Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Pembicara: Pdp. Yakub

Keluaran 2:6
2:6 Ketika dibukanya, dilihatnya bayi itu, dan tampaklah anak itu menangis, sehingga belas kasihanlahia kepadanya dan berkata: "Tentulah ini bayi orang Ibrani."

Ini menunjuk pada belas kasihan yang pernah dialami oleh bayi Musa. Musa tidak berdaya, tidak mengalami kekuatan, tetapi mengalami belas kasihan Tuhan. Demikian juga gereja Tuhan di akhir zaman juga bisa mengalami belas kasihan Tuhan.

Dalam Perjanjian Baru, ada 3 belas kasihan Tuhan:
  1. Lukas 7 -->belas kasihan Tuhan pada anak muda yang mati di Nain.
  2. Markus 8 -->belas kasihan Tuhan lewat pemecahan roti.
  3. Markus 1 -->belas kasihan Tuhan pada orang kusta.

ad. 1. Belas kasihan Tuhan pada anak muda yang mati di Nain.
Lukas 7:11-13
7:11. Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong.
7:12 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu.
7:13 Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan,lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!"

Nain artinya:
  • padang rumput, menunjuk pada tempat penggembalaan
  • tempat yang menyenangkan.
Biarlah hari-hari ini kita menjadikan tempat penggembalaan sebagai tempat yang menyenangkan.

Di sini mereka akan meninggalkan Nain. Begitu anak Tuhan meninggalkan penggembalaan, arahnya pasti akan jelas menuju kebinasaan.

Orang yang tergembala adalah bagaikan ranting melekat pada pokok.
Meninggalkan penggembalaan = ranting terlepas dari pokok. Ranting ini tidak akan langsung kering, tetapi suatu saat pasti akan menjadi kering dan hanya untuk masuk kebinasaan.

Mengapa penting untuk tergembala?
  1. Sebab di luar penggembalaan yang ada hanya tetesan air mata.
  2. Sebab kita sedang menghadapi musuh, dan musuh dalam penggembalaan adalah singa.
    Amos 3:12
    3:12 Beginilah firman TUHAN: "Seperti seorang gembala melepaskan dari mulut singa dua tulang betis atau potongan telinga, demikianlah orang Israel yang diam di Samaria akan dilepaskan seperti sebagian dari katil dan seperti sepenggal dari kaki balai-balai."

    Kita semua sebagai domba hanya membutuhkan gembala, membutuhkan penggembalaan.
    Sekalipun orang kaya, hebat, tanpa penggembalaan pasti domba akan kalah melawan singa.

    Sasaran singa:
    • Pribadi kita masing-masing.
      Ulangan 33:20
      33:20 Tentang Gad ia berkata: "Terpujilah Dia yang memberi kelapangan kepada Gad. Seperti singa betina ia diam dan menerkam lengan, bahkan batu kepala.

      Batu kepala menunjuk pada pikiran-pikiran jahat dan najis. Saat kita tidak berpikir yang sesuai dengan firman, saat itu kita sedang diperhadapkan dengan singa.
      Tangan menunjuk pada perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai firman.
      Telinga jangan sampai untuk mendengarkan gosip-gosip, juga jangan sampai mendengar pengajaran yang tidak sesuai dengan yang sudah diterima. Kita harus tegas menolak pengajaran yang lain.

    • Nikah.
      Daniel 6:24-25
      6:24 Lalu sangat sukacitalah raja dan ia memberi perintah, supaya Daniel ditarik dari dalam gua itu. Maka ditariklah Daniel dari dalam gua itu, dan tidak terdapat luka apa-apa padanya, karena ia percaya kepada Allahnya.
      6:25 Raja memberi perintah, lalu diambillah orang-orang yang telah menuduh Daniel dan mereka dilemparkan ke dalam gua singa, baik mereka maupun anak-anak dan isteri-isteri mereka.Belum lagi mereka sampai ke dasar gua itu, singa-singa itu telah menerkam mereka, bahkan meremukkan tulang-tulang mereka.

      Rumah tangga itu mulai hancur diterkam singa kalau mulai ada saling menuduh. Saat satu sama lain dalam nikah saling menuduh, maka saat itulah peluang singa sedang bekerja. Kalau ada sesuatu yang tidak enak, lebih baik langsung bertanya.

      Daniel 6:21
      6:21 dan ketika ia sampai dekat gua itu, berserulah ia kepada Daniel dengan suara yang sayu. Berkatalah ia kepada Daniel: "Daniel, hamba Allah yang hidup, Allahmu yang kausembah dengan tekun,telah sanggupkah Ia melepaskan engkau dari singa-singa itu?"

      Hati-hati, jangan sampai menuduh orang yang tekun dalam penggembalaan.

    • Penggembalaan (kebun anggur)
      Hakim-hakim 14:5
      14:5 Lalu pergilah Simson beserta ayahnya dan ibunya ke Timna. Ketika mereka sampai ke kebun-kebun anggurdi Timna, maka seekor singa muda mendatangi Simson dengan mengaum.

      Wujud singa dalam penggembalaan adalah:
      1. Suara auman = suara pengajaran palsu.
        Hati-hati, setan ingin menghancurkan kehidupan anak Tuhan lewat 2 cara, yaitu lewat dosa dan lewat ajaran sesat. Kalau tidak bisa lewat dosa, maka akan lewat ajaran sesat.

      2. Bersungut-sungut dan iri hati.
        Matius 20:11,15
        20:11 Ketika mereka menerimanya, mereka bersungut-sungut kepada tuan itu,
        20:15 Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati?


    Bagaimana jalan keluar menghadapi singa?
    • Harus ada gembala = harus ada firman penggembalaan
    • Harus ada Roh Kudus
      Hakim-hakim 14:6
      14:6 Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHANatas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing--tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.

    Jadi untuk menghadapi singa, harus ada firman penggembalaan dalam urapan Roh Kudus.

    Hasil tekun tergembala (tekun dalam firman penggembalaan dalam urapan Roh Kudus):
    • [Hakim-hakim 14:6] Singa seperti anak kambing, artinya masalah-masalah yang berat bahkan mustahil akan diselesaikan oleh Tuhan.

    • Roh Kudus memberikan kebahagiaan (madu), terutama kebahagiaan dalam nikah.
      Hakim-hakim 14:7-9
      14:7 Maka pergilah ia ke sana, lalu bercakap-cakap dengan perempuan itu, sebab Simson suka kepadanya.
      14:8 Setelah beberapa waktu kembalilah ia ke sana untuk kawin dengan perempuan itu; dan ketika ia menyimpang dari jalan untuk melihat bangkai singa itu, tampaklah ada kawanan lebah pada kerangka singa itu dan juga madu.
      14:9 Dikeruknya madu itu ke dalam tangannya dan sambil memakannya ia berjalan terus, kemudian pergilah ia kepada ayahnya dan ibunya, dan memberikannya juga kepada mereka, lalu mereka memakannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada mereka, bahwa madu itu dikeruknya dari kerangka singa.

      Mungkin sudah busuk seperti bangkai, tetapi dalam bangkai itu masih ada madu selama masih ada Roh Kudus.

    • Segala tali yang mengikat (terutama yang terberat adalah tali dosa) akan dilepaskan oleh Tuhan.
      Hakim-hakim 15:14
      15:14 Setelah ia sampai ke Lehi dan orang-orang Filistin mendatangi dia dengan bersorak-sorak, maka berkuasalah Roh TUHAN atas dia dan tali-tali pada tangannya menjadi seperti batang rami yang telah habis dimakan api dan segala pengikatnya hancur tanggal dari tangannya.

    • Tuhan memberikan kuasa kemenangan.
      Hakim-hakim 15:15
      15:15 Kemudian ia menemui sebuah tulang rahang keledai yang masih baru, diulurkannya tangannya, dipungutnya dan dipukulnya mati seribuorang dengan tulang itu.

      Kemenangan yang terakhir ini ditandai oleh angka seribu, artinya sampai kemenangan masuk di Kerajaan 1000 tahun damai.

      Hakim-hakim 15:19
      15:19 Kemudian Allah membelah liang batu yang di Lehi itu, dan keluarlah air dari situ. Ia minum, lalu menjadi kuat dan segarkembali. Sebab itu dinamailah mata air itu Mata Air Penyeru, yang sampai sekarang masih ada di Lehi.

      Roh Kudus juga akan memberikan kesegaran/kepuasan dan kekuatan.

    • Roh Kudus membantu kita untuk mengerang, bergumul menaikkan doa-doa kepada Tuhan.
      Roma 8:26-27
      8:26. Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
      8:27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Surabaya, 08 Desember 2013 (Minggu Sore)
    ... Allah dan di hadapan-Nya. Firman Allah yang disampaikan tanpa pamrih tidak mencari keuntungan yang jasmani tapi malah ditandai dengan pengorbanan-pengorbanan. Sekarang darimana kita mendapatkan Firman Pengajaran yang mendarah daging yaitu lewat mendengar Firman dan perjamuan Suci ketekunan dalam ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan suci meja roti sajian. Dalam meja roti sajian ...
  • Ibadah Raya Malang, 16 Maret 2014 (Minggu Pagi)
    ... dian itu ada seorang serupa Anak Manusia berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas. ad. . Bisa mendengar dan melihat suara sangkakala yang nyaring. Apa arti suara sangkakala yang nyaring Lukas Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 25 September 2022 (Minggu Siang)
    ... bersundal lalu meninggalkan Tuhan--tidak kembali kepada Tuhan-- terpisah dengan Tuhan sampai terpisah selamanya dan binasa selamanya. Ini sama dengan tongkat yang kering mati dan binasa selamanya. Tetapi ada tongkat Harun yang bertunas berbunga dan berbuah oleh kuasa Roh Kudus. Ini yang harus kita manfaatkan. Roma - . Hal ini harus kamu lakukan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 13 September 2014 (Sabtu Sore)
    ... orang. Dapat disimpulkan bahwa baptisan air memiliki arti yang sangat besar dalam kehidupan kita terutama kehidupan rohani kehidupan kekal. Namun baptisan air sering dikecilkan dan hanya dianggap sebagai simbol kristiani. Mengapa baptisan air memiliki arti yang sangat penting Lewat baptisan air kita dapat melarikan diri dari murka Allah atau hukuman Allah ...
  • Ibadah Paskah Kaum Muda Remaja, 14 Mei 2011 (Sabtu Sore)
    ... TUHAN kepada Musa Firaun berkeras hati ia menolak membiarkan bangsa itu pergi. Pergilah kepada Firaun pada waktu pagi pada waktu biasanya ia keluar ke sungai nantikanlah dia di tepi sungai Nil dengan memegang di tanganmu tongkat yang tadinya berubah menjadi ular. Dan katakanlah kepadanya TUHAN Allah orang Ibrani telah mengutus ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 23 Juni 2011 (Kamis Sore)
    ... kepada Kristus. Tetapi aku takut kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. Sebab kamu sabar saja jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan atau memberikan kepada kamu roh yang lain ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 28 April 2014 (Senin Sore)
    ... rumput dan bunga rumput yang sudah banyak dihiasi dengan banyak keindahan-keindahan perkara jasmani misalnya kekayaan kepandaian kedudukan dan sebagainya tetapi jika tanpa kelahiran baru tanda pembaharuan tanda kematian dan kebangkitan maka kehidupan kita akan mudah gugur gugur dari iman mulai dengan layu tidak tahan menghadapi ujian dan pencobaan mudah kecewa ...
  • Ibadah Raya Malang, 21 Januari 2018 (Minggu Pagi)
    ... Maka menyusutlah langit bagaikan gulungan kitab yang digulung dan tergeserlah gunung-gunung dan pulau-pulau dari tempatnya. Gempa bumi rohani adalah pengaruh dunia dengan segala kesibukan kesukaan kesusahan juga kebencian kejahatan kenajisan dunia dll yang mengakibatkan kegoncangan rohani yaitu Hamba Tuhan pelayan Tuhan anak Tuhan bergeser dari iman dari pengajaran yang benar sehingga ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 04 Oktober 2017 (Rabu Sore)
    ... kali kita termasuk gembala-gembala biasa untuk tidak beribadah melayani Tuhan tidak setia dan tidak menyesal tidak merasa bersalah tidak merasa berbuat dosa kalau tidak beribadah melayani Tuhan. Ini kehidupan yang buta rohani lupa akan pengampunan dosa. Setelah itu sengaja tidak beribadah dan melayani Tuhan. Artinya Tidak beribadah dan melayani Tuhan dengan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 21 Oktober 2017 (Sabtu Sore)
    ... telah dibunuh di antara mezbah dan Rumah Allah. Bahkan Aku berkata kepadamu Semuanya itu akan dituntut dari angkatan ini. Ahli Taurat dan orang Farisi adalah keturunan pembunuh. Yang dibunuh mulai dari Habel sampai Zakharia. Yang membunuh Habel adalah Kain berarti Kain adalah keturunan pembunuh. Sebenarnya Kain merupakan keturunan Adam tetapi bisa menjadi ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.