Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Dalam doa puasa kali ini, kita belajar dari Musa. Musa berdoa dan berpuasa di atas Gunung Sinai selama 40 hari dan 40 malam, tidak makan dan tidak minum, dan Musa mendapatkan 2 hal dari Tuhan, yaitu:
  1. Petunjuk/perintah Allah untuk membangun Tabernakel.
    Tabernakel yang jasmani sudah hancur. Sekarang dalam arti rohani menunjuk pada pengajaran Tabernakel.
  2. Dua loh batu.
    Sekarang menunjuk pada pengajaran Mempelai.
Jadi, kita sekarang berpuasa untuk bisa mengerti, meyakini, dan mempraktekkan pengajaran mempelai dalam terang Tabernakel.

Banyak orang yang mengenalkan pengajaran mempelai dalam terang Tabernakel, tetapi yang kita anut adalah pengajaran mempelai dalam terang Tabernakel yang diihamkan Tuhan pada alm. Pdt. van Gessels, sesuai yang dilihat oleh Musa di Gunung Sinai.

Angka 40 adalah angka perobekan daging.
Untuk bisa mengerti, meyakini, sampai mempraktekkan pengajaran mempelai dalam terang Tabernakel, maka kita harus mengalami perobekan/penyaliban daging.

40 hari tidak makan dan tidak minum artinya:
  1. Tidak dipengaruhi oleh kehidupan sehari-hari.
  2. Mengerti dan mempraktekkan pengajaran mempelai dalam terang Tabernakel bukan dengan pikiran dan kemampuan daging, tetapi lewat iman dan penyerahan sepenuh kepada Tuhan.

PENGAJARAN TABERNAKEL
Tabernakel terdiri dari 3 ruangan:
  1. Halaman --> kebenaran.
    Di Halaman ini terdapat alat-alat:
    1. Pintu Gerbang --> iman/percaya kepada Yesus lewat mendengar firman Kristus.
      Roma 10:17
      10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

      Firman Kristus adalah firman yang dibukakan oleh Roh Kudus, yaitu ayat menerangkan ayat.

      Tujuan berpuasa adalah supaya kita bisa mendengar firman pengajaran yang benar, dan tidak memberi kesempatan untuk mendengar ajaran yang lain.

    2. Medzbah Korban Bakaran --> bertobat, yaitu berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan.

    3. Kolam Pembasuhan --> baptisan air, dan Pintu Kemah --> baptisan Roh Kudus.

      Lahir baru ini menghasilkan hidup baru, yaitu hidup dalam kebenaran dan berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar.

      Mazmur 5:13
      5:13 Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

      Kalau kita hidup benar,hasilnya adalah Tuhan memagari kita dengan kemurahanNya.Memagari artinya memelihara, melindungi, dan memberikan damai sejahtera.

  2. Ruangan Suci --> kesucian.
    Amsal 12:26
    12:26. Orang benar mendapati tempat penggembalaannya, tetapi jalan orang fasik menyesatkan mereka sendiri.

    Kalau kita sudah hidup benar, maka kita pasti akan tergembala dengan baik.
    Dalam Ruangan Suci, ada 3 macam alat yang menunjuk pada ketekunan dalam 3 macam ibadah:
    • Pelita Emas --> ketekunan dalam Ibadah Raya.
    • Meja Roti Sajian --> ketekunan dalam Ibadah Pendalaman Alkitab dan Perjamuan Suci.
    • Medzbah Dupa Emas --> ketekunan dalam Ibadah Doa.

    Kalau tidak tergembala di kandang, maka pasti ada sesuatu yang tidak benar.

    Yohanes 15:3
    15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

    Hubungan penggembalaan adalah hubungan kebenaran dan kesucian.
    Kalau sama-sama benar dan sama-sama suci, maka kita pasti akan melekat satu sama lain.

    Kalau sudah benar dan suci, maka pasti akan meningkat pada hubungan penyembahan.
    Penyembahan adalah ketaatan sampai daging tidak bersuara, maka pasti akan menyatu.

  3. Ruangan Maha Suci --> kesempurnaan/kemuliaan.
    Dalam Ruangan Maha Suci ada percikan darah, yang menunjuk pada sengsara daging tanpa dosa.Buah anggur yang manis masih harus diperas untuk bisa menghasilkan air anggur.

    1 Petrus 2:19
    2:19 Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.

    Kalau kita mengalami sengsara daging tanpa dosa, itu adalah kasih karunia Tuhan.

    Kegunaan kasih karunia Tuhan:
    • Supaya lebih berguna dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
      Kisah Rasul 18:27
      18:27 Karena Apolos ingin menyeberang ke Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya maka ia, oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya.

    • Tuhan menjadikan semua baik pada waktuNya.
      2 Samuel 15:25-26
      15:25 Lalu berkatalah raja kepada Zadok: "Bawalah tabut Allah itu kembali ke kota; jika aku mendapat kasih karuniadi mata TUHAN, maka Ia akan mengizinkan aku kembali, sehingga aku akan melihatnya lagi, juga tempat kediamannya.
      15:26 Tetapi jika Ia berfirman, begini: Aku tidak berkenan kepadamu, maka aku bersedia, biarlah dilakukan-Nya kepadaku apa yang baik di mata-Nya."

      Daud rela melepaskan kerajaan, sebab dia bukan hidup dari kerajaan tetapi hidup dari kasih karunia Tuhan.

    • Mempersiapkan kita untuk menjadi mempelai wanita Tuhan yang sempurna, yang siap menyambut kedatangan Tuhan kedua kali.
      Wahyu 22:20-21
      22:20. Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!
      22:21 Kasih karuniaTuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 21 Maret 2013 (Kamis Sore)
    ... segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Di akhir jaman juga akan terjadi hujan es disertai api yang menyambar dari langit sampai dunia ini musnah. Ini terjadi pada saat gereja Tuhan akan keluar dari dunia ini untuk bertemu Yesus di awan-awan yang permai. Yudas Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 13 Agustus 2019 (Selasa Sore)
    ... Yesus kepada mereka Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu . Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata Akulah Mesias dan mereka akan menyesatkan banyak orang. . Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. . Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 17 Februari 2013 (Minggu Sore)
    ... menabur. Yohanes - . Bukankah kamu mengatakan Empat bulan lagi tibalah musim menuai Tetapi Aku berkata kepadamu Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai. . Sekarang juga penuai telah menerima upahnya dan ia mengumpulkan buah untuk hidup yang kekal sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita. Pekerjaan menabur ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 23 Juni 2012 (Sabtu Sore)
    ... saat-saat mau melahirkan. Karena tidak ada penginapan maka Maria melahirkan di kandang. Jadi situasi menjelang Yesus lahir adalah Orang-orang hilir mudik dan sangat kacau. nbsp Orang-orang menjadi egois terutama orang Betlehem. Orang Betlehem tidak memberikan tempat bagi Yesus yang akan dilahirkan. Artinya sekarang adalah tidak mengasihi sesama horizontal yang membutuhkan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 02 Januari 2013 (Rabu Sore)
    ... itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini. PENYEBARAN KEGELAPAN penyebaran kesaksian palsu berita palsu ajaran palsu yang menolak kematian dan kebangkitan Yesus MENOLAK SALIB YESUS. Penyebaran kegelapan ini didorong oleh dua kekuatan besar yaitu Kekuatan mammon uang roh jual ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 22 Oktober 2019 (Selasa Sore)
    ... dalam terang tanpa kegelapan. Yesaya - . Sesungguhnya tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar . tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu sehingga Ia tidak mendengar ialah segala dosamu. Dosa ...
  • Ibadah Raya Malang, 20 Desember 2020 (Minggu Pagi)
    ... oleh Kristus Yesus. Saudara-saudara aku sendiri tidak menganggap bahwa aku telah menangkapnya tetapi ini yang kulakukan aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Rasul Paulus mengistilahkan lari dari ...
  • Ibadah Kaum Muda Malang, 28 Februari 2009 (Sabtu Sore)
    ... makan-minum merokok mabuk judi narkoba dll. dan kawin-mengawinkan dosa seks lewat pandangan pikiran dll. . Pada akhir jaman dunia ini juga akan dihukum oleh Tuhan karena anak Tuhan kembali ke jaman Nuh yaitu hidup dalam dosa makan-minum dan kawin-mengawinkan. Petrus Di akhir jaman dunia akan dihukum dengan api dari Sorga ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 12 April 2019 (Jumat Malam)
    ... dalam kesucian. Pedang firman menyucikan kita mulai dari hati dan pikiran--pusat kehidupan rohani. Kalau hati disucikan seluruh hidup kita juga disucikan. Markus - . sebab dari dalam dari hati orang timbul segala pikiran jahat percabulan pencurian pembunuhan . perzinahan keserakahan kejahatan kelicikan hawa nafsu iri hati hujat kesombongan kebebalan . 'pikiran jahat' termasuk ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 14 Juli 2017 (Jumat Sore)
    ... mereka Kamu sesat sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah . Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga. Di sini ada dua macam nikah yang sangat bertentangan Matius - . Pada hari itu datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki yang ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.