Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 15:2-4
15:2. Dan aku melihat sesuatu bagaikan lautan kaca bercampur api, dan di tepi lautan kaca itu berdiri orang-orang yang telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya. Pada mereka ada kecapi Allah.
15:3. Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!
15:4. Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu? Sebab Engkau saja yang kudus; karena semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau, sebab telah nyata kebenaran segala penghakiman-Mu."


Perikop: nyanyian mereka yang menang.

Ayat 2-4 = isi dari dua nyanyian kemenangan di tepi lautan kaca:
  1. Ayat 3 = kekaguman akan kebesaran dan keagungan Tuhan yang sudah berlaku atas kehidupan kita.
  2. Ayat 4 = rasa takut dan hormat akan Tuhan yang layak disembah, dan akan kebenaran penghakiman-Nya.

Kita bicara soal baptisan air.
Matius 11:10-15
11:10.Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.
11:11.Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.
11:12.Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.
11:13.Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes
11:14.dan--jika kamu mau menerimanya--ialah Elia yang akan datang itu.
11:15.Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

Siapa Yohanes Pembaptis?
  1. Orang yang dipenggal kepalanya, mati syahid.
    Wahyu 6:9-11

    6:9.Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki.
    6:10.Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?"
    6:11.Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.

  2. Orang yang terbesar di antara manusia, dan telah diutus oleh Allah untuk mempersiapkan jalan bagi Yesus.

  3. Nabi terakhir dalam kitab nabi-nabi dan hukum Taurat. Sesudah itu Yesus yang tampil.

Markus 1:1-5,8
1:1.Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.
1:2.Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu;
1:3.ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya",
1:4.demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlahdan berilah dirimu dibaptisdan Allah akan mengampuni dosamu."
1:5.Lalu datanglah kepadanyaorang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanyamereka dibaptis di sungai Yordan.
1:8.Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus."

'datanglah kepadanya' = percaya.
Nabi Yohanes sudah mempersiapkan jalan bagi Tuhan, sama dengan meletakkan empat dasar yang teguh bagi gereja Tuhan, yaitu:
  1. Iman kepada Yesus sebagai satu-satunya Juru Selamat.

  2. Bertobat, mati terhadap dosa.

  3. Baptisan air yang benar, yaitu orang yang sudah percaya Yesus dan bertobat, mati terhadap dosa, harus dikuburkan dalam air bersama Yesus dan bangkit keluar dari dalam air bersama Yesus, sehingga mendapatkan hidup baru/ hidup sorgawi,  yaitu hidup dalam urapan Roh Kudus.

    1 Petrus 3:20-21
    3:20.yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.
    3:21.Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan--maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baikkepada Allah--oleh kebangkitan Yesus Kristus,

    Hidup dalam urapan Roh Kudus = memiliki hati yang taat dengar-dengaran. Ini adalah jalan lurus, jalan keselamatan, hidup dalam kebenaran.

    Jadi, baptisan air yang benar menyelamatkan orang berdosa.

  4. Baptisan Roh Kudus.


Waspada! Banyak gereja Tuhan sudah meninggalkan empat dasar yang teguh.
Contoh: iman bukan dari mendengar lagi tetapi dari melihat.
Akibatnya adalah hatinya tidak taat, sehingga menjadi manusia ular. Hatinya tidak rata lagi, tetapi berkelok-kelok sampai pada kebinasaan.

Efesus 5:25-27
5:25.Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
5:26.untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,
5:27.supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Sesudah ditenggelamkan dalam baptisan air, kita harus ditenggelamkan dalam air hujan firman pengajaran yang benar, terutama dalam ibadah pendalaman Alkitab.

Jadi, baptisan air yang benar menyucikan dan menyempurnakan kita. Kita menjadi mempelai wanita Sorga yang bisa berdiri di tepi lautan kaca bercampur api untuk menyanyikan nyanyian kemenangan.

Matius 11:15-17
11:15.Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!
11:16.Dengan apakah akan Kuumpamakan angkatan ini? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasardan berseru kepada teman-temannya:
11:17.Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung.

'pasar '= dunia sekarang ini adalah tempat kita menjual hidup lama dan membeli hidup baru lewat baptisan air yang benar.
Kalau tetap hidup lama, pasar dunia akan menjadi tempat jual belinya antikris.

Wahyu 15:3
15:3.Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!

Ada dua macam nyanyian di baptisan air yang sama dengan nyanyian di tepi lautan kaca:
  1. Meniup seruling = berita Injil/ Kabar Baik yang memberitakan tentang kedatangan Yesus pertama kali ke dunia untuk mati di kayu salib dan menyelamatkan manusia berdosa.
    Ini sama dengan nyanyian Anak Domba.

    Tetapi Yesus justru difitnah oleh bangsa Israel, sehingga terbuka kesempatan bagi bangsa kafir untuk menerima nyanyian Anak Domba, supaya bisa diselamatkan dan hidup benar.

    Matius 11: 19
    11:19.Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

  2. Kidung duka = nyanyian Musa yang bersuasana Taurat.
    Seharusnya nyanyian Musa sudah membuat bangsa Israel takut akan Tuhan.

    Wahyu 15:4
    15:4.Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu? Sebab Engkau saja yang kudus; karena semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau, sebab telah nyata kebenaran segala penghakiman-Mu."

    Tetapi bangsa Israel justru melawan Tuhan, sehingga terbuka kesempatan bagi bangsa kafir untuk takut akan Tuhan.

    Yesaya 11:1-3
    11:1.Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.
    11:2.Roh TUHAN(1)akan ada padanya, roh hikmat(2)dan pengertian(3), roh nasihat(4)dan keperkasaan(5), roh pengenalan(6)dan takut akan TUHAN(7);
    11:3.ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

    Takut akan Tuhan sama dengan diisi oleh Roh Kudus dengan tujuh manifestasinya.

    Praktik takut akan Tuhan adalah:
    1. Membenci dosa sampai membenci dusta, hidup suci.
      Amsal 8:13
      8:13.Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

    2. Setia dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.
      Yosua 24:14
      24:14.Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN dan beribadahlah kepada-Nyadengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada TUHAN.


Kegunaan Roh Kudus bagi bangsa kafir adalah:
  1. Roh Kudus menyucikan bangsa kafir sampai berbau harum di hadapan Tuhan.
    Roma 15:16
    15:16.yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

    Dari perbuatan bau menjadi perbuatan benar dan baik.
    Dari perkataan bau menjadi perkataan benar dan baik.
    Kita dibakar oleh Roh Kudus sampai bisa membalas kejahatan dengan kebaikan. Semua akan menjadi baik, yang hancur menjadi baik.

    2 Korintus 2:14
    2:14.Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharumanpengenalan akan Dia di mana-mana.

    Kalau sudah berbau harum, kita akan berada di jalan kemenangan. Kita menang atas setan tritunggal sehingga kita bisa hidup suci, semua masalah yang mustahil diselesaikan, air mata dihapuskan, dan kita membawa keharuman Kristus ke mana-mana. Kita menjadi saksi Tuhan untuk membawa jiwa-jiwa datang kepada Tuhan.

  2. Roh Kudus memberikan karunia-karunia-Nya, sehingga kita dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
    Efesus 4:7,11-12
    4:7.Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karuniamenurut ukuran pemberian Kristus.
    4:11. Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
    4:12. untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

    Jika Yesus datang kembali, kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita diubahkan mulai dari kuat teguh hati. Kita tidak mundur setapak pun tetapi tetap mengandalkan Yesus. Kita menyanyikan nyanyian kemenangan di awan-awan yang permai dan lautan kaca bercampur api, sampai duduk bersanding dengan Tuhan di takhta Sorga.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Surabaya, 19 November 2012 (Senin Sore)
    ... satuny bentuk kasih Allah adalah memberikan AnakNya yang tunggal kepada kita dengan cuma-cuma Yohanes . Cara memelihara kasih Allah Ibrani - . Peliharalah kasih persaudaraan . Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat. . Ingatlah akan orang-orang hukuman karena ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 10 Mei 2012 (Kamis Sore)
    ... Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau. Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah melainkan apa yang dipikirkan manusia. Petrus memakai pikiran daging pikiran manusia sehingga menolak salib sehingga menjadi sama dengan iblis. Akibatnya adalah menjadi ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 07 November 2012 (Rabu Sore)
    ... tanda kebangkitan gamis baju efod berwarna biru laut ungu tua. Ini disebut juga pakaian pengampunan. Pakaian dalam tanda kemuliaan kemeja beragi serban patam. Baju efod kelompok I dan gamis baju efod kelompok II sudah dipelajari dalam ibadah sebelumnya. Malam ini kita mempelajari tentang kelompok ke tiga yaitu kemeja beragi. Kemeja beragi pakaian ...
  • Ibadah Doa Malang, 29 Mei 2012 (Selasa Sore)
    ... menolak percikan darah sengsara bersama Yesus sehingga menjual Yesus dengan keping perak. Keluaran Tetapi jika lembu itu menanduk seorang budak laki-laki atau perempuan maka pemiliknya harus membayar tiga puluh syikal perak kepada tuan budak itu dan lembu itu harus dilempari mati dengan batu. Tiga puluh keping perak adalah harga lembu ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 07 Februari 2015 (Sabtu Sore)
    ... babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas. Seperti penjaga babi. Lukas Setelah penjaga-penjaga babi itu melihat apa yang telah terjadi mereka lari lalu menceritakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya. Kita mempelajari yang kedua seperti babi-babi. Babi mempunyai tabiat kembali ke kubangan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 24 Juli 2011 (Minggu Sore)
    ... dunia yang menenggelamkan dan membinasakan. daging dipanggang dengan api diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya Juli . 'Api' penyucian. Jadi makan perjamuan harus dengan penyucian. daging harus dimakan artinya Firman sudah harus mendarah daging diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya Juli . 'pinggangmu berikat' pinggang berikat berikat pinggang kebenaran Firman diterangkan pada Ibadah Pendalaman ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 27 Februari 2014 (Kamis Sore)
    ... kehendak Tuhan sama dengan taat dengar-dengaran pada kehendak Tuhan sehingga kita bisa menantikan dan menyambut kedatangan Tuhan kedua kali di awan-awan yang permai sesudah itu kita masuk Firdaus kerajaan tahun damai sesudah itu kita masuk Kerajaan Surga yang kekal. Matius - Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku Tuhan Tuhan akan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 08 Februari 2017 (Rabu Sore)
    ... melihat Kerajaan Allah. . Kata Nikodemus kepada-Nya Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan kalau ia sudah tua Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi . Jawab Yesus Aku berkata kepadamu sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 'tidak dilahirkan ...
  • Ibadah Raya Malang, 06 Januari 2013 (Minggu Pagi)
    ... akan ada lagi ketakutan. Yohanes - Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman karena sama seperti Dia kita juga ada di dalam dunia ini. Di dalam kasih tidak ada ketakutan kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan sebab ketakutan mengandung hukuman ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 03 Desember 2017 (Minggu Siang)
    ... Injil yang kami beritakan masih tertutup juga maka ia tertutup untuk mereka yang akan binasa . yaitu orang-orang yang tidak percaya yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran Allah. . Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.