Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 25 : 14-40perumpaman tentang talenta.
Matius 25 : 14-15
25:14. "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.
25:15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

Ayat 14: Tuhan mempercayakan harta surga (talenta). Itu menunjuk kemurahan Tuhan.
Ayat15: Tuhan memberikan talenta tidak memandang kaya, miskin tapi menurut kesanggupannya. Ini menunjuk keadilan Tuhan.

Jadi semua manusia bisa melayani Tuhan baik pandai, bodoh, kaya, miskin semua bisa dipakai Tuhan, sesuai dengan kesanggupannya.  
Melayani Tuhan itu = bekerja sama dengan Tuhan.
Yohanes 5 : 17
5:17. Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerjasampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."

Yohanes 9 : 3-4
9:3 Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
9:4 Kita harus mengerjakan pekerjaanDia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.

Allah Bapa bekerja sampai sekarang ,Yesus bekerja sampai sekarang, kita juga harus bekerja. Dan kita bekerja sama dengan Tuhan Yesusuntuk mengerjakan pekerjaan Allah Bapa.
Kenapa Tuhan mau bekerja sama dengan manusia ???
Sebab manusia menghadapi segala sesuatu di luar batas kemampuan manusia.
Contohnya: seorang yang buta sejak lahir. Ini menunjuk seorang yang tidak berdaya, yang tidak bisa lepas dari dosa, tetap hidup dalam dosa.
Tuhan bekerjasama dengan orang yang lemah (orang yang buta sejak lahir) untuk memberi kemampuan yang tidak terbatas kepada manusia.
Bila Tuhan memberi kita talenta untuk melayani Dia (memakai kita), bukan untuk memberatkan kita, bukan untuk menyiksa kita, tapi untuk menolong kita, menyelesaikan masalah kita.

Cara Tuhan bekerja sama dengan manusia atau orang buta sejak lahir :
  1. Yohanes 9 : 6
    9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi

    Tuhan memberikan Firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua.
    • Ludah= sesuatu yang keluar dari mulut Tuhan.
    • Tanah itu manusia berdosa (tanah liat).
    • Ludah kena tanah menjadi sesuatu yang menjijikan, menjadi lumpur, itu menunjuk kejijikan dosa-dosa manusia.
    • Jadi, Firman Allah ini menunjuk kejijikan manusia.
    • Tangan Tuhan = Roh Kudus.

    Jadi kalau digabung semua : Firman dalam urapan Roh Kudus menunjukkan kejijikan, kenajisan-kenajisan dosa manusia tepat pada sasarannya.

    Kenapa Tuhan menunjukkan kejijikan manusia? sebab kejijikan-kejijikan itu merupakan sumber segala masalah.

  2. Yohanes 9 : 7
    9:7 dan berkata kepadanya: "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek.

    = Tuhan memberikan perintah kepada manusia.
    Jadi, firman pengajaran yang benar merupakan perintah Tuhan yang harus dipraktekkan/dilaksanakan(tidak untuk dikritik). Firman pengajaran yang benar adalah uluran tangan Tuhan.
Cara manusia bekerja sama dengan Tuhan :
Yohanes 9 : 7b
Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinyalalu kembali dengan matanya sudah melek.

= Melakukan firman pengajaran yang benar, yaitu Taatdengar-dengaran apapun resikonya.
Bila kita taat dengar-dengaran = mengulurkan tangan kepada Tuhan.
Tangan Tuhan diulurkan dan kita mengulurkan tangan kepada Tuhan= terjadi kerja samasehingga terjadi mujizatmata mejadi melek.

Mujizat terbagi 2, yaitu:
  1. Mujizat rohani: mata melek secara rohani = mata hanya memandang Tuhan(bukan memandang perkara lain, memandang dunia, dosa). Keubahan hidup dari mata buta menjadi melek. Mata hanya memandang Yesus.

    Praktek mata memandang Tuhan :
    Efesus 5 : 8-9
    5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,
    5:9 karena terang hanya
    berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran.

    = Hidup dalam kebenaran, hidup dalam keadilan (tidak memihak, jujur), hidup dalam kebaikan (perbuatan kebajikan ) sampai bisa membalas kejahatan dengan kebaikan.

  2. Mujizat secara jasmani : yang mustahil menjadi tidak mustahil (mata melek dari buta sejak lahir). Sampai mujizat terakhir kita diubahkan, memandang muka dengan muka.
    Dalam doa penyembahandan doa puasamalam ini merupakan kesempatan seluas-luasnya untuk mata memandang hanya kepada Tuhan= kita mengulurkan tangan kepada Tuhan dan Tuhan mengulurkan tangan kepada kita.
Tuhan Memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 21 Mei 2015 (Kamis Sore)
    ... seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Tetapi sesuai dengan janji-Nya kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru di mana terdapat kebenaran. Kita harus ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 September 2010 (Minggu Pagi)
    ... dengar dari mulanya yaitu bahwa kita harus saling mengasihi bukan seperti Kain yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar. Setiap orang yang membenci saudaranya adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu bahwa tidak ada seorang ...
  • Ibadah Raya Malang, 21 November 2010 (Minggu Pagi)
    ... pada kehidupan yang memiliki hikmat Sorgawi yang akan masuk dalam Kerajaan Sorga yang kekal tempat penggembalaan terakhir. Posisi kambing di sebelah kiri menunjuk pada kehidupan yang bodoh tidak memiliki hikmat Sorgawi yang akan masuk dalam neraka yang kekal Matius . Hari-hari ini kita harus mantap dalam tempat penggembalaan yang benar. Setelah itu ...
  • Ibadah Doa Malang, 06 Agustus 2020 (Kamis Sore)
    ... gadis yang bodoh tidak punya hikmat Sorga Tampil seperti kambing. Tidak mempunyai minyak persediaan sehingga pelitanya hampir padam bahkan sampai padam sehingga ketinggalan saat mempelai datang dan pintu perjamuan kawin ditutup berarti binasa selamanya bersama dengan dunia. Oleh sebab itu kita harus menjadi gadis yang bijaksana yaitu selalu berjaga-jaga supaya ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 14 Agustus 2016 (Minggu Siang)
    ... pelayanan--diangkat menjadi imam dan raja-- untuk dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna--kesatuan tubuh Kristus yang sempurna. Tadi kalau mempertahankan enam dosa kita tidak bisa bergaul. Tetapi kalau kita mau disucikan kita bisa diperlengkapi dengan jabatan pelayanan untuk dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna. Pembangunan tubuh Kristus adalah Mulai ...
  • Ibadah Persekutuan di Ambon II, 25 Agustus 2010 (Rabu Pagi)
    ... di dunia. Yang bahaya hari-hari ini adalah gereja Tuhan dijadikan tempat hiburan. Ibadah pelayanan tanpa firman sehingga akibatnya ditolak oleh Tuhan. Markus - Jawab-Nya kepada mereka Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu hai orang-orang munafik Sebab ada tertulis Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 23 Juli 2012 (Senin Sore)
    ... mulai dari Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya Juli . Kalau tirai terobek maka akan terlihat ruangan maha suci dimana ada tabut perjanjian di dalamnya ADA KESEMPATAN BAGI KITA UNTUK MENJADI MEMPELAI WANITA TUHAN sudah dijelaskan pada ibadah sebelumnya dan TERBUKA JALAN YANG BARU DAN HIDUP BAGI KITA SEMUA sudah diterangkan pada Ibadah ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 08 Januari 2017 (Minggu Siang)
    ... yaitu suku Lewi yang masih menyandang pedang. Dari dua belas suku Israel hanya satu suku yang menyandang pedang--hanya delapan persen lebih. Bayangkan Dari sekian banyak orang Israel yang sudah menerima firman mujizat dan berkat selama bertahun-tahun di padang gurun bersama dengan TUHAN mendadak hilang semuanya. Hanya satu suku yang menyandang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 05 November 2008 (Rabu Sore)
    ... Busur Alkitab. Anak panah ayat-ayat dalam alkitab. Cahaya anak panah pembukaan rahasia Firman atau Firman pengajaran yang benar. Jadi kegerakan Roh Kudus hujan akhir adalah kegerakan Firman Pengajaran yang juga berarti kegerakan dalam penyucian. Yang harus disucikan lagi selain jantung hati empedu dan ginjal adalah punggung Ayub terutama punggung yang ...
  • Ibadah Raya Malang, 09 Agustus 2020 (Minggu Pagi)
    ... selamanya Orang-orang di luar Yesus tidak percaya Yesus tidak mengalami penebusan dan pengampunan dosa oleh darah Yesus. Upah dosa adalah maut kebinasaan. Orang-orang secara umum termasuk pelayan Tuhan yang hidupnya seperti keadaan pada zaman Nuh dan Lot yaitu hidup dalam dosa sampai puncaknya dosa dosa makan-minum dan kawin-mengawinkan. Lima gadis ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.