yang memagut tumit kuda, sehingga penunggangnya jatuh ke belakang.

  2. Suku Manasye diangkat dari cucu menjadi anak Yakub, keturunan Abraham. Ini menubuatkan tetang pengangkatan dan pengakuan Tuhan kepada bangsa kafir untuk menjadi anak-anak Abraham secara rohani.
    Kejadian 48:5
    48:5 Maka sekarang kedua anakmu yang lahir bagimu di tanah Mesir, sebelum aku datang kepadamu ke Mesir, akulah yang empunya mereka; akulah yang akan empunya Efraim dan Manasye sama seperti Ruben dan Simeon.


Roma 11:25-26
11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
11:26 Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.

Karena sebagian Israel menolak Yesus, maka terbuka kesempatan dan kemurahan Tuhan bagi bangsa Kafir yang adalah keturunan ular beludak, untuk percaya Yesus, diselamatkan, dan diangkat menjadi keturunan Abraham secara rohani. Sehingga seluruh Israel rohani (Israel dan Kafir) akan diselamatkan.

Efesus 2:13-16
2:13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh," sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.
2:14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,
2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,
2:16 dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

Kematian Yesus di kayu salib adalah untuk merobohkan tembok pemisah, sama dengan memperdamaikan/ mempersatukan Israel dan Kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna, mempelai wanita Sorga untuk layak menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai, masuk perjamuan kawin Anak Domba, Firdaus, kemudian masuk Kerajaan Sorga kekal selamanya. Ini sama dengan membangun tembok Yerusalem Baru.

Proses/ langkah membangun tembok Yerusalem Baru:
  1. Membangun dasar.
    Wahyu 21:14
    21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

    Dasar dari Yerusalem Baru adalah 12 Rasul Anak Domba. Arti rohaninya:
    • Firman pengajaran yang benar.
      Kisah Rasul 2:42
      2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

      Pengajaran rasul yaitu pengajaran dalam Perjanjian Baru yang merupakan penggenapan dari apa yang sudah dinubuatkan nabi-nabi dalam Perjanjian Lama. Inilah firman pengajaran yang benar.
      Sehancur apa pun hidup kita, tetapi jika masih bisa mendengar firman, maka masih ada kesempatan untuk dipulihkan dan disucikan. Sebaliknya sehebat apa pun kita, jika melepaskan pedang firman, menolak firman pengajaran yang benar, maka akan hancur dan binasa.

    • Jabatan pelayanan = tempat kita di dalam tubuh Kristus = tempat di Yerusalem Baru.
      Efesus 4:11-12
      4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
      4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

      Jika hidup dalam kesucian maka kita pasti diperlengkapi dengan jabatan pelayanan, jubah yang indah, untuk dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus.

      Lima jabatan pelayanan adalah tangan anugerah Tuhan di dalam sidang jemaat. Kita harus memegang jubah, jangan lepaskan jubah apa pun karena apa pun.
      Motor penggerak dalam ibadah pelayanan adalah kasih Allah. Kasih itu kekal, jika motor penggerak adalah kasih, maka pelayanan kekal sampai selamanya.

    Jadi, membangun dasar adalah hidup benar dan suci (memegang pedang firman) dan melayani sesuai jabatan pelayanan (memegang jubah), serta didorong oleh kasih Allah. Maka hasilnya adalah tangan anugerah Tuhan yang besar ada di tengah-tengah sidang jemaat untuk membuat semua berhasil dan indah pada waktunya, semua rapi dan indah.

    2 Tawarikh 26:16-19
    26:16 Setelah ia menjadi kuat, ia menjadi tinggi hati sehingga ia melakukan hal yang merusak. Ia berubah setia kepada TUHAN, Allahnya, dan memasuki bait TUHAN untuk membakar ukupan di atas mezbah pembakaran ukupan.
    26:17 Tetapi imam Azarya mengikutinya dari belakang bersama-sama delapan puluh imam TUHAN, orang-orang yang tegas;
    26:18 mereka berdiri di depan raja Uzia dan berkata kepadanya: "Hai, Uzia, engkau tidak berhak membakar ukupan kepada TUHAN, hanyalah imam-imam keturunan Harun yang telah dikuduskan yang berhak membakar ukupan! Keluarlah dari tempat kudus ini, karena engkau telah berubah setia! Engkau tidak akan memperoleh kehormatan dari TUHAN Allah karena hal ini."
    26:19 Tetapi Uzia, dengan bokor ukupan di tangannya untuk dibakar menjadi marah. Sementara amarahnya meluap terhadap para imam, timbullah penyakit kusta pada dahinya di hadapan para imam di rumah TUHAN, dekat mezbah pembakaran ukupan.

    Sebaliknya, jika pelayanan tanpa kesucian, tanpa jabatan, tanpa kasih, maka tangan setan yang ada disitu.
    Kusta artinya:
    • Dosa kejahatan, keinginan akan uang. Contoh: Gehazi.
    • Dosa kenajisan (dosa makan minum kawin mengawinkan).
    • Kebenaran diri sendiri, yaitu tidak mau mengaku dosa malah menyalahkan orang lain sampai menyalahkan Tuhan. Kebenaran diri sendiri adalah kebenaran di luar firman, atau menutupi dosa dengan cara pura-pura berbuat baik.

  2. Membangun tembok.
    Ada 2 keadaan tembok:
    • Temboknya besar lagi tinggi, artinya suatu keagungan, tidak roboh.
      Wahyu 21:12
      21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.

      Amsal 24:30-31
      24:30 Aku melalui ladang seorang pemalas dan kebun anggur orang yang tidak berakal budi.
      24:31 Lihatlah, semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan jeruju, dan temboknya sudah roboh.

      Tembok roboh artinya tidak setia, malas dan jahat.

      Membangun tembok Yerusalem Baru yang besar dan tinggi artinya kta harus menjadi hamba Tuhan yang setia dan bijaksana, taat dengar-dengaran, suci, dan saling mengasihi.

      1 Petrus 1:22
      1:22 Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

    • Temboknya terbuat dari permata yaspis.
      Wahyu 21:18
      21:18 Tembok itu terbuat dari permata yaspis; dan kota itu sendiri dari emas tulen, bagaikan kaca murni.

      Permata yaspis artinya kerinduan yang menyala-nyala. Artinya kita menjadi hamba Tuhan/ pelayan Tuhan yang setia dan berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan, sama dengan hamba Tuhan/ pelayan Tuhan yang bagaikan nyala api.

      Ibrani 1:7
      1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."

      Wahyu 1:14
      1:14 Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.

      Mata Tuhan bagaikan nyala api.

      Jadi, hamba Tuhan/ pelayan Tuhan yang beribadah melayani Tuhan dengan setia dan berkobar-kobar adalah bagaikan biji mata Tuhan sendiri.

      Mazmur 17:8
      17:8 Peliharalah aku seperti biji mata, sembunyikanlah aku dalam naungan sayap-Mu

      Hasilnya adalah tangan anugerah Tuhan yang besar selalu melindungi dan memelihara kita di zaman yang sudah sulit, sampai zaman antikris berkuasa di bumi. Kita disingkirkan ke padang gurun, kita dipelihara secara langsung oleh Tuhan dengan firman pengajaran dan perjamuan suci, jauh dari mata antikris.

  3. Ukuran tembok Yerusalem Baru.
    Wahyu 21:17
    21:17 Lalu ia mengukur temboknya: seratus empat puluh empat hasta, menurut ukuran manusia, yang adalah juga ukuran malaikat.

    Kejadian 15:13
    15:13 Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya.

    Masa perbudakan 400 tahun = 400x360 hari = 144.000 hari. Yang mendapat meterai Allah di dahi adalah 144.000 orang.
    Jadi, tiap 1 hari 1 orang dilepaskan. Artinya setiap hari kita harus mengalami penebusan oleh darah Yesus, mengalami salib Yesus.

    144.000 terdiri dari angka 144 dan 1000.
    Angka 144 adalah angka sengsara/ salib.
    Angka 1000 menunjuk pada Kerajaan 1000 tahun damai.
    Artinya jika kita mau menjadi mempelai wanita Sorga yang masuk Kerajaan 1000 tahun damai sampai Yerusalem Baru, maka kita harus mengalami penderitaan daging setiap hari. Mengapa demikian?

    1 Petrus 4:12-14
    4:12 Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.
    4:13 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.
    4:14 Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

    Sebab di balik salib ada Roh Kemuliaan. Kita diubahkan menjadi kuat teguh hati, tidak kecewa, tidak putus asa apa pun yang dihadapi. Kita tetap setia dan berkobar-kobar, mengagungkan Tuhan, hanya berharap Tuhan, tetap menyembah Tuhan, berseru berserah kepada Tuhan. Maka Roh Kudus akan dicurahkan di tengah kita.

    Kisah Rasul 10:45
    10:45 Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga,

    Hasilnya adalah:
    • Roh Kudus sanggup memberi jalan keluar dari segala masalah. Semua menjadi enak dan ringan, ada damai sejahtera, masa depan berhasil dan indah. Kita terpelihara sampai hidup kekal selamanya. Kita dipakai dalam kegerakan Roh Kudus hujan akhir.

      Keluaran 14:18,21
      14:18 Maka orang Mesir akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, apabila Aku memperlihatkan kemuliaan-Ku terhadap Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda."
      14:21 Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu.

    • Roh Kudus sanggup mengubahkan suasana kutukan menjadi suasana Sorga.
      Keluaran 15:22-23
      15:22 Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air.
      15:23 Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat meminum air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara.

    • Roh Kudus sanggup memulihkan nikah dan buah nikah yang sudah hancur/ busuk.
      Yohanes 11:39-40
      11:39 Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati."
      11:40 Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?"

      Lazarus yang sudah busuk dibangkitkan kembali. Kebusukan nikah dan buah nikah akan Tuhan pulihkan. Sampai saat Tuhan datang kedua kali kita diubahkan sampai sempurna seperti Dia, untuk masuk Yerusalem Baru.



Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 24 November 2018 (Sabtu Sore)
    ... membuat rugi rohani membuat kering rohani sampai mati rohani dan mengalami penghukuman sampai kematian kedua di neraka. Semakin kita bergosip rohani kita akan semakin kering. Tanda kematian rohani adalah non aktif dalam perkara rohani kalau kita bicara yang rohani dia marah. Bahaya Dia akan mengalami penghukuman Tuhan sampai kematian kedua ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 14 November 2020 (Sabtu Sore)
    ... maut. Jadi keselamatan atau hidup kekal bukan urusan nanti tetapi urusan kita sekarang di dunia. Di sini juga terjadi pemisahan antara orang kaya dan Lazarus yang miskin sama dengan pemisahan antara neraka dan sorga yang ditentukan oleh sikap kita terhadap makanan rohani firman Allah yang benar saat ini--'ingin menghilangkan laparnya dengan apa ...
  • Ibadah Raya Malang, 27 Januari 2013 (Minggu Pagi)
    ... membual dan menyombongkan diri mereka akan menjadi pemfitnah mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih tidak mempedulikan agama tidak tahu mengasihi tidak mau berdamai suka menjelekkan orang tidak dapat mengekang diri garang tidak suka yang baik suka mengkhianat tidak berpikir panjang berlagak tahu lebih menuruti hawa ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 31 Oktober 2010 (Minggu Sore)
    ... mulia Yaitu lewat PEMBAHARUAN. Serusak apapun hidup dan nikah kita masih ada pembaharuan yang bisa kita alami. macam PEMBAHARUAN pembaharuan lewat baptisan air halaman tabernakel . Roma . Sekali-kali tidak Bukankah kita telah mati bagi dosa bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya . Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 05 Februari 2019 (Selasa Sore)
    ... Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka Penyebab batu sandungan adalah hati yang keras. Juga mata kaki dan tangan yang berasal dari hati yang keras. Jadi batu sandungan terbesar berasal dari diri sendiri. Mata yang menjadi batu sandungan didorong oleh hati yang najis dan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 20 Maret 2010 (Sabtu Sore)
    ... yang kekal. Yesus mengutus dua orang muridnya untuk mempersiapkan paskah di kota artinya Tuhan menyuruh dua utusan untuk mempersiapkan kelepasan pada Yerusalem Baru yaitu Firman Allah dan Roh Kudus. Mazmur Yohanes Firman Allah dan Roh Kudus bagaikan dua tangan Tuhan yang menuntun kehidupan kita untuk bisa sampai ke Yerusalem Baru. Untuk bisa sampai ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 25 Juni 2016 (Sabtu Sore)
    ... nikah tidak gugur di tengah jalan tetapi tetap bisa mengikut Yesus sampai berbuah tetap buah kesempurnaan mempelai wanita Tuhan untuk bisa masuk perjamuan kawin Anak Domba saat Yesus datang kedua kali di awan-awan permai. Wahyu Lalu ia berkata kepadaku Tuliskanlah Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba. Katanya lagi ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 06 Agustus 2014 (Rabu Sore)
    ... malah diterkam serigala. Ruang Maha Suci. Ini menunjuk pada kasih yang sempurna. Malam ini kita hanya membahas tentang KASIH MULA-MULA. Pertanyaan bagi kita apakah kita masih memiliki kasih mula-mula atau sudah seperti jemaat Efesus yang kehilangan kasih mula-mula. Kalau kehilangan kasih mula-mula Tuhan akan mencela kita seperti Tuhan mencela jemaat Efesus. Praktik memiliki kasih ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 01 April 2017 (Sabtu Sore)
    ... Rabi lihatlah pohon ara yang Kaukutuk itu sudah kering. Kehidupan Kristen yang kering bagaikan pohon ara yang kering sampai ke akar-akarnya. Manusia yang kering sampai ke akar-akarnya artinya hatinya kering dan seluruh hidupnya kering. Manusia yang kering sampai ke akar-akarnya bisa dideteksi dari lidahnya yang kering. Yakobus - Demikian juga ...
  • Ibadah Kunjungan di Jakarta II, 24 November 2010 (Rabu Pagi)
    ... akan binasa bersama dunia. Malam tidak ada lagi tidak boleh tidur rohani. Matius - Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru Mempelai datang Songsonglah dia Gadis-gadis itupun bangun semuanya lalu membereskan pelita mereka. Satu-satunya yang dibutuhkan untuk membangunkan gereja Tuhan yang sedang tidur di akhir jaman adalah KABAR MEMPELAI. Pemberitaan firman Tuhan yang ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.