Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Markus 5: 25-29, 33
5:25 Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan.
5:26
Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk.
5:27 Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya.
5:28 Sebab katanya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh."
5:29 Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya.
5:33
Perempuan itu, yang menjadi takut dan gemetar ketika mengetahui apa yang telah terjadi atas dirinya, tampil dan tersungkur di depan Yesus dan dengan tulus memberitahukan segala sesuatu kepada-Nya.

Kita belajar tentang perempuan yang pendarahan 12 tahun--perempuan menunjuk pada gereja TUHAN.
Jadi, ini merupakan gambaran keadaan gereja TUHANdiakhir jaman, yaitu mengalami pendarahan.
Artinya:

  1. Perpecahan-perpecahan, mulai dari dalam nikah dan buah nikah, juga di dalam penggembalaan, semua pecah.
    Anga 12 menunjuk pada persekutuan--ini juga goyah sekarang.

  2. Penderitaan.
  3. Ketidakberdayaan dan air mata; lemah secara jasmani dan rohani; ibadah pelayanan sudah loyo. Ini sungguh-sungguh menimpa gereja TUHAN.
  4. Kebusukan= dosa-dosa sampai puncaknya dosa (dosa makan-minum dan kawin-mengawinkan).
  5. Kanker rahim= kemustahilan-kemustahilan, sehingga membuat kecewa, putus asa, bahkan tinggalkan TUHAN.
    Lebih dari itu adalah kanker mulut.

    2 Timotius 2: 16-18
    2:16 Tetapi hindarilah omongan yang kosong dan yang tak suciyang hanya menambah kefasikan.
    2:17
    Perkataan mereka menjalar seperti penyakit kanker.Di antara mereka termasuk Himeneus dan Filetus,
    2:18 yang telah menyimpang dari kebenaran dengan mengajarkan bahwa kebangkitan kita telah berlangsung dan dengan demikian
    merusak imansebagian orang.

    Kanker mulut artinya

    1. Perkataan sia-sia--gosip-gosip yang tidak baik.
    2. Perkataan yang menentang salib (tidak mau sengsara).

    Ini adalah perkataan yang melemahkan iman sampai mematikan kerohanian.

Inilah keadaan gereja TUHAN. Jika dibiarkan, gereja TUHAN akan menuju pada kebinasaan. Dalam perpecahan, penderitaan, tidak berdaya/lemah secara jasmani dan rohani, banyak air mata, busuk--dosa-dosa sampai puncaknya dosa--, kanker rahim--kemustahilan, putus asa, kecewa--, sampai kanker mulut, sehingga tidak bisa sempurna dan hanya menuju kebinasaan.
Markus 5: 26
5:26 Ia telah berulang-ulang diobati oleh
berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk.

Kesalahanyang sering terjadi, pada saat menghadapi pendarahan--kesulitan jasmani dan rohani--adalah kita memakai kekuatan sendiri, bergantung pada orang lain, dan tidak pernah mengandalkan TUHAN.
Akibatnya, menjadi semakin buruk.
Tanpa TUHAN, semua akan semakin memburuk!

Malam ini, mungkin keadaan kita semakin memburuk atau semakin sulit atau semakin tenggelam atau apapun yang negatif, itu semua seizin TUHAN--jangan putus asa!
Artinya: kita sedang ditunggu oleh TUHANuntuk:

  1. Markus 5: 27
    5:27 Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya.

    Yang pertama: 'Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus'= kita sedang ditunggu TUHAN untukmendengar firman dan dengar-dengaran pada firman, sehingga firman Allah menjadi iman di dalam hati--kita hidup dalam kebenaran; membuang dosa-dosa.

    Iman = hati percaya, dan mulut mengaku--mengakui dosa-dosa dan jika diampuni jangan berbuat dosa lagi; hidup dalam kebenaran. Ini yang penting, sebab dosa ini yang menghalangi kita.

  2. Yang kedua: 'menjamah jubah-Nya'= kita sedang ditunggu TUHAN untuk tersungkurdi bawah kaki TUHAN dan menjamah ujung jubah-Nya.

    Malam ini, yang pertama: periksa diri dulu apa yang jadi kekurangan kita. Minta ampun dan jangan berbuat lagi--hidup dalam kebenaran.
    Yang kedua: tersungkur di bawah kaki TUHAN dan menjamah ujung jubah-Nya.
    Artinya:

    1. Hanya mengandalkan TUHAN; tidak mengandalkan yang lain.
    2. Hanya berharap pada belas kasih dan kuasa TUHAN.
      Bukan tidak boleh minum obat. Boleh, tetapi itu semua hanya sarana, kita tetap mengandalkan TUHAN.
    3. Ketekunan dalam berdoa--perempuan ini ada di tengah orang banyak, mau menjamah saja sudah sulit, apalagi menjamah ujung jubah, pasti dia banyak terdesak, tetapi ia kembali lagi.
      Sudah berapa lama kita dalam pergumulan suatu masalah--perpecahan, air mata, kanker, kebusukan--, siapa tahu malam ini waktunya TUHAN untuk menjamah.

      Kalau masih belum mendapat pertolongan dan bahkan tambah buruk, tetap teruskan untuk bertekun dalam berdoa--ketekunan iman--dan jangan mundur; satu waktu TUHAN pasti berbelas kasih kepada kita.

      TUHAN akan mengulurkan tangan belas kasih dan kemurahan-Nya kepada kita. Yang semakin buruk akan menjadi semakin baik, semakin indah, sampai satu waktu menjadi gereja TUHAN yang sempurna untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali.

Inilah dasar doa malam kita.
Apa yang sudah terjadi hari-hari ini pada kita dan gereja TUHAN? Apa yang semakin memburuk, susah dan lina-lain? Mari, datang kepada TUHAN.

Kita sudah dengar firman, setelah itu periksa diri; yang tidak benar, akui, sampai kita bisa hidup dalam kebenaran--kita sudah tidak ada jarak lagi dengan TUHAN.
Kemudian, kita berusaha menjamah ujung jubah TUHAN--berusaha mengandalkan TUHAN, hanya berharap belas kasih dan kuasa TUHAN, dan tekun dalam berdoa menyembah TUHAN. Jangan putus asa dan jemu-jemu! Terus tekun dalam berdoa menyembah TUHAN sampai satu waktu Dia akan mengulurkan tangan belas kasih dan kuasa-Nya, untuk menjadikan yang semakin buruk menjadi baik, bahkan semakin baik dan indah, sampai sempurna seperti Dia. Kita layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai.

Mungkin sudah putus asa, mari kembali pada TUHAN. Dia tolong kita semua. Mungkin kita tidak ada damai sekarang, yang ada hanya takut, marah, sedih dan lain-lain, serahkan semua kepada TUHAN.

TUHAN memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Natal Malang, 25 Desember 2009 (Jumat Sore)
    ... sudah berbuat dosa telanjang dan hidup dalam kegelapan. Jalan keluar supaya bisa hidup dalam terang ialah NATAL yaitu Yesus datang ke dunia dan lahir menjadi manusia yang tidak berdosa Yesus lahir menjadi terang Yesaya - . Yohanes Yesus tampil menjadi TERANG DUNIA sehingga manusia dalam kegelapan bisa hidup dalam terang. Tema ibadah Natal ...
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Malang II, 19 Februari 2009 (Kamis Tengah Malam)
    ... bertobat dimulai dari penglihatan sampai pandangan hidup kita. Mata ini bukan permainan kalau suka main mata akan jatuh dalam dosa. Yohanes . Mata yang diolesi darah akan memandang ladang Tuhan atau pekerjaan Tuhan. Ada pekerjaan di ladang Tuhan yaitu Menabur -- gt pekerjaan keselamatan atau penginjilan. Menuai -- gt pekerjaan kesempurnaan atau pengajaran. Yohanes ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 07 November 2010 (Minggu Sore)
    ... benar seperti carang melekat pada Pokok Anggur yang benar. gembala dan domba-domba HARUS berada di kandang penggembalaan. Kandang penggembalaan ruangan suci dengan macam alat pelita emas https www. gptkk. org tabernakel pelita emas. html ketekunan dalam ibadah raya meja roti sajian https www. gptkk. org tabernakel meja roti sajian. html ketekunan dalam ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 10 September 2012 (Senin Sore)
    ... itu mereka memeterai kubur itu dan menjaganya. imam-imam kepala dan orang-orang Farisi memeterai kubur Yesus dan menjaga kubur Yesus dengan penjaga-penjaga sehingga secara manusia tidak mugnkin melihat kebangkitan Yesus. Jadi percikan darah menyucikan PIKIRAN kita terhadap sesuatu yang mustahil supaya kita yakin bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah. Kita sudah mendengarkan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 02 Mei 2015 (Sabtu Sore)
    ... kamu kuatir akan hari besok karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. Kekuatiran menghadapi kegoncangan-kegoncangan. Lukas Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Kekuatiran mengakibatkan kematian secara tubuh dan merupakan pembunuh utama ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 07 September 2009 (Senin Sore)
    ... Markus - Caranya adalah menjadi anak kecil secara rohani kehidupan yang mengalami kelahiran baru. Ini yang bisa masuk dalam kerajaan Surga dan tidak keluar lagi empunya kerajaan Surga . macam kelahiran kelahiran secara jasmani dari ibu kandung kita masing-masing. Korintus Kelahiran dari orang tua menghasilkan kehidupan manusia darah daging yang ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 12 November 2009 (Kamis Sore)
    ... tidak pelayanan hebat tidak tetapi pelayanan benar tidak. Kita harus berjaga-jaga supaya kita melayani dengan benar. Ad. . Keluaran tahbisan yang benar ditandai macam korban Korban lembu jantan -- gt korban pendamaian. Korintus - semua manusia adalah hamba dosa untuk bisa menjadi hamba Tuhan kita harus menerima korban pendamaian. Proses ...
  • Ibadah Doa Malam Session II Malang, 09 Juli 2014 (Rabu Dini Hari)
    ... Pembaptis -- gt tiang V. Matius - Setelah murid-murid Yohanes pergi mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak itu tentang Yohanes Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun Melihat buluh yang digoyangkan angin kian ke mari Atau untuk apakah kamu pergi Melihat orang yang berpakaian halus Orang yang berpakaian halus itu ...
  • Ibadah Doa Malang, 13 Januari 2009 (Selasa Sore)
    ... kemuliaan dalam dua sayap burung nazar yang besar. Wahyu . Kegunaan dua sayap burung nazar yang besar adalah untuk menyingkirkan gereja Tuhan ke padang gurung selama tahun jauh dari mata ular antikris . Puncak badai adalah antikris. Kalau kita bisa ditolong dari puncaknya badai maka berarti kuasa kemuliaan dalam dua sayap ...
  • Ibadah Raya Malang, 11 Juni 2017 (Minggu Pagi)
    ... Raja-raja Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai. Kuda dalam arti positif menunjuk pada kuasa Roh Kudus. Jadi kegerakan kuda putih adalah kegerakan Roh Kudus hujan akhir sama dengan kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.