Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 25 : 14-40perumpaman tentang talenta.
Matius 25 : 14-15
25:14. "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.
25:15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

Ayat 14: Tuhan mempercayakan harta surga (talenta). Itu menunjuk kemurahan Tuhan.
Ayat15: Tuhan memberikan talenta tidak memandang kaya, miskin tapi menurut kesanggupannya. Ini menunjuk keadilan Tuhan.

Jadi semua manusia bisa melayani Tuhan baik pandai, bodoh, kaya, miskin semua bisa dipakai Tuhan, sesuai dengan kesanggupannya.  
Melayani Tuhan itu = bekerja sama dengan Tuhan.
Yohanes 5 : 17
5:17. Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerjasampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."

Yohanes 9 : 3-4
9:3 Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
9:4 Kita harus mengerjakan pekerjaanDia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.

Allah Bapa bekerja sampai sekarang ,Yesus bekerja sampai sekarang, kita juga harus bekerja. Dan kita bekerja sama dengan Tuhan Yesusuntuk mengerjakan pekerjaan Allah Bapa.
Kenapa Tuhan mau bekerja sama dengan manusia ???
Sebab manusia menghadapi segala sesuatu di luar batas kemampuan manusia.
Contohnya: seorang yang buta sejak lahir. Ini menunjuk seorang yang tidak berdaya, yang tidak bisa lepas dari dosa, tetap hidup dalam dosa.
Tuhan bekerjasama dengan orang yang lemah (orang yang buta sejak lahir) untuk memberi kemampuan yang tidak terbatas kepada manusia.
Bila Tuhan memberi kita talenta untuk melayani Dia (memakai kita), bukan untuk memberatkan kita, bukan untuk menyiksa kita, tapi untuk menolong kita, menyelesaikan masalah kita.

Cara Tuhan bekerja sama dengan manusia atau orang buta sejak lahir :
  1. Yohanes 9 : 6
    9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi

    Tuhan memberikan Firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua.
    • Ludah= sesuatu yang keluar dari mulut Tuhan.
    • Tanah itu manusia berdosa (tanah liat).
    • Ludah kena tanah menjadi sesuatu yang menjijikan, menjadi lumpur, itu menunjuk kejijikan dosa-dosa manusia.
    • Jadi, Firman Allah ini menunjuk kejijikan manusia.
    • Tangan Tuhan = Roh Kudus.

    Jadi kalau digabung semua : Firman dalam urapan Roh Kudus menunjukkan kejijikan, kenajisan-kenajisan dosa manusia tepat pada sasarannya.

    Kenapa Tuhan menunjukkan kejijikan manusia? sebab kejijikan-kejijikan itu merupakan sumber segala masalah.

  2. Yohanes 9 : 7
    9:7 dan berkata kepadanya: "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek.

    = Tuhan memberikan perintah kepada manusia.
    Jadi, firman pengajaran yang benar merupakan perintah Tuhan yang harus dipraktekkan/dilaksanakan(tidak untuk dikritik). Firman pengajaran yang benar adalah uluran tangan Tuhan.
Cara manusia bekerja sama dengan Tuhan :
Yohanes 9 : 7b
Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinyalalu kembali dengan matanya sudah melek.

= Melakukan firman pengajaran yang benar, yaitu Taatdengar-dengaran apapun resikonya.
Bila kita taat dengar-dengaran = mengulurkan tangan kepada Tuhan.
Tangan Tuhan diulurkan dan kita mengulurkan tangan kepada Tuhan= terjadi kerja samasehingga terjadi mujizatmata mejadi melek.

Mujizat terbagi 2, yaitu:
  1. Mujizat rohani: mata melek secara rohani = mata hanya memandang Tuhan(bukan memandang perkara lain, memandang dunia, dosa). Keubahan hidup dari mata buta menjadi melek. Mata hanya memandang Yesus.

    Praktek mata memandang Tuhan :
    Efesus 5 : 8-9
    5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,
    5:9 karena terang hanya
    berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran.

    = Hidup dalam kebenaran, hidup dalam keadilan (tidak memihak, jujur), hidup dalam kebaikan (perbuatan kebajikan ) sampai bisa membalas kejahatan dengan kebaikan.

  2. Mujizat secara jasmani : yang mustahil menjadi tidak mustahil (mata melek dari buta sejak lahir). Sampai mujizat terakhir kita diubahkan, memandang muka dengan muka.
    Dalam doa penyembahandan doa puasamalam ini merupakan kesempatan seluas-luasnya untuk mata memandang hanya kepada Tuhan= kita mengulurkan tangan kepada Tuhan dan Tuhan mengulurkan tangan kepada kita.
Tuhan Memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Surabaya, 06 Juli 2011 (Rabu Sore)
    ... binasa untuk selamanya. Tanda utama kehidupan yang tidak mengalami kelahiran baru yaitu 'Bukan aku ya Rabi '. Artinya berdusta. Praktik sehari-hari dari pendusta Yohanes . Barangsiapa berkata Aku mengenal Dia tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. Praktik pertama pendusta adalah kehidupan yang tidak taat ...
  • Ibadah Raya Malang, 07 Maret 2010 (Minggu Pagi)
    ... diketahui orang lain. Memberi sedekah untuk dipuji disanjung orang lain. Memberi sedekah untuk mendapat keuntungan secara jasmani lewat korupsi mencuri. Yohanes - . Yakobus - memberi sedekah adalah ibadah bukan sosial. Memberi sedekah adalah ibadah kepada Tuhan yang harus disertai dengan kesucian hati dan kesucian mulut. Petrus jika kita taat dengar-dengaran pada firman ...
  • Ibadah Doa Malang, 17 November 2015 (Selasa Sore)
    ... berkobar-kobar sesuai dengan jabatan dan karunia yang dipercayakan oleh TUHAN. Minyak persediaan gadis yang pandai membawa minyak persediaan dan gadis bodoh tidak membawa persediaan. Minyak persediaan sama dengan minyak yang berlimpah meluap-luap dalam Roh Kudus. Minyak persediaan artinya bagi kita sekarang yaitu aktifitas Roh Kudus Yesaya - Suatu tunas akan keluar dari ...
  • Ibadah Doa Malang, 30 April 2019 (Selasa Sore)
    ... menakutkan mustahil banyak goncangan dan lain-lain. Oleh sebab itu Tuhan memberi bekal Roh Kudus kepada kita semua. Syarat untuk menerima Roh Kudus adalah hati damai sejahtera Yohanes . Efesus - . Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. . Segala kepahitan kegeraman kemarahan pertikaian dan fitnah ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 30 Juli 2009 (Kamis Sore)
    ... kebinasaan. Tetapi lewat tema dalam Wahyu ini Tuhan mau menawarkan kebahagiaan Sorga kebahagiaan sejati yang tidak dipengaruhi oleh perkara-perkara dunia. Bagaimana Tuhan memberikan kebahagiaan Sorga kepada kita Dalam Perjanjian Lama Tuhan memerintahkan Musa untuk naik ke Gunung Sinai untuk melihat Kerajaan Sorga. Di atas Gunung Sinai ini Musa menerima hal Dua ...
  • Ibadah Doa Puasa Session II Malang, 21 April 2009 (Selasa Siang)
    ... dasar dari baptisan air yang benar adalah percaya dan bertobat. Kalau dasarnya benar maka setelah baptisan air akan lanjut pada kepenuhan Roh Kudus. Kisah Rasul - - Roma . Roh Kudus adalah Roh Penolong untuk menolong kita dari segala kelemahan-kelemahan daging. Contohnya adalah Petrus yang memiliki kelemahan daging menyangkal Tuhan karena ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 02 Desember 2023 (Sabtu Sore)
    ... Yahudi sama dengan nubuat tentang Antikris yang berkuasa di bumi tiga setengah tahun. Lukas - . Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini . dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 31 Oktober 2018 (Rabu Sore)
    ... memang penurut tetapi daging lemah. Ini adalah doa Getsemani sama dengan doa penyembahan untuk mengalami perobekan daging dengan segala keinginan kehendak hawa nafsu dan tabiatnya. Ini sama dengan berdoa dan berjaga selama satu jam. Hasilnya Wahyu - . Dan raja-raja di bumi yang telah berbuat cabul dan hidup dalam kelimpahan dengan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 27 Maret 2010 (Sabtu Sore)
    ... yang membawa kendi berisi air. Ad. . Kendi ini adalah bejana tanah liat menunjuk pada kehidupan kita. Kendi berisi air menunjuk pada kehidupan kita yang diisi dengan air kehidupan. Bagaimana kehidupan kita bisa diisi dengan air kehidupan Efesus - . Dari pihak Tuhan Tuhan harus mati di kayu salib dan bangkit untuk ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 10 Juli 2014 (Kamis Sore)
    ... tombak dan segera mengalir keluar darah dan air. Sebenarnya Yesus sudah mati dengan luka utama yaitu luka di tangan yang dipaku luka di kaki yang dipaku. Ini merupakan kasih Yesus untuk menyelamatkan bangsa Israel umat pilihanNya. Luka kelima di lambung Yesus yang ditombak luka yang terbesar dan terdalam merupakan kemurahan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.