Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Seorang hamba Tuhan harus memiliki:
  1. Tahbisan yang benar, sesuai firman pengajaran yang benar.
  2. Karakter yang baik.
  3. Potensi, yaitu karunia-karunia Roh Kudus, kemampuan ajaib dari Roh Kudus yang lebih dari apapun juga. 

ad. 1. Tahbisan yang benar.
KORBAN DOMBA JANTAN KEDUA.
Keluaran 29:21
29:21 Haruslah kauambil sedikit dari darah yang ada di atas mezbah dan dari minyak urapan itu dan kaupercikkanlah kepada Harun dan kepada pakaiannya, dan juga kepada anak-anaknya dan pada pakaian anak-anaknya; maka ia akan kudus, ia dan pakaiannya, dan juga anak-anaknya dan pakaian anak-anaknya.

Tentang darah dan minyak urapan yang dipercikkan pada pakaian Harun dan anak-anaknya, supaya mereka menjadi kudus/suci.
Pakaian ini menunjuk solah tingkah laku sehari-hari.
Darah dan minyak dipercikkan pada pakaian artinya supaya para imam/pelayan Tuhan memiliki kelakuan hidup sehari-hari yang suci.

Kalau kita sudah punya kelakuan hidup yang suci, maka seluruh urusan hidup kita adalah urusan Tuhan.

Wahyu 6:5-6
6:5 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6:6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Kuda hitam adalah penghukuman Tuhan atas dunia, yaitu akan terjadi kelaparan jasmani dan rohani.
Anggur = darah; minyak = urapan.
Jika imam-imam memiliki kelakuan hidup sehari-hari yang suci (mau dipercik darah dan minyak), maka akan ada pemeliharaan dan perlindungan Tuhan ('janganlah rusakkan minyak dan anggur'), mulai dari masa sekarang, di masa antikris, sampai hidup kekal.

Wahyu 20:5-6
20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.
20:6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

Sekalipun seorang imam yang punya kelakuan hidup suci ini diijinkan meninggal, ia akan dibangkitkan dan menjadi imam dan raja dalam Kerajaan 1000 tahun damai, sampai dalam Kerajaan Sorga yang kekal.

Keluaran 29:22-24 menunjuk pada PERSEMBAHAN UNJUKAN/KORBAN TIMANGAN.
Keluaran 29:22-24
29:22 Dari domba jantan itu haruslah kauambil lemaknya,ekornya yang berlemak, lemak yang menutupi isi perutnya, umbai hatinya, kedua buah pinggangnya, lemak yang melekat padanya, paha kanannya--sebab itulah domba jantan persembahan pentahbisan--
29:23 kauambillah juga satu keping roti, satu roti bundaryang berminyak dan satu roti tipisdari dalam bakul berisi roti yang tidak beragi,yang ada di hadapan TUHAN.
29:24 Haruslah kautaruh seluruhnya ke atas telapak tangan Harun dan ke atas telapak tangan anak-anaknya dan haruslah kaupersembahkan semuanya sebagai persembahan unjukan di hadapan TUHAN.

Yang dipersembahkan adalah:
  1. Lemak.
    Imamat 3:16-17
    3:16 Imam harus membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai santapan berupa korban api-apian menjadi bau yang menyenangkan. Segala lemak adalah kepunyaan TUHAN.
    3:17 Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu: janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah."

    Lemak adalah bagian yang terbaik dari binatang, yang dipersembahkan kepada Tuhan. Ini sama dengan milik Tuhan yang tidak bisa diganggu-gugat.
    Sekarang, lemak ini menunjuk pada perpuluhan dan persembahan khusus milik Tuhan.

    Kalau makan lemak yang dilarang Tuhan, itu sama dengan Hawa yang makan buah terlarang; akhirnya adalah dikutuk makan duri, hidupnya sengsara dan di luar tangan Tuhan.

  2. Bahu kanan (terjemahan lama).
    Bahu ini menunjuk pada tanggung jawab.
    Mempersembahkan bahu kanan artinya setia dan tanggung jawab dalam ibadah pelayanan,tidak gampang terhalang sampai tidak bisa terhalang. Halangan yang besar harus diserahkan pada Tuhan dan jadi halangan kecil. Halangan kecil harus diserahkan Tuhan dan ditiadakan.

    Meringankan ibadah pelayanan = merasakan beratnya hidup ini, letih lesu dan berbeban berat.
    Sebaliknya, kalau kita memberatkan/mengutamakan ibadah pelayaan, maka kita akan merasakan betapa enak dan ringannya hidup kita.

  3. Satu roti bundar tidak beragi, satu roti tipis tidak beragi.
    Roti tidak beragi adalah firman pengajaran yang benar.
    Tahbisan tidak bisa dipisahkan dari firman pengajaran yang benar. Firman pengajaran yang benar = kepala; kalau berbeda kepala, tidak mungkin tahbisannya sama.

    Bundar artinya firman pengajaran yang benar dipraktekkan dan menjadi kasih. Kalau tidak ada kasih, maka dalam rumah tangga pun akan sulit menyatu.
    Tipis artinya firman yang sudah dipraktekkan itu menjadi tabiat rendah hati. Rendah hati adalah kemampuan untuk mengaku dosa, dan jika diampuni jangan berbuat  dosa lagi. Rendah hati juga berarti menganggap yang lain lebih utama dari kita.
Kalau seorang imam bisa mempersembahkan 3 hal di atas, maka kita sedang ditimang oleh Tuhan, artinya:
  1. Kita sedang dipakai dalam kegerakan Roh Kudus hujan akhir, kegerakan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
  2. Kita sedang disayang oleh Tuhan.
    Yesaya 46:3-4
    46:3 "Dengarkanlah Aku, hai kaum keturunan Yakub, hai semua orang yang masih tinggal dari keturunan Israel, hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan, hai orang-orang yang Kujunjung sejak dari rahim.
    46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

    Hasilnya adalah:
    • Menanggung, artinya tangan kasih Tuhan bertanggung jawab untuk memelihara hidup kita.
    • Memikul, artinya tangan kasih Tuhan menanggung segala letih lesu dan beban berat hidup kita, sehingga kita enak dan ringan; dan tangan kasih Tuhan menyelesaikan segala masalah sampai yang mustahil sekalipun.
    • Menyelamatkan, artinya tangan kasih Tuhan menyelamatkan dan menyucikan kehidupan kita, sampai kita sempurna seperti Dia, menjadi mempelai wanita yang siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.

      Daniel 7:9
      7:9. Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;

      Sampai kita berada di tahta Tuhan, bertemu Tuhan dan bersama Tuhan selamanya.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malang, 09 Desember 2021 (Kamis Sore)
    ... percikan darah penyucian terakhir yang dibawa masuk ke dalam lumbung kerajaan Sorga. Penuaian anggur di bumi. Wahyu - . Dan seorang malaikat lain keluar dari Bait Suci yang di sorga juga padanya ada sebilah sabit tajam. . Dan seorang malaikat lain datang dari mezbah ia berkuasa atas api dan ia berseru ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 15 Mei 2010 (Sabtu Sore)
    ... mati di kayu salib diperas dagingnya sehingga menghasilkan minyak Roh El Kudus . Minyak Roh El Kudus ini dicurahkan kepada kita untuk menghadapi sengsara penderitaan yang akan datang. Jadi minyak Roh Kudus adalah hasil dari penyaliban Yesus di kayu salib. Jika kita menghargai salib korban Kristus kita akan menerima minyak urapan Roh Kudus. Praktik ...
  • Ibadah Doa Malang, 16 Agustus 2018 (Kamis Sore)
    ... menjawab doa kita. Doa permohonan kita akan dikabulkan oleh Tuhan. Jika tidak sesuai kehendak Tuhan tidak akan dikabulkan sebab akan mencelakakan hidup kita. Tetapi jangan puas hanya sampai doa permohonan. Jika hanya doa permohonan maka akan menjadi seperti Bartimeus yang minta-minta. Doa permohonan harus ditingkatkan. Doa syafaat. Sentralnya adalah kebutuhan orang ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 22 Februari 2022 (Selasa Sore)
    ... disukai mereka. Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi dan juga pada waktu sesudahnya ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala orang-orang yang kenamaan. Kelahiran manusia yang meraksasa dagingnya merupakan hasil dari persekutuan antara anak-anak ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 12 September 2011 (Senin Sore)
    ... Petrus mau mendahului berkorban diri sebelum Yesus mengorbankan DiriNya sudah dijelaskan pada Ibadah Raya Surabaya September . Malam ini kita masih membahas kesombongan Petrus yang kedua Petrus mau mendahului berkorban diri sebelum Yesus berkorban diri . Kita sudah pelajari Yesus mengorbankan DiriNya sebagai korban pendamaian sebagai wujud dari kasih Allah. Jadi kesombongan ...
  • Ibadah Raya Malang, 22 Juli 2012 (Minggu Pagi)
    ... - Yesus diolok-olokMatius - Yesus disalibkan. Matius - mujizat-mujizat saat kematian Yesus. Matius - Yesus dikuburkan. Matius - kubur Yesus dijaga. ad. Yesus diolok-olok. Matius - Kemudian serdadu-serdadu wali negeri membawa Yesus ke gedung pengadilan lalu memanggil seluruh pasukan berkumpul sekeliling Yesus. Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan jubah ungu kepada-Nya. Mereka menganyam sebuah mahkota duri ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 07 Juni 2009 (Minggu Sore)
    ... sendiri ini berkembang. Perkembangan dosa kebenaran sendiri Kejadian - melanda kehidupan nikah anak-anak Tuhan. Disini suami istri saling menyalahkan. Akhirnya menyalahkan Tuhan dan setan. Berarti kebenaran diri sendiri menjadikan keras hati sehingga timbul perceraian. Nikah itu tidak menjadi satu lagi bahkan menjadi telanjang. Akibatnya nikah itu hidup dalam suasana kutukan ...
  • Ibadah Persekutuan Ciawi II, 25 Juni 2009 (Kamis Pagi)
    ... AD. - . MAUT PERKABUNGAN RATAP TANGIS DUKACITA TIDAK AKAN ADA LAGI. Ada macam maut kematian termasuk perkabungan ratap tangis dan dukacita Maut secara tubuh akan menimbulkan perkabungan ratap tangis dan dukacita. Maut secara rohani karena Efesus Yesaya - dosa. Mati rohani karena dosa terpisah dari Tuhan dan pasti akan kering rohani. Yang ...
  • Ibadah Raya Malang, 27 Juni 2010 (Minggu Pagi)
    ... kebinasaan. Praktek sehari-hari gadis bodoh adalah mencemoohkan korban tebusan menghina korban Kristus. Amsal . Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan. Dalam Perjanjian Lama korban tebusan ini berupa binatang. Tetapi dalam Perjanjian Baru korban tebusan ini sudah digenapkan oleh korban Kristus. Ibrani - Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 20 Agustus 2015 (Kamis Sore)
    ... mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku bahwa Aku mengasihi engkau. Jemaah iblis sama dengan pendusta mengaku orang Yahudi padahal tidak demikian. Yohanes Barangsiapa berkata Aku mengenal Dia tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. Pendusta yaitu mengaku mengenal Yesus ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.