Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 25 : 14-40perumpaman tentang talenta.
Matius 25 : 14-15
25:14. "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.
25:15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

Ayat 14: Tuhan mempercayakan harta surga (talenta). Itu menunjuk kemurahan Tuhan.
Ayat15: Tuhan memberikan talenta tidak memandang kaya, miskin tapi menurut kesanggupannya. Ini menunjuk keadilan Tuhan.

Jadi semua manusia bisa melayani Tuhan baik pandai, bodoh, kaya, miskin semua bisa dipakai Tuhan, sesuai dengan kesanggupannya.  
Melayani Tuhan itu = bekerja sama dengan Tuhan.
Yohanes 5 : 17
5:17. Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerjasampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."

Yohanes 9 : 3-4
9:3 Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
9:4 Kita harus mengerjakan pekerjaanDia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.

Allah Bapa bekerja sampai sekarang ,Yesus bekerja sampai sekarang, kita juga harus bekerja. Dan kita bekerja sama dengan Tuhan Yesusuntuk mengerjakan pekerjaan Allah Bapa.
Kenapa Tuhan mau bekerja sama dengan manusia ???
Sebab manusia menghadapi segala sesuatu di luar batas kemampuan manusia.
Contohnya: seorang yang buta sejak lahir. Ini menunjuk seorang yang tidak berdaya, yang tidak bisa lepas dari dosa, tetap hidup dalam dosa.
Tuhan bekerjasama dengan orang yang lemah (orang yang buta sejak lahir) untuk memberi kemampuan yang tidak terbatas kepada manusia.
Bila Tuhan memberi kita talenta untuk melayani Dia (memakai kita), bukan untuk memberatkan kita, bukan untuk menyiksa kita, tapi untuk menolong kita, menyelesaikan masalah kita.

Cara Tuhan bekerja sama dengan manusia atau orang buta sejak lahir :
  1. Yohanes 9 : 6
    9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi

    Tuhan memberikan Firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua.
    • Ludah= sesuatu yang keluar dari mulut Tuhan.
    • Tanah itu manusia berdosa (tanah liat).
    • Ludah kena tanah menjadi sesuatu yang menjijikan, menjadi lumpur, itu menunjuk kejijikan dosa-dosa manusia.
    • Jadi, Firman Allah ini menunjuk kejijikan manusia.
    • Tangan Tuhan = Roh Kudus.

    Jadi kalau digabung semua : Firman dalam urapan Roh Kudus menunjukkan kejijikan, kenajisan-kenajisan dosa manusia tepat pada sasarannya.

    Kenapa Tuhan menunjukkan kejijikan manusia? sebab kejijikan-kejijikan itu merupakan sumber segala masalah.

  2. Yohanes 9 : 7
    9:7 dan berkata kepadanya: "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek.

    = Tuhan memberikan perintah kepada manusia.
    Jadi, firman pengajaran yang benar merupakan perintah Tuhan yang harus dipraktekkan/dilaksanakan(tidak untuk dikritik). Firman pengajaran yang benar adalah uluran tangan Tuhan.
Cara manusia bekerja sama dengan Tuhan :
Yohanes 9 : 7b
Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinyalalu kembali dengan matanya sudah melek.

= Melakukan firman pengajaran yang benar, yaitu Taatdengar-dengaran apapun resikonya.
Bila kita taat dengar-dengaran = mengulurkan tangan kepada Tuhan.
Tangan Tuhan diulurkan dan kita mengulurkan tangan kepada Tuhan= terjadi kerja samasehingga terjadi mujizatmata mejadi melek.

Mujizat terbagi 2, yaitu:
  1. Mujizat rohani: mata melek secara rohani = mata hanya memandang Tuhan(bukan memandang perkara lain, memandang dunia, dosa). Keubahan hidup dari mata buta menjadi melek. Mata hanya memandang Yesus.

    Praktek mata memandang Tuhan :
    Efesus 5 : 8-9
    5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,
    5:9 karena terang hanya
    berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran.

    = Hidup dalam kebenaran, hidup dalam keadilan (tidak memihak, jujur), hidup dalam kebaikan (perbuatan kebajikan ) sampai bisa membalas kejahatan dengan kebaikan.

  2. Mujizat secara jasmani : yang mustahil menjadi tidak mustahil (mata melek dari buta sejak lahir). Sampai mujizat terakhir kita diubahkan, memandang muka dengan muka.
    Dalam doa penyembahandan doa puasamalam ini merupakan kesempatan seluas-luasnya untuk mata memandang hanya kepada Tuhan= kita mengulurkan tangan kepada Tuhan dan Tuhan mengulurkan tangan kepada kita.
Tuhan Memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 14 Desember 2013 (Sabtu Sore)
    ... Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya lalu memilih dari antara mereka dua belas orang yang disebut-Nya rasul Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus dan Andreas saudara Simon Yakobus dan Yohanes Filipus dan Bartolomeus Matius dan Tomas Yakobus anak Alfeus dan Simon yang disebut orang Zelot Yudas anak Yakobus dan Yudas Iskariot yang ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 25 April 2020 (Sabtu Sore)
    ... gembira Oleh sebab itu Yesus sebagai Gembala yang baik harus menyerahkan nyawa di kayu salib untuk menebus dosa kita--mencari memanggil menemukan dan menyelamatkan domba berdosa sehingga bebas dari maut sama dengan bebas dari penderitaan air mata kebinasaan dan mengalami sukacita sorga mulai sekarang sampai kekal selamanya. Ini semua dari pihak Tuhan. Dari ...
  • Ibadah Doa Malang, 07 Januari 2021 (Kamis Sore)
    ... pencuri pada malam. . Apabila mereka mengatakan Semuanya damai dan aman--maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin--mereka pasti tidak akan luput. Hati-hati Saat suasana damai adalah saat proses menuju peperangan. Oleh sebab itu kita harus selalu berjaga-jaga di dalam suasana damai sejahtera. Di mana ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 06 Oktober 2009 (Selasa Pagi)
    ... dan larangan yang harus ditaati. Perintah dan larangan dalam Lempinel ini juga dibuat berdasarkan firman. Akibat melanggar hukum Allah adalah dosa Yohanes . Alkitab dimulai dengan kitab yang ditulis Musa dan diakhiri dengan kitab yang ditulis oleh Rasul Yohanes dalam Perjanjian Baru yaitu Injil Yohanes Surat Yohanes Surat Yohanes Surat ...
  • Ibadah Raya Malang, 27 Januari 2019 (Minggu Pagi)
    ... melihat seekor binatang keluar dari dalam laut bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya dan takhtanya ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 30 Juni 2011 (Kamis Sore)
    ... - . Datanglah firman TUHAN kepada Yunus bin Amitai demikian Bangunlah pergilah ke Niniwe kota yang besar itu berserulah terhadap mereka karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku. Yunus - Bersiaplah Yunus lalu pergi ke Niniwe sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya tiga hari perjalanan luasnya. Mulailah ...
  • Ibadah Natal di Jatipasar, 23 Desember 2011 (Jumat Pagi)
    ... kedua kali. Ibrani demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka yang menantikan Dia. Yesus akan datang kembali kedua kali dalam kemuliaan bukan lagi sebagai bayi yang harus sengsara sampai ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 04 Agustus 2019 (Minggu Siang)
    ... tanpa alasan--seperti kakak-kakak Yusuf terhadap Yusuf-- kedengkian lalu membunuh--mencerai-beraikan tubuh Kristus. Ini berarti tidak mengasihi sesama. Kalau suci kita akan membangun tubuh Kristus mulai dari nikah. Kita bisa melayani dalam nikah dan menyatu dalam nikah bukan karena hebat atau kaya tetapi suci. Baik miskin maupun kaya atau apapun kalau suci pasti bisa melayani ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 11 Januari 2014 (Sabtu Sore)
    ... - roh diasuh oleh Tuhan. Lukas - perbuatan diasuh oleh Tuhan. Lukas - akal diasuh oleh Tuhan. Lukas - hati diasuh oleh Tuhan. Lukas - perjalanan hidup diasuh oleh Tuhan. ad. . Jiwa diasuh oleh Tuhan. Dulu Yesus memanggil murid dan diangkat menjadi rasul. Rasul ini menunjuk jabatan pelayanan. Sekarang Tuhan memanggil kita untuk menjadi ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 29 September 2018 (Sabtu Sore)
    ... waktu sempurna seperti Yesus dipermuliakan bersama Yesus selama-lamanya. Kehidupan yang tidak mau mengalami salib menolak salib--perobekan daging dengan segala keinginan dan hawa nafsu-- mempertahankan bahkan enjoy dalam dosa-dosa sampai puncaknya dosa. Kalau ditegor malah marah tidak merasa bersalah. Ia akan menjadi sempurna dalam kejahatan dan kenajisan sama seperti perempuan Babel ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.