Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 19:819:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar (kebajikan, TL) dari orang-orang kudus.]

Persiapan gereja Tuhan untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali dalam kemuliaan sebagai Raja segala raja, Mempelai Pria Surga di awan permai yaitu:
  1. [ayat 6] Suara "haleluya".
  2. Harus menjadi raja-raja.
  3. [ayat 7] Harus bersukacita, bersorak-sorai dan memuliakan Tuhan.
  4. [ayat 8] Kita harus memiliki/ memakai pakaian/ jubah mempelai.

Roma 3:23
3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Kenyataannya sejak Adam dan Hawa berbuat dosa, telanjang dan diusir ke dunia, maka semua manusia di dunia sudah berbuat dosa dan telanjang, sehingga tidak bisa menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.

Dari mana kita memperoleh pakaian/ jubah mempelai? Dari Yesus yang rela ditelanjangi sampai mati di kayu salib untuk memberikan pakaianNya untuk menutupi ketelanjangan manusia berdosa.

Ada 3 macam pakaian yang diberikan Yesus kepada manusia berdosa:
  1. Pakaian Yesus yang dirobek menjadi 4 bagian.
    Yohanes 19:23a
    19:23 Sesudah prajurit-prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil pakaian-Nya lalu membaginya menjadi empat bagian untuk tiap-tiap prajurit satu bagian ...

    Ini sama dengan pakaian kebenaran/ keselamatan.
    4 bagian = 4 penjuru bumi.

    Pakaian kebenaran/ keselamatan adalah panggilan Tuhan lewat injil keselamatan/ firman penginjilan/ Kabar Baik kepada manusia berdosa yang telanjang untuk bisa percaya/ iman kepada Yesus. Lanjut bertobat, mati terhadap dosa terutama dosa dusta dan benci (setan bapa pendusta dan pembunuh). Lanjut baptisan air yang benar, yaitu orang yang mati terhadap dosa harus dikubur dalam air bersama Yesus dan keluar dari air bersama Yesus, maka langit (Surga terbuka), terjadi pendamaian antara manusia berdosa di bumi dengan Allah di Surga. Kita mendapat hidup baru, hidup Surga, kita mengalami baptisan Roh Kudus sehingga hidup dalam urapan Roh Kudus, hidup dalam kebenaran.

    Jadi menerima pakaian kebenaran/ keselamatan adalah hidup dalam kebenaran sehingga kita selamat dan diberkati oleh Tuhan, dan menjadi berkat bagi orang lain.

    Pakaian keselamatan ditujukan kepada 4 penjuru bumi, artinya semua manusia berdosa di dunia bisa mendapat panggilan Tuhan untuk diselamatkan dan diberkati, tinggal mau atau tidak.

  2. Jubah pelayanan, jubah kesucian.
    Yohanes 19:23b-24
    19:23 — dan jubah-Nya juga mereka ambil. Jubah itu tidak berjahit, dari atas ke bawah hanya satu tenunan saja.
    19:24 Karena itu mereka berkata seorang kepada yang lain: "Janganlah kita membaginya menjadi beberapa potong, tetapi baiklah kita membuang undi untuk menentukan siapa yang mendapatnya." Demikianlah hendaknya supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci: "Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubah-Ku." Hal itu telah dilakukan prajurit-prajurit itu.

    Ini sama dengan jubah maha indah, jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus.

    Jubah pelayanan/ kesucian adalah pilihan Tuhan kepada anak Tuhan yang sudah selamat dan diberkati, lewat cahaya Injil kemuliaan Kristus/ firman pengajaran benar/ Kabar Mempelai, untuk disucikan sampai sempurna, menjadi mempelai wanita yang siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan permai.

    Ini merupakan penyucian yang terus menerus, diulang-ulang.

    Amsal 12:26
    12:26 Orang benar mendapati tempat penggembalaannya, tetapi jalan orang fasik menyesatkan mereka sendiri.

    Anak Tuhan yang sudah selamat, hidup benar, pasti bisa digembalakan dalam penggembalaan yang benar dan baik, selalu berada dalam kandang penggembalaan, ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok, selalu menikmati firman penggembalaan/ suara gembala/ firman pengajaran benar yang diulang-ulang oleh seorang gembala. Juga mendengar dan taat dengar-dengaran pada suara gembala. Tubuh, jiwa, roh (seluruh hidup) disucikan, kita hidup dalam kesucian. Maka kita bisa dipilih oleh Tuhan = menerima undian.

    Efesus 4:11-12
    4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
    4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

    Keluaran 29:1a
    29:1 "Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka, untuk menguduskan mereka, supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku: ...

    Jubah tidak berjahit = tidak ada campur tangan manusia, benar-benar Tuhan yang memilih.

    Kalau gereja Tuhan hidup dalam kesucian, maka Yesus memperlengkapi kita dengan jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus, mengangkat kita menjadi imam dan raja untuk dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus sempurna. Jubah hanya satu tenunan = satu tubuh Kristus sempurna.

    Kita bisa melayani pembangunan tubuh Kristus mulai dalam nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai tubuh Kristus yang sempurna. Kita dipakai oleh Tuhan (memakai jubah indah), sehingga hidup menjadi indah.

  3. Jubah indah harus dicelup darah.
    Kejadian 37:31
    37:31 Kemudian mereka mengambil jubah Yusuf, dan menyembelih seekor kambing, lalu mencelupkan jubah itu ke dalam darahnya.

    Artinya kita harus mengalami percikan darah/ salib/ sengsara daging karena Yesus.
    Ada tiga bentuk ujian dari gereja mempelai:
    • Menghadapi binatang buas.
      Kejadian 37:33-34
      37:33 Ketika Yakub memeriksa jubah itu, ia berkata: "Ini jubah anakku; binatang buas telah memakannya; tentulah Yusuf telah diterkam."
      37:34 Dan Yakub mengoyakkan jubahnya, lalu mengenakan kain kabung pada pinggangnya dan berkabunglah ia berhari-hari lamanya karena anaknya itu.

      Jika gembala/ hamba Tuhan/ pelayan Tuhan tidak sungguh-sungguh, maka bisa menjadi binatang buas. Ini ujian kebenaran, menghadapi kakak-kakak Yusuf yang tidak bertobat, tetap iri, benci tanpa alasan.

      Kisah Para Rasul 20:28-30
      20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.
      20:29 Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.
      20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.

      Harga penggembalaan adalah seharga darah Yesus. Gembala harus sungguh-sungguh memberi makan, menaikkan doa penyahutan. Domba juga harus sungguh-sungguh tergembala. Jika tidak, akan berhutang darah Yesus.

      Binatang buas adalah:
      • [ayat 29] Serigala yang ganas = antikris dengan kekuatan mamon/ keuangan yang menghancurkan penggembalaan dengan ikatan akan uang yang membuat kikir dan serakah.
        Kikir = tidak bisa memberi (waktu, tenaga, pikiran, uang, dll) untuk Tuhan, untuk sesama yang membutuhkan.
        Serakah = mencuri milik Tuhan, yaitu perpuluhan dan persembahan khusus.

        Dulu yang dicuri Yudas adalah uangnya. Sekarang yang dicuri adalah kepercayaan gembala untuk menerima perpuluhan, sehingga gembala tidak dipercaya makanan rohani. Akibatnya gembala dan sidang jemaat rebah dan tidak bangkit lagi.

        Jalan keluarnya adalah kita harus benar, jujur soal keuangan. Kita bisa mengembalikan milik Tuhan, milik sesama yang membutuhkan, milik sesama yang berhak. Kita lepas dari cakar serigala.

      • [ayat 30] Nabi palsu dengan gosip dan ajaran palsu.
        Jalan keluarnya adalah kita harus berpegang teguh pada firman pengajaran benar dan taat dengar-dengaran, lari dari suara asing.

    • Ujian kesucian, menghadapi perempuan Babel lewat dosa makan-minum dan kawin-mengawinkan.
      Kejadian 39:7,10
      39:7 Selang beberapa waktu isteri tuannya memandang Yusuf dengan berahi, lalu katanya: "Marilah tidur dengan aku."
      39:10 Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia.

      Jika tidak mau dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus, pasti dipakai Babel.

    • Ujian kemuliaan, menghadapi penjara = dunia dengan segala kesulitan, keterbatasan.
      Kejadian 39:20
      39:20 Lalu Yusuf ditangkap oleh tuannya dan dimasukkan ke dalam penjara, tempat tahanan-tahanan raja dikurung. Demikianlah Yusuf dipenjarakan di sana.

      Mengapa Tuhan ijinkan?

      1 Petrus 2:19
      2:19 Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.

      Supaya kita mendapat kasih karunia Tuhan.

    Yang penting dijaga saat menghadapi percikan darah adalah kita harus setia berkobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.

    Hamba Tuhan yang benar, suci, setia berkobar, sama dengan menjadi biji mata Tuhan sendiri. Tuhan selalu memperhatikan, mempedulikan, bergumul untuk mengulurkan tangan kasih setiaNya kepada kita.

    Kejadian 6:8
    6:8 Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

    Hasilnya adalah tangan kasih karunia Tuhan sanggup melindungi memelihara kita sekeluarga di tengah kesulitan dunia. Secara rohani, kita dilindungi dari dosa, ajaran palsu, tetap hidup benar dan suci, tetap dipakai Tuhan, hidup makin indah.

    Tangan Tuhan sanggup menyelesaikan semua masalah yang mustahil.

    Kejadian 39:21,23
    39:21 Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu.
    39:23 Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.

    Tangan kasih karunia Tuhan sanggup memberi masa depan berhasil dan indah pada waktunya.

    Wahyu 22:20-21
    22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!
    22:21 Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.

    Kasih karunia Tuhan sanggup menyucikan dan mengubahkan sampai sempurna, menjadi mempelai wanita yang siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan permai.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 21 Oktober 2018 (Minggu Pagi)
    ... baru bisa bekerja untuk Tuhan. Dan ini berlaku untuk semua bangsa di dunia bangsa Kafir dan bangsa Israel asli . Ada macam Sabat perhentian Sabat kecil perhentian dalam Roh Kudus kepenuhan Roh Kudus urapan Roh Kudus. Matius - Marilah kepada-Ku semua yang letih lesu dan berbeban berat Aku akan memberi kelegaan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 21 Januari 2015 (Rabu Sore)
    ... sebagai Gembala Agung yang memiliki tujuh gembala dan tujuh sidang jemaat bangsa kafir atau Yesus tampil sebagai Gembala Agung yaitu sebagai pemimpin dan pemilik sidang jemaat. Mengapa Yesus tampil sebagai pemimpin dan pemilik sidang jemaat Kisah Rasul Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan karena kamulah yang ditetapkan Roh ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 01 Februari 2012 (Rabu Sore)
    ... segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Di Galilea ini Yesus memanggil Petrus dari penjala ikan menjadi penjala manusia menjadi pelayan Tuhan . Petrus menyangkal Yesus sebagai orang Galilea artinya PETRUS MENYANGKAL PANGGILAN DAN PILIHAN TUHAN tidak setia sampai tinggalkan pelayanan KEHILANGAN HAK UNTUK MASUK KERAJAAN SURGA. Matius - tentang teladan ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 09 November 2010 (Selasa Pagi)
    ... dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu. Kekejaman ini adalah lewat kerja paksa. Kerja paksa artinya segala aktivitas di dunia yang membuat anak Tuhan bahkan hamba Tuhan tidak bisa beribadah melayani Tuhan. Kerja paksa ini tidak menghasilkan apa-apa bahkan sia-sia. Jangan sampai kita meninggalkan tahbisan karena aktivitas apapun di ...
  • Ibadah Doa Malang, 09 Juni 2009 (Selasa Sore)
    ... . Pohon ara di sini sudah berdaun tapi tidak berbuah. Ini menunjuk kehidupan yang melayani tapi tidak berbuah. Ini berarti tidak memuaskan Tuhan dan akibatnya hidupnya juga tidak puas kering rohani. Yang belum melayani harus ditingkatkan melayani tetapi yang sudah melayani juga harus sampai berbuah Praktek kering rohani adalah lidah kering. Praktek lidah ...
  • Ibadah Raya Malang, 22 April 2018 (Minggu Pagi)
    ... persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini ia menjadikan dirinya musuh Allah. Yaitu terikat oleh perkara-perkara dunia kesibukan dunia kesukaan dunia kesusahan dunia kesukaran dunia sehingga tidak setia dalam ibadah pelayanan. Bukti tidak terikat pada dunia adalah tetap setia dalam ibadah pelayanan kepada ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 31 Mei 2012 (Kamis Sore)
    ... - Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita seperti dibiasakan oleh beberapa orang tetapi marilah kita saling menasihati dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. Sebab jika kita sengaja berbuat dosa sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. Tetapi yang ...
  • Ibadah Raya Malang, 24 Juli 2011 (Minggu Pagi)
    ... berarti waktu kedatangan Yesus kedua kali sudah dekat untuk mengangkat kita di awan yang permai masuk Perjamuan Kawin Anak Domba. Apa yang harus kita persiapkan dalam waktu yang singkat untuk bisa menyambut kedatangan Yesus kedua kali Segala sesuatu yang kita capai di dunia tidak akan ada artinya jika ketinggalan saat ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 21 Juni 2009 (Minggu Sore)
    ... Tuhan tidak makan daun tapi makan buah. AKIBATNYA hidup itupun jadi kering rohani dan tidak mengalami kepuasan sehingga seringkali mencari kepuasan di dunia jatuh dalam dosa. Bahkan hidup itu jatuh dalam kutukan sampai kebinasaan dalam api neraka. Kita sudah belajar mengapa kering rohani dan praktik dari kering rohani. Malam ini ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 25 Maret 2015 (Rabu Sore)
    ... ia melahirkan maut. Daging dengan segala keinginan dan hawa nafsunya adalah sumber pencobaan dan dosa sampai berbuah maut kebinasaan di neraka . Pencobaan datang dari keinginan daging. Kalau sudah berada dalam pencobaan nanti ingin menyelesaikan dengan caranya sendiri dan berbuat dosa. 'karena ia diseret dan dipikat olehnya' keinginan daging memiliki daya pikat dan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.